Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak

Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak Dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengganti Seal Pompa Air Rusak Dengan Mudah. Seal mekanik merupakan salah satu bagian pada pompa air yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran udara agar udara dari luar tidak masuk saat pompa air berputar.

Selain itu, pompa air juga berfungsi untuk memisahkan ruang impeller dengan bagian dinamo pompa serta menjaga agar air tidak membasahi dinamo motor pompa air. Seal mekanik terdiri dari 3 bagian utama yaitu karet, pegas, dan lingkaran keramik.

Lingkaran keramik berfungsi sebagai komponen yang tetap, sedangkan karet dan pegas menjadi komponen yang berputar bersama dengan poros. Karena memiliki peran yang sangat penting, seal mekanik harus segera diganti jika rusak.

Untuk mengganti seal pompa air yang rusak atau bocor, caranya cukup mudah. Namun, jika Kalian masih bingung dengan caranya, Kalian dapat membaca informasi selengkapnya mengenai Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak di bawah ini.

Ciri Ciri Pompa Air Rusak atau Bocor

Pada umumnya, semua jenis impeller pada pompa air memiliki tanda-tanda atau ciri-ciri kerusakan yang serupa. Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Daya Hisap dan Dorong Jet Pump Lemah

Ciri-ciri pertama yang mudah dikenali ketika impeller pompa air mengalami kerusakan adalah daya dorong dan daya hisap pompa yang melemah. Namun sebenarnya, hal tersebut juga dapat disebabkan oleh masalah pada dinamo dan kapasitor. Namun, daya dorong dan hisap yang lemah pada jet pump juga dapat disebabkan oleh masalah pada impeller.

Hal ini disebabkan oleh impeller yang merupakan komponen penting dalam menyedot air. Jika terdapat masalah pada impeller, maka akan berpengaruh pada kinerja pompa air.

2. Debit Air yang Keluar Kecil

Penyebab utama alat pompa mengeluarkan air yang sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali adalah kerusakan pada bagian impeller. Hal ini dapat mengakibatkan debit air yang keluar berkurang atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Baca juga:  Penyebab Pompa Air Cepat Panas : Simak Cara Mengatasinya

Jika hal ini terjadi, Anda dapat memeriksa kondisi impeller untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada bagian tersebut. Selain masalah pada impeller, debit air yang berkurang juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada gearbox atau kesalahan pemasangan instalasi listrik.

3. Perhatikan Bentuknya

Ciri-ciri impeller pada pompa air yang rusak dapat dilihat dari bentuknya. Biasanya, komponen tersebut sudah aus dan bagian permukaannya tidak rata dengan banyak gerigi yang sudah patah.

Untuk mengembalikan fungsi impeller pada jet pump, bagian permukaannya dapat diamplas agar tampak seperti baru. Meskipun sebenarnya, Anda dapat memperbaiki impeller yang rusak sendiri, namun prosesnya cukup rumit. Sebaiknya, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah membeli impeller yang baru.

Impeller baru juga tersedia dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp30-50 ribuan saja.

Penyebab Seal Pompa Air Rusak atau Bocor

Kerusakan atau kebocoran pada seal pompa air terjadi karena ada penyebabnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor penggunaan yang sudah cukup lama atau karena faktor lainnya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada seal pompa air antara lain sebagai berikut.

  • Permukaan komponen seal kasar.
  • Getaran pompa air berlebihan.
  • Kecepatan putaran as terlalu tinggi.
  • Diameter shaft.
  • Suhu berlebihan.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan seal pompa air cepat mengalami kerusakan. Namun, keuntungannya adalah seal pompa air mudah ditemukan di pasaran, sehingga jika terjadi kerusakan, Anda dapat menggantinya dengan membeli seal pompa air yang baru di toko pompa air.

Harga Seal Pompa Air

Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak

Seal pompa air dapat ditemukan di toko-toko khusus pompa air baik secara online maupun offline. Harga seal pompa air bervariasi tergantung pada mereknya, namun secara umum masih terjangkau.

Sebagai contoh, harga seal pompa air Shimizu berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 70.000 untuk seal original. Sedangkan harga seal pompa air Alkon dan Diesel berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000.

Harga seal pompa air Sanyo di toko online maupun offline berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000. Sedangkan seal pompa air Panasonic National dibanderol sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 35.000 di toko online maupun offline.

Baca juga:  Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak : Pahami dengan Baik

Meskipun seal pompa air bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp. 10.000, namun kualitasnya mungkin tidak terlalu bagus dan tidak akan bertahan lama. Sedangkan seal pompa air dengan kualitas tinggi, awet, dan tahan lama biasanya memiliki harga ratusan ribu dan merupakan produk original.

Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak

Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak

Jika telah mengenali ciri-cirinya dan setelah diperiksa ternyata seal pompa air benar-benar rusak, maka dapat langsung menggantinya. Cara mengganti seal pompa air terbilang sangat mudah dan sederhana.

Bagi yang belum mengetahui Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak dengan benar, berikut adalah langkah-langkah mengganti seal pompa air jet pump yang dapat diikuti.

Alat & Bahan

Sebelum mengganti seal, sebaiknya menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

  • Kunci pas 10, 12, 13
  • Trecker
  • Obeng min
  • Tang spi
  • Seal pompa air baru

Prosedur Penggantian Seal

Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengganti seal dengan cara berikut.

  1. Pertama-tama, cabut semua kabel yang terhubung ke arus listrik.
  2. Kemudian, buka tutup depan impeller umumnya menggunakan kunci 10. Untuk semi jet dan jet pump, biasanya menggunakan kunci 12-13.
  3. Lepas bagian impeller menggunakan trecker, jika tidak ada bisa gunakan obeng min. Beberapa merk pompa air sumur dangkal, umumnya impeller bisa dilepas dengan menariknya keluar. Sedangkan, pada pompa semi jet dan jet pump bisa dilepas dengan membuka mur yang mengunci impeller menggunakan kunci 12.
  4. Selanjutnya, buka pengunci bagian spi dengan meregangkan spi tersebut menggunakan tang spi.
  5. Pisahkan bagian kepala pompa air dengan bagian motor agar lebih mudah melepas mechanical seal.
  6. Selanjutnya, siapkan seal pompa air yang baru dan lepaskan mechanical seal yang telah rusak.
  7. Untuk mengganti seal, masukkan seal bagian dalam lebih dulu sampai rapat dan tidak celah.
  8. Bersihkan bagian seal hingga bersih sampai tidak ada sedikitpun kotoran, pasir atau kerikil yang menempel.
  9. Masukkan kembali bagian kepala pompa air.
  10. Bersihkan bagian sel poros sama seperti bagian seal dalam.
  11. Kemudian, tinggal masukkan seal bersama dengan pegas dan ring keramiknya.
  12. Tekan seal sampai mentok dan masukkan spy kembali sebagai pengunci seal.
  13. Tes dengan memasukkan air kedalam bagian tersebut.
  14. Putar poros pompa air, cek bagian belakang pompa air apakah masih keluar air atau tidak. Jika tidak, masukkan impeller pada posisi yang pas.
  15. Periksa juga bagian kerat penutup depan, barang kali sudah rusak atau perlu diganti.
  16. Lalu, masukkanlah kembali tutup dan karet serta kunci hingga rapat.
  17. Coba putar kipas bagian belakang pompa air, bila ada sendakan pukul secara perlahan bagian penutup menggunakan palu sampai tidak ada sendakan lagi.
  18. Selanjutnya, tinggal tes dengan menggunakan telapak tangan Anda. Jika pompa air menghisap telapak tangan Anda, maka seal berhasil dipasang dengan benar. Itu menandakan cara mengganti seal pompa air telah selesai.
Baca juga:  Cara Menyambung Kabel Otomatis Pompa Air dengan Mudah

Mudah sekali bukan cara mengganti seal pompa air. Nah, dengan mengikuti cara di atas, maka bila seal rusak Anda bisa mengganti seal tersebut sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat service pompa air hanya untuk mengganti seal.

Dimana umumnya jika Anda mengganti seal di tempat service pompa air, maka Anda akan dikenakan biaya ganti seal ditambah biaya bongkar dan pasang. Itu artinya biaya yang dibutuhkan untuk mengganti seal pompa air di tempat service lebih mahal dibandingkan mengganti seal pompa air sendiri.

Penutup

Dalam artikel ini telah dibahas mengenai beberapa ciri-ciri impeller pompa air yang rusak, penyebab kerusakan pada seal pompa air, serta harga dan cara mengganti seal pompa air rusak.

Mengganti seal pompa air rusak terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Namun, sebaiknya memastikan alat dan bahan yang dibutuhkan telah disiapkan dengan baik sebelum memulai proses penggantian seal.

Dengan mengetahui cara mengganti seal pompa air yang benar, diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pada pompa air dan memperpanjang umur pemakaian pompa air. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengganti Seal Pompa Air Rusak, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *