Cara Mengisi Tinta Epson L120

Cara Mengisi Tinta Epson L120 : Panduan Lengkap untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengisi Tinta Epson L120 : Panduan Lengkap untuk Pemula. Dalam era digital yang semakin canggih, peran printer dalam memfasilitasi kebutuhan mencetak berbagai dokumen masih sangat penting, bahkan di rumah sekalipun. Salah satu tipe printer yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Epson L120, yang terkenal dengan kualitas cetakannya yang tajam dan penggunaan tinta yang efisien.

Namun, bagaimana jika tinta printer ini habis dan perlu diisi ulang? Pada artikel ini, kita akan membahas ‘Cara Mengisi Tinta Epson L120’ secara detail dan langkah-langkah yang mudah diikuti, sehingga Kalian bisa melakukan pengisian tinta sendiri di rumah. Selamat membaca!

Mengenal Printer EPSON

Epson, juga dikenal sebagai Seiko Epson Corporation, merupakan perusahaan multinasional asal Jepang yang membanggakan diri sebagai salah satu produsen utama dalam bidang perangkat pencetak dan peralatan terkait teknologi informasi dan pencitraan.

Perusahaan ini berpusat di Suwa, Nagano, Jepang, dan memiliki berbagai anak perusahaan yang tersebar di penjuru dunia.

Epson memproduksi beragam produk termasuk pencetak jet tinta, matriks titik, termal, dan laser untuk berbagai kebutuhan seperti ritel, bisnis, dan industri, pemindai, komputer meja dan laptop, proyektor video, jam tangan, sistem penjualan, robot dan alat otomasi industri, semikonduktor, osilator kristal, sistem sensor, dan banyak komponen elektronik lainnya.

Dikenal dulunya dengan nama Seikosha, Epson telah tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan riset, pengembangan dan manufaktur terkemuka dalam Seiko Group.

Meskipun Seiko Group secara historis dikenal sebagai pembuat jam tangan Seiko, Epson telah berhasil menjadi salah satu perusahaan pilar dalam grup tersebut. Walaupun demikian, penting untuk dicatat bahwa Epson bukan bagian dari Seiko Holdings Group.

Spesifikasi Lengkap printer epson L120

Printer dari lini Epson Lseries selalu menjadi pilihan utama bagi pencari printer, terutama karena fitur CISS (Continues Ink System Supply) yang mereka miliki. Fitur ini memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan pengisian ulang tinta di dalam cartridge, tanpa perlu repot melepasnya atau membawanya ke toko printer secara berkala.

Baca juga:  Cara Instal Printer HP Ink Tank 315 Paling Simpel

Tipe printer Epson Lseries yang akan kita bahas kali ini adalah tipe L120. Tipe printer ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari dalam 3 bulan terakhir. Meskipun L120 bukan printer multifungsi, ia tetap mumpuni untuk melakukan tugas pencetakan. Kecepatan cetaknya memadai, baik untuk penggunaan pribadi di rumah maupun di lingkungan kantor.

Epson L120 hadir dengan tabung infus resmi dari Epson yang siap untuk menyalurkan tinta langsung. Ini membuat pengguna merasa lebih nyaman daripada harus memodifikasi printer biasa yang dapat merugikan dan menghapus garansi.

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh printer ini:

  • Menggunakan tinta printer dengan biaya yang terjangkau, alias hemat biaya.
  • Sangat cocok untuk usaha rumahan dan perkantoran yang sedang berkembang.
  • Kecepatan mencetak dokumen hitam putih hingga 8,5ipm dan warna hingga 4,5ipm.
  • Printer Epson dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun dengan batas cetak 15.000 lembar/tahun pertama.
  • Kemudahan dalam pengisian ulang tinta melalui refil ke tabung infus dari luar.
  • Ukuran printer yang compact, memudahkan penempatannya di mana saja.

Spesifikasi Lengkap printer Epson L120 :

MULTIFUNCTION PRINTER: NO (PRINT ONLY) 
Print Metode: On Demand Inkjet ( piezoelectric )
Printer Technology: Hp thermal inkjet
Ukuran Maks. kertas: A4
Rekomend garansi cetak: 15.000 halaman
Maks resolusi: 720 x 720 dpi
Ink Droplet: 3pl
Kecepatan Cetak hitam: iso : 8.5 ipm
Kecepatan cetak Foto warna: iso : 4.5 ipm
Cetak dua sisi: Manual
Konektivitas: USB 2.0 high speed
Tempat Kertas : 1 ( bagian atas )
Maksimaljumlah Kertas di tray: 50 lembar A4
Ukuran Kertas Maksimal: A4,Plain Paper, 8.5 x44? 
Operating System Support: Windows XP/ Windows 7/ Windows 8/ Windows Vista, Mac OS X
Tinte Resmi yang digunakanBlack (T6641)
Cyan (T6642)
Magenta (T6643)
Yellow  (T6644)
Daya : 100 to 240 /220-240, 50/60 Hz
Ukuran printer: 461 x 215 x 130 mm
Berat Printer: 2,5 kg
Harga Catridge: 120.000 – 140.000

Prosedur Isi Tinta Epson L120

Seiring berjalannya waktu dan proses pencetakan yang dilakukan, jumlah tinta dalam tabung printer Epson L120 akan mengalami penurunan. Dengan demikian, ada momen-momen di mana Kalian perlu melakukan pengisian ulang tinta untuk memastikan operasionalitas printer tetap berjalan baik.

Sebelum melakukan pengisian ulang tinta pada printer Epson L120, terdapat beberapa langkah dan aturan umum yang perlu dipertimbangkan, yakni:

1. Pilih Tinta Asli

Tinta adalah cairan khusus yang bertindak sebagai bahan utama dalam proses pencetakan dokumen, baik itu berwarna atau hitam putih, tergantung pada kebutuhan pemilik printer. Ada dua tipe tinta yang tersedia, yaitu versi original pabrikan dan versi pihak ketiga.

Baca juga:  Cara Mengatasi Toner Low Printer Brother dengan Cepat

Namun, sangat disarankan untuk memilih tinta asli pabrikan agar sesuai dengan printer Epson yang Kalian gunakan. Hal ini karena printer Epson memiliki sensor khusus yang berfungsi untuk mendeteksi keaslian tinta yang digunakan.

2. Amati Level Tinta

Epson L120 mengadopsi sistem EcoTank yang menggantikan cartridge. Ini memudahkan pemilik untuk melakukan pengisian ulang tinta sendiri dan mencegah penggunaan tinta dari pihak ketiga yang kualitasnya tidak terjamin.
Pada permukaan EcoTank, terdapat indikator yang menunjukkan volume tinta yang hampir mencapai batas minimum. Indikator ini biasanya berupa garis lurus yang menjadi petunjuk bagi pemilik untuk segera melakukan pengisian ulang tinta.

3. Tidak Menekan Botol

Bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Epson L120 dan belum terlalu mengerti fitur-fiturnya serta metode perawatan yang benar, sering kali menekan botol terlalu keras saat proses pengisian ulang, sehingga volume tinta menjadi terlalu penuh.

Hal ini dapat merugikan printer Epson L120. Saran yang baik adalah mengisi tinta hanya hingga batas atas, dan selalu sisakan sedikit ruang udara untuk memastikan aliran tinta lancar saat mencetak dokumen.

Cara Mengisi Tinta Epson L120

Sejumlah pemilik printer kerap melanjutkan proses pencetakan meskipun volume tinta telah mencapai batas minimum. Kebiasaan semacam ini dapat merusak unit printer, mulai dari gangguan ringan hingga kerusakan komponen yang lebih berat.

Jangan biarkan printer Epson L120 Kalian beroperasi jika volume tinta sudah mencapai batas minimum. Segeralah lakukan pengisian ulang tinta untuk menjaga operasionalitas printer. Berikut adalah cara lengkap mengisinya:

1. Sediakan Tinta Refill

Pastikan Kalian memiliki beberapa botol tinta isi ulang original yang bisa dibeli dari berbagai toko, baik secara online maupun offline. Juga, siapkan tisu untuk membersihkan tumpahan tinta jika Kalian tidak berhati-hati saat mengisi ulang tinta.

Epson L120 memiliki empat jenis warna utama, yaitu:

KODE REFILLWARNA
CCyan
YYellow
MMagenta
BKBlack

2. Proses Refill Epson L120

Meski terkesan sederhana, proses pengisian ulang tinta pada Epson L120 harus dilakukan dengan tepat. Berikut adalah cara pengisian ulang tinta yang benar:

  • Pertama, matikan printer Epson L120.
  • Buka tutup tabung tinta pada bodi printer.
  • Periksa volume tinta dalam tabung yang sudah kosong.
  • Siapkan botol tinta isi ulang dan tuangkan ke dalam tabung.
  • Pastikan Kalian mengisi sesuai dengan kode warna yang tertera.
  • Lepaskan botol tinta isi ulang saat volume tinta sudah mencapai batas atas.
  • Tutup kembali tabung EcoTank dengan rapi.
Baca juga:  Cara Cleaning Printer Canon G1010 dengan Mudah dan Efektif

3. Mencetak Dokumen

Setelah pengisian ulang tinta selesai, nyalakan kembali Epson L120 dan tunggu beberapa saat hingga indikator lampu siap menyala. Pastikan untuk melakukan pencetakan halaman berwarna untuk memastikan hasil cetakan telah sempurna.

Cara Setting Printer Epson L210 Setelah Isi Tinta

Setelah memahami cara mengisi tinta Epson L120 seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sangat disarankan untuk melakukan percobaan cetak terlebih dahulu setelah pengisian ulang tinta. Jika hasil cetak masih belum optimal, Kalian dapat melakukan penyesuaian atau pengaturan printer setelah pengisian tinta.

Cara mengatur printer Epson L210 setelah pengisian tinta tidak jauh berbeda dengan prosedur penyetelan ulang Printer Canon MG2570S. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Kalian lakukan:

  • Pertama, nyalakan printer Epson L210 Kalian.
  • Tekan tombol power dan tombol lanjutkan bersamaan, lalu tahan selama 5 detik.
  • Selanjutnya, tekan kembali tombol power dan tombol lanjutkan, dan tahan selama 3 detik.
  • Printer akan melakukan proses penyetelan ulang selama beberapa waktu, dan setelah itu, printer bisa digunakan lagi.

Jika setelah melakukan langkah-langkah pengaturan di atas hasil cetakan printer Epson L210 masih belum optimal, alternatif lainnya adalah dengan melakukan penyetelan ulang printer menggunakan alat penyetel ulang yang dapat Kalian cari di Google.

Penutup

Sebagai penutup, penting untuk mengingat bahwa pengisian ulang tinta pada printer Epson L120 bukanlah tugas yang rumit. Namun, perlu dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada printer dan memastikan kualitas cetakan yang optimal. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pengisian tinta dan menghargai interval waktu yang direkomendasikan sebelum mencetak kembali.

Selalu gunakan tinta asli Epson untuk hasil terbaik dan menjaga printer Kalian tetap dalam kondisi terbaik. Ingatlah juga untuk melakukan pemeliharaan rutin pada printer Kalian untuk memperpanjang umur dan memaksimalkan kinerjanya. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kalian tidak hanya dapat memastikan kualitas cetakan yang baik, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas printer Kalian.

Demikian artikel dari bengkeltv.id ini yang membahas tentang cara mengisi tinta Epson L120. Semoga informasi ini dapat membantu Kalian dalam menjaga dan menggunakan printer Kalian dengan cara yang paling optimal. Terima kasih sudah membaca. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *