Cara Setting Receiver Nex Parabola

Cara Setting Receiver Nex Parabola : Panduan Lengkap untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Receiver Nex Parabola : Panduan Lengkap untuk Pemula. Di era teknologi yang semakin maju, keberadaan parabola telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, bagi pecinta tayangan televisi, memiliki parabola dirumah tentu memberikan keleluasaan dalam memilih siaran yang ingin ditonton.

Salah satu merek yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Nex. Namun, tidak sedikit orang yang merasa kebingungan dalam melakukan pengaturan awal pada receiver Nex Parabola. Apakah Kalian salah satunya? Jangan khawatir, karena pada artikel ini kami akan membahas tuntas mengenai “Cara Setting Receiver Nex Parabola” yang mudah dan praktis. Simak terus ulasan berikut untuk memperoleh informasi yang bermanfaat ini. Selamat membaca!

Mengenal Nex Parabola

Cara Setting Receiver Nex Parabola

Nex Parabola adalah inisiatif yang diambil oleh Nexmedia, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan televisi berlangganan terestrial di wilayah Jabodetabek. Nexmedia, yang berada di bawah naungan Elang Mahkota Teknologi (Emtek), mulai beroperasi pada tanggal 23 November 2011 dengan mengusung slogan “Simply Entertaining”.

Uniknya, Nexmedia menawarkan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan layanan televisi berbayar lainnya. Jika kebanyakan layanan menggunakan satelit parabola dan kabel, Nexmedia justru mengadopsi teknologi televisi digital terestrial DVB-T2, yang biasa digunakan pada layanan televisi digital.

Penerapan teknologi ini mengartikan bahwa Nex Parabola beroperasi layaknya set-top box televisi digital, di mana sinyal disebarkan melalui transmisi dan ditangkap oleh antena sebelum dihubungkan ke televisi untuk ditayangkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa ada beberapa nuansa yang membedakan Nexmedia dari televisi digital stKalianr. Misalnya, frekuensi yang digunakan oleh Nexmedia berada pada kisaran 290.5-320.5 VHF, sedangkan televisi digital pada umumnya menggunakan kanal UHF.

Selain itu, sinyal yang disiarkan oleh Nexmedia diacak. Ini berarti bahwa pengguna memerlukan dekoder atau STB khusus untuk menguraikan acakan sinyal tersebut. Alasan di balik pengacakan ini adalah karena Nexmedia menayangkan beberapa saluran asing seperti CNN, Fox Movies, beTV, dan lainnya, yang sebagian di antaranya memiliki hak siar khusus, termasuk untuk siaran olahraga.

Baca juga:  Cara Nonton RCTI di Indihome MUdah & Simpel

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Nex Parabola menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari alternatif televisi berlangganan selain yang menggunakan teknologi satelit parabola atau kabel.

Tipe Receiver Nex Parabola

Setiap individu memiliki preferensi yang berbeda dalam memilih operator TV satelit. Namun, Nex Parabola menawarkan penawaran menarik dengan meluncurkan beberapa receiver berkualitas tinggi.

Secara umum, receiver Nex Parabola dapat dibagi menjadi dua kategori:

1. Receiver Hybrid

Receiver tipe single hanya mendukung satu frekuensi satelit, baik itu Ku Band atau C Band. Namun, semua produk yang dirilis oleh Nex Parabola adalah tipe hybrid yang dapat beroperasi pada semua frekuensi.

Setelah berhasil diaktifkan, receiver Nex Parabola akan membuka semua saluran gratis dan FTV secara otomatis tanpa biaya tambahan. Namun, jika Kalian ingin menikmati saluran premium, Kalian dapat membeli paket Nex Parabola yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

2. Receiver Combo

Receiver Combo dari Nex Parabola merupakan produk yang canggih karena mendukung siaran Nex Parabola dan UHF digital. Ini berarti produk ini memberikan keunggulan lebih bagi konsumen dan memberikan kebebasan untuk memilih penyedia layanan.

Receiver Combo Nex Parabola dianggap sebagai perangkat paling mutakhir dan cukup populer di pasaran. Konsumen yang cerdas cenderung memilih tipe ini meskipun harganya relatif sedikit lebih mahal.

Hal-Hal Perlu Disiapkan

Sebelum kita menyelami lebih jauh ke dalam pembahasan Cara Setting Receiver Nex Parabola, ada beberapa langkah persiapan yang penting untuk dilakukan dan diperhatikan, termasuk menyiapkan berbagai alat dan memahami konsep dasar dalam pemasangan. Lantas, apa sajakah elemen-elemen yang harus kita siapkan? Untuk mendapatkan jawabannya, ayo kita telusuri dan ikuti ulasan detil di bawah ini.

1. Alat-Alat

Tak dapat dipungkiri bahwa untuk melaksanakan pengaturan parabola, kita harus menyiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu. Mengingat Nex Parabola termasuk dalam kategori parabola mini, proses pemasangannya cenderung lebih sederhana dan ini menjadi alasan mengapa banyak orang memilih tipe ini bersamaan dengan receiver yang direkomendasikan oleh Nex Parabola itu sendiri.

Berikut adalah daftar alat yang diperlukan dalam proses Setting Receiver Nex Parabola:

  • Parabola mini
  • Receiver Nex Parabola
  • LNB Ku Band
  • Kabel antena (disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Televisi
  • Remote TV & receiver Nex Parabola
  • Smartphone/HP
  • Kunci pas
  • Tangga
  • Tang

2. Ilmu Dasar

Setelah semua alat siap tersedia, Kalian dapat mulai melangkah ke tahap pengaturan Nex Parabola. Namun, sebagai prasyarat, penting untuk memiliki pemahaman dasar mengenai teknik dan pemasangan. Walaupun begitu, proses pengaturannya cukup sederhana dan tidak akan menjadi masalah bahkan bagi Kalian yang baru pertama kali melakukannya.

Baca juga:  Cara Memasukan Biss Key Nex Parabola: Panduan Lengkap

Yang Kalian butuhkan hanyalah pengetahuan dasar mengenai dunia satelit dan antena parabola mini. Karenanya, sangatlah krusial untuk mempelajari dasar-dasar teknologi ini sebelum memulai proses pengaturan. Umumnya, ketika membeli parabola mini dan receiver, Kalian akan mendapatkan buku panduan yang bisa menjadi bantuan besar dalam memahami langkah-langkah pengaturan.

Tidak hanya itu, Kalian juga bisa mencari referensi mengenai pengetahuan dasar pengaturan Nex Parabola melalui situs resmi Nex Parabola. Sebagai alternatif, Kalian bisa menonton video tutorial yang tersedia di berbagai kanal YouTube yang banyak membahas mengenai cara pengaturan antena parabola mini.

Cara Setting Receiver Nex Parabola

Walaupun Nex Parabola menawarkan beragam model receiver, prosedur pengaturannya cukup serupa. Kalian bisa menambah transponder, mencari saluran, dan mengatur daftar saluran sesuai keinginan.

Berikut langkah-langkah pengaturan receiver Nex Parabola untuk semua model:

1. Hidupkan Receiver

Sebelum memulai, pastikan bahwa perangkat parabola sudah terpasang dengan tepat dan kabel antena terhubung ke receiver Nex Parabola. Lalu, nyalakan TV dan unit STB (set top box) untuk memasukkan parameter.

2. Tambah Satelit

Untuk menambah satelit ke penerima Nex Parabola, penting untuk mengikuti spektrum yang telah dipilih, yakni jalur C Band atau Ku Band. Juga, sangat penting untuk menetapkan tipe LNB yang sesuai agar frekuensi dapat diselaraskan dengan benar.

Inilah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menambahkan satelit:

  • Tekan tombol menu pada remote kontrol untuk mengakses menu pengaturan sistem.
  • Setelah berada di menu pengaturan, cari dan pilih opsi yang berkaitan dengan instalasi, lalu tekan tombol OK pada remote kontrol untuk mengkonfirmasi pilihan.
  • Langkah selanjutnya adalah menambahkan satelit yang diinginkan. Kalian dapat memilih antara Telkom 4 atau SES 9 sesuai dengan kebutuhan Kalian.
  • Selanjutnya, Kalian harus mengatur frekuensi LNB. Pastikan untuk mengatur ini sesuai dengan tipe LNB yang Kalian gunakan: atur ke 5150 untuk C Band, atau di antara 9750 hingga 10600 untuk Ku Band.
  • Terakhir, periksa bagian Power LNB dan pastikan bahwa opsi ini diatur ke ON.

3. Scanning Channel

Pemindaian merupakan metode krusial dalam pengaturan penerima Nex Parabola karena fungsinya yang melakukan pencarian otomatis atas semua saluran yang tersedia. Keberhasilan dalam mengatur penerima Nex Parabola sangat bergantung pada metode ini.

Baca juga:  Penyebab & Cara Mencari Siaran Nex Parabola yang Hilang

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian:

  • Pastikan bahwa Kalian masih berada di dalam menu instalasi satelit.
  • Tekan tombol yang bertuliskan SAT pada remote kontrol Kalian.
  • Jika muncul notifikasi, Kalian juga memiliki opsi untuk menekan tombol berwarna biru yang muncul di layar.
  • Setelah itu, sebuah jendela baru akan terbuka. Di sini, pilih opsi yang bertuliskan ‘cari’ atau sejenisnya.
  • Sabar dan tunggu selama beberapa menit sampai proses pemindaian selesai dan mencapai 100%.
  • Setelah pemindaian selesai, semua saluran yang ditemukan akan tersimpan secara otomatis ke dalam penerima Kalian.

4. Mengelola Channel

Semua saluran yang tersimpan dalam daftar pada penerima Nex Parabola dapat diatur sesuai keinginan dan preferensi Kalian. Terdapat berbagai pilihan yang bisa digunakan, seperti mengubah nama saluran, mengganti urutan nomor, dan menetapkan beberapa saluran sebagai favorit.

Inilah langkah-langkah untuk mengatur daftar saluran pada penerima Nex Parabola:

  • Tekan tombol menu pada remote kontrol untuk mengakses menu pengaturan.
  • Setelah berada di menu pengaturan, carilah opsi yang berkaitan dengan daftar saluran, kemudian pilih dan tekan tombol OK pada remote kontrol untuk mengkonfirmasi pilihan.
  • Dalam bagian pengaturan daftar saluran, Kalian dapat mengelola nama dan urutan saluran sesuai dengan keinginan Kalian.
  • Setelah selesai melakukan pengaturan, tekan tombol exit. Sebuah pilihan untuk menyimpan perubahan akan muncul, pilih OK untuk menyimpan perubahan yang telah Kalian buat.

Penutup

Dalam artikel ini, bengkeltv.id telah membahas langkah-langkah tentang cara setting receiver Nex Parabola. Dengan pemahaman yang tepat tentang pengaturan receiver ini, Kalian dapat menikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik dengan sinyal yang kuat dan saluran yang jelas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian sekarang dapat mengatur receiver Nex Parabola dengan mudah. Nikmati pengalaman menonton TV yang lebih baik dengan saluran-saluran yang jelas dan sinyal yang kuat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian dalam mengatur receiver Nex Parabola Kalian. Selamat menikmati menonton TV!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *