Cara Paralel TV Kabel

Panduan Lengkap : Cara Paralel TV Kabel (Splitter & LNB Dual Out)

Posted on

Bengkeltv.id Panduan Lengkap : Cara Paralel TV Kabel (Splitter & LNB Dual Out). Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, kebutuhan akan hiburan khususnya dalam hal tayangan televisi menjadi semakin beragam. Terkadang, satu televisi di rumah saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga.

Ada yang ingin menonton berita, ada juga yang ingin menonton film atau acara hiburan lainnya. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan paralel TV kabel. Tapi bagaimana caranya? Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara paralel TV kabel, sehingga Kalian bisa menikmati berbagai tayangan di berbagai ruangan di rumah Kalian. Mari kita simak penjelasannya.

Pengertian TV Kabel

Televisi kabel merupakan suatu metode penayangan program televisi yang beroperasi dengan merespon sinyal frekuensi radio. Sinyal ini dipancarkan melalui kabel koaksial atau serat optik yang tetap, berbeda dengan televisi terestrial yang memanfaatkan udara sebagai media transmisinya. Kabel ini bukan hanya menyediakan siaran televisi, tetapi juga bisa digunakan untuk mengakses internet, acara radio FM, dan layanan telepon.

Penggunaan sistem ini merata di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan, hingga Timur Tengah. Sayangnya, di Afrika penggunaan televisi kabel kurang begitu populer karena sejumlah daerah memiliki kepadatan penduduk yang rendah.

Mirip dengan sistem pada siaran radio, satu kabel dapat menyiarkan berbagai saluran dengan menggunakan frekuensi yang beragam. Untuk memilih satu dari sekian banyak saluran yang disiarkan, digunakanlah kotak penerima.

Sistem televisi kabel modern memanfaatkan teknologi digital, yang memungkinkan penyiapan lebih banyak saluran televisi dibandingkan dengan sistem analog.

Cara Kerja TV Kabel

Dalam infrastruktur kabel, sinyal televisi berpotensi melewati sekitar 30 hingga 40 penguat sinyal sebelum akhirnya sampai di rumah Kalian, dengan jarak kira-kira 1000 kaki atau lebih antara setiap penguat. Setiap penguat ini memiliki risiko mengalami gangguan dan distorsi yang dapat berdampak langsung pada kualitas gambar yang Kalian terima.

Lebih lanjut, jika terjadi kerusakan pada salah satu penguat, gambar televisi Kalian bisa jadi menghilang secara total. Karena permasalahan ini, reputasi sistem kabel kerap kali dipKalianng kurang baik dalam konteks kualitas gambar dan keKalianlannya.

Akan tetapi, pada akhir 1970-an, penyedia TV kabel menemukan cara untuk mengatasi isu terkait penguat ini. Sejak saat itu, mereka terus melakukan inovasi pada teknologinya untuk menambahkan program-program baru dalam layanan kabel.

Cara Paralel TV kabel

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada dua metode populer untuk melakukan koneksi paralel pada TV kabel. Metode pertama adalah dengan mengubah LNB menjadi LNB dual out, dan metode kedua adalah dengan menambahkan splitter. Mari kita ulas lebih lanjut tentang kedua metode ini:

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Melihat Siaran Ulang TV RCTI

1. Cara Paralel TV Kabel Memakai Splitter

Metode paralel dengan splitter ini adalah opsi yang paling sederhana untuk diaplikasikan dalam instalasi TV kabel di rumah. Kalian hanya memerlukan beberapa perangkat tambahan, yaitu splitter, konektor, dan kabel Coaxial (panjang kabel disesuaikan dengan posisi televisi).

Splitter dilengkapi dengan dua line yang berfungsi untuk menghubungkan kabel coaxial dari LNB ke receiver, yakni line input (1 line) dan line output (2 line).

Splitter bertugas membagi 2 sinyal yang diterima dari LNB, baik Ku Band maupun C Band, tanpa ada penyesuaian atau penguatan tegangan output. Karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan kabel yang terlalu panjang karena bisa mengurangi efektivitas splitter.

Idealnya, panjang kabel yang digunakan kurang dari 10 meter, sehingga instalasi TV kabel yang menggunakan splitter masih dapat beroperasi dengan baik. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan splitter:

  • Pertama, hubungkan kabel coaxial dari LNB ke Line In Splitter.
  • Kemudian, sambungkan juga kabel coaxial dari Line Out Splitter ke masing-masing receiver.
  • Setelah selesai, Kalian bisa langsung menyalakan TV dan receiver untuk menikmati tayangan favorit Kalian.

Splitter dapat dibeli di toko elektronik terdekat atau melalui toko online dengan harga sekitar 20-30 ribu rupiah. Namun, perlu diingat bahwa saat menggunakan splitter untuk menghubungkan beberapa TV, TV kedua hanya dapat menonton saluran yang sama dan polarisasi yang sama dengan TV pertama.

2. Cara Paralel TV Kabel Menggunakan LNB Dual Out

Disarankan untuk memilih metode paralel dengan LNB Dual Out daripada menggunakan splitter.

LNB Dual Out adalah LNB yang memiliki dua output murni (bukan LNB dual polarisasi), dimana setiap output memiliki polaritas vertikal dan horizontal sendiri. Ini membuat tidak ada interaksi antara dekoder.

Dengan metode paralel menggunakan LNB dual output, masing-masing dekoder akan menerima sinyal langsung dari output LNB. Jika Kalian menggunakan lebih dari satu LNB (2-4 LNB), Kalian dapat menggabungkannya dengan Diseq 1.0 pada setiap dekoder.

Kalian bisa mendapatkan LNB dual out di toko parabola terdekat atau di toko online dengan harga sekitar 75 ribu untuk Ku Band, dan 150 ribu untuk C Band dan S Band.

Jadi, itulah dua cara untuk melakukan koneksi paralel TV kabel, menggunakan Splitter dan LNB Dual Out. Pilih metode yang paling sesuai dan menurut Kalian paling praktis untuk diaplikasikan.

Cara Memasang Antena TV

Sebelum memahami tentang paralelisasi, tentunya sangat penting untuk mengetahui cara memasang antena TV dengan tepat. Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang perlu Kalian ikuti:

a. Pilih antena yang cocok

Dalam memasang antena TV, tahap pertama yang harus dilakukan adalah memilih jenis antena yang sesuai. Antena memiliki berbagai jenis, namun umumnya dibagi menjadi dua kategori utama: antena indoor dan antena outdoor. Kedua jenis antena ini memiliki ciri khas dan fungsionalitas yang berbeda-beda.

Antena indoor biasanya berukuran lebih kecil dan bentuknya biasanya bulat, sehingga lebih mudah ditempatkan di dalam ruangan.

Sedangkan, antena outdoor biasanya berukuran lebih besar dan perlu dipasang dengan hati-hati untuk bisa menangkap sinyal gambar dengan baik. Pastikan untuk memilih antena yang sesuai dengan TV Kalian agar proses pemasangan lebih mudah.

Baca juga:  Apa Itu Mata Bor dan Fungsinya Secara lengkap

Setelah mendapatkan antena TV yang cocok, langkah berikutnya adalah memperhatikan driver mainboard yang digunakan dan juga jenis kabelnya. Ada dua jenis kabel antena, yaitu kabel tembaga dan kabel serat optik, serta berbagai ukuran ketebalan yang tersedia.

b. Mulai rangkai dan pasang antena

Setelah menemukan semua komponen yang dibutuhkan, selanjutnya Kalian bisa mulai merangkai dan memasang antena. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Persiapan Alat dan Bahan
    Dalam proses pemasangan antena TV ini, Kalian perlu menyiapkan peralatan seperti antena, kabel, tang, gunting, dan obeng.
  • Persiapan Kabel
    Kalian dapat memulainya dengan menarik kabel, kemudian potong dan kupas sekitar 1,5 cm. Gabungkan dengan aluminium foil dan pastikan kabel tengah tidak terurai. Ketelitian sangat diperlukan dalam langkah ini karena dapat mempengaruhi kualitas gambar.
  • Penghubungan ke TV
    Langkah selanjutnya adalah melonggarkan skrup pada konektor, kemudian hubungkan ke TV menggunakan jack yang sesuai. Gunakan solder untuk mencegah kabel tembaga meleleh.
  • Pengaturan Antena
    Setelah semua sudah siap, langkah terakhir adalah mengatur posisi antena agar mendapatkan gambar yang optimal sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Cara Paralel Antena TV yang Benar

Setelah berhasil memasang satu antena, melakukan paralelisasi antena TV tentunya tidak akan menjadi persoalan. Alasan banyak orang memilih paralel adalah karena lebih ekonomis untuk penggunaan dua unit televisi sekaligus. Berikut beberapa langkah yang perlu Kalian lakukan:

1. Siapkan Perlengkapan

Langkah awal yang harus Kalian lakukan adalah mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti penguat sinyal antena, televisi, dan antena.

2. Lakukan Pemasangan Paralel

Buatlah jaringan pembagi antena untuk kedua televisi tersebut agar kualitas yang didapat tetap sama atau tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Penting untuk menggunakan penguat sinyal antena 2dB dengan tegangan 220 VAC agar hasilnya optimal.

3. Perhatikan Penempatannya

Aspek ketiga yang penting dalam proses pemasangan paralel ini adalah penempatan. Pastikan penguat sinyal diletakkan di posisi yang tepat dan tidak terlalu jauh dari antena outdoor. Hal ini bertujuan agar proses penangkapan sinyal dapat berlangsung dengan baik.

Tips Paralel Antena yang Baik

Selain memahami tekniknya, Kalian juga perlu mengetahui beberapa tips dalam melakukan paralel antena agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Beberapa langkah yang bisa Kalian terapkan adalah sebagai berikut:

1. Jaga Kebersihan Antena Aluminium

Tips pertama yang wajib Kalian perhatikan adalah merawat kebersihan antena aluminium. Jika dibiarkan tanpa perawatan, antena TV bisa dengan mudah ditumbuhi jamur dan berkarat yang tentunya akan mengurangi kinerjanya. Kalian perlu membersihkannya secara periodik, minimal dua bulan sekali, untuk menjaga kebersihan dan kinerjanya.

2. Perhatikan Arah Antena

Tips kedua yang perlu diperhatikan adalah arah penempatan antena. Sangat penting untuk memposisikannya mengarah ke menara pemancar terdekat agar mendapatkan hasil yang optimal. Kalian perlu mengetahui lokasi dari menara pemancar atau stasiun pemancar terdekat. Intinya, Kalian harus lebih peka dan kreatif dalam mengatur arah antena untuk memperoleh sinyal yang maksimal.

Manfaat Berlangganan TV Kabel

Jika Kalian masih merasa ragu untuk berlangganan TV kabel, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Kalian dapatkan dari berlangganan layanan ini. Mari kita lihat apa saja itu.

1. Jumlah Channel yang Variatif

Dengan berlangganan TV kabel, Kalian akan mendapatkan akses ke berbagai jenis saluran, baik itu saluran domestik maupun internasional. Kalian dapat menikmati beragam jenis tayangan seperti film, animasi, acara hiburan, berita, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Deposit Pakai Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

Faktor ini menjadikan TV kabel sangat diminati oleh publik karena dirasa mampu mengikuti perkembangan zaman. Terlebih di era saat ini, kita diharapkan selalu mendapatkan update terkini tentang informasi atau isu-isu yang sedang populer. Dengan demikian, TV kabel menjadi salah satu solusinya.

2. Jumlah Iklan yang Terbatas

Ketika menonton televisi, kita seringkali terganggu dengan iklan yang muncul secara berulang-ulang. Terlebih jika iklan tersebut monoton dan kurang menarik, hal tersebut bisa membuat tayangan menjadi kurang menyenangkan.

Namun, dengan berlangganan TV kabel, Kalian tidak perlu khawatir tentang hal ini. Iklan yang tampil pada layanan TV berbayar jauh lebih sedikit dibandingkan dengan TV gratisan. Selain itu, iklan pada layanan TV berbayar umumnya lebih informatif dan berkualitas, sehingga Kalian bisa menonton tayangan dengan lebih nyaman dan minim gangguan iklan.

3. Up to date

Manfaat lain dari berlangganan TV kabel adalah Kalian bisa mendapatkan update terbaru dari berbagai acara. Dengan begitu, Kalian tidak perlu khawatir ketinggalan informasi terbaru. Layanan ini juga memungkinkan Kalian untuk mendapatkan info terkini mengenai berbagai isu yang sedang hangat di masyarakat. Menarik bukan?

4. Jangkauan Internasional

Salah satu keunggulan utama dari layanan TV berbayar adalah kemampuannya untuk menayangkan siaran dari luar negeri. Hal ini menjadi sangat menarik karena terkadang tayangan lokal bisa terasa membosankan.

Dengan menonton siaran internasional, Kalian akan mendapatkan pilihan tayangan yang lebih beragam dan menarik. Saluran internasional juga menawarkan kualitas tayangan yang sangat baik, sehingga Kalian bisa menikmati tayangan dengan lebih leluasa.

5. Kualitas Gambar

Ketika menonton televisi, tentunya kualitas gambar menjadi hal yang sangat penting. Kalian pasti menginginkan gambar yang jernih dengan kualitas terbaik. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap mood seseorang ketika menonton televisi.

Dengan berlangganan TV kabel, Kalian tidak perlu khawatir tentang kualitas gambar. Kalian bisa menikmati tayangan dengan kualitas gambar HD. Tentu saja, ini akan membuat Kalian dan keluarga merasa puas ketika menonton acara favorit. Sangat menyenangkan bukan?

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id tentang “Cara Paralel TV Kabel”. Melalui ulasan ini, diharapkan Kalian mendapatkan gambaran dan pemahaman yang jelas tentang bagaimana cara melakukan paralel pada TV kabel. Sebagai catatan, pastikan selalu mematuhi petunjuk penggunaan dan keselamatan ketika melakukan pemasangan atau modifikasi pada perangkat elektronik seperti TV kabel.

Selain itu, meski berlangganan TV kabel mungkin memerlukan biaya tambahan, manfaat yang ditawarkan tentu sangat beragam dan menarik. Mulai dari akses ke berbagai saluran internasional, jumlah iklan yang terbatas, hingga kualitas gambar yang unggul. Dengan berlangganan TV kabel, Kalian bisa menikmati pengalaman menonton televisi yang lebih menyenangkan dan memuaskan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Kalian dalam mengoptimalkan penggunaan TV kabel di rumah. Selamat mencoba dan menikmati berbagai tayangan menarik dari TV kabel Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *