Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Cara Menormalkan Warna Printer Epson dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Menormalkan Warna Printer Epson dengan Mudah. Printer Epson merupakan salah satu pilihan yang populer bagi banyak orang karena dianggap memiliki kualitas yang bagus dan berkualitas tinggi. Epson memang terkenal sebagai produsen printer yang sangat serius dalam menciptakan produknya.

Tidak hanya memiliki kualitas yang tinggi, printer Epson juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk menggunakan printer merek Epson. Namun, meskipun demikian, hal itu bukan berarti printer Epson tidak dapat mengalami masalah.

Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada printer Epson adalah ketika warna printer tidak sempurna. Namun, perlu dicatat bahwa masalah ini tidak hanya terjadi pada printer Epson, melainkan hampir semua merek printer.

Namun, kalian tidak perlu khawatir jika mengalami masalah dengan warna printer Epson kalian. Ada beberapa cara untuk menormalkan kembali warna tinta printer tersebut. Berikut adalah beberapa Cara Menormalkan Warna Printer Epson.

Cara Menormalkan Warna Printer Epson

Masalah warna tinta yang tidak sesuai dapat terjadi pada semua jenis printer Epson, seperti L3110, L361, L120, L310, L1110, L3150, L220, L4150, dan semua jenis lainnya. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa semua pengguna printer Epson pernah mengalami masalah ini.

Penyebab umum dari warna tinta yang tidak sesuai adalah karena adanya tumpukan tinta yang mengering pada bagian cartridge, sehingga menghambat keluarnya tinta pada saat proses pencetakan berlangsung. Akibatnya, warna tinta tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Scan HP 2135 dengan Mudah

Beruntung, ada beberapa cara mudah untuk menormalkan kembali warna printer Epson yang tidak sempurna tersebut. Berikut adalah beberapa Cara Menormalkan Warna Printer Epson:

1. Menormalkan Dengan Cara Maintenance

Salah satu Cara Menormalkan Warna Printer Epson adalah melalui maintenance. Melalui cara ini, cartridge diberi dorongan agar dapat memompa tinta dengan lebih kuat sehingga gambar atau dokumen yang dihasilkan menjadi lebih jelas.

  • Langkah pertama, silahkan buka Microsoft Word dan atau buka file bebas untuk diprint. Kemudian, tekan Ctrl + P untuk masuk ke menu printer.
  • kalian akan diarahkan ke halaman Office Button yang berada di sudut kiri atas. Lalu, klik menu Print.
  • Jendela halaman menu terbuka, klik Properties > klik Maintenance.
  • Berikutnya, pilihlah menu Cleaning > All Colours > klik Execute.
  • Lalu, cartridge akan dipaksa untuk memompa tinta lebih kuat agar menghasilkan warna yang lebih sempurna.
  • Selanjutnya, tinggal tunggu hingga semua proses selesai.

2. Dengan Melakukan Nozzle Check

Metode lain untuk menormalkan tinta pada printer adalah dengan melakukan Nozzle Check. Proses ini dilakukan untuk mengecek kondisi printer saat mencetak dokumen atau foto, apakah sudah optimal atau masih terdapat kesalahan seperti putus-putus pada hasil cetakan.

Adapun untuk melakukan Nozzle Check terbilang cukup mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Pertama, klik tombol Start > lalu masuk ke Menu Control Panel.
  • Kemudian, silahkan klik Device and Printer.
  • Pada Menu Printer and Faxes kalian akan melihat device yang terdeteksi, klik kanan pada printer kalian dan pilihlah Printing and Preferences.
  • Setelah itu, pilih Tab Maintenance > Klik Opsi Nozzle Check.
  • Berikutnya, akan muncul halaman jendela untuk mengkonfirmasi. Lanjutkan dengan klik Print.
  • Lalu, akan muncul pola yang menunjukan hasil print kalian. Jika hasil print dari Nozzle Check sudah sempurna klik Close.
Baca juga:  Cara Mengatasi Lampu Berkedip pada Printer Epson L110 : Tips Mudah

3. Lakukan Head Cleaning Printer Epson

Apabila setelah melakukan Nozzle Check masih terdapat masalah pada warna printer, maka Deep Cleaning dapat dicoba sebagai alternatif. Sebelum melakukan Head Cleaning dan Nozzle Check, diperlukan jeda selama sekitar 10-15 menit. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan Deep Cleaning:

  • Buka Dokumen Microsoft Word terlebih dahulu, lalu tekan tombol CTRL + P agar masuk ke menu Print.
  • Selanjutnya, klik menu Properties > Maintenance > klik Deep Cleaning.
  • Berikutnya, pilihlah Opsi All Colour > Menu Execute.
  • Tunggu selama beberapa menit hingga Proses Deep Cleaning selesai.
  • Kemudian, tinggal lakukan kembali Nozzle Check untuk mengetes apakah hasil print masih tidak sempurna.

4. Bersihkan Cartridge Dengan Air Hangat

Salah satu cara lain untuk menormalkan warna pada printer Epson adalah dengan membersihkan cartridge menggunakan air hangat. Langkah-langkah untuk melakukan cara ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu air hangat pada sebuah ember dengan tinggi antara 1 hingga 1.5 meter. Siapkan juga tisu atau kain.
  • Lalu, rendam cartridge selama kurang lebih 6 hingga 10 menit. Guna menghilangkan gumpalan yang menghalangi tinta.
  • Kemudian, bersihkan tinta keri

5. Bersihkan Encoder Printer Epson

Untuk mengatasi masalah warna tinta printer Epson yang tidak sempurna, dapat dilakukan dengan membersihkan Encoder. Encoder merupakan benda panjang berbentuk mika yang terletak di bagian belakang cartridge dan berfungsi sebagai sensor.

Keadaan Encoder yang kotor dapat berdampak pada ketidaksempurnaan warna tinta yang tercetak pada dokumen. Oleh karena itu, bila warna tinta tidak sempurna, sebaiknya periksa kondisi Encoder. Jika terlihat kotor, maka membersihkannya dapat menjadi solusi.

Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan tisu atau kain lembut untuk membersihkan Encoder hingga bersih dari debu. Setelah itu, coba untuk mencetak dokumen dan perhatikan hasilnya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Canon G2000 Mati Total dengan Mudah

Kesimpulan

Untuk menjaga kualitas cetakan printer Epson tetap bagus, diperlukan perawatan secara teratur. Salah satu masalah yang sering muncul adalah warna tinta yang tidak sempurna. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara seperti melakukan maintenance, Nozzle Check, Deep Cleaning, serta membersihkan Encoder.

Dengan melakukan salah satu atau beberapa cara tersebut, diharapkan warna tinta printer Epson bisa kembali normal. Hal ini akan membuat gambar atau dokumen yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan berkualitas.

Disarankan untuk melakukan perawatan secara teratur agar printer Epson selalu berada dalam kondisi yang baik. Itulah informasi dari bengkeltv.id tentang Cara Menormalkan Warna Printer Epson. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *