Cara Setting K Vision

Cara Setting K Vision : Panduan Mudah Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting K Vision : Panduan Mudah Pemula. Dalam era digital yang serba canggih ini, pengetahuan tentang teknologi menjadi kebutuhan yang hampir tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek yang sering menjadi pusat perhatian adalah bagaimana mengoptimalkan penggunaan perangkat elektronik kita, seperti misalnya, dekoder K Vision.

K Vision, sebagai salah satu pemimpin dalam industri televisi berbayar di Indonesia, menyajikan berbagai saluran berkualitas tinggi yang tentunya perlu disetting dengan benar agar dapat dinikmati sepenuhnya. Maka dari itu, pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cara setting K Vision dengan mudah dan cepat. Mari kita mulai petualangan digital kita dan buka pintu menuju dunia hiburan yang lebih luas.

Mengenai K Vision

K-Vision (PT Digital Vision Nusantara), perusahaan TV satelit berbayar di Indonesia, telah bergabung dengan MNC Vision Networks Group untuk melayani pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah rural dan kota-kota kecil.

Pada bulan Februari 2021, K-Vision telah memiliki sekitar 5,4 juta pelanggan dan terus bertambah sekitar 300 ribu pelanggan setiap bulannya. Layanan K-Vision dapat diakses melalui satelit C-Band (Telkom) dan KU-Band (Measat) oleh tiga jenis pelanggan, yaitu Reguler Satelit/Parabola, Corporate, dan TV Kabel.

K-Vision menawarkan akses channel-channel nasional terlengkap, termasuk tayangan dari MNC Group, program olahraga premium, acara anak-anak, film box office, dan tayangan seru lainnya. Layanan K-Vision dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke hingga pelosok negeri.

K-Vision memiliki lima produk dengan teknologi yang berbeda dan ditujukan untuk target pasar yang berbeda pula, yaitu Bromo, Cartenz, Gardiner, Optus, dan LG Sat. Informasi lebih lanjut mengenai produk-produk K-Vision dapat ditemukan di situs resmi mereka.

Salah satu keunggulan K-Vision adalah tidak memerlukan biaya bulanan (beli putus), namun tetap menyediakan layanan yang selalu aktif dan perangkat menjadi hak milik pribadi. Proses berlangganan K-Vision juga mudah, praktis, dan cepat. K-Vision memberikan pengalaman menonton TV satelit yang berkualitas, terjangkau, dan nyaman bagi seluruh pelanggan di Indonesia.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Upgrade Firmware K Vision

Persiapan Setting K Vision

Jangan biarkan kekurangan pengalaman membuatmu takut mencoba, pasang K Vision sendiri merupakan hal yang dapat dilakukan. Proses perakitan perangkat ini sederhana dan bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Sebelum melangkah ke proses setting K Vision, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan:

1. Peralatan Dasar

Antena parabola mini sangat populer karena kemudahannya dalam proses instalasi. Banyak orang memilih jenis ini bersama dengan receiver K Vision karena alasan praktis dan simpel.

Sebelum memulai proses instalasi, perlu disiapkan beberapa perlengkapan dasar:

NOMORNAMA ALAT
1Parabola Mini
2Receiver
3Televisi
4Smartphone
5Tangga
6LNB Ku Band
7Kabel Antena
8Kunci Pas
9Remote

2. Pengetahuan Dasar

Melakukan setting K Vision pada dasarnya sangat mudah, tak akan menjadi masalah besar bagi para pemula. Yang diperlukan hanyalah pemahaman dasar tentang teknisi dan instalasi.

Oleh karena itu, penting untuk belajar mengenai dunia satelit dan antena parabola mini. Kamu bisa mencari referensi terkait dari situs resmi K Vision atau buku panduan yang disertakan.

Cara Setting K Vision

K Vision menjadi pilihan alternatif yang sangat cocok bagi masyarakat di daerah pedesaan. Ini menjadi solusi efektif untuk menikmati tayangan televisi melalui antena parabola mini, khususnya jika sinyal UHF digital tidak tersedia.

Langkah-langkah setting K Vision terbagi menjadi dua tahap, yaitu pemasangan dish dan pengaturan receiver. Bahkan bagi pemula, instalasi antena parabola mini tidak akan menjadi tantangan berarti.

Berikut adalah Cara Setting K Vision yang tepat:

1. Setting Antena K Vision

Harap pastikan Kalian telah memperoleh satu set antena parabola mini berdiameter 45 cm. Ukuran ini dipilih karena mempermudah proses instalasi dan operasionalnya.

Susunlah antena dan LNB Ku band sesuai dengan arahan yang tertera pada buku petunjuk. Setelah itu, letakkan tiang parabola mini di tempat yang bebas dari halangan seperti pohon atau bangunan.

Berikut adalah cara pengaturan antena Nex Parabola:

Baca juga:  Cara Berhenti Berlangganan Transvision : Panduan Lengkap

  • Pasang antena parabola mini dengan tepat berdasarkan arahan pada buku petunjuk.
  • Hubungkan kabel antena ke unit televisi di dalam ruangan.
  • Siapkan ponsel pintar Kalian dan unduh aplikasi Satfinder.
  • Buka aplikasi Satfinder dan aktifkan GPS di ponsel Kalian.
  • Masukkan parameter satelit Measat 3a pada jalur Ku Band.
  • Arahkan antena parabola mini sesuai dengan petunjuk yang muncul pada aplikasi Satfinder di ponsel Kalian.
  • Amati indikator sinyal pada layar televisi.
  • Pastikan kekuatan sinyal mencapai minimal 60 persen dan kencangkan baut dengan baik.

Untuk melacak satelit pada operator K Vision, dibutuhkan dua orang yang melakukan panggilan video. Kalian bisa menggunakan aplikasi WhatsApp yang memudahkan tugas ini dengan koneksi internet.

2. Setting Receiver K Vision

Meski receiver yang direkomendasikan oleh K Vision memiliki fitur yang beragam, proses pengaturannya sama selama Kalian mengikuti petunjuk pada buku manual.

Berikut adalah cara pengaturan Receiver K-Vision:

  • Nyalakan unit televisi dan receiver K Vision.
  • Pastikan sinyal satelit telah terkunci dengan kekuatan minimal 60 persen.
  • Siapkan remote kontrol asli untuk receiver K Vision.
  • Tekan tombol menu untuk membuka pengaturan sistem.
  • Pilih bagian instalasi dan tekan ok untuk konfirmasi.
  • Masukkan nama satelit Measat 3a dengan jalur Ku Band.
  • Atur parameter transponder dan frekuensi satelit tersebut.
  • Atur frekuensi LNB menjadi Universal 9750 – 10600.
  • Pilih opsi mulai mencari untuk memulai proses scan K Vision.
  • Tunggu hingga proses scanning selesai 100 persen.

Dengan mengikuti langkah-langkah pengaturan di atas, Kalian dapat menikmati tayangan televisi dari K Vision dengan jernih dan lancar.

Setelah tayangan satelit muncul pada layar, langkah berikutnya adalah melakukan aktivasi K Vision dengan menggunakan nomor ID pelanggan.

Cara Berlangganan K-Vision

Sekarang saatnya mengetahui cara berlangganan K-Vision yang mudah dan efisien.

Sebelum memulai, pastikan Kalian sudah mendaftar di situs resmi K-Vision dan mendapatkan unit parabola. Selanjutnya, aktifkan akun K-Vision Kalian melalui langkah-langkah berikut:

1. Cara Aktivasi Akun K-Vision

  1. Buka browser internet Kalian
  2. Kunjungi https://my.k-vision.tv/site/request-activation
  3. Masukkan nomor pelanggan dan email, lalu klik Submit
  4. Buka email dan klik tautan yang dikirim oleh K-Vision untuk mengaktifkan akun Kalian

Setelah berhasil, Kalian sudah bisa berlangganan paket K-Vision secara langsung. Untuk pembelian voucher K-Vision, Kalian bisa melalui beberapa platform seperti Gojek, Shopee, m-Banking BCA, Mandiri, Permata Bank, BRI, Alfamart, Kantor Pos, Indomaret, dan lainnya.

Baca juga:  Cara Pasang Parabola Mini Sendiri Yang Baik dan Benar

Jangan lupa untuk segera menambahkan saldo voucher melalui SMS, WA, Telegram, atau LINE dengan format KVN(spasi)TOPUP#NoPelanggan#PINVoucer.

Berikut adalah beberapa metode mudah untuk berlangganan K-Vision, seperti melalui SMS, Telegram, dan WhatsApp:

2. Cara Berlangganan Paket K-Vision Melalui SMS

  • Buka aplikasi SMS atau Pesan di ponsel Kalian.
  • Masukkan format pesan: KVN(spasi)#PKT#KODE PAKET#NO PELANGGAN.
  • Kirim pesan tersebut ke 99333 (untuk pengguna Telkomsel, Indosat, 3, XL) atau ke 0815 8500 828 atau 0817 8500 828 (berlaku untuk semua operator seluler).
  • Tunggu balasan SMS dan lanjutkan sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

3. Buka aplikasi WhatsApp

Menyimpan nomor WhatsApp Bot K-Vision, yakni 0811 8500 828, dalam kontak Kalian.

Mengirim pesan WhatsApp ke nomor tersebut dengan format: PILIH(spasi)NO PELANGGAN(spasi)KODE PAKET

4. Cara Berlangganan Paket K-Vision Melalui Telegram

  • Buka aplikasi Telegram Kalian.
  • Arahkan ke menu pencarian dan ketik @KvisionBot untuk menemukan akun tersebut.
  • Kirim pesan ke @KvisionBot dengan format: PILIH(spasi)NO PELANGGAN(spasi)KODE PAKET
  • Proses selesai dan Kalian hanya perlu menunggu balasan dari Bot tersebut.

Penutup

Demikianlah beberapa langkah mudah yang dapat Kalian lakukan untuk melakukan setting pada K Vision. Walaupun mungkin terlihat rumit pada awalnya, namun jika sudah terbiasa, Kalian akan menemukan bahwa prosesnya sebenarnya sangat sederhana dan mudah dipahami.

Ingatlah bahwa setiap kali Kalian mengalami kesulitan, Kalian dapat selalu kembali ke artikel ini sebagai panduan Kalian. Jangan takut untuk mencoba berbagai pengaturan dan melihat apa yang bekerja terbaik untuk Kalian.

Terakhir, yang paling penting adalah menikmati pengalaman menonton yang lebih baik dengan K Vision. Semoga artikel dari bengkeltv.id ini memberikan Kalian pengetahuan yang cukup tentang cara setting K Vision dan membantu Kalian menemukan cara terbaik untuk menikmati siaran favorit Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *