Cara Membersihkan Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas : Dengan Benar

Posted on

Bengkeltv.id Cara Membersihkan Kulkas : Dengan Benar. Kulkas merupakan salah satu peralatan dapur yang umum dimiliki oleh setiap rumah tangga. Kegunaannya untuk menyimpan makanan atau minuman agar tetap segar lebih lama, sangat penting bagi kepraktisan dan efisiensi di zaman sekarang.

Namun, untuk menjaga agar kulkas tetap berfungsi dengan baik, perawatan secara rutin sangatlah penting. Salah satunya adalah membersihkannya secara berkala, meski membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Tapi perlu diingat, membersihkan kulkas tidak boleh sembarangan karena dapat merusaknya. Berikut adalah cara yang tepat dalam membersihkan kulkas agar tidak salah langkah.

1. Keluarkan Semua Isi Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas yang pertama adalah mengeluarkan semua isi dari dalamnya. Ini termasuk semua bahan makanan, minuman, dan snack yang ada di dalamnya. Terkadang, banyak bahan makanan yang menjadi busuk karena tidak sempat dimasak, atau makanan kemasan yang sudah kadaluarsa.

Sambil menunggu semua bunga es mencair, segera buang seluruh bahan makanan yang tidak layak dikonsumsi ke tong sampah. Jika tidak ingin menyentuh langsung sayuran atau buah-buahan yang busuk, Anda bisa menggunakan sarung tangan seperti 3M Multi Purpose Gloves Size S M L ID 85 yang terbuat dari karet sehingga tidak tembus kotoran, lembut dan anti slip. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membersihkan kulkas namun risih untuk memegang barang yang kotor.

Cara Membersihkan Kulkas menjadi lebih mudah adalah membersihkannya saat isi kulkas tinggal sedikit, misalnya di akhir bulan sebelum belanja bulanan dan mengisinya kembali.
Membersihkan kulkas secara menyeluruh disarankan dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.

Baca juga:  Ciri-Ciri Oli Kompresor Kulkas Habis dan mengidentifikasinya

Selain itu, jika ada tumpahan minuman, sisa sayuran yang dicuci, atau tetesan air dari atas, Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya saja.

2. Lepas Sekat yang Ada Didalamnya

Setelah semua barang di dalamnya dikeluarkan, cara yang tepat untuk membersihkan kulkas 2 pintu adalah dengan melepas semua sekat dan rak pintunya. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh bagian kulkas bisa dibersihkan secara menyeluruh. Untuk membersihkan rak pintu, Anda bisa mencucinya dengan air mengalir atau menggunakan sabun pencuci yang efektif jika ada kotoran yang membandel, seperti bekas minyak atau tumpahan minuman yang sudah mengering.

Namun, hindari menggosok bagian yang sulit dibersihkan dengan kawat, karena ini dapat membuat rak dan sekat menjadi baret. Sebaiknya gunakan Mr. Bagus Magic Sponge 3 Pcs, produk yang dirancang khusus untuk membersihkan rak dan sekat kulkas dengan lembut sehingga tidak menimbulkan baret saat membersihkannya.

Setelah dibersihkan, pastikan untuk mengeringkan sekat dan rak kulkas sebelum memasangnya kembali. Jangan biarkan rak dan sekat dalam kondisi lembab karena bisa menyebabkan bau apek yang tidak diinginkan di dalam kulkas.

3. Bersihkan Saluran Drainase

Salah satu cara penting dalam merawat kulkas adalah membersihkan saluran drainase di dalamnya. Sayangnya, banyak yang mengabaikan langkah ini padahal cukup penting. Saluran drainase merupakan lubang pembuangan dengan ukuran kecil yang biasanya berada di bagian belakang kulkas Anda.

Untuk membersihkannya, caranya cukup mudah. Anda bisa menggunakan cotton bud atau sedotan untuk membersihkan saluran tersebut dengan cara menggosok-gosok hingga semua kotoran yang menempel di saluran terangkat dan dikeluarkan, terutama untuk kotoran yang sudah mengeras.

Saluran drainase harus dibersihkan secara rutin, karena jika dibiarkan begitu saja, kotoran akan menumpuk dan menyumbat. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan dan kerusakan pada kulkas Anda. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan saluran drainase secara berkala agar kulkas Anda tetap dalam kondisi yang baik dan awet.

Baca juga:  Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu : Pemahaman dan Cara Kerjanya

4. Lap Bagian Dalam dan Luar

Cara Membersihkan Kulkas

Selain membersihkan sekat, rak, dan saluran drainase, cara yang tepat untuk membersihkan kulkas agar tidak berbau adalah dengan memastikan dinding dan dasar lemari es juga bersih. Anda bisa mengelap bagian dinding dan dasar kulkas baik bagian luar maupun dalamnya. Pasalnya, pada bagian ini seringkali terdapat noda bumbu yang melekat di dinding kulkas.

Pastikan untuk membersihkan hingga bagian pojok yang sulit dijangkau, karena biasanya ada tetesan dan noda yang sulit hilang. Jika memang ada noda yang sangat membandel dan sulit dihilangkan, cobalah menggunakan baking soda sebagai pembersihnya. Ini bisa membantu membersihkan noda yang membandel dan membuat kulkas Anda bersih dan segar kembali.

5. Pastian Bagian Kondensor Juga Bersih

Cara Membersihkan Kulkas berikutnya adalah memastikan bagian kondensor tetap bersih. Pada kulkas, biasanya terdapat koil kondensor yang jika tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama akan menumpuk debu dan mengurangi efisiensi kerja kulkas.

Untuk membersihkan koil kondensor, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner sehingga debu benar-benar bersih tanpa ada yang tersisa lagi. Namun sebelum membersihkan bagian kondensor, pastikan kulkas dalam keadaan mati dan tunggu kondensor dingin terlebih dahulu.

Ini penting agar Anda tidak merusak bagian kondensor atau kulkas Anda. Dengan merawat bagian kondensor secara rutin, kulkas Anda akan bekerja lebih efisien dan tahan lebih lama.

6. Hilangkan Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Jika kulkas Anda digunakan untuk menyimpan daging, maka biasanya akan lebih cepat mengeluarkan bau yang amis jika tidak dibersihkan secara rutin. Namun, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau pada kulkas setelah memastikan semua bagian kulkas bersih.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Min atau Max dengan Benar

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan adalah ampas kopi, kentang, ekstrak vanili, dan lain sebagainya yang tersedia di rumah. Cukup taruh bahan alami tersebut terbuka di dalam kulkas, misalnya ampas kopi yang diletakkan dalam mangkuk dan dimasukkan ke dalam kulkas.

Namun jika Anda lebih menyukai bau vanili, Anda bisa menggunakan ekstrak vanili atau essential oil untuk menghilangkan bau pada kulkas. Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, Anda bisa membuat kulkas Anda menjadi harum dan segar lagi.

7. Hidupkan Kembali Lemari Es dan Isi Secara Bertahap

Terakhir, setelah memastikan semua benar-benar bersih dan kering maka step terakhir adalah menghidupkan kembali lemari es Anda. Setelah mematikan kemudian menghidupkan, maka jangan langsung mengisi bahan makanan hingga penuh.

Biarkan hingga suhunya dingin, baru kemudian mengisinya. Mengisi kulkas juga harus bertahap, sebab jika kulkas langsung diisi penuh setelah dimatikan akan membuat kerja pendinginnya menjadi sangat berat. Hal ini membuat lemari es menjadi lebih cepat rusak.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Membersihkan Kulkas . Pastikan untuk memperhatikan setiap langkahnya agar tidak salah. Selain membersihkan secara rutin, pastikan juga Anda memiliki kulkas yang berkualitas agar lebih tahan lama.

Dengan merawat kulkas Anda dengan baik dan benar, Anda bisa memastikan bahwa kulkas Anda tetap bersih, segar, dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *