Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Bagaimana Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Posted on

Bengkeltv.idBagaimana Cara Membuat Inverter Backlight TV LED. Beberapa kerusakan yang sering dialami pada TV LED meliputi layar mati total, gambar hilang namun suara masih normal, gambar bergaris, gambar berubah warna, dan sebagainya. Karena banyak kerusakan terjadi pada bagian gambar, maka masalahnya kemungkinan terletak pada backlight TV LED.

Oleh karena itu, perlu untuk memperbaikinya dengan membuat inverter backlight TV LED. Berikut ini adalah cara membuat inverter backlight TV LED yang bisa diikuti.

Apa itu Inverter Backlight TV LED?

Inverter Backlight TV LED adalah sebuah komponen elektronik yang digunakan pada TV LED untuk mengatur intensitas cahaya pada backlight LED yang digunakan sebagai sumber cahaya pada layar TV. Inverter Backlight TV LED biasanya terdiri dari sebuah papan sirkuit atau board yang terdiri dari berbagai jenis komponen seperti resistor, kapasitor, transistor, dan lain sebagainya.

Fungsi Inverter

Inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengubah arus listrik DC (Direct Current) menjadi arus listrik AC (Alternating Current). Fungsi inverter ini biasanya digunakan pada sistem yang memerlukan arus listrik AC, seperti pada perangkat elektronik rumah tangga seperti AC, mesin cuci, kulkas, dan lain sebagainya.

Inverter juga sering digunakan pada sistem listrik tenaga surya dan turbin angin untuk mengubah arus listrik DC dari panel surya atau turbin angin menjadi arus listrik AC yang dapat digunakan untuk memasok listrik ke rumah atau gedung.

Selain itu, inverter juga dapat digunakan untuk mengubah arus listrik DC pada kendaraan listrik menjadi arus listrik AC yang dibutuhkan untuk menggerakkan motor listriknya. Sehingga inverter memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan modern dan memungkinkan kita untuk menggunakan berbagai jenis perangkat listrik yang memerlukan arus listrik AC.

Baca juga:  Berapa Ukuran Panjang Lebar TV 65 Inch? Ini Penjelasannya

Cara Membuat Inverter Backlight TV LED

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat inverter backlight TV LED:

1. Pahami Skema

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami skema Inverter Backlight TV LED yang digunakan pada TV Polytron atau merek televisi lain yang Kalian miliki. Setelah memahami skemanya, Kalian dapat mencari berbagai komponen elektronik yang dibutuhkan di toko elektronik terdekat. Jika ingin lebih mudah, Kalian juga dapat mencari Inverter Backlight LED universal yang sudah tersedia di pasaran.

2. Rakit Sesuai dengan Skema

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah merakit komponen sesuai dengan skema yang digunakan yaitu Voltage Doubler yang menggunakan IC 555 yang mudah didapatkan di pasaran. Selain mudah diperoleh, skema ini juga terjangkau secara harga. Anda dapat mencoba merakitnya terlebih dahulu pada project board sebelum melakukan penyolderan secara langsung. Jangan lupa membuat PCB, Anda dapat menggunakan PCB lubang untuk mempermudah proses perakitan.

3. Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses membuat Inverter Backlight TV LED, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan meliputi mesin lampu 3 watt atau 3 watt, relay 8 kaki, PCB, serta 2 resistor 1k ohm dan LED 3 kaki. Dengan menyiapkan alat dan bahan ini, proses pemasangan Inverter Backlight TV LED yang telah disiapkan akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

4. Cara Kerja

Langkah untuk mengatasi backlight TV LED yang mati adalah dengan merangkai semua jalur sesuai dengan skema yang ada. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan voltase 5 volt dari USB untuk menyuplai induksi relay yang berasal dari output USB.

Kemudian mesin lampu digunakan untuk menyuplai LED backlight dari output kit mesin lampu. Ketika TV berada dalam keadaan standby, lampu LED D17 akan menyala dengan warna merah.

Baca juga:  Kode Remot TV Ikedo Lengkap dengan Cara Settingnya

Sementara ketika TV dihidupkan, lampu LED D17 akan berubah menjadi warna hijau. Jika tombol power ditekan, tegangan 5 volt dari USB akan mengaktifkan relay dan memasok induksi. Untuk memudahkan, Kalian dapat membuat alat tes untuk backlight TV LED guna memeriksa LED dengan lebih mudah.

5. Memastikan Inverter LED Backlight Bekerja

Jika setelah perakitan BL inverter masih belum bekerja, maka Kalian perlu menyiapkan biaya untuk mengganti backlight TV LED. Untuk memeriksa apakah BL inverter telah bekerja atau tidak, Kalian dapat melihat pada gambar contoh dan mengukur tegangan di titik B.

Jika tegangan di titik B sama dengan tegangan di titik A dan sama dengan VIN, maka itu berarti BL inverter belum bekerja. Jika BL inverter telah bekerja, maka tegangan di titik B akan lebih tinggi dari tegangan VIN.

FET yang terhubung ke GATE berperan dalam menghasilkan tegangan di titik B, sementara FET yang terhubung ke PWMO berfungsi sebagai pengatur kecerahan backlight. Jika inverter backlight TV LED tidak bekerja, Kalian dapat menyiapkan biaya untuk memperbaiki TV LED LG dengan layar gelap.

Untuk memastikan apakah inverter backlight TV LED sudah bekerja atau belum, Kalian dapat mengukur tegangan di titik B. Setelah TV dihidupkan atau colokkan ke stop kontak, amati volt-meter. Awalnya, akan keluar tegangan rendah yang sama dengan VIN. Namun, segera setelah itu, tegangan akan meningkat.

Jika tegangan kemudian turun kembali, hal ini menunjukkan bahwa lampu backlight mengalami kerusakan.

Biaya Ganti Backlight TV LED

Biaya untuk mengganti backlight LED dapat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan ribu hanya untuk jasa pengecekan saja.

Namun, jika lampu backlight normal tetapi BL inverter masih belum berfungsi, Anda dapat melakukan beberapa pemeriksaan seperti memeriksa tegangan VIN, tegangan pada pin Vcc IC inverter, tegangan pada pin kontrol ON OFF IC inverter (minimal 2 volt), diode penyearah apakah terjadi short, dan elco filter tegangan backlight. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan menentukan biaya untuk mengganti backlight TV LED LG atau merek lainnya.

Baca juga:  Bagus Smart TV Changhong atau Coocaa : Mana yang Lebih Bagus?

Daftar Harga Inverter Backlight Led TV

ProdukHarga
Inverter Backlight LED TV / Driver Inverter UniversalRp92,000
Inverter Backlight LED TV - Driver Inverter UniversalRp63,730
Inverter Backlight LED TV - Driver Inverter UniversalRp61,500
Discount Inverter Backlight LED TV / Driver Inverter Universal DiscountRp46,200
PROMO UNIVERSAL INVERTER BL TV LED BACKLIGHT TV LEDRp26,000
INVERTER BRIVER MODUL BACKLIGHT UNIVERSAL TV LED 10-43 inc MODULE MULTY MULTIRp35,000
2x 65inch LCD TV Constant Current Driver Board Inverter Backlight BoardRp163,171
65 inch LED LCD TV Backlight Constant Current Board Boost Driver BoardRp105,693
26-55 inch LED LCD TV Backlight Constant Current Board Boost Driver BoardRp107,964
26~55inch LED LCD TV Backlight Constant Current Board Boost Driver BoardRp112,599

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah backlight TV LED, membuat Inverter Backlight TV LED dapat menjadi solusi yang efektif. Dalam cara membuat Inverter Backlight TV LED, diperlukan pemahaman skema dan pemilihan komponen yang tepat, serta merakitnya sesuai dengan instruksi yang ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menghemat biaya perbaikan dan memperbaiki TV LED Kalian dengan mudah. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terhadap tegangan dan komponen lainnya untuk menentukan penyebab masalah sebelum memutuskan untuk mengganti backlight TV LED.

Dengan demikian, pembuatan Inverter Backlight TV LED dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah backlight TV LED dan meningkatkan kualitas tampilan gambar pada layar TV LED. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Membuat Inverter Backlight TV LED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *