Cara Mencari Sinyal Nex Parabola

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Panduan Mudah Untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Mencari Sinyal Nex Parabola Panduan Mudah Untuk Pemula. Salah satu alasan utama mengapa masyarakat memilih layanan TV satelit adalah karena tersedia banyak channel, termasuk acara berkualitas dari saluran mancanegara. Nex Parabola adalah salah satu provider favorit yang menyediakan banyak channel gratis, dan juga menawarkan paket berlangganan untuk siaran premium.

Beberapa orang memilih untuk memasang parabola mini sendiri karena sinyal UHF digital tidak dapat tertangkap. Harga yang terjangkau dan proses instalasi yang mudah membuat parabola mini menjadi pilihan bagi banyak orang, termasuk pemula.

Kami telah merangkum panduan tentang cara mencari sinyal Nex Parabola dengan mudah dan cepat, sehingga Kalian tidak perlu membayar jasa teknisi dan dapat belajar melakukan proses tracking satelit secara mandiri.

Syarat Mencari Sinyal Nex Parabola

Mungkin ada yang merasa kebingungan saat memasang dan mencari sinyal dari Nex Parabola. Namun, dengan sedikit membaca referensi, kamu dapat menambah wawasan dan memudahkan proses tersebut.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk berhasil dalam melakukan tracking sinyal:

1. Wawasan Dasar

Memasang parabola sendiri bisa dilakukan dengan mudah, asalkan kamu bersedia untuk mempelajari pengetahuan dasar teknisi. Dengan memperhatikan beberapa poin penting dalam dunia televisi satelit, kamu dapat meningkatkan keterampilanmu.

Nex Parabola sangat populer pada jalur satelit Ku Band karena dapat menggunakan antena parabola mini. Selain praktis, instalasinya juga tergolong sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula.

2. Paham Menu Receiver

Receiver merupakan alat utama untuk mendapatkan layanan dari provider penyedia siaran TV satelit. Sebelum memulai proses, penting untuk mempelajari arti simbol pada remot kontrol dan menu receiver dengan baik.

Dengan demikian, kamu akan dapat dengan mudah mengonfigurasi model apapun. Kemudian, pengaturan parameter dapat diaplikasikan dengan sukses tanpa kesalahan yang signifikan.

3. Perangkat Parabola

Pastikan kamu memiliki perangkat parabola agar bisa menikmati layanan siaran televisi berbasis satelit. Kamu bisa memilih antena parabola tipe jaring atau solid, dengan ukuran diameter yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:  Spesifikasi Mola Nex Parabola Hitam : Apa yang Harus Kalian Ketahui?

Disarankan untuk memilih parabola mini dengan ukuran 45 cm karena praktis dalam instalasi. Selain itu, harga perangkatnya cukup terjangkau bahkan lebih murah daripada antena UHF tipe outdoor.

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola

Proses pencarian sinyal satelit dari Nex Parabola dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk pemula. Terutama bagi pengguna antena parabola mini yang menggunakan jalur frekuensi Ku Band.

Berikut adalah cara melakukan tracking sinyal Nex Parabola:

1. Pasang Parabola

Sebelum memasang parabola mini, pastikan untuk menentukan lokasi yang tidak terhalang oleh pohon atau dinding tembok. Rakit parabola mini dengan benar menggunakan kunci pas, kamu dapat melihat gambar pada brosur sebagai panduan.

Pasang tiang penyangga secara tegak lurus dan pastikan cukup kokoh untuk menopang piringan parabola. Hubungkan kabel lalu kencangkan semua baut kecuali bagian untuk memutar antena.

2. Setting Decoder

Setting decoder Nex Parabola menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan pencarian sinyal. Kesalahan dalam input parameter akan langsung berdampak pada kegagalan dalam pointing satelit.

  • Pastikan kabel parabola sudah tersambung dengan benar ke decoder.
  • Hidupkan televisi dan decoder secara bersamaan.
  • Masuk ke pengaturan STB Nex Parabola.
  • Pilih menu instalasi, lalu tekan pengaturan antena.
  • Tambahkan transponder dari satelit Ku Band.
  • Input koordinat satelit, frekuensi Nex Parabola, polaritas, dan simbol rate.

Metode untuk menginput parameter STB Nex Parabola tergantung pada frekuensi satelit yang kamu tentukan. Berikut adalah frekuensi Nex Parabola terbaru:

Nex Parabola Jalur Ku Band

UnitTransporder 1
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11861
PolaritasH
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini
UnitTransporder 2
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11861
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini
UnitTransporder 3
ProviderNex Parabola
SpektrumKu Band
SatelitSes 9
Koordinat108.2 E
Frekuensi11921
PolaritasV
Simbol Rate45000
SistemMPEG 4
AntenaParabola Mini

Nex Parabola Jalur C Band

UnitTransporder 1
ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi3900
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
AntenaParabola Besar
UnitTransporder 2
ProviderNex Parabola
SpektrumC Band
SatelitTelkom 4
Koordinat108.0 E
Frekuensi4180
PolaritasV
Simbol Rate29800
SistemMPEG 4
AntenaParabola Besar

3. Putar Antena Parabola

Untuk memudahkan pencarian posisi satelit, kamu dapat menginstall aplikasi “Satfinder”. Setelah diinstal, hidupkan aplikasi dan masukkan nama satelit Jalur Ku Band dari Nex Parabola. Dengan demikian, posisi arah antena akan terlihat dengan jelas.

Baca juga:  Cara Setting Receiver Nex Parabola : Panduan Lengkap untuk Pemula

Minta bantuan orang lain untuk melihat pergerakan sinyal pada layar dan putar antena perlahan-lahan. Pastikan untuk mendapatkan intensitas sinyal minimal sebesar 65 persen saat melakukan tracking.

Penyebab Siaran Nex Parabola Menghilang

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan siaran Nex Parabola hilang antara lain:

1. Kondisi Cuaca Buruk

Salah satu penyebab hilangnya siaran Nex Parabola adalah kondisi cuaca yang buruk atau tidak bersahabat, seperti hujan lebat dan angin kencang. Hal ini disebabkan karena sinyal tidak dapat menembus awan dan spektrum menjadi lemah akibat perubahan kondisi cuaca.

Meskipun hilangnya siaran Nex Parabola karena faktor cuaca bersifat sementara dan tidak menimbulkan masalah dalam jangka waktu panjang. Hal ini menandakan bahwa ketika kondisi cuaca kembali normal dan cerah, channel akan muncul kembali secara normal.

2. Adanya Perubahan Frekuensi

Penyebab kedua hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh adanya perubahan frekuensi. Hal ini merupakan salah satu penyebab umum yang sering terjadi pada layanan satelit TV. Untuk mengatasi penyebab ini, biasanya pihak provider akan memberikan informasi melalui teks berjalan saat Anda menonton acara.

Tujuan dari perubahan frekuensi siaran ini sebenarnya adalah untuk meningkatkan kapasitas layanan dan menambah channel baru. Namun, akibatnya semua channel pada transponder lama akan hilang dan layar TV akan menjadi gelap, sehingga Kalian tidak dapat menonton acara apapun.

3. Konektor Alami Masalah

Penyebab ketiga hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh masalah pada konektor, yang biasanya terjadi karena ada kelonggaran atau bahkan konektor terlepas. Jika terjadi masalah pada konektor, akan terdeteksi saat Kalian melihat kualitas dan intensitas sinyal pada layar menjadi nol persen semua.

4. Decorder Terjadi Masalah

Penyebab keempat hilangnya siaran Nex Parabola bisa disebabkan oleh masalah pada decoder, receiver, atau set-top box. Salah satu penyebabnya adalah firmware pada decoder terkadang mengalami bug yang dapat menimbulkan masalah, bahkan sampai siaran hilang.

Selain itu, kebiasaan pengguna setiap hari juga dapat mempengaruhi performa mesin STB Nex Parabola. Oleh karena itu, pastikan selalu mengoperasikan unit dengan baik dan benar sesuai dengan buku panduan resmi agar STB bisa bertahan lebih lama.

5. LNB Rusak & Bermasalah

Penyebab kelima hilangnya siaran Nex Parabola dapat disebabkan oleh LNB yang rusak atau bermasalah, yang biasanya terjadi karena usia pemakaian. Setiap komponen memiliki usia tersendiri, terutama LNB yang selalu terpapar panas dan hujan.

Baca juga:  Cara Aktivasi Receiver Nex Parabola Mudah & Cepat

Material LNB dapat menjadi keropos atau berkarat, sehingga kinerjanya dalam menangkap siaran menjadi tidak baik. Rusaknya LNB juga akan terlihat pada indikator intensitas sinyal yang menjadi nol dan siaran Nex Parabola secara otomatis hilang.

6. Dish Bergeser

Penyebab terakhir hilangnya siaran Nex Parabola bisa terjadi karena posisi dish bergeser. Meskipun hal ini jarang terjadi, hujan lebat dan angin kencang bisa membuat posisi dish parabola mengalami pergeseran.

Perubahan posisi dish parabola dapat menurunkan kualitas sinyal yang ditangkap secara signifikan, bahkan hingga nol persen. Sehingga semua siaran Nex Parabola hilang tanpa jejak, yang membuat Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencari atau mengembalikan siaran tersebut.

Tips Mencari Sinyal Parabola

Harap diketahui bahwa siaran Nex Parabola dapat ditangkap melalui 2 satelit, yaitu Satelit Ses 9 yang menggunakan frekuensi Ku Band dan satelit Telkom 4 yang menggunakan frekuensi C Band. Kedua satelit ini menyiarkan siaran Nex Parabola pada posisi yang berdekatan, yaitu pada garis bujur sekitar 108° E dengan arah sedikit ke barat dari sudut vertikal.

Untuk siaran C Band seperti Telkom 4, sinyal satelit dapat ditangkap menggunakan antena parabola jaring atau antena parabola yang besar dengan diameter sekitar 6 feet. Sementara itu, untuk frekuensi Ku Band, dapat mudah ditangkap menggunakan antena parabola mini.

Perbedaan ini akan berpengaruh pada pengaturan frekuensi LNB yang diatur pada pengaturan antena di perangkat receiver. Oleh karena itu, perlu memperhatikan jenis antena parabola yang digunakan, apakah menggunakan antena parabola mini untuk frekuensi Ku Band atau antena parabola besar untuk frekuensi C Band.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mencari Sinyal Nex Parabola, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memperoleh layanan siaran televisi berbasis satelit dengan mudah.

Perlu diingat bahwa proses pencarian sinyal pada parabola membutuhkan ketelitian dan kesabaran, terutama jika kalian melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi. Selalu pastikan semua perangkat terhubung dengan baik dan benar serta terhindar dari faktor-faktor yang dapat mengganggu kualitas sinyal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *