Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote

Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote : Tips Mudah dan Praktis !!

Posted on

Bengkeltv.idCara Menyalakan AC LG Tanpa Remote : Tips Mudah dan Praktis !!.  Pemilik mesin pendingin udara dapat mengalami masalah ringan, salah satunya adalah kerusakan remote kontrol asli pabrik. Masalah ini mengganggu kenyamanan penggunaan AC LG, membuat pengoperasian unit menjadi sulit terutama bagi pengguna yang tidak terbiasa.

Padahal, remote kontrol sangat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan AC. Jika sedang menunggu pengganti, ada dua cara untuk menyalakan mesin pendingin udara.

Kami telah menyusun panduan tentang Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote kontrol sebagai referensi bagi pemula agar tetap bisa mengoperasikan produk tersebut.

 Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote

Remote kontrol merupakan perangkat kecil yang sangat penting dalam pengoperasian AC LG. Dengan berbagai tombol dan simbol yang berbeda, remote kontrol memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu dan fungsi lainnya secara nirkabel.

Jangan khawatir jika remote kontrol AC LG milikmu mengalami kerusakan, baik itu yang ringan maupun yang lebih parah. Kamu bisa membeli pengganti yang original atau universal sesuai dengan preferensimu.

Berikut adalah dua Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote kontrol yang bisa kamu gunakan saat menunggu pengganti yang baru.

1. Cara Menghidupkan AC LG Manual

Menyalakan AC LG tanpa memakai remote ternyata sangat simpel, pasalnya terdapat tombol manual. Namun, kamu tidak dapat melakukan pengaturan apapun apabila memakai metode ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan sebuah alat bantu berupa tangga.
  • Akses panel unit indoor dengan tangga tersebut.
  • Cari sebuah tombol power manual pada panel.
  • Tekanlah tombol power untuk menghidupkan AC LG.
  • Unit AC LG akan beroperasi mendinginkan ruangan.
Baca juga:  Cara Reset Remote AC Sharp : Termudah !!

2. Cara Menghidupkan AC LG Melalui Ponsel

Beberapa ponsel canggih mampu berfungsi selayaknya remote kontrol universal yang bersifat digital. Namun, perangkat harus memiliki sensor khusus berupa IR Blaster atau inframerah.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Hidupkan ponsel dengan sistem operasi android.
  • Buka Google Play store dan instal aplikasi Mi Remote.
  • Buka Mi Remote maka tampil panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke AC LG dan jalankan proses pairing.
  • Apabila pairing berhasil maka unit indoor akan respon.
  • Aplikasi Mi Remote akan menampilkan remote digital.
  • Tekan tombol on untuk menghidupkan unit AC LG.

Dengan cara ini, kamu bisa mengoperasikan AC LG tanpa menggunakan remote kontrol asli dan hanya perlu menggunakan ponselmu yang sudah dilengkapi dengan sensor inframerah.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyalakan AC LG, namun aplikasi Mi Remote juga memungkinkanmu mengatur suhu dan konfigurasi lainnya secara digital. Dengan fitur-fitur yang lengkap, pengguna bisa dengan mudah mengontrol AC LG hanya menggunakan ponsel mereka.

Cara Mematikan AC LG Tanpa Remote

Cara mematikan AC LG tanpa remote hampir sama dengan cara menghidupkannya. Kamu bisa memanfaatkan tombol manual pada panel indoor atau menggunakan ponselmu sebagai pengganti remote.

Berikut ini adalah cara mematikan AC LG tanpa remote:

1. Mematikan AC LG Secara Manual

Meskipun terbilang repot, opsi mematikan AC LG secara manual tetaplah cukup berguna.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan sebuah alat bantu berupa tangga atau kursi.
  • Akses panel unit indoor dengan tangga tersebut.
  • Cari sebuah tombol power manual pada panel.
  • Tekanlah tombol power untuk mematikan AC LG.
  • Biarkan sejenak hingga AC LG berhenti beroperasi.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu bisa mematikan AC LG dengan mudah dan cepat. Meskipun memerlukan sedikit usaha, namun cara ini tetap efektif dan berguna saat kamu tidak memiliki remote kontrol.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Mematikan Timer AC Sharp

2. Mematikan AC LG Lewat Ponsel

Pengguna smartphone canggih lebih mudah dalam mematikan AC LG tanpa repot sama sekali. Cukup menekan tombol pada aplikasi android berupa alat pengendali universal yang bersifat digital.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Hidupkan ponsel dengan sistem operasi android.
  • Buka Google Play store dan instal aplikasi Mi Remote.
  • Buka Mi Remote maka tampil panduan sinkronisasi.
  • Arahkan ponsel ke AC LG dan jalankan proses pairing.
  • Apabila pairing berhasil maka unit indoor akan respon.
  • Aplikasi Mi Remote akan menampilkan remote digital.
  • Tekan tombol off untuk mematikan unit AC LG.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mematikan AC LG tanpa remote kontrol asli dan hanya perlu menggunakan ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor inframerah. Praktis dan efektif, bukan?

3. Memutus Sirkuit Listrik AC

Cara lain untuk menyalakan dan mematikan AC tanpa remote adalah dengan memutus aliran listrik secara langsung. Namun, cara ini sebenarnya cukup berbahaya karena bisa merusak sistem pendingin udara secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu hanya menggunakan cara ini pada saat-saat terdesak saja, misalnya ketika listrik di rumah sedang tidak stabil dan berpotensi merusak perangkat elektronik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Untuk mematikan AC, cabutlah colokan AC dari stopkontak.
  • Untuk menghidupkan AC, sambungkan kembali colokan AC ke stopkontak.

Meski terlihat mudah, namun cara ini berisiko merusak sistem pendingin udara dan sebaiknya hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja. Jangan lupa untuk selalu memeriksa keadaan listrik dan perangkat sebelum menggunakan cara ini.

Cara Menyalakan AC LG dengan Hp Tanpa Infrared

Dari tahun ke tahun, spesifikasi Hp terus meningkat, namun masih ada beberapa produk Hp yang belum diupgrade. Mungkin Hp Anda salah satunya yang belum memiliki fitur infrared.

Untuk dapat menjadikan Hp sebagai remote AC, maka Hp perlu mempunyai fitur infrared sebagai sensor untuk berinteraksi dengan AC. Namun, jika Hp Anda tidak dibekali dengan fitur infrared, jangan merasa khawatir. Anda tetap bisa menggunakannya sebagai remot AC.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan AC Teco Paling Lengkap

Berikut beberapa aplikasi remote AC yang bisa Anda gunakan untuk menyalakan maupun mematikan AC. Cara menyalakan AC LG tanpa remote bisa Anda lakukan menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini:

1. AC Freedom

Untuk menyalakan AC tanpa remote, Anda bisa menggunakan aplikasi AC Freedom. Anda bisa mengunduh aplikasi remote AC di Google Play Store.

Cara menggunakannya mudah, yaitu dengan mengkoneksikan Hp dengan AC melalui scan barcode/code yang ada pada AC. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan WiFi untuk menyambungkan Hp dengan AC.

2. Mi Remote Controller

Aplikasi buatan Xiaomi ini cukup populer dan sudah banyak penggunanya. Meskipun buatan Xiaomi, namun aplikasi ini bisa digunakan pada semua merek Hp.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya, sehingga siapa pun bisa menggunakannya dengan mudah.

3. Peel Universal Remote Control

Untuk menyalakan AC LG tanpa remote, Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini. Kalian hanya harus menyesuaikan tipe, jenis, dan merek AC untuk terhubung dengan AC. Jika sudah terhubung, Kalian dapat menggunakan Hp layaknya remote aslinya.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Menyalakan AC LG Tanpa Remote, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian. Dengan adanya beberapa cara di atas, kalian bisa tetap menghidupkan dan mematikan AC LG tanpa perlu menggunakan remote aslinya.

Selain itu, dengan bantuan aplikasi remote AC, kalian juga bisa mengoperasikan AC LG dengan mudah menggunakan Hp. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan keamanan saat menghidupkan dan mematikan AC secara manual. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *