Biaya Ganti Freon Kulkas

Berapa Biaya Ganti Freon Kulkas 1 dan 2 Pintu? Beserta Daftar Harga Service Terbaru

Posted on

Bengkeltv.idBerapa Biaya Ganti Freon Kulkas 1 dan 2 Pintu? Beserta Daftar Harga Service Terbaru. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kulkas telah menjadi salah satu alat elektronik yang tak terpisahkan dari kehidupan modern. Sebagai penunjang aktivitas dapur, kulkas berperan penting dalam menyimpan bahan makanan agar tetap segar.

Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, kulkas pun memiliki umur dan pemeliharaan yang harus diperhatikan. Salah satu aspek pemeliharaan yang sering menimbulkan pertanyaan di benak konsumen adalah biaya ganti freon kulkas.

Melalui artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi biaya penggantian freon pada kulkas serta tips-tips yang bisa Kalian terapkan untuk menghemat anggaran. Mari bersama-sama kita jelajahi informasi penting ini!

Mengenal Freon Kulkas dan Fungsi

Apa sebenarnya Freon kulkas itu? Freon bisa diibaratkan sebagai jantung dari sebuah kulkas karena ia merupakan elemen kunci yang bertugas sebagai pendingin di dalamnya.

Freon adalah bahan yang digunakan sebagai media pendingin utama dalam kulkas, dan memainkan peranan vital dalam menjalankan fungsi kulkas sebagai penyimpan makanan dalam kondisi segar. Secara kimia, Freon merupakan senyawa alifatik yang memiliki kandungan hidrogen.

Tak hanya itu, Freon juga mengandung klorin atau bromin, tergantung pada variasi dan bentuknya. Freon memiliki sifat sebagai gas cair dan tidak bisa disentuh secara langsung. Selain itu, Freon tidak memiliki aroma ataupun warna.

Untuk mencegah kebocoran dan menjaga kestabilannya, Freon disimpan dalam sebuah wadah khusus di dalam kulkas.

Sebagai analogi, Freon bisa dilihat serupa dengan gas LPG yang juga disimpan dalam tabung khusus.

Layaknya gas LPG yang berfungsi sebagai sumber energi untuk mengoperasikan kompor gas, Freon memiliki peran sebagai bahan pendingin yang menjaga kulkas bekerja secara optimal.

Biaya Ganti Freon Kulkas dan Servicenya

Ketika kulkas menghadapi masalah teknis, hal ini bisa menjadi sumber kerepotan yang signifikan, mengingat stok makanan dan bahan-bahan dapur dapat mengalami kerusakan dan tidak layak digunakan dengan cepat.

Sebelum mengambil langkah untuk memperbaikinya, disarankan untuk melakukan riset mengenai harga servis kulkas terlebih dahulu.

Dengan melakukan hal ini, Kalian akan dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam memilih penyedia jasa servis. Berikut ini kami sajikan rincian mengenai Biaya Ganti Freon Kulkas serta biaya servis kulkas yang umumnya dikenakan ketika Kalian memutuskan untuk menggunakan jasa perbaikan kulkas:

JasaHarga
Biaya Kunjungan dan Pengecekan*Rp75.000,-
Biaya Jasa Service dan Pergantian SparepartRp100.000,-
Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (1 Pintu)Rp250.000,-
Ganti Filter, Pentil, Isi Freon, Flushing (2 Pintu)Rp350.000,-
Las Per TitikRp70.000,-
Pembersihan Unit Kulkas MiniRp125.000,-
Pembersihan Unit Kulkas 1 Pintu/ Showcase 1 PintuRp175.000,-
Pembersihan Unit Kulkas 2 PintuRp275.000,-
Pembersihan Unit Kulkas Side by Side / Showcase 2 PintuRp400.000,-
Biaya ApartemenRp20.000,-
*Biaya akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa
** Biaya tidak termasuk pergantian sparepart, hanya jasa service terkait. Biaya jasa tambahan dan garansi sparepart didapatkan dari penyedia jasa
Baca juga:  Berapa Daya Listrik Freezer Box? Ini Penjelasannya

Berapa Harga Isi Freon Kulkas 1 dan 2 Pintu dan Layanan Service

Biaya pengisian freon untuk kulkas berjenis 2 pintu memang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kulkas 1 pintu. Rentang harga pengisian freon pada kulkas 2 pintu dapat berkisar antara Rp350.000 hingga Rp500.000, tergantung pada tipe kulkas yang Kalian miliki.

Oleh karena itu, Kalian harus menyiapkan anggaran yang cukup jika ingin mengisi freon pada kulkas 2 pintu.

Kulkas 2 pintu memerlukan kapasitas yang lebih besar untuk menampung freon, seiring dengan kebutuhan freon yang lebih banyak untuk menjaga kesegaran ruang penyimpanan yang lebih luas.

Ketika Kalian memutuskan untuk menggunakan jasa servis kulkas dalam rangka pengisian freon, umumnya Kalian akan mendapatkan beberapa layanan sebagai berikut:

1. Pengecekan Kulkas

Teknisi akan melakukan inspeksi terhadap kondisi kulkas Kalian dan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Pemeriksaan ini merupakan langkah awal yang penting, karena akan membantu teknisi untuk menentukan masalah dan solusi yang tepat.

2. Service

Setelah teknisi mengetahui apa yang menyebabkan kerusakan pada kulkas Kalian, mereka akan merekomendasikan tindakan servis yang harus diambil.

Teknisi biasanya akan menginformasikan Kalian mengenai masalah yang ditemui serta tindakan yang perlu diambil.

Pada tahap ini, Kalian bisa berdiskusi mengenai pro dan kontra dari setiap opsi servis yang disarankan oleh teknisi.

Dengan informasi ini, Kalian dapat membuat keputusan yang tepat apakah akan melanjutkan servis atau tidak.

Beberapa jenis servis yang umum dilakukan meliputi:

  • Pengisian freon pada kulkas
  • Penggantian filter
  • Proses flushing
  • Penggantian pentil
  • Hingga penggantian komponen lain jika diperlukan.

3. Las jika ada kebocoran, termasuk biaya service kulkas tertusuk pisau

Layanan lain yang disediakan adalah penyolderan untuk menangani kebocoran pada kulkas Kalian, baik akibat faktor alami maupun karena tindakan seperti penggunaan pisau yang menyebabkan kerusakan.

Jika kebocoran tidak diatasi, kulkas tidak akan mampu menjaga suhu yang dingin secara efisien.

Kebocoran sering kali terjadi akibat penggunaan alat tajam saat membersihkan kulkas, dan untuk memperbaikinya diperlukan penyolderan yang biasanya mematok biaya sekitar Rp70.000, dihitung berdasarkan jumlah titik kebocoran.

Kebocoran bisa terjadi pada bagian pipa evaporator, sehingga penting untuk berhati-hati saat membersihkan kulkas, terutama jika menggunakan alat tajam.

Jenis dan Harga Freon Kulkas

Setelah mengetahui Biaya Ganti Freon Kulkas, mungkin Kalian bertanya-tanya apakah Kalian perlu freon untuk kulkas di rumah Kalian? Ternyata, freon bisa dengan relatif mudah didapatkan di toko-toko elektronik. Akan tetapi, perlu diingat bahwa harga freon kulkas memiliki variasi yang tergantung pada jenisnya.

Berikut ini kami sajikan ringkasan mengenai jenis-jenis freon beserta kisaran harga di pasaran:

1. Freon R134A (Rp30 ribu)

Freon jenis ini adalah salah satu yang paling umum dijumpai di toko-toko dan pasar karena sering digunakan.

Freon R134A dikenal sebagai pilihan yang baik karena bersahabat dengan lingkungan, tidak mudah menyala, stabil, dan tidak menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon. Harga freon kulkas jenis ini biasanya berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per tabung.

Baca juga:  Kode Error Kulkas LG : Terbaru dan Terlengkap 

Kalian bisa mencari freon R134A sesuai kebutuhan di platform belanja online seperti Shopee dan Bukalapak.

2. reon Kulkas R410A (Rp100 ribu)

Freon jenis ini relatif lebih sulit ditemukan di toko. Secara umum, freon R410A lebih sering digunakan pada AC inverter, namun banyak yang memilih untuk menggunakannya pada kulkas karena kualitasnya yang unggul. Harga untuk freon jenis ini berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per tabung.

3. Freon R32 (Rp125 ribu)

Freon R32 umumnya digunakan untuk AC, namun ada juga yang memanfaatkannya untuk kulkas.

Selain dikenal memiliki kualitas baik, freon R32 juga lebih ramah lingkungan karena memiliki indeks potensi pemanasan global yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis freon lainnya.

Harga freon kulkas R32 umumnya berkisar antara Rp125 ribu hingga Rp150 ribu.

4. Freon Kulkas R22 (Rp350 ribu)

Freon jenis ini sebelumnya populer pada era 1930-an. Namun, karena freon R22 mengandung Ozone Depleting Substance (ODS) atau zat yang merusak lapisan ozon, penggunaannya kini sangat terbatas.

Di Indonesia, penggunaan freon R22 sudah dilarang sejak tahun 2015 dan penjualan hanya diperkenankan untuk stok yang tersisa hingga tahun 2030.

5. Freon R290 (Rp650 ribu)

Freon R290 diakui sebagai salah satu jenis freon yang paling ramah lingkungan di antara jenis-jenis freon lainnya.

Namun, perlu dicatat bahwa freon ini memiliki tingkat pendinginan yang relatif rendah dan terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Karena alasan tersebut, beberapa merek kulkas memilih untuk tidak menggunakan jenis freon ini.

Tips Menghemat Biaya Service Freezer Kulkas Bocor

Jika kalian telah berhasil mengidentifikasi penyebab kulkas tidak berfungsi dengan baik, salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan adalah memanggil teknisi servis kulkas ke rumah kalian. Ini biasanya lebih praktis dibandingkan harus repot membawa kulkas ke pusat servis.

Akan tetapi, jika ada keinginan untuk menghemat biaya servis, salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah dengan langsung membawa kulkas yang mengalami kerusakan ke pusat servis. Ini dikarenakan biasanya terdapat biaya tambahan untuk kunjungan dan pemeriksaan yang berkisar antara 75 hingga 100 ribu rupiah. Dengan membawa kulkas secara langsung ke pusat servis, biaya ini dapat dihindari.

Strategi lain untuk mengurangi biaya perbaikan adalah dengan memilih teknisi servis yang berada di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal kalian. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, ada kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih hemat.

Kulkas yang berfungsi dengan optimal tentunya sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari, terutama dalam menyimpan sayur, buah, daging, dan bahan makanan lainnya. Memahami masalah yang mungkin terjadi pada kulkas dan mengetahui perkiraan biaya untuk memperbaikinya, apakah itu karena kebocoran atau kerusakan lainnya, akan membantu kalian dalam membuat keputusan yang tepat terkait perbaikan kulkas.

Cara Mengisi Freon Kulkas

Tabung freon yang digunakan dalam kulkas akan habis apabila terus-menerus digunakan. Masa pakai freon juga bergantung pada cara merawat kulkas. Setiap jenis freon memiliki masa pakai sekitar lima tahun atau bahkan lebih.

Namun, gas freon dalam kulkas dapat habis karena kebocoran atau kerusakan. Jika terjadi kebocoran atau kerusakan pada freon, tabung freon perlu diganti. Jika gas freon dalam kulkas habis, dapat dilakukan pengisian ulang.

Baca juga:  Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak : Penyebab dan Solusinya

Berikut adalah langkah-langkah pengisian ulang freon kulkas:

  • Lepaskan karet pada pipa agar tidak rusak.
  • Las pentil pada pipa yang terletak di kompresor kulkas.
  • Siapkan methyl dan tuangkan ke dalam penutup botol air mineral.
  • Hidupkan kompresor untuk memastikan aliran freon tidak tersumbat.
  • Las filter ke pipa kondensor dan dua pipa kapiler ke filter.
  • Pasang selang manifold gauge yang berwarna biru pada pentil pengisian freon, sedangkan selang warna kuning pada tabung freon.
  • Pastikan kompresor dalam keadaan hidup dan tekanan harus di bawah 0 hingga 30 psi.
  • Buka keran tabung freon selama 3-5 detik, lalu tutup kembali.
  • Biarkan freon keluar dari pipa kapiler, kemudian jepit dan las.
  • Buka selang warna kuning yang terpasang di tabung freon secara perlahan.
  • Perhatikan jarum manifold gauge. Jika jarum mendekati angka 10, biasanya pipa kondensor sudah hangat dan freon telah menyebar ke bagian bawah.
  • Jika angka pada manifold menunjukkan 10 psi, artinya freon telah terisi dan keran dapat ditutup.
  • Setelah freon terisi, matikan kulkas selama 10 menit untuk memastikan sirkulasi freon berjalan lancar atau tidak.
  • Jika kulkas dimatikan dan manifold gauge menunjukkan angka 45-10 psi, artinya sirkulasi freon berjalan lancar.
  • Hidupkan kembali kulkas.
  • Periksa vaporator. Jika terasa dingin, artinya pengisian freon telah selesai.
  • Jepit pipa pada pentil tadi, lalu potong sambungan tersebut.
  • Terakhir, las bagian yang telah dipotong agar isi freon tidak keluar lagi.

penutup

Freon merupakan zat refrigeran yang digunakan dalam kulkas untuk menjaga suhu rendah di dalamnya. Namun, seiring berjalannya waktu, freon dalam kulkas dapat mengalami kebocoran atau berkurang jumlahnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja kulkas dan perlu dilakukan pengisian ulang freon.

Biaya ganti freon kulkas merupakan pertimbangan penting bagi pemilik kulkas yang mengalami masalah dengan freon. Namun, biaya tersebut bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Pertama, biaya dapat dipengaruhi oleh merek dan jenis kulkas yang dimiliki. Beberapa merek kulkas mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, biaya juga tergantung pada lokasi geografis, di mana beberapa daerah mungkin memiliki biaya jasa yang lebih mahal.

Untuk mengurangi risiko kebocoran freon dan memperpanjang umur kulkas Kalian, ada beberapa tindakan yang dapat Kalian lakukan. Pertama, pastikan pintu kulkas tertutup dengan rapat dan tidak ada kebocoran udara yang terjadi. Selain itu, jaga suhu kulkas pada level yang tepat dan hindari membuka pintu terlalu sering atau terlalu lama. Membersihkan kisi-kisi dan area pendingin secara teratur juga dapat membantu menjaga kinerja kulkas.

Dalam kesimpulannya, biaya ganti freon kulkas dapat bervariasi tergantung pada merek, lokasi, dan jumlah freon yang dibutuhkan. Meskipun biaya tersebut mungkin terasa mahal, penting untuk memperhatikan perawatan yang tepat agar kulkas Kalian tetap berkinerja optimal. Dengan melakukan perawatan rutin dan menghindari kebocoran freon, Kalian dapat mengurangi risiko kerusakan dan menghemat biaya dalam jangka panjang. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Biaya Ganti Freon Kulkas ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *