Cara Setting TV LG Tabung

Cara Setting TV LG Tabung : Panduan Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting TV LG Tabung : Panduan Lengkap. Ketika Kalian membeli televisi, Kalian tidak hanya mendapatkan televisinya saja, tetapi juga remote khususnya. Sebagian besar merek televisi telah mengatur pengaturan umum pada produk mereka sehingga dapat langsung digunakan setelah pembelian.

Salah satu merek televisi yang terkenal adalah LG. Ketika Kalian membeli TV LG, Kalian dapat langsung menggunakannya dan juga dapat mengubah pengaturan TV tersebut dengan menggunakan remote bawaannya, seperti saat mengatur TV LG tabung.

Namun, untuk melakukan Cara Setting TV LG Tabung dengan benar, Kalian memerlukan remote asli dan dapat mengikuti petunjuk yang tertera pada buku panduan yang disertakan dalam paket pembelian TV LG baru. Selain itu, ada banyak fitur menarik lainnya yang dapat diubah dalam menu pengaturan, seperti tingkat kecerahan layar, warna, ukuran layar, dan lain sebagainya.

Mengenal TV LG Tabung

TV LG Tabung adalah televisi dengan teknologi tabung yang diproduksi oleh LG Electronics. Jenis televisi ini umumnya memiliki layar berbentuk bulat atau persegi panjang dengan ukuran yang bervariasi. TV LG Tabung dilengkapi dengan remote control yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai fitur dan pengaturan pada TV tersebut.

Selain itu, TV LG Tabung juga memiliki beberapa opsi koneksi, seperti antena dan AV input, yang memungkinkan pengguna untuk menonton siaran TV dan menghubungkan perangkat lain seperti DVD player atau game console. Meskipun teknologi TV LG Tabung sudah usang dan lebih sering digantikan oleh TV LED, masih banyak orang yang menyukai keunikan dan keaslian dari televisi jenis ini.

Arti Simbol Remote TV LG

Ketika kamu membeli TV LG, kamu akan mendapatkan remote kontrol dan buku manual resmi. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam memahami setiap fungsi dan fitur yang tersedia pada produk tersebut.

Baca juga:  TV LED Polytron Layar Blank Putih dan Solusi Perbaikannya

Namun, penting bagi pemilik TV LG untuk menguasai arti simbol pada remote kontrol. Menekan tombol secara sembarangan dapat mengakibatkan kesalahan pengaturan bahkan malfungsi. Oleh karena itu, berikut ini adalah daftar arti simbol pada remote kontrol TV LG yang lengkap:

Tombol RemoteArti Simbol
PowerMenyalakan dan mematikan TV LG
SubtitleMemilih teks terjemahan yang sesuai keinginan
SettingMembuka jendela pengaturan sistem
InputMemilih sumber masukan eksternal seperti antena, USB dan HDMI
NumberTombol 0 sampai 9 untuk memilih channel tertentu
ListMenampilkan daftar channel secara keseluruhan
FavoritMengakses daftar saluran favorit saja
GuideMenampilkan jadwal program acara siaran digital
MuteMengaktifkan mode senyap tanpa suara
VolumeMengatur besaran audio dari speaker internal
ChannelMemindahkan channel satu digit baik maju atau mundur
HomeMengakses opsi menu utama
NavigasiTombol panah untuk memilih item tertentu pada menu
OKTombol konfirmasi perintah
ExitKeluar dari menu atau jendela yang sedang aktif
BackKembali ke tampilan menu sebelumnya
QMenuMengakses fitur menu cepat

Penting untuk kamu ketahui bahwa desain dan tata letak tombol pada remote kontrol mungkin berbeda tergantung pada tipe produk yang kamu miliki. Namun, hal ini bukanlah sebuah hambatan besar apabila kamu menguasai arti dari setiap simbol pada remote kontrol tersebut.

Cara Setting TV LG Tabung

Terdapat banyak hal yang dapat diubah pada menu pengaturan TV LG, seperti tanggal dan waktu, kecerahan layar, warna, pencarian channel TV LG, penambahan keamanan melalui kata sandi, serta fitur menarik lainnya yang masih banyak lagi.

1. Setting Warna

Jika Kalian ingin mengatur warna pada TV LG tabung, berikut adalah cara mengatur warna TV LG tabung yang dapat diikuti.

Langkah pertama adalah menyalakan TV LG, lalu tekan tombol Menu pada remote. Kemudian, pada layar TV pilih menu Picture atau Gambar dan lihatlah ke bagian Picture Mode atau Mode Gambar. Kalian dapat mengubah mode gambar ke Standar dan kemudian atur warna serta kecerahan pada pengaturan di bawahnya. Selain itu, Kalian juga dapat mengatur kontras, kecerahan, dan sebagainya. Pengaturan ini dapat disesuaikan hingga terlihat bagus dan memuaskan bagi Kalian.

Baca juga:  Cara Menghubungkan HP ke TV Tabung dengan Kabel RCA Paling Mudah

2. Cara Setting Kejernihan Layar

Penting untuk diketahui bahwa sebagai pengguna TV LG, Kalian dapat mengatur TV agar terlihat lebih jernih, sehingga Kalian dapat merasa lebih nyaman saat menonton TV. Jika Kalian merasa ada ketidakjernihan pada TV Kalian, maka Kalian perlu memperbaiki pengaturannya agar mendapatkan kualitas tayangan yang lebih baik.

Selain itu, perlu diketahui bahwa jika warna pada TV Kalian tidak normal, misalnya warna cenderung berwarna hijau, merah, atau orange, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu.

Berikut adalah cara mengatur warna TV agar terlihat lebih jernih!

  • Atur Ulang Kecerahan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyetel ulang kecerahan layar. Untuk melakukannya, masuklah ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Gambar. Setelah itu, pilihlah mode Standar dan atur ulang warna. Terakhir, tekan tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan.

  • Mengganti RGB

Langkah selanjutnya dalam cara mengatur TV LG agar terlihat lebih jernih adalah dengan memeriksa kondisi RGB dan memastikan tidak ada yang mati. Kalian dapat melakukan pengukuran pada setiap terminal tabung untuk mengetahui tegangannya. Pada kondisi normal, tegangan pada tiga terminal katoda seharusnya sama.

  • Mengganti IC Chroma

Mirip dengan penggantian RGB, saat mengganti IC Chroma, pastikan Kalian menggunakan jenis yang sesuai dengan televisi Kalian agar hasilnya normal dan sesuai dengan harapan.

  • Bersihkan Bagian yang Berkarat

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah ada karat pada soket penghubung. Jika ditemukan karat, bersihkan soket dengan melepasnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa soket tabung yang berkarat dan sulit dibersihkan dapat menyebabkan hilangnya warna pada TV LG.

  • Mengecek Kondisi Tabung

Langkah terakhir dalam cara mengatur TV LG agar terlihat lebih jernih adalah dengan memeriksa kondisi tabung dan memastikan bahwa berfungsi dengan baik. Kalian dapat melakukan pemeriksaan secara manual dengan melepas tabung terminal katoda dari PCB. Setelah itu, gunakan multimeter yang diatur ke mode pengukuran tegangan DC 250V untuk melakukan pengukuran.

Baca juga:  Cara Memperbesar Layar TV LG Tabung dengan Benar

3. Setting Lebar Gambar TV

Selain mengatur warna dan kejernihan, Kalian juga dapat mengatur ukuran layar gambar pada TV untuk memastikan ukuran gambar sesuai dan tidak mengganggu saat menonton. Berikut adalah cara mengatur ukuran layar TV agar sesuai:

Kalian dapat mengatur posisi serta ukuran gambar pada TV LG menggunakan remote aslinya, yaitu pada menu Aspek Rasio. Pertama, tekan tombol Settings pada remote TV, lalu pilih menu Gambar dan tekan OK. Pada tampilan layar, carilah menu Aspek Rasio yang biasanya ada di bagian bawah, lalu tekan OK untuk mengubah aspek rasio sesuai keinginan Kalian. Beberapa opsi rasio layar pada TV LG meliputi Zoom, Cinema Zoom, Just Scan, Search By Program, Rasio 4:3, dan Rasio 16:9.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Setting TV LG Tabung. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian untuk mengatasi masalah pengaturan pada TV LG Tabung.

Dengan melakukan beberapa langkah pengaturan yang tepat, Kalian dapat memperbaiki kualitas tampilan pada TV Kalian agar terlihat lebih jernih dan sesuai dengan keinginan Kalian.

Jangan lupa untuk selalu merawat TV Kalian dengan baik dan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada buku panduan agar TV Kalian dapat bertahan lebih lama. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *