Cara Pasang Booster TV

Cara Pasang Booster TV Yang Tepat dan Praktis

Posted on

Bengkeltv.idCara Pasang Booster TV Yang Tepat dan Praktis. Televisi adalah sumber hiburan dan informasi yang tidak tergantikan, tetapi terkadang, kualitas sinyal yang tidak optimal dapat mengurangi kepuasan Kalian dalam menikmati tayangan favorit. Untuk mengatasi hal ini, booster TV menjadi solusi yang patut dipertimbangkan. Namun, bagaimana sebenarnya cara pasang booster TV yang tepat?

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap kepada Kalian tentang Cara Pasang Booster TV dengan mudah dan efisien. Langkah-langkah yang disajikan akan membantu Kalian meningkatkan kualitas tayangan TV di rumah, sehingga Kalian dapat kembali menikmati program televisi favorit dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik. Jadilah pembaca yang aktif dan ikuti setiap tahapnya, karena setiap detail sangat penting dalam proses pemasangan ini.

Apa itu Booster TV?

Cara Pasang Booster TV

Booster Antena TV merupakan perangkat yang berperan dalam meningkatkan penerimaan sinyal oleh televisi UHF.

Umumnya, masyarakat menggunakan booster ini untuk mendapatkan berbagai saluran dengan gambar yang lebih jelas.

Pengguna perangkat ini biasanya adalah orang-orang yang tinggal di daerah terpencil, terutama di desa-desa yang terhalang oleh pegunungan sehingga menghadapi kesulitan dalam menerima sinyal saluran televisi.

Bagi mereka yang belum familiar dengan manfaat booster ini, mereka mungkin akan memasang antena dengan ketinggian yang lebih tinggi.

Namun, bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang padat penduduknya tinggi, ini bisa menjadi berbahaya terutama saat musim hujan. Antena bisa tersambar petir atau bahkan roboh ditiup angin, yang dapat membahayakan tetangga sekitarnya.

Fungsi booster tv

Booster TV adalah perangkat elektronik yang berperan dalam meningkatkan kekuatan sinyal UHF hingga beberapa kali lipat. Tingkat peningkatan atau gain sinyal yang dapat dicapai oleh booster TV bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya. Untuk mendapatkan informasi tentang nilai penguatan booster, Kalian dapat melihat lembar data (datasheet) yang disertakan saat Kalian membelinya.

Booster TV dapat digunakan dengan semua jenis televisi, baik TV tabung maupun TV LED. Selain itu, booster juga dapat digunakan untuk memperkuat sinyal siaran radio FM dan sinyal lainnya yang berada dalam rentang operasional booster.

Ketika Kalian membeli booster TV, Kalian akan mendapatkan dua perangkat dengan fungsi yang berbeda:

Baca juga:  Penemu Mesin Diesel dan Sejarah Secara Lengkap

Perangkat booster atas, yang berperan dalam memperkuat sinyal.

Perangkat booster bawah, yang berupa catu daya atau power supply untuk booster.

Secara umum, perangkat booster akan dipasang di atas atau dekat dengan antena TV. Sementara itu, perangkat di bawah hanya berisi rangkaian catu daya biasa yang berfungsi untuk memberikan daya pada booster.

Bagaimana jika Antena TV tidak menggunakan Booster?

Apabila menggunakan antena tanpa booster, penerimaan siaran TV dari stasiun-stasiun yang berjarak cukup jauh dari lokasi Kalian akan menjadi kurang optimal. Untuk meningkatkan penerimaan sinyal TV, umumnya diperlukan penggunaan perangkat penguat yang disebut booster TV.

Booster TV berfungsi untuk memperkuat sinyal yang mengalami kerugian akibat panjangnya kabel koaksial yang digunakan untuk menghubungkan antena. Sinyal yang diterima oleh antena melalui kabel tersebut merupakan sinyal RF yang sangat lemah. Booster bekerja sebagai penguat sinyal RF dan juga berperan sebagai pemilih frekuensi yang digunakan oleh penerima TV, baik itu VHF maupun UHF. Kalian juga dapat membaca artikel mengenai Cara Menyambung Kabel (Coaxial) Antena TV Outdoor.

Karena itu, booster TV umumnya memiliki dua keluaran, yaitu untuk frekuensi VHF dan UHF, tergantung pada jenis antena yang digunakan apakah khusus untuk UHF atau VHF.

Pentingnya Memasang Booster TV

Pemasangan kabel antena TV ke booster sebenarnya tidaklah sulit. Booster adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal televisi. Jika gambar di televisi Kalian tidak jernih atau bersemut, Kalian dapat mencoba menggunakan booster.

Kabel antena merupakan penghubung antara booster dan televisi. Semakin baik kualitas kabel tersebut, maka semakin baik pula gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, komponen ini sangat penting dalam pemasangan perangkat televisi. Selain itu, terdapat pula kabel koaksial yang memiliki fungsi tertentu. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dalam artikel tentang cara memasang kabel antena TV secara paralel.

Sebelum memasang kabel antena TV ke booster, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Minimal terdapat dua komponen yang harus disiapkan, yaitu kabel antena dan booster. Pastikan Kalian memilih kabel antena dan booster yang terbaik sebelum memulai proses pemasangan, baik itu untuk antena TV digital outdoor maupun indoor.

Berikut ini adalah beberapa tahapan persiapan yang perlu Kalian lakukan untuk memasang kabel antena TV ke booster.

1. Memilih Kabel Antena TV Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan kabel antena yang berkualitas sangat penting untuk mendapatkan gambar yang lebih baik pada siaran TV. Hal ini akan membuat pengalaman menonton TV Kalian lebih nyaman.

Pertama-tama, pilihlah kabel antena TV dengan panjang yang memadai. Kabel yang lebih panjang dapat meningkatkan penangkapan sinyal dan kualitas sinyal tersebut.

Baca juga:  Cara Agar TV Jernih Tanpa Booster : Mudah dan Praktis

Selain itu, pilihlah kabel koaksial dengan impedansi 75 ohm. Kabel tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam mereduksi redaman sinyal (attenuation), sehingga sinyal yang diterima oleh TV menjadi lebih kuat dan berkualitas. Disarankan untuk memilih kabel koaksial dari merek terkenal seperti Belden, Kitani, atau Tanaka.

Kalian dapat memilih salah satu merek kabel yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

2. Memilih Jenis Booster Terbaik

Meskipun memungkinkan untuk memasang kabel antena TV tanpa menggunakan booster, disarankan tetap menggunakan booster. Booster berperan dalam memperkuat sinyal televisi sehingga kualitas gambar dan suara yang diterima oleh TV menjadi lebih baik.

Penting untuk memilih booster dengan kualitas terbaik agar dapat memaksimalkan kinerjanya. Terdapat banyak merek booster terbaik yang tersedia baik di toko elektronik offline maupun online. Namun, kami merekomendasikan beberapa merek booster terbaik yang dapat Kalian pertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa merek booster yang direkomendasikan untuk dipasang pada televisi:

  • SKYBOX Set Top Box DVB T2
  • FALCOM FDA G300A
  • Televes Booster Matrix
  • Falcom FSA S300
  • PF DX W5000
  • Matrix HA-8640
  • Tanaka Power Supply Booster
  • VHF/ UHF TV Antenna Booster
  • CATV Signal Amplifier
  • Toyosaki TYS-468AW

3. Skema Pemasangan Antena TV ke Booster

Untuk memasang kabel antena TV ke booster, penting untuk memahami skema pemasangan agar Kalian tahu dengan pasti di mana kabel antena harus dihubungkan. Dengan memperhatikan skema tersebut, proses pemasangan kabel dapat dilakukan secara rapi dan aman.

Berikut adalah contoh skema pemasangan antena TV ke booster yang perlu diperhatikan. Dalam skema ini, Kalian dapat melihat bagaimana ketiga komponen, yaitu TV, antena, dan booster, saling terhubung dengan kabel yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan Kalian memasang ujung kabel antena TV dengan benar agar mendapatkan kualitas sinyal yang optimal.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara Pasang Booster TV, untuk memasang booster TV, pastikan semua komponen yang diperlukan telah disiapkan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah cara memasang kabel antena TV ke booster:

1. Perhatikan Jalur Port pada Booster

Perhatikan port yang terdapat pada booster TV. Biasanya, terdapat dua port yang harus dihubungkan dengan kabel. Port pertama adalah jalur yang menuju ke TV, sedangkan port kedua adalah jalur yang menuju antena.

Selain itu, terdapat tiga port lainnya, yaitu port untuk antena VHF, antena UHF, dan port untuk booster bawah.

Jika Kalian ingin memasang antena TV UHF dan VHF, Kalian akan membutuhkan beberapa komponen tambahan seperti diplexer, kabel koaksial, filter penolak sinyal FM, penguat (amplifier), dan catu daya (power supply). Berikut adalah penjelasan singkat mengenai fungsi utama masing-masing komponen tersebut:

Baca juga:  Pengertian dan Komponen Turbin Gas Secara Lengkap

Diplexer: Digunakan untuk menggabungkan dua sinyal dari antena UHF dan VHF menjadi satu kabel output.

  • Kabel koaksial: Merupakan jalur penghubung antara TV dan antena.
  • Filter penolak sinyal FM: Digunakan untuk menyaring sinyal FM agar tidak terjadi interferensi dengan sinyal TV.
  • Penguat (amplifier): Membantu antena dalam menangkap sinyal dengan lebih baik.
  • Catu daya (power supply): Berfungsi sebagai sumber daya untuk penguat yang terhubung melalui kabel koaksial.

Dengan menggunakan komponen tambahan ini, Kalian dapat memperkuat sinyal antena TV UHF dan VHF sehingga menghasilkan gambar yang lebih baik pada layar TV Kalian.

2. Menyambungkan Komponen dengan Kabel

Setelah semua langkah persiapan sebelumnya telah dilakukan, saatnya untuk menyambungkan antena, booster, dan TV menggunakan kabel yang telah disiapkan sebelumnya.

Ikuti skema pemasangan kabel antena dan booster yang telah dijelaskan sebelumnya. Kalian tidak perlu menggunakan skema yang rumit, selama jalur kabel tidak mengganggu atau merusak, itu sudah cukup.

Kelebihan memakai booster

Booster merupakan alat amplifikasi sinyal yang digunakan tidak hanya pada televisi, tetapi juga pada beragam perangkat komunikasi lain seperti radio, pemancar telekomunikasi RF, dan sebagainya.

Walaupun alat-alat tersebut memiliki desain dan fitur yang berbeda dari booster TV, namun prinsip kerja semua booster sama, yaitu meningkatkan kekuatan sinyal.

Booster TV secara spesifik dirancang untuk meningkatkan sinyal gelombang televisi dalam rentang frekuensi UHF dan VHF.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang dapat Kalian peroleh dari penggunaan booster TV sebagai alat penguat sinyal antena:

  • Kualitas gambar televisi menjadi lebih baik dan jernih.
  • Siaran televisi lebih stabil dan tidak mudah terganggu, meski dalam kondisi cuaca yang kurang baik.
  • Dapat menangkap siaran televisi yang memiliki sinyal lemah.
  • Eliminasi kebutuhan untuk mengubah posisi antena demi mendapatkan sinyal televisi yang baik.
  • Bisa diterapkan baik pada antena indoor maupun outdoor.

Semoga penjelasan ini dapat membantu Kalian memahami lebih dalam tentang kelebihan penggunaan booster TV.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Pasang Booster TV yang dapat Kalian praktikkan di rumah. Seperti yang telah kita ulas, prosesnya cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan.
Dengan memasang booster TV, Kalian bisa mendapatkan sinyal televisi yang jauh lebih baik dan jernih.

Bagaimanapun, menonton televisi menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan ketika gambar dan suara ditransmisikan dengan baik dan jelas. Semoga artikel ini dapat membantu Kalian dalam meningkatkan kualitas tayangan televisi Kalian. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *