Cara Scan Epson L5190

Cara Scan Epson L5190, Lengkap Untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.id Cara Scan Epson L5190, Lengkap Untuk Pemula. Teknologi digital telah membuat banyak hal menjadi lebih mudah dan efisien, termasuk dalam hal mencetak dan memindai dokumen. Salah satu perangkat yang sangat membantu dalam hal ini adalah printer multifungsi, dan salah satu yang terbaik di pasaran adalah Epson L5190. Tidak hanya mencetak, Epson L5190 juga dilengkapi dengan fungsi scanner yang memberikan hasil scan berkualitas tinggi.

Namun, bagi beberapa orang, cara menggunakan scanner ini mungkin belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang “Cara Scan Epson L5190” yang tepat dan efisien. Dengan pengetahuan ini, Kalian akan dapat memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh printer multifungsi ini. Selamat membaca!

Mengenai Epson L5190

Epson L-5190, sebagai produk unggulan dari generasi kedua seri L, mengkombinasikan kualitas, kecepatan, dan efisiensi dalam satu paket. Dengan fitur-fitur canggih dan kinerja yang impresif, printer ini menjadi favorit bagi mereka yang memerlukan perangkat multifungsi untuk mencetak.

Menampilkan bentuk yang sama dengan seri L1100, L3150, dan L3110, Epson L-5190 mempersembahkan desain yang menghemat ruang, dengan tangki tinta yang terpadu dengan sempurna di bagian depan printer. Dilapisi dengan warna hitam yang mengkilap, penampilan printer ini menunjukkan kesan yang mewah dan elegan.

Adanya layar kontrol dan beragam tombol di Epson L-5190 memudahkan pengguna untuk mengatur berbagai program dan fitur printer secara mandiri, tanpa perlu terkoneksi dengan komputer. Fitur-fitur ini mempermudah penyesuaian dan kontrol penggunaan printer sesuai dengan kebutuhan Kalian. Jadi, jika Kalian mencari printer yang memadukan kualitas, fungsi, dan desain kontemporer, Epson L-5190 bisa menjadi pilihan yang sangat sesuai.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Epson L220 Lampu Berkedip Bersamaan : Tips Ampuh!!

Syarat Scan Di Epson L5190

Sebelum mempelajari Cara Scan Epson L5190, ada beberapa persyaratan yang harus Kalian pahami terkait sensor scanner dan driver pemindai pada printer tersebut. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum melakukan scanning menggunakan printer Epson L5190:

1. Sensor Scanner Epson L5190

Untuk dapat menggunakan fitur ADF pada printer Epson L5190, Kalian perlu memastikan bahwa sensor scanner pada printer tersebut berfungsi dengan baik. Sensor scanner ini bertugas untuk memindai dokumen asli yang akan di-scan.

2. Driver Scan Epson L5190

Driver adalah software resmi yang dirancang oleh produsen printer, dalam hal ini Epson. Driver ini penting karena berfungsi untuk memungkinkan sistem operasi komputer mengenali komponen hardware printer.

Biasanya, saat Kalian membeli printer Epson, Kalian akan mendapatkan file driver secara gratis dalam bentuk hardcopy atau CD (Compact Disc), yang biasanya disertakan dalam paket bersama dengan kartu garansi.

Namun, untuk memanfaatkan fitur scanning pada printer ini, Kalian harus menginstal driver tersebut terlebih dahulu. Beberapa orang lebih memilih untuk mengunduh file driver terbaru yang tersedia di website resmi Epson Indonesia.

Berikut ini adalah file driver scanner terbaru untuk printer Epson L5190: Scan Di Epson L5190

Epson Indonesia menyediakan file driver scanner untuk printer Epson L5190 untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan Mac OS. Kalian hanya perlu mengunduh file yang sesuai dengan sistem operasi yang terpasang pada komputer Kalian.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh file driver scanner Epson L5190:

  • Hidupkan komputer Kalian dengan menekan tombol power.
  • Buka browser favorit Kalian, seperti Chrome.
  • Kunjungi website resmi Epson yang tercantum pada tabel.
  • Pilih sistem operasi Windows dan pilih file driver scanner untuk Epson L5190.
  • Klik tombol unduh dan simpan file tersebut di folder yang telah Kalian tentukan.
  • Tunggu hingga proses unduhan selesai 100 persen.
Baca juga:  Cara Cleaning Epson L3150 Paling Mudah

Cara Scan Epson L5190

Dengan bantuan ADF, Kalian bisa memindai dokumen tunggal atau banyak halaman sekaligus. Ini memberikan kemudahan bagi Kalian untuk melakukan pemindaian dokumen dalam jumlah besar menggunakan printer Epson L5190.

Kalian bisa melakukan proses pemindaian menggunakan panel kontrol printer atau melalui smartphone. Berikut ini adalah cara melakukan pemindaian pada printer Epson L5190.

1. Scan Di ADF Epson L5190 Lewat Control Panel

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 melalui panel kontrol:

Pastikan driver scanner Epson L5190 sudah terinstal di komputer Kalian.

  • Nyalakan komputer dan printer Epson L5190 Kalian.
  • Tunggu sampai lampu indikator pada printer Epson L5190 menunjukkan status Ready atau siap digunakan.
  • Siapkan dokumen yang ingin Kalian scan.
  • Gunakan tombol navigasi untuk memilih perintah scan, lalu tekan tombol OK.
  • Pilih jenis file output hasil scan, seperti JPEG, PDF, atau yang lainnya, sesuai kebutuhan Kalian.
  • Tekan tombol Start untuk memulai dan mengkonfirmasi proses scan.
  • Tunggu hingga printer Epson L5190 menyelesaikan proses pemindaian.

Selain itu, Kalian juga bisa melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 melalui komputer. Berikut adalah caranya.

2. Scan Di ADF Epson L5190 Lewat Komputer

Berikut adalah langkah-langkah melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 melalui komputer:

  • Pastikan driver scanner Epson L5190 sudah terinstal di komputer Kalian.
  • Nyalakan komputer dan printer Kalian.
  • Letakkan dokumen yang akan Kalian scan ke dalam tray scanner printer.
  • Buka aplikasi atau software Epson Scan 2 di komputer Kalian.
  • Pilih Document Mode pada jendela pengaturan yang muncul.
  • Klik tombol Scan dan tunggu hingga printer Epson L5190 menyelesaikan proses pemindaian dokumen.

Jika Kalian juga tertarik untuk mempelajari cara melakukan pemindaian pada printer Canon, Kalian bisa membaca artikel sebelumnya yang telah kami tulis mengenai cara scan pada printer Canon MG2570s.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Paper Out or Incorrect Loading yang Tepat

Kelebihan Fitur Scan ADF Pada Printer Epson L3190

Printer Epson L5190 telah dilengkapi dengan fitur scan ADF (Automatic Document Feeder) yang memberikan Kalian kemudahan untuk melakukan pemindaian dokumen dalam jumlah yang banyak sekaligus, menjadikannya lebih efisien dan menghemat waktu.

ADF pada Epson L5190 ini menawarkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan scanner pada printer konvensional yang prosesnya lebih lambat dan harus memasukkan dokumen satu per satu. Fitur scanner ADF pada Epson L5190 dan jenis printer lainnya sudah mampu melakukan pemindaian dokumen secara otomatis dalam jumlah yang lebih banyak dan dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, Epson L5190 juga mampu mendukung berbagai ukuran kertas yang bisa dimasukkan ke dalam ADF, seperti kertas A4 (210 × 297 mm), Letter (216 × 279 mm), dan Legal (216 × 356 mm), serta ukuran kertas F4 (210 x 330 mm) yang banyak digunakan di Indonesia.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Scan Epson L5190. Melalui fitur ADF yang tersedia, Kalian bisa melakukan pemindaian dokumen dalam jumlah banyak secara simultan dan efisien. Hal ini tentu sangat membantu baik untuk kebutuhan kerja maupun studi yang membutuhkan proses scan dokumen dalam jumlah besar.

Harap diingat bahwa untuk mengoptimalkan fungsi scan pada printer ini, pastikan bahwa Kalian telah menginstal driver scanner terbaru dan memastikan sensor scanner bekerja dengan baik. Dengan begitu, Kalian dapat memanfaatkan printer Epson L5190 ini secara maksimal.

Semoga artikel ini dapat membantu Kalian memahami lebih baik tentang bagaimana cara melakukan scan dengan menggunakan printer Epson L5190. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *