Cara Mengetahui PK AC

Cara Mengetahui PK AC Secara Akurat

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengetahui PK AC Secara Akurat. Terdapat banyak pilihan AC dengan fitur menarik yang tersedia di pasaran, mulai dari yang hemat listrik hingga yang dapat menghasilkan udara bersih dan bebas bakteri, dari berbagai merek dengan harga yang bervariasi.

Salah satu faktor penting dalam memilih AC yang sesuai adalah memperhatikan kapasitas PK AC. Diperlukan pemilihan ukuran PK AC yang tepat dan akurat sesuai dengan luas ruangan yang diinginkan.

Namun, tidak semua orang mengetahui kapasitas PK AC yang tepat, terutama bagi mereka yang membeli AC bekas dengan harga murah. Ketika ingin mengganti AC, beberapa orang juga perlu mengetahui ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan yang akan dipasang AC tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua ukuran PK AC cocok dan mampu bekerja maksimal di semua ruangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ukuran PK AC yang sesuai dengan cara yang tepat. Berikut ini penjelasan tentang Cara Mengetahui PK AC yang tepat.

Apa Itu PK Dalam AC ?

PK merupakan singkatan dari Paard Kracht atau tenaga kuda dalam bahasa Belanda. Dalam konteks AC atau pendingin ruangan, PK merujuk pada daya atau kemampuan pendingin tersebut.

Seperti yang telah diketahui, tersedia berbagai jenis PK pada AC yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Dalam menentukan PK AC yang sesuai dengan ruangan, sangat penting untuk memperhatikan kemampuan beban listrik yang dapat ditanggung.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan daya listrik yang berlebihan, memperpanjang masa pakai AC, mencegah kerusakan, dan juga menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Baca juga:  Kode Remote AC Chunghop untuk Semua Merek

Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa pemilihan PK AC yang tepat sangatlah penting untuk mencapai efisiensi dalam penggunaannya.

Oleh karena itu, sebelum memilih AC, pastikan untuk menentukan kebutuhan ruangan dan melakukan perhitungan yang tepat agar dapat memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan.

1 PK = 735,5 watt/jam = 0,986 HP.

AC 1 PK memiliki arti bahwa tenaga listrik yang digunakan oleh kompresor AC sekitar 735,5 watt selama 1 jam.

Selain itu, terdapat juga konsumsi daya kipas indoor dan outdoor yang perlu diperhitungkan, sehingga konsumsi daya listrik AC 1 PK dapat mencapai 1 KWh atau bahkan lebih.

Perlu diingat bahwa konsumsi daya listrik AC dapat berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti suhu udara, kelembapan, dan kebutuhan pendinginan pada ruangan yang berbeda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perhitungan yang tepat dan memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghemat penggunaan listrik dan memperpanjang masa pakai AC.

Cara Mengetahui PK AC

Mengetahui besaran PK AC sebenarnya tidaklah sulit, karena PK AC dapat diketahui melalui satuan BTU (Brintush Thermal Unit). Dalam perhitungan PK AC, BTU dijadikan sebagai acuan utama.

Untuk mengetahui nilai BTU yang dibutuhkan, dapat dilakukan dengan mengalikan panjang (p) dan lebar (l) dalam satuan meter dengan 500 (sebagai besaran baku BTU).

Sebagai contoh, untuk ruangan dengan ukuran 3 x 2 meter dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut:

Setelah dilakukan perhitungan, didapatkan nilai BTU untuk ruangan 3 x 2 meter sebesar 3.000 BTU, yang kurang dari nilai baku AC ½ PK yaitu 5.000 BTU.

Oleh karena itu, masih memungkinkan untuk menggunakan AC ½ PK untuk ruangan tersebut. Adapun acuan untuk mengetahui besaran PK AC yaitu :

  • AC ½ PK = 5.000 BTU
  • AC ¾ PK = 7.000 BTU
  • AC 1 PK = 9.000 BTU
  • AC 1½ PK = 12.000 BTU
  • AC 2 PK = 18.000 BTU
Baca juga:  Panduan Lengkap Mengenai Fungsi Tombol Pada Remote AC Aqua

Cara Mengetahui PK AC Dari Model

Selain menggunakan cara perhitungan nilai BTU, kalian juga dapat mengetahui besaran PK AC melalui kode model AC yang terdapat pada AC di rumah kalian.

Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu membaca kode model pada AC untuk mengetahui kapasitas PK yang digunakan.

Sebagai contoh, pada AC Panasonic dengan model CS PC5JKJ, angka 5 menunjukkan nilai BTU AC sebesar 5.000, yang artinya AC tersebut memiliki kapasitas ½ PK.

Dengan mengetahui kode model AC dan nilai BTU yang tertera, kalian dapat menentukan besaran PK AC yang tepat untuk kebutuhan pendinginan pada ruangan kalian.

Dalam hal ini, penting untuk memilih PK AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan agar dapat mencapai efisiensi dalam penggunaannya.

Dengan mengetahui cara membaca kode model AC dan besaran PK yang dibutuhkan, kalian dapat memilih AC yang tepat dan menghindari penggunaan daya listrik yang berlebihan. Lebih jelasnya, simak di bawah ini.

  • 5 = 5.000BTU/hari dengan ukuran ½ PK
  • 7 = 7.000BTU/hari dengan ukuran ¾ PK
  • 9 = 9.000BTU/hari dengan ukuran 1 PK
  • 12 = 12.000BTU/hari dengan ukuran 1 ½ PK
  • 18 = 18.000BTU/hari dengan ukuran 2 PK
  • 24 = 24.000BTU/hari dengan ukuran 2 ½ PK

Untuk mengetahui ukuran PK AC dari mode kalian, cukup baca setiap angka di awal kode mode yang menunjukkan satuan BTU. Itu mudah! kalian pasti bisa melakukannya.

Cara Menentukan PK AC Sesuai Ruangan

Untuk menentukan kapasitas PK yang sesuai dengan luas ruangan, Anda perlu menghitung dengan rumus yang tepat. Namun, jangan khawatir karena menghitungnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan rumus p x l x 500.

Namun, terkadang ukuran yang disarankan tidak selalu sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa ukuran yang dipilih sesuai, perhitungan harus dilakukan berdasarkan ukuran ruangan yang akan dipasangi AC.

Baca juga:  AC Hidup Sebentar Lalu Mati? : Penyebab & Solusinya

Kapasitas ACSetara DenganCocok Untuk Ruangan
½ PK5.000BTU/hari3 x 3 m
¾ PK7.000BTU/hari3 x 4 m
1 PK9.000BTU/hari4 x 4 m
1 ½ PK12.000BTU/hari4 x 6 m
2 PK18.000BTU/hari5 x 8 m
2 ½ PK24.000BTU/hari6 x 8 m
3  PK27.000BTU/hari10 x 8 m
5 PK45.000BTU/hari10 x 10 m

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah ruangan dengan ukuran 3 x 5 m, maka kapasitas PK yang dibutuhkan adalah hasil dari perhitungan p x l x 500, yaitu 7.500.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa AC yang dipilih memiliki kapasitas yang sesuai untuk ruangan yang akan dipasangi.

Dengan menghitung rumus p x l x 500 untuk ruangan berukuran 3 x 5 m, didapatkan hasil sebesar 7.500 BTU/jam. Berdasarkan hasil perhitungan ini, kapasitas AC yang paling cocok untuk ruangan tersebut adalah AC dengan kapasitas ¾ PK atau AC 1 PK.

kalian bisa memilih salah satu dari kedua jenis AC tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian.

Namun, pastikan untuk memilih AC dengan merek dan kualitas yang terpercaya agar AC dapat berfungsi dengan baik dan awet digunakan.

Penutup

Demikianlah informasi dari bengkeltv.id mengenai cara mengetahui ukuran PK AC. Dengan informasi tersebut, diharapkan kalian dapat mempertimbangkan dengan matang sebelum membeli AC.

Kami menyarankan kalian untuk memperhitungkan faktor-faktor seperti ukuran ruangan, tinggi plafon, dan jumlah penghuni ruangan sebelum memilih AC yang tepat.

Selain itu, kalian juga dapat mempertimbangkan apakah ingin menggunakan AC low watt atau stkalianr.

Perlu diingat bahwa memilih AC dengan PK yang sesuai dapat membantu menghemat pengeluaran listrik dan juga memberikan kenyamanan yang lebih baik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *