Cara Setting Receiver Transvision

Cara Setting Receiver Transvision Paling Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Receiver Transvision Paling Mudah. Indonesia, sebagai negara dengan keberagaman budaya yang luar biasa, juga menunjukkan beragam pilihan dalam hal konsumsi konten televisi. Salah satu layanan yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah Transvision, penyedia layanan televisi berbayar yang menyediakan berbagai jenis stasiun televisi lokal dan internasional.

Dalam era digital ini, kemampuan untuk mengatur dan memanfaatkan teknologi semacam ini menjadi penting. Namun, bagaimana caranya? Tenang, artikel ini hadir sebagai solusi. Kali ini, kita akan membahas cara setting receiver Transvision dengan mudah dan praktis. Siap untuk memaksimalkan pengalaman menonton Kalian? Mari kita mulai!

Mengenai Transvision

Dikenal sebelumnya dengan nama TelkomVision dan YesTV, Transvision adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan televisi berlangganan berpusat di Jakarta, Indonesia. Mayoritas kepemilikan perusahaan ini dipegang oleh Trans Media, sebuah entitas anak dari CT Corp, sedangkan TelkomMetra, anak perusahaan dari Telkom Indonesia, memegang bagian minoritas saham.

Layanan televisi berlangganan satelit dari Transvision saat ini disiarkan melalui satelit Telkom-1 (C-Band) dan MEASAT-3b (Ku-Band). Selain dari itu, satelit Telkom-3S juga disediakan khusus untuk UseeTV (yang kini menjadi IndiHome TV). Pada tahun 2016, Transvision sepenuhnya beralih menggunakan satelit MEASAT-3b.

Kelebihan Transvision

Transvision berperan dalam memberdayakan para penikmat tayangan televisi melalui layanan TV satelit yang premium dan berkualitas tinggi. Dengan demikian, provider ini berhasil menarik banyak pengguna dari berbagai kalangan dan memperkokoh keberadaannya di industri.

Berikut beberapa keunggulan Transvision yang bisa menjadi pertimbangan Kalian:

1. Channel Lengkap

Transvision menyuguhkan beragam channel untuk memenuhi berbagai kebutuhan penonton yang beragam. Dengan total 115 saluran yang mencakup genre kartun, hiburan, berita, musik, film, dan olahraga, ketersediaan channel yang luas ini menjadi salah satu alasan mengapa provider TV satelit ini mampu bertahan dan bersaing.

2. Gambar Jernih

Transvision, dalam layanannya, menampilkan kualitas gambar yang sangat jernih untuk memastikan kepuasan pelanggan. Provider ini dikenal sebagai penyedia yang menayangkan banyak channel dengan resolusi High Definition. Saluran yang disiarkan dalam format HD ini menjadi salah satu yang terfavorit dalam setiap genre. Detil gambar tetap tajam dan jernih meskipun ditonton di layar televisi berukuran besar di atas 43 inci.

Baca juga:  Cara Memprogram Tv Parabola Matrix Yang Tidak Ada Sinyal dengan Mudah

3. Paket Terjangkau

Harga paket berlangganan Transvision cukup kompetitif dan dibagi menjadi tiga pilihan menarik. Dengan ini, calon pelanggan dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

4. Diskon Belanja

Seluruh pelanggan Transvision yang terdaftar akan mendapatkan berbagai promo menarik, termasuk diskon khusus di merchant-merchant ternama dengan potongan harga hingga 40 persen. Informasi mengenai benefit diskon belanja dan promo lainnya bisa dilihat di situs resmi Transvision. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan layanan ini.

Cara Setting Receiver Transvision

Sebelum Kalian dapat mengeksplorasi berbagai fitur, menikmati promo, dan menonton channel-channel gratis pada receiver Transvision Nusantara HD, terdapat beberapa langkah pengaturan receiver Transvision yang perlu dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkah pengaturan receiver Transvision pada parabola mini dan jaring besar:

1. Cara Setting Receiver Transvision Pada Parabola Mini

Bagi pengguna Ku Band, posisikan parabola mengarah ke barat, lebih tepatnya sebelah barat kota Nias, dengan kemiringan antena sekitar 64-66 derajat (untuk lokasi di kota Yogyakarta) dan skew LNB kira-kira 65 derajat.

Transvision Nusantara HD menggunakan satelit yang sama dengan K Vision, jadi tidak perlu merubah arah antena. Yang harus Kalian lakukan adalah mengganti receiver dan memasukkan transponder Nusantara HD.

Setelah menerima sinyal dari transponder, lakukan pemindaian satelit Measat 3b dengan mode blind scan agar semua siaran dapat diterima oleh receiver.

Untuk memudahkan pengarahan parabola mini ke satelit Measat 3b, Kalian bisa menggunakan aplikasi Satfinder.

2. Cara Setting Receiver Transvision Pada Parabola Jaring Besar

Untuk pengguna parabola besar, posisikan antena mengarah ke Telkom 4, karena saat ini Telkom 4 menjadi tuan rumah bagi sebagian besar siaran televisi yang menggunakan jalur C Band, baik itu gratis ataupun Pay TV berlangganan.

Setelah antena diarahkan ke Telkom 4, ganti receiver dengan Transvision Nusantara HD dan perhatikan pengaturan LNB-nya, lihat berapa Diseqc yang mengarah ke satelit Telkom 4.

Setelah semua data dimasukkan dan mendapatkan kualitas sinyal maksimal, lakukan pemindaian dengan mode Blind scan agar semua saluran yang ada pada Telkom 4 bisa diterima. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai, dan selanjutnya saluran atau channel di Transvision Nusantara HD sudah dapat dinikmati.

Baca juga:  Cara Aktivasi Receiver Nex Parabola Mudah & Cepat

Cara Menyusun Channel di Receiver TransVision Nusantara HD

Setelah melakukan Cara Setting Receiver Transvision, langkah selanjutnya adalah mengatur susunan channel di receiver TransVision Nusantara HD agar susunan channel sesuai dengan preferensi Kalian:

  • Tekan tombol Menu pada remote Kalian, lalu pilih opsi Ubah Siaran dan tekan OK pada pilihan Siaran TV.
  • Daftar Siaran TV akan muncul. Untuk memindahkan channel, tekan tombol Angka 2 pada remote Kalian.
  • Pilih siaran TV yang ingin dipindahkan dengan menekan tombol navigasi atas atau bawah, lalu tekan OK.
  • Setelah channel yang dipindahkan telah berada di posisi yang diinginkan, tekan tombol Exit dan siaran TV akan dipindahkan ke posisi baru.

Cara Tracking Transvision Ku Band

Untuk wilayah Bali, Jawa, dan Sumatera, mengunci satelit Measat 3b pada Transvision dapat dilakukan menggunakan parabola mini yang dilengkapi dengan LNB Ku Band, sebab sinyal satelit di wilayah tersebut cukup kuat.

Namun, untuk wilayah lain, diperlukan dish dengan ukuran yang lebih besar dari 45 cm. Sebelum memulai proses tracking, ada beberapa hal yang perlu disiapkan atau dilakukan agar proses tracking dapat berlangsung dengan lebih mudah.

1. Persiapan Tracking

Sebelum memulai proses tracking, beberapa langkah berikut perlu dilakukan atau dipersiapkan:

  • Membuat Transponder Baru di Receiver
    Pilih satelit Measat 3b pada menu receiver. Jika belum ada, tambahkan satelit Measat dengan memilih opsi untuk menambah satelit baru.

Frekuensi LNB pada pengaturan satelit diatur ke universal (9.750-10600). Selanjutnya, buat transponder baru dengan frekuensi dari Transvision dan posisikan receiver pada frekuensi tersebut.

  • Mengarahkan Parabola ke Satelit
    Untuk mengarahkan parabola ke satelit, pertama-tama Kalian perlu mengetahui posisi satelit dari lokasi antena.

Setelah mengetahui posisinya, arahkan antena ke satelit yang dimaksud. Untuk menentukan arah antena, Kalian bisa memanfaatkan aplikasi bernama Satfinder.

  • Mengarahkan Konektor Sesuai Lokasi Parabola
    Keberhasilan dalam tracking parabola mini juga ditentukan oleh arah konektor. Seperti halnya arah parabola, arah konektor juga berbeda-beda untuk setiap wilayah.

Misalnya, di daerah yang tepat berada di bawah garis katulistiwa, arah konektor harus lurus ke arah kiri atau kanan.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus : Solusi Ampuhnya

2. Proses Tracking

Untuk melakukan tracking, mulailah dengan menurunkan posisi tegak dish perlahan-lahan sambil memperhatikan layar TV sampai sinyal muncul.

Setelah sinyal terkunci, goyangkan dish dan putar LNB hingga sinyal mencapai titik maksimal. Setelah sinyal tercapai pada titik maksimal, kencangkan semua baut dan proses tracking selesai.

Syarat Berlangganan Transvision

Syarat dan ketentuan untuk berlangganan TV Transvision mencakup persetujuan untuk memberikan data pribadi seperti nama lengkap, alamat lengkap, dua nomor telepon seluler, paket yang dipilih, dan informasi lain yang diperlukan.

Kalian juga perlu membayar biaya instalasi sebesar Rp750 ribu untuk berlangganan Hi-Speed, yang dibayarkan sekali dan biayanya dapat berubah tergantung pada lokasi.

Namun, selama periode promosi, biaya instalasi bisa digratiskan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Selanjutnya, kontrak berlangganan berlaku minimal selama 1 tahun. Jika Kalian memilih untuk berhenti sebelum periode yang telah ditentukan, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp500.000. Harap pastikan bahwa Kalian memiliki tempat yang cukup untuk instalasi ODU (perangkat antena penerima sinyal).

Promosi harga berlaku dalam periode tertentu, dan setelah periode promosi berakhir, harga normal akan berlaku.

Sedangkan untuk metode pembayaran tagihan bulanan, bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui kartu kredit, ATM, tunai melalui kasir di berbagai minimarket dan pusat belanja, internet banking, mobile banking, dan pembayaran online melalui website resmi Transvision.

Penutup

Dengan demikian, kami telah membahas cara setting receiver Transvision yang mudah dan sederhana. Semoga panduan ini dapat membantu Kalian untuk mengatur receiver Transvision dengan lancar dan mendapatkan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

Ingatlah untuk selalu mengikuti langkah-langkah dengan cermat sesuai petunjuk dari pihak Transvision atau manual penggunaan yang diberikan. Jika menghadapi masalah atau kesulitan dalam proses setting, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Transvision yang siap membantu Kalian.

Nikmati beragam konten menarik dari Transvision dan jangan lupa untuk terus memperbarui dan memantau setting receiver Kalian untuk mendapatkan kualitas tayangan yang optimal.

Selamat menikmati acara-acara kesayangan Kalian dengan receiver Transvision yang telah diatur dengan baik. Semoga informasi dari bengkeltv.id ini bermanfaat dan selamat menikmati pengalaman menonton yang mengesankan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *