Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start

Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start : Tips dan Solusi

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start : Tips dan Solusi. TV adalah salah satu alat elektronik yang paling penting di rumah, dan Akari adalah salah satu merek TV yang terkenal di Indonesia. Namun, seperti halnya semua alat elektronik lainnya, TV Akari juga bisa mengalami masalah teknis. Salah satu masalah yang paling umum adalah saat TV Akari Kalian dalam keadaan standby dan tidak mau start.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari masalah listrik hingga kerusakan pada bagian dalam TV. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start.

Mengenai Akari?

Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start

Akari adalah sebuah merek produk lokal Indonesia yang didirikan pada tahun 1992. Perusahaan ini merupakan bagian dari PT. Panggung Electric yang memproduksi produk elektronik berkualitas tinggi. Merek Akari telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun. Produk-produk yang tersedia meliputi TV berwarna, LED TV, mesin cuci, AC, speaker aktif, dan berbagai produk elektronik lainnya.

Nama “Akari” sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti “cahaya”. Visi dari merek ini adalah untuk ikut serta dalam “menerangi” dunia elektronik di Indonesia melalui produk-produk elektronik berkualitas tinggi yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Salah satu produk unggulan Akari adalah TV LED-nya.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan TV Philips yang Perlu Diketahui

Penyebab TV Akari Mati Standby

Ada beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan TV Akari Neo Clara mengalami masalah mati standby, diantaranya:

1. Kerusakan pada Adaptor atau Kabel Power

Adaptor atau kabel power yang mengalami kerusakan bisa membuat TV Kalian mati standby. Jika adaptor atau kabel power tidak berfungsi dengan baik, maka daya yang diterima oleh TV Kalian bisa tidak cukup untuk mengoperasikannya secara normal.

2. Masalah pada Papan Sirkuit

Papan sirkuit yang rusak atau memiliki komponen yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan TV Kalian mati standby. Komponen yang rusak atau terjadi korsleting pada papan sirkuit bisa mengganggu aliran listrik dan menyebabkan TV Kalian tidak dapat menyala.

3. Kerusakan pada IC Regulator

IC regulator yang mengalami kerusakan bisa membuat TV Akari Neo Clara mati standby. IC regulator adalah komponen yang bertanggung jawab mengatur aliran listrik ke berbagai bagian di dalam TV Kalian. Jika IC regulator mengalami kerusakan, maka aliran listrik yang diterima oleh TV bisa tidak stabil, sehingga TV Kalian tidak bisa berfungsi dengan baik.

Cara Memperbaiki TV Akari Neo Clara Mati Standby

Setelah mengetahui penyebab umum mengapa TV Akari Neo Clara Kalian mati standby, berikut adalah beberapa cara yang dapat Kalian lakukan untuk memperbaikinya:

1. Periksa dan Ganti Adaptor atau Kabel Power yang Rusak

Jika Kalian menduga bahwa masalah pada TV Kalian disebabkan oleh adaptor atau kabel power yang rusak, periksalah kondisi adaptor dan kabel power tersebut. Jika Kalian menemukan kerusakan pada adaptor atau kabel power, gantilah dengan yang baru.

2. Periksa dan Perbaiki Papan Sirkuit

Untuk memeriksa dan memperbaiki masalah pada papan sirkuit, Kalian perlu membuka casing TV dan mengakses papan sirkuit. Pastikan TV sudah dimatikan dan dicabut dari sumber listrik sebelum melakukan tindakan ini. Setelah mengakses papan sirkuit, periksalah kondisi komponen dan solderan. Jika ada komponen yang rusak atau solderan yang retak, gantilah komponen yang rusak dan perbaiki solderan yang retak.

Baca juga:  Letak Kode Tombol Rahasia TV LED Sharp Aquos Secara Lengkap

3. Ganti IC Regulator yang Rusak

Jika Kalian mencurigai bahwa masalah pada TV disebabkan oleh IC regulator yang rusak, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diikuti untuk mengganti IC regulator yang rusak:

1. Matikan dan Cabut TV dari Sumber Listrik

Pastikan TV sudah dimatikan dan dicabut dari sumber listrik sebelum membuka casing dan mengakses papan sirkuit.

2. Buka Casing TV dan Akses Papan Sirkuit

Gunakan obeng dan alat lain yang dibutuhkan dengan hati-hati untuk membuka casing TV. Setelah casing terbuka, Anda bisa mengakses papan sirkuit di dalam TV.

3. Temukan IC Regulator yang Rusak

Periksa papan sirkuit dan cari IC regulator yang rusak. IC regulator biasanya berbentuk kotak kecil dengan beberapa kaki yang menyambungkan ke papan sirkuit. Jika Anda tidak yakin IC regulator mana yang rusak, mungkin perlu meminta bantuan teknisi TV profesional untuk membantu mengidentifikasi komponen yang bermasalah.

4. Ganti IC Regulator yang Rusak

Setelah menemukan IC regulator yang rusak, ganti dengan komponen yang baru dan sesuai. Pastikan Anda memasang IC regulator yang baru dengan benar, mengikuti arah pada papan sirkuit.

5. Pasang Kembali Casing TV dan Nyalakan TV

Setelah mengganti IC regulator yang rusak, pasang kembali casing TV dan hidupkan TV. Jika TV sudah tidak mati standby, berarti perbaikan telah berhasil.

Beberapa Cara Memperbaiki TV Akari Susah Start

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV Akari yang susah start:

  • Langkah pertama adalah dengan mengecek tegangan pada titik kolektor TR. Jika tidak ada tegangan, maka kemungkinan spul trafo driver horizontalnya yang putus. Namun, perlu berhati-hati dalam menggantinya, terutama jika trafo berasal dari mesin bekas dengan tipe yang sama.
  • Sebelum melepas trafo horizontalnya, perlu diperiksa terlebih dahulu resistor pembatas dari B+ sebagai suplai dayanya. Karena seringkali resistor di bagian ini memiliki nilai yang meleleh dari seharusnya.
  • Selanjutnya, lepaskan dan putuskan trafo pada bagian primer. Setelah itu, pasang kembali dan coba untuk menyalakan TV. Jika rangkaian horizontalnya telah berfungsi dengan baik, maka TV akan dapat menyala seperti biasanya.
Baca juga:  Kode Remot TV Akari Penyebab dan Cara mengatasi

Kesimpulan

Secara keseluruhan, mengatasi TV Akari standby yang tidak mau start bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh kerusakan pada adaptor atau kabel power, maka solusinya adalah dengan memeriksanya dan menggantinya jika diperlukan. Sementara jika masalahnya ada pada papan sirkuit atau IC regulator yang rusak, perlu membuka casing TV dan mengganti komponen yang bermasalah.

Dalam mengatasi masalah TV Akari standby tidak mau start, diperlukan kehati-hatian dan pengetahuan yang memadai. Jika Kalian merasa kesulitan atau ragu, disarankan untuk meminta bantuan teknisi TV profesional. Dengan melakukan perawatan dan perbaikan secara tepat, TV Akari Kalian bisa kembali berfungsi dengan baik dan awet. Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengatasi TV Akari Standby Tidak Mau Start. Semoga bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *