Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung : Mudah dan Cepat !!

Posted on

Bengkeltv.idCara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung : Mudah dan Cepat !!. Mesin cuci 2 tabung adalah alat yang sangat membantu dalam proses mencuci pakaian. Dengan memiliki dua tabung, mesin cuci ini dapat memisahkan pakaian putih dan berwarna untuk dicuci secara terpisah. Mesin cuci 2 tabung juga biasanya memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga dapat mencuci lebih banyak pakaian dalam satu kali proses mencuci.

Namun, seperti halnya mesin cuci biasa, mesin cuci 2 tabung juga membutuhkan perawatan yang tepat agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah membersihkan mesin cuci secara teratur. Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung sebenarnya cukup mudah dilakukan, dan pada artikel ini, kami akan membagikan tips mudah dan efektif untuk membersihkan mesin cuci 2 tabung Kalian.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Mungkin Kalian berpikir menggunakan mesin cuci 2 tabung cukup merepotkan dan memakan waktu karena harus memindahkan cucian dari tabung pencucian ke tabung pengeringan secara manual. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pengoperasian mesin cuci 2 tabung terbilang cukup mudah, bahkan proses pengeringannya bisa cepat dan optimal.

Namun, untuk menjaga agar mesin cuci dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, penting bagi Kalian untuk rajin merawat dan membersihkannya. Dengan melakukan perawatan secara rutin, mesin cuci dapat bertahan lebih lama dari umur pakainya yang diperkirakan sekitar 3-5 tahun.

Berikut adalah cara membersihkan mesin cuci 2 tabung dengan benar:

1. Kuras Air dari Tabung Cuci Setelah Dipakai

Suatu cara yang perlu diperhatikan dalam membersihkan mesin cuci 2 tabung adalah dengan menguras air dari tabung setelah digunakan. Namun, pengurasan air dari tabung cuci harus dilakukan dengan panduan yang benar.

Baca juga:  Ciri-Ciri Mesin Cuci Rusak : Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

  • Sambungkan selang ke bagian bawah mesin dan arahkan ujung selang yang lain ke ember atau bak cuci.
  • Setelah itu, putar tombol pada mesin cuci ke posisi “Drain” untuk mengalirkan air keluar.
  • Pastikan untuk menunggu hingga air benar-benar habis sebelum memindahkan selang, agar tidak tumpah atau terciprat air.

Perlu diingat, mesin cuci memiliki dua titik untuk menghubungkan selang. Selang pertama terhubung pada bagian atas untuk mengisi air, sedangkan selang kedua terhubung pada bagian bawah untuk mengalirkan air keluar. Tidak perlu khawatir, kedua titik ini mudah ditemukan.

2. Pastikan Steker Mesin Cuci Sudah Tercabut

Setelah air dalam tabung terkuras habis, pastikan untuk mencabut steker mesin cuci agar tidak tersambung dengan sumber listrik. Selain itu, pastikan bahwa semua tombol pada mesin cuci dalam posisi “off”.

Untuk memastikan keamanan selama proses pembersihan mesin cuci, matikan sakelar listrik yang menghubungkan mesin cuci dengan sumber listrik di rumah.

3. Lap Bagian Dalam dan Luar Mesin Cuci

Langkah selanjutnya dalam membersihkan mesin cuci dua tabung adalah dengan menyeka bagian dalam dan luar mesin menggunakan kain lembap. Berikut adalah caranya:

  • Basahi kain lembut dengan air hangat atau dingin.
  • Bersihkan bagian dalam bak terlebih dahulu dan gosok bagian dalam.
  • Gerakkan kain dalam gerakan memutar untuk membersihkan mesin secara menyeluruh.
  • Lap mesin setiap kali setelah digunakan agar tetap terawat dengan baik.
  • Hindari menggunakan kain kasar atau sikat untuk membersihkan mesin cuci.

Mesin cuci dua tabung tidak memiliki banyak lubang atau celah seperti mesin cuci biasa, sehingga tidak terlalu kotor. Namun, fokuslah pada pulsator, yaitu bagian bundar di bagian bawah tabung mesin cuci.

4. Keringkan Bagian dalam Tabung Mesin Cuci

Selanjutnya, keringkan bagian dalam tabung menggunakan handuk bersih yang terbuat dari bahan lembut, seperti kain microfiber. Seka bagian dalam tabung dengan gerakan melingkar kecil dari dasar menuju ke atas. Selain itu, bersihkan juga bagian luar mesin cuci dengan handuk yang sama.

Pastikan untuk mengeringkan mesin cuci hingga bagian tepi pulsator dengan baik.

5. Biarkan Tutup Mesin Cuci Terbuka

Setelah proses penyekaan dan pengeringan selesai, biarkan tutup mesin cuci terbuka selama satu jam agar benar-benar kering. Pastikan untuk membuka kedua penutup tabung mesin cuci sebelum mencolokkan mesin kembali ke sumber listrik.

Baca juga:  Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami

Membersihkan mesin cuci 2 tabung, terutama pada mesin cuci Panasonic, bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur atau lumut. Dengan melakukan perawatan yang baik, kamu dapat memiliki mesin cuci yang lebih bersih dan terawat.

6. Bersihkan Filter Tabung Cuci

Saat membersihkan mesin cuci, jangan lupa untuk membersihkan filter serat di dalamnya. Filter serat mesin cuci berada di dalam dan terlihat seperti tabung yang panjang dan tipis.

Untuk membersihkan filter serat, tekan panah ke bawah dan tarik keluar dengan lembut. Langkah-langkah membersihkan filter serat biasanya terdapat pada manual mesin cuci.

  • Letakkanlah filter serat di dalam mangkuk atau ember yang berisi air bersih.
  • Tuangkan air ke dalam ember dan rendamlah filter di dalamnya.
  • Gunakanlah jari untuk membersihkan seluruh serat pada filter, lalu gerakkan filter di dalam air hingga benar-benar bersih.
  • Setelah itu, pasang kembali filter serat seperti semula saat kamu mengeluarkannya.
  • Dorong filter dengan lembut hingga terpasang di tempatnya.

7. Desinfeksi Mesin Cuci

Mencuci tabung mesin cuci dengan benar ternyata membutuhkan air panas agar terbebas dari kuman dan bakteri. Berikut ini panduannya.

  • Tambahkan air panas ke mesin cuci dengan menghubungkan selang ke keran air.
  • Sambungkan ujung selang yang tipis ke bagian atas mesin cuci dan ujung selang yang lain ke keran wastafel.
  • Hidupkan air panas untuk mengisi bak cuci hingga seperempat atau sepertiga penuh.

8. Pakai Cuka atau Air dan Baking Soda

Setelah air mengisi tabung mesin cuci, tuangkan 240-470 mililiter cuka putih ke dalam tabung. Cuka berfungsi sebagai desinfektan untuk membersihkan mesin cuci. Jika kedua tabung sangat kotor, tambahkan cuka lebih banyak.

Jika ada bagian tertentu pada mesin cuci yang dikhawatirkan rusak, semprot dengan cuka sebelum menuangkan cuka tambahan. Tidak perlu melakukan cara ini terlalu sering, cukup 3 sampai 6 bulan sekali. Untuk hasil maksimal, tambahkan 240 ml soda kue ke dalam air.

9. Bersihkan Kembali Tabung Mesin Cuci

Langkah selanjutnya dalam mendesinfeksi mesin cuci adalah memutar tombol mesin ke siklus pencucian sehingga cuka dapat membersihkan tabung mesin. Lakukan proses ini selama 10-15 menit. Setelah itu, kuras air di dalam mesin dan alihkan ujung selang yang awalnya dicolokkan ke bagian atas mesin cuci ke dasar mesin.

Baca juga:  Cara Mengeluarkan Air dari Mesin Cuci Samsung dengan Mudah

Lepaskan ujung selang yang menempel pada keran dan letakkan di saluran pembuangan air. Pastikan selang tidak bergerak agar tidak menyemprotkan air ke mana-mana. Jika air sudah terkuras, seka bagian dalam mesin agar benar-benar kering. Jangan lupa untuk membiarkan tutup mesin cuci terbuka selama satu atau dua jam agar bisa kering maksimal dan aman digunakan.

10. Gunakan Deterjen yang Tepat

Tentu saja kamu tidak ingin mesin cuci, baik satu atau dua tabung, memiliki bau apek, bukan? Dengan cara membersihkan mesin cuci dua tabung yang tepat, masalah ini dapat dihindari.

Namun, jangan lupa memilih deterjen yang tepat, Pins! Hal ini karena deterjen yang tidak tepat dapat menyisakan banyak sabun yang menempel pada tabung dan menyebabkan bau apek. Disarankan untuk memilih deterjen cair dengan konsentrat khusus untuk mesin cuci.

Baca Juga :

Kesimpulan

Sebagai rangkuman, menjaga kebersihan mesin cuci 2 tabung merupakan langkah penting agar perangkat tetap berfungsi optimal dan awet. Berbagai cara yang telah dijelaskan di atas, seperti membersihkan bagian tabung pencuci dan pengering, menyikat saringan air, serta membersihkan saluran pembuangan dan selang, akan membantu Kalian dalam menjaga mesin cuci Kalian tetap higienis dan efisien.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan ini, minimal setiap 3 bulan sekali, agar mesin cuci Kalian bebas dari jamur, kotoran, dan endapan yang dapat mengganggu kinerja perangkat. Dengan menerapkan cara-cara membersihkan mesin cuci 2 tabung ini, Kalian akan memastikan keluarga Kalian selalu mendapatkan pakaian bersih dan higienis serta menjaga kualitas pakaian tetap terjaga.

Terapkan tips-tips di atas dan pastikan mesin cuci Kalian senantiasa dalam kondisi prima, sehingga Kalian dapat terus menikmati kenyamanan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *