Arti Simbol Remote AC Samsung

Arti Simbol Remote AC Samsung : Terlengkap Beserta Fungsinya !!

Posted on

Bengkeltv.idArti Simbol Remote AC Samsung : Terlengkap Beserta Fungsinya !!. Remote AC adalah salah satu aksesori yang sangat penting dalam pengoperasian AC. Remote ini memiliki tombol dan simbol yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda pula. Namun, seringkali kita bingung dengan arti dari simbol-simbol pada remote AC Samsung kita. Untuk itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arti simbol remote AC Samsung dan cara menggunakannya dengan benar.

Saat kalian melihat remote AC Samsung kalian, kalian akan melihat beberapa simbol yang mungkin tidak kalian kenal. Berikut adalah beberapa simbol yang biasa ditemukan pada remote AC Samsung dan arti dari masing-masing simbol.

Simbol Mode pada remote AC Samsung terletak di bagian atas remote dan biasanya terdiri dari simbol seperti “Auto”, “Cool”, “Dry”, “Fan”, dan “Heat”. Berikut adalah penjelasan singkat tentang arti dari masing-masing simbol:

Arti Simbol Remote AC Samsung

Arti Simbol Remote AC Samsung

Sebetulnya, arti simbol remote AC Samsung tidak berbeda jauh dengan makna tombol pada remote AC merek lain, seperti AC SHARP, Daikin, LG, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tombol yang terdapat pada remote AC Samsung beserta arti atau fungsinya.

1. Simbol Mode Comfort (Nyaman)

Arti Simbol Remote AC Samsung

Tombol Mode Comfort atau Nyaman pada remote AC Samsung dapat dikenali dengan simbol seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dengan mengaktifkan mode ini, AC Samsung akan mencapai suhu yang diinginkan dengan menggunakan mode Soft Cool dan Heat.

2. Simbol Mode Virus Doctor (Ionizer)

Arti Simbol Remote AC Samsung

Seperti halnya Mode Ionizer Udara, Tombol Mode Virus Doctor pada remote AC Samsung sangat berguna untuk membantu membersihkan udara dari partikel dan bakteri berbahaya dengan cara melepaskan ion negatif ke udara untuk menangkap dan membasmi mereka. Simbol Mode Virus Doctor pada remote AC Samsung dapat dikenali dengan simbol seperti yang terlihat pada gambar di atas.

3. Simbol Mode Night (Mode Malam)

Arti Simbol Remote AC Samsung

Tombol Mode Night pada remote AC Samsung memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu ketika diaktifkan, maka AC akan otomatis beralih ke Mode Sleep. Fungsinya adalah untuk mengurangi suara bising yang biasanya bersumber dari kipas AC.

Baca juga:  Cara Mengatasinya Remote AC Samsung Tidak Berfungsi dengan Mudah

Selain itu, Mode Night pada AC Samsung juga bisa membantu meningkatkan suhu dalam ruangan secara bertahap ketika malam hari. Jika kalian ingin mencoba fitur ini, kalian hanya perlu mencari tombol [OFF] dengan simbol matahari dan bulan atau simbol seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. Simbol Mode Fan (Kipas)

Arti Simbol Remote AC Samsung

Simbol [Fan] pada remote AC Samsung menunjukkan mode pengoperasian yang dapat membantu mengurangi tagihan listrik di rumah kalian. kalian dapat memanfaatkannya dengan bijak untuk mendapatkan efisiensi energi yang lebih tinggi.

Hal tersebut bisa terjadi karena saat mode fan diaktifkan pada AC Samsung, hanya kipasnya saja yang akan beroperasi. Dengan demikian, tidak semua komponen AC akan bekerja secara bersamaan sehingga dapat membantu mengurangi tagihan listrik. Selain itu, penggunaan mode fan juga dapat memperpanjang umur AC Samsung dan membantu menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan.

Untuk mengaktifkan mode fan pada AC Samsung, pertama-tama pastikan AC sudah dalam keadaan menyala. Kemudian tekan tombol [Mode] pada remote AC dan pilih opsi [Fan].

Jika kalian tidak akan menggunakan AC dalam waktu lama, disarankan untuk mengaktifkan mode fan selama 3 hingga 4 jam agar komponen internal AC kering.

Harap diingat bahwa ketika mode fan diaktifkan, unit outdoor pada AC Samsung secara otomatis akan berhenti beroperasi. Namun, jangan khawatir karena ini adalah kondisi normal dan bukan karena adanya kerusakan pada AC kalian. Unit outdoor akan beroperasi normal kembali setelah mode fan dimatikan.

5. Simbol Mode Timer

Arti Simbol Remote AC Samsung

Mode timer pada AC Samsung memungkinkan kalian untuk mengatur waktu kapan AC akan otomatis menyala atau mati. Lambang mode timer pada remote AC Samsung sangat berguna terutama saat malam hari.

Dengan mengaktifkan mode timer, kalian bisa lebih mudah mengontrol penggunaan AC dan menjadikannya lebih efisien. kalian tidak perlu khawatir meninggalkan AC menyala dalam waktu yang lama karena AC akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kalian atur sebelumnya.

6. Simbol Mode Eco

Arti Simbol Remote AC Samsung

Penting untuk mengetahui arti simbol mode Eco pada remote AC Samsung karena fitur ini sangat berguna untuk menghemat energi pada AC Samsung. Dalam mode Eco, kinerja kompresor pada AC Samsung akan dikurangi dibandingkan dengan mode normal.

Dengan mengurangi kinerja kompresor, suhu dingin yang dihasilkan oleh AC juga akan berkurang. Mode Eco sangat cocok digunakan ketika cuaca tidak terlalu panas dan dapat membantu menghemat tagihan listrik.

Baca juga:  Cara Setting Remote AC Daikin Biar Dingin : Panduan Lengkap untuk Pemula

7. Lambang Mode Ai (Otomatis)

Arti Simbol Remote AC Samsung

Simbol gambar di atas menkaliankan mode Ai atau otomatis pada remote AC Samsung. Dalam mode ini, AC Samsung akan secara otomatis menyesuaikan kecepatan kipas dan suhu berdasarkan suhu ruangan yang terdeteksi oleh sensor suhu yang ada pada AC Samsung.

Dengan mengaktifkan mode ini, kalian tidak perlu repot untuk menyesuaikan suhu ruangan secara manual. AC Samsung akan secara otomatis mengatur suhu ruangan berkat adanya sensor suhu yang terpasang. Namun, fitur ini mungkin tidak tersedia pada semua model AC Samsung.

8. Lambang Mode Dry

Arti Simbol Remote AC Samsung

Fitur mode dry biasanya tersedia pada semua merk AC. Mode ini sangat berguna terutama ketika sedang musim hujan dan kelembaban ruangan meningkat. Fungsi utama dari mode dry pada AC Samsung adalah untuk mengurangi tingkat kelembaban di dalam ruangan.

Untuk mengaktifkan mode dry pada AC Samsung, kalian cukup menekan tombol [Mode] pada remote AC dan pilih opsi [Dry]. Suhu yang disarankan untuk mode ini adalah sekitar 24℃ – 26℃. Namun, jika ruangan terlalu lembab, disarankan untuk mengatur suhu menjadi lebih rendah.

Dengan mengaktifkan mode dry pada AC Samsung, kalian dapat merasakan perbedaan pada tingkat kelembaban di dalam ruangan. Mode ini sangat berguna terutama saat musim hujan dan dapat membantu menjaga kesehatan serta kenyamanan di dalam ruangan.

9. Lambang Mode Cool

Arti Simbol Remote AC Samsung

Mode cool pada AC Samsung ditkaliani dengan simbol khusus pada remote. Ketika mode ini diaktifkan, suhu di dalam ruangan akan secara otomatis menjadi lebih dingin dibandingkan dengan mode normal. Namun, mungkin saja kipas akan berputar lebih cepat dan menghasilkan suara yang lebih berisik.

Pastikan AC sudah dalam keadaan menyala sebelum mengaktifkan mode cool. Tekan tombol [Mode] pada remote AC dan pilih opsi [Cool]. Setelah itu, kalian dapat mengatur suhu dan kecepatan kipas sesuai dengan keinginan kalian. Untuk membuat ruangan lebih dingin lebih cepat, kalian dapat mengatur suhu menjadi lebih rendah dan meningkatkan kecepatan kipas. Namun, jika kalian ingin menghemat listrik, sebaiknya atur suhu menjadi lebih tinggi dengan kecepatan kipas yang lebih lambat.

Mode cool sangat cocok diaktifkan ketika udara luar sedang panas. Kecepatan penyebaran udara dingin ke dalam ruangan tergantung pada model AC Samsung yang kalian miliki.

10. Lambang Mode Quiet

Arti Simbol Remote AC Samsung

Mode Quiet pada AC Samsung hampir sama dengan mode Comfort. Namun, mode ini ditujukan untuk mengurangi suara bising yang dihasilkan oleh kipas dan kompresor AC sehingga lebih cocok digunakan ketika malam hari atau saat ingin beristirahat.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Mematikan Timer AC Sharp

Dengan mengaktifkan mode Quiet pada AC Samsung, kalian dapat merasakan perbedaan pada tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh AC. Mode ini sangat cocok digunakan ketika kalian ingin menciptakan suasana yang tenang dan nyaman di dalam ruangan.

11. Lambang Mode Swing

Arti Simbol Remote AC Samsung

kalian dapat dengan mudah menyesuaikan arah angin AC dengan mengaktifkan mode swing pada AC Samsung. Cukup tekan tombol Airflow atau seperti pada gambar di atas untuk mengatur arah angin sesuai keinginan. Selain itu, kalian juga dapat menjaga arah angin tetap konstan dengan menghentikan pergerakan swing kipas menggunakan remote.

Dengan mengaktifkan mode swing pada AC Samsung, kalian dapat merasakan angin segar yang merata di seluruh ruangan. kalian tidak perlu khawatir tentang arah angin yang kurang optimal karena kalian dapat dengan mudah mengatur arah angin yang diinginkan.

12. Lambang Mode Heat

Arti Simbol Remote AC Samsung

Simbol pada remote AC Samsung seperti pada gambar di atas menunjukkan mode heat atau pemanas. Dengan fitur ini, AC Samsung dapat membantu membuat ruangan kalian menjadi lebih hangat dan nyaman.

Jika kalian mengaktifkan mode heat selama 3 sampai 5 menit maka kipas akan berhenti sementara hingga AC memanas. Untuk mengaktifkan mode heat AC Samsung caranya adalah:

  • Tekan tombol [Power] untuk menyalakan AC
  • Kemudian tekan tombol [Mode] sampai muncul tulisan [Heat] pada display remote AC.
  • Setelah masuk mode heat, kalian bisa mengatur suhu panas yang diinginkan.
  • Jika perlu, kalian juga bisa mengatur kecepatan kipas dengan tombol remote AC.

Penutup

Dalam pengoperasian AC, remote sangat penting untuk memudahkan penggunaan AC. Namun, seringkali kita bingung dengan arti dari simbol-simbol pada remote AC Samsung kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita telah membahas tentang arti simbol remote AC Samsung dan cara menggunakannya dengan benar.

Dengan memahami arti dari setiap simbol pada remote AC Samsung, kalian dapat dengan mudah mengoperasikan AC Samsung kalian dan menyesuaikan kebutuhan pendinginan di dalam ruangan. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Arti Simbol Remote AC Samsung, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang menggunakan AC Samsung di rumah atau di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *