Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa Mudah & Praktis

Posted on

Bengkeltv.idCara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa Mudah & Praktis. Seiring dengan kemajuan teknologi, siaran TV telah berubah dari analog menjadi digital. Saat ini, siaran TV digital sudah menjadi standar di Indonesia, sehingga Anda memerlukan alat penerima TV digital untuk menikmati siaran TV. Ada banyak cara untuk mendapatkan siaran TV digital, termasuk dengan menggunakan antena biasa yang sudah Anda miliki di rumah.

Namun, banyak orang mungkin tidak tahu cara menggunakan antena biasa untuk menangkap siaran TV digital. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan membahas cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa.

Apa itu Siaran TV Digital?

Siaran TV digital adalah bentuk penyiaran televisi yang menggunakan teknologi digital untuk mengirimkan sinyal video dan audio ke televisi. Teknologi ini menggantikan teknologi siaran analog yang sudah lama digunakan sebelumnya.

Dalam siaran TV digital, sinyal televisi dikirimkan dalam format digital yang lebih efisien dan dapat menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan siaran analog. Selain itu, siaran TV digital juga memungkinkan pengguna untuk menerima lebih banyak saluran televisi dan menambahkan fitur-fitur tambahan seperti perekaman digital dan layanan interaktif.

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog dengan Mudah

Namun, masih banyak masyarakat yang tidak dapat membedakan antara TV digital dan TV analog. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui perbedaan antara TV digital dan TV analog.:

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Mudah Merubah Jaringan 3G ke 4G di HP Samsung

1. Periksa Spesifikasi yang Ada di Belakang TV

Jika spesifikasi TV Kalian mencantumkan istilah “digital ready”, “digital tuner”, “DTV ready”, “tuner TV digital”, “digital built-in tuner”, atau “DVB-T2”, maka dapat dipastikan bahwa TV Kalian mendukung siaran TV digital.

2. Memeriksa Spesifikasi Manual

Jika tidak ada keterangan seperti yang disebutkan di atas pada bagian belakang TV, Kalian dapat memeriksa buku panduan manual atau mencari informasi tentang kemampuan TV dalam menangkap siaran TV digital dari website resmi produsen TV tersebut. Pastikan untuk mencantumkan merek dan seri perangkat TV saat melakukan penelusuran informasi tersebut.

3. Memeriksa Chanel yang Sudah Ada atau Program Kembali

Cek seluruh channel yang tersedia di TV Kalian. Jika terdapat channel TVRI World, Nusantara TV, Mentari TV, atau salah satunya, maka dapat dipastikan bahwa TV Kalian mendukung siaran TV digital.

Jika tidak ada satupun dari channel tersebut, coba program ulang TV Kalian untuk menangkap channel baru yang sebelumnya belum tertangkap. Biasanya saat di-program ulang, TV akan menampilkan keterangan beberapa siaran analog yang didapat serta siaran digital yang bisa ditangkap.

4. Memeriksa ke Website Resmi Milik Kominfo

Langkah terakhir, kunjungi situs web resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memeriksa daftar perangkat TV yang mendukung siaran TV digital.

Kalian dapat memilih kategori TV pada kolom di sebelah kiri, kemudian pilih merek pada kolom di tengah, dan pilih model atau tipe pada kolom di sebelah kanan. Jika tipe TV Kalian tidak terdaftar, maka dapat dipastikan bahwa TV Kalian dapat menangkap siaran TV digital dengan menggunakan antena biasa.

Kalian juga dapat memeriksa melalui situs web Kominfo untuk mengecek apakah merek dan tipe set top box (STB) TV digital Kalian telah bersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa (UHF)

Berikut adalah Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa:

1. Memastikan Siaran TV Digital Sudah Tersedia

Agar bisa menonton film, sinetron, dan program TV lainnya dengan lancar menggunakan antena biasa, pastikan terlebih dahulu wilayah Kalian sudah dapat menerima siaran TV digital. Ada 2 cara untuk memeriksa hal ini. Pertama, Kalian dapat memeriksa situs https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran untuk melihat daftar wilayah yang sudah dapat menerima siaran TV digital.

Baca juga:  Lampu Indikator Magic Com Tidak Menyala : Penyebab dan Solusinya

Kedua, Kalian dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital dari Google Play Store dan mengizinkannya untuk mengakses lokasi Kalian. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan periksa peta yang muncul sesuai dengan lokasi Kalian. Pada bagian kiri bawah, terdapat legenda peta. Periksa warna yang muncul di peta dan cocokkan dengan wilayah yang sudah dapat menerima siaran TV digital.

2. Perlu Memiliki Antena UHF

Jika Kalian ingin menonton siaran TV digital dan masih memiliki antena UHF yang kualitasnya bagus untuk menangkap siaran TV analog, jangan segera membuangnya karena antena tersebut masih bisa digunakan untuk menangkap siaran digital.

Antena UHF tersebut dapat digunakan sebagai antena indoor maupun outdoor untuk menangkap siaran TV digital.

3. Mempunyai Set Top Box DVB-T2

Pastikan TV di rumah Kalian dilengkapi dengan set top box DVB-T2. Jika belum, Kalian dapat mengajukan permohonan untuk menerima set top box gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika atau membelinya di toko elektronik atau e-commerce. Harga set top box tersebut masih tergolong stKalianr.

4. Menghubungkan Set Top Box ke TV Digital Analog

Jika TV di rumah Kalian hanya dapat menerima siaran TV analog, Kalian dapat menghubungkan perangkat set top box ke TV analog menggunakan kabel AV dan port dengan ujung warna merah, kuning, dan putih.

Namun, pastikan Kalian mengikuti langkah-langkah pemasangan yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa dapat berhasil. Set top box (STB) akan membantu Kalian mencari sinyal TV digital yang ditangkap oleh antena agar dapat ditampilkan meskipun TV di rumah Kalian adalah TV siaran analog.

Pastikan TV dalam kondisi AV dan hubungkan STB pada kabel AV 1, AV 2, dan seterusnya. Kemudian, hidupkan STB dan tekan tombol [Menu] pada remote STB. Selanjutnya, cari menu pencarian saluran dan pilih [Pencarian Otomatis] hingga pencarian selesai dilakukan. Setelah itu, pilih [Simpan]. Untuk menikmati siaran TV digital, TV harus dalam posisi AV.

Baca juga:  Cara Enter di iPhone : Panduan Mudah

5. Mencari Siaran Digital Menggunakan TV Analog

Setelah TV terhubung dengan set top box, hidupkan perangkat STB tersebut dan cari menu AV di TV digital. Pilih opsi pengaturan atau setting dan lanjutkan dengan memilih tombol [Auto Scan] untuk memindahkan program siaran TV digital.

Cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa dan memasangnya cukup mudah. Selain itu, Kalian juga dapat memasang DVD player atau konsol Playstation. Dalam hal ini, TV akan menampilkan tampilan audio dan video, sedangkan STB akan mencari dan mengunci siaran TV digital.

Kalian dapat menggunakan remote TV untuk menaikkan atau menurunkan volume suara TV, sedangkan untuk mengganti atau merubah channel, Kalian dapat menggunakan remote STB atau STB TV digital.

Keuntungan Menggunakan Antena Biasa untuk Mendapatkan Siaran TV Digital

Ada beberapa keuntungan menggunakan antena biasa untuk mendapatkan siaran TV digital, yaitu:

  • Biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli perangkat TV digital lainnya.
  • Tidak memerlukan koneksi internet seperti pada siaran TV digital melalui TV kabel atau satelit.
  • Kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan siaran TV analog.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel dari bengkeltv.id mengenai cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa. Kini Kalian telah memahami bahwa meskipun antena digital lebih disarankan, masih ada cara untuk menikmati siaran TV digital menggunakan antena konvensional yang Kalian miliki.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan, Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli peralatan baru. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang diperoleh mungkin tidak seoptimal menggunakan antena digital.

Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Kalian dan keluarga. Selamat menikmati siaran TV digital dengan antena biasa, dan jangan lupa untuk selalu menjaga peralatan Kalian agar tetap dalam kondisi terbaik. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *