Cara Menguatkan Sinyal TV Digital

Cara Menguatkan Sinyal TV Digital Dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Menguatkan Sinyal TV Digital Dengan Mudah. Sejak beberapa bulan lalu, pemerintah telah menghapus siaran TV Analog dan beralih ke siaran TV Digital. Meskipun begitu, masyarakat diimbau untuk menggunakan STB (Set Top Box) agar TV di rumah bisa mendapatkan sinyal TV Digital.

Saat ini, harga STB di pasaran masih berkisar 200 ribuan untuk yang paling murah. Namun, pemerintah juga membagikan STB secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

Namun, ada beberapa pengguna TV Digital yang mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan channel. Hal ini dapat terjadi karena sinyal TV Digital yang digunakan masih lemah, sehingga proses pencairan channel TV kurang optimal.

Untuk mengatasi hal ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menguatkan sinyal TV Digital. Selain itu, akan dijelaskan juga alasan mengapa sinyal TV Digital dapat melemah. Silakan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Sinyal TV Digital Lemah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hampir seluruh masyarakat kini telah memiliki STB untuk menikmati siaran TV Digital. Namun, sebenarnya terdapat cara beralih ke TV Digital tanpa harus memasangkan STB, tetapi cara ini hanya berlaku bagi pengguna SmartTV dan Android TV.

Baik menggunakan STB maupun tidak, penonton TV Digital tetap harus melakukan pencairan sinyal untuk mendapatkan channel TV Digital dari RCTI, NET TV, MNC TV, dan lain sebagainya. Bagi para pengguna STB, proses pencairan sinyal seharusnya lebih akurat.

Namun, bagaimana dengan pengguna yang mengeluhkan TV Digital di rumahnya memiliki sinyal lemah sehingga sulit mendapatkan channel TV Digital? Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan TV Digital yang Perlu Diketahui

1. Posisi Antena Kurang Tepat

Faktor pertama yang dapat menyebabkan sinyal TV Digital melemah adalah posisi antena yang tidak tepat. Apabila antena menghadap ke arah yang salah, maka antena tidak akan dapat menangkap sinyal TV Digital dengan baik.

2. Kabel Konektor STB Bermasalah

Faktor kedua yang dapat menyebabkan sinyal TV Digital lemah adalah masalah pada kabel konektor yang menghubungkan STB ke perangkat TV. Apabila kabel konektor terlepas atau tidak kencang, maka TV Digital tidak akan dapat menangkap sinyal dengan optimal.

3. Daerah Belum Menjangkau Area Coverage Channel

Faktor ketiga yang dapat menyebabkan sinyal TV Digital lemah adalah kurangnya jumlah channel yang tertangkap bukan karena sinyal yang lemah, tetapi karena beberapa channel TV Digital belum menjangkau wilayah tertentu. Harap diingat bahwa beberapa channel TV Digital baru menjangkau area perkotaan dan belum sampai ke daerah pelosok.

Cara Menguatkan Sinyal TV Digital

Bagi Kalian yang belum pernah melakukan pemasangan antena, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu agar dapat mengetahui lebih lanjut tentang proses instalasi secara mandiri. Seperti yang kita ketahui, antena memainkan peran yang sangat penting dalam membantu menangkap sinyal, terutama bagi mereka yang berada jauh dari pusat transmisi UHF.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan Cara Menguatkan Sinyal TV Digital. Silakan simak penjelasan di bawah ini:

1. Pilih Antena Outdoor

Antena UHF dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu indoor dan outdoor, yang keduanya berfungsi untuk menangkap sinyal dengan lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa jenis perangkat yang dipasang dalam rumah hanya akan berfungsi optimal jika kamu tinggal di daerah perkotaan yang dekat dengan pusat pemancar.

Antena outdoor mampu menerima sinyal secara maksimal karena lokasi pemasangannya berada di luar rumah. Sehingga sinyal yang datang dari pemancar dapat langsung diterima tanpa terhalang oleh dinding rumah, asalkan antena UHF dipasang dengan benar.

Baca juga:  Cara Memperkuat Sinyal TV Digital Agar Stabil dan Kuat

Tersedia banyak model dan harga antena luar yang bervariasi. Sebaiknya memilih tipe yang terbuat dari aluminium daripada plastik. Berikut adalah beberapa antena TV terbaik:

  • PF HDU25, ukuran paling panjang yang sangat baik menangkap sinyal hingga jarak 75 km.
  • Intra Zeus, dimensinya panjang sehingga potensi penerimaan sinyal cukup baik hingga jarak 75 km.
  • PH HD 19, sedikit lebih pendeng tetapi cukup sensitif dalam menangkap frekuensi UHF.
  • Intra 003, mungil sehingga mudah dalam proses pemasangan dengan tingkat kepekaan tinggi.
  • PF HD12, kecil tetapi sangat sensitif sampai banyak digunakan pula oleh orang – orang.
  • HES HS-879, paling kecil dan ringkas yang cukup baik juga dalam kepekaan menerima sinyal.

Semakin panjang ukuran antena UHF akan meningkatkan tingkat kepekaan dalam menerima frekuensi. Saya telah menguji HES HS-879 dengan harga Rp. 51.000, dan hasilnya cukup memuaskan. Jika diperlukan, antena tersebut dapat dimodifikasi dengan cara menambahkan panjangnya. Antena UHF merupakan perangkat yang sangat menentukan dalam memperkuat sinyal TV Digital.

2. Gunakan Kabel Berkualitas

Jenis kabel yang digunakan juga memengaruhi cara memperkuat sinyal TV Digital. Kabel coaxial berfungsi untuk menyalurkan sinyal dari antena ke televisi sehingga membutuhkan bahan yang berkualitas.

Kabel yang buruk dapat mengurangi sinyal yang diterima oleh televisi karena tidak dapat tersalurkan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh proses penyaluran yang terhambat dan tidak optimal.

Kabel coaxial bawaan antena umumnya standar, dan dapat digunakan untuk pengujian awal. Jika sinyal cukup, tidak perlu membeli jenis kabel yang lebih baik atau menambah booster.

3. Atur Arah dan Ketinggian Antena

Langkah selanjutnya dalam memperkuat sinyal TV Digital cukup mudah, yaitu dengan memasang antena pada lokasi strategis setelah memilih antena outdoor dan kabel coaxial yang berkualitas. Pastikan juga untuk mengatur arah dan ketinggiannya sehingga tegak lurus dengan pusat pemancar UHF.

Baca juga:  Penyebab & Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Gunakan aplikasi android untuk menemukan lokasi transmitter terdekat dan arah antena yang tepat. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi seperti “SinyalTVDigital” atau “Antenna Pointer” yang bekerja berdasarkan GPS.

Tidak perlu terlalu tinggi, cukup temukan kualitas sinyal ideal dan tempat yang tidak terhalang oleh pohon atau gedung. Jika sinyal masih kurang, baru atur ketinggian antena tersebut.

4. Pakai Alat Penguat Sinyal

Memperkuat sinyal TV Digital sebenarnya sudah cukup hanya dengan memilih antena, kabel yang berkualitas, dan mengatur arah serta ketinggiannya dengan tepat. Namun, jika diperlukan, kamu dapat membeli alat penguat sinyal yang biasa disebut “Booster”.

Booster merupakan rangkaian elektronik yang akan mengolah frekuensi UHF lemah dan memperkuatnya, kemudian disalurkan langsung ke pesawat televisi. Banyak orang yang telah memasang alat penguat sinyal TV mendapatkan hasil yang baik.

Di pasaran, terdapat dua jenis alat penguat sinyal, yaitu booster dan CATV (mengoptimalkan sekaligus memparalelkan siaran televisi).

Penutup

Demikianlah beberapa Cara Menguatkan Sinyal TV Digital. Dengan memilih antena outdoor, kabel coaxial berkualitas, dan mengatur arah serta ketinggian antena dengan tepat, kualitas tampilan televisi dapat menjadi lebih jernih dan optimal. Jika memang dibutuhkan, kamu juga bisa membeli alat penguat sinyal atau booster untuk meningkatkan kekuatan sinyal TV Digital.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menikmati tampilan televisi yang lebih baik tanpa gangguan sinyal yang mengganggu. Terima kasih telah membaca ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Menguatkan Sinyal TV Digital, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *