Dinamo Mesin Cuci Lemah

Penyebab & Cara Memperbaiki Putaran Dinamo Mesin Cuci Lemah

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Memperbaiki Putaran Dinamo Mesin Cuci Lemah. Dinamo mesin cuci adalah komponen penting dalam mesin cuci yang bertanggung jawab untuk memutar tabung cucian. Jika dinamo mesin cuci lemah, itu bisa membuat mesin cuci tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan dinamo mesin cuci menjadi lemah, seperti usia mesin cuci yang sudah tua atau kelebihan beban yang terlalu berat. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips dan trik yang bisa Kalian lakukan untuk memperbaiki dinamo mesin cuci yang lemah.

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Lemah

Semua perangkat elektronik yang mengandalkan putaran memiliki komponen yang disebut “dinamo”. Jika komponen tersebut bermasalah, perangkat elektroniknya tidak akan berfungsi dengan baik bahkan bisa mati total.

Contohnya adalah pada mesin cuci yang mengalami masalah pada dinamonya. Jika dinamo bermasalah seperti putaran yang lambat atau bahkan tidak berputar sama sekali, maka mesin cuci tidak dapat bekerja dengan baik.

Ada beberapa penyebab umum Dinamo Mesin Cuci Lemah:

Kelebihan beban

Mesin cuci memiliki kapasitas daya tampung pakaian tertentu. Semakin besar tabung dan dinamo, semakin besar kapasitasnya. Namun, jika terlalu banyak beban, dinamo akan melambat karena harus bekerja lebih keras.

Kapasitor lemah

Kapasitor adalah komponen yang terhubung langsung dengan motor (dinamo). Ia berfungsi menentukan kecepatan putaran dan membantu saat mesin pertama kali dihidupkan. Jika rusak atau lemah, putaran dinamo menjadi lambat.

Baca juga:  Jumlah Lilitan Dinamo Mesin Cuci & Cara Menggulungya

Vanbelt longgar

Jika tidak dilakukan service rutin, vanbelt bisa menjadi longgar. Jika dudukan dinamo ikut kendur, tarikan vanbelt akan semakin lemah dan kinerja dinamo akan menurun.

Gigi gearbox aus

Gearbox menghubungkan antara dinamo dan vanbelt. Jika giginya aus, mesin cuci tidak akan berputar dengan kuat.

Motor dinamo rusak

Ini adalah penyebab umum dari dinamo mesin cuci yang lemah. Dinamo bisa rusak karena usia, pins yang bermasalah, atau karat.

Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Lemah

Jika ingin memperbaiki dinamo mesin Dinamo Mesin Cuci Lemah, kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa service elektronik. Namun, jika ingin mencoba memperbaikinya sendiri, kami sarankan untuk mengikuti panduan berikut ini:

1. Cek Kapasitor

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi kapasitor apakah masih dalam keadaan optimal atau tidak.

Kapasitor berfungsi untuk menentukan kecepatan putaran dinamo yang menggerakkan tabung mesin cuci. Jika kapasitor rusak, maka dinamo akan melambat atau bahkan tidak berputar sama sekali.

Ciri-ciri kapasitor mesin cuci yang lemah dapat dilihat dari ukuran kapasitansi farad-nya. Jika nilai farad-nya tidak sesuai dengan yang tertera pada deskripsi mesin cuci, maka kapasitor sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

2. Periksa Spull Penggerak Mesin

Dinamo terdiri dari komponen berupa lilitan kabel atau spul. Kebanyakan spul dinamo memiliki dua lilitan yang masing-masing memiliki kabelnya sendiri.

Tanda-tanda spul penggerak mesin rusak dapat dilihat dari sambungannya yang putus atau tidak berfungsi. Terkadang, spul yang terbakar juga bisa menyebabkan kerusakan pada penggerak spin.

Untuk mengetahui apakah penggerak spin masih berfungsi normal atau tidak, dapat menggunakan ohm meter. Jika rusak, spul penggerak mesin perlu diganti dengan yang baru. Harganya relatif murah, sekitar 200 ribuan saja.

Baca juga:  √ Prinsip Kerja Fiber Optik : Pembahasan Lengkapnya

3. Cek Tegangan Karet Vanbelt

Cara lain untuk mengatasi dinamo mesin cuci yang lemah adalah dengan memeriksa tegangan karet vanbelt apakah normal atau tidak.

Jika karet vanbelt terlalu kencang, dapat merusak gearbox dan mengakibatkan masalah pada putaran mesin. Sedangkan jika terlalu longgar, putaran mesin akan melambat karena tidak mendapatkan power yang cukup untuk berputar.

Ciri-Ciri Dinamo Mesin Cuci Rusak

Salah satu bagian mesin cuci yang sering mengalami kerusakan adalah dinamo pengering. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia mesin, intensitas penggunaan, atau kabel yang putus.

Beberapa tanda-tanda dinamo mesin cuci rusak adalah sebagai berikut:

  • Mesin cuci mengeluarkan suara berdengung saat dihidupkan.
  • Putaran mesin cuci terasa lemah.
  • Mesin cuci tidak berputar sama sekali.
  • Mesin pengering mengeluarkan suara bising saat dihidupkan.
  • Mesin pengering tidak berputar dan pakaian masih basah.

Jika mengalami masalah di atas, periksa komponen mesin cuci terlebih dahulu sebelum panik. Jika terdapat kerusakan, jangan ragu untuk menghubungi layanan perbaikan mesin cuci.

Tips Membeli Dinamo Mesin Cuci.

Disarankan untuk membeli dinamo mesin cuci secara langsung dan membawa contoh dinamo yang akan diganti. Hal ini akan memastikan spesifikasi dan ukuran yang sama persis. Beberapa spesifikasi penting yang harus diperhatikan sebelum membeli dinamo mesin cuci antara lain:

  • Daya/watt dinamo mesin cuci
  • Tegangan dinamo mesin cuci
  • Panjang dan diameter as dinamo
  • Dilengkapi dengan thermofuse/sekring pengaman
  • Jarak antar lubang dinamo sebagai dudukan ke bodi mesin cuci
  • Diameter bodi dinamo

Lilitan dengan spesifikasi kawat tembaga (wajib). Sebaiknya hindari lilitan alumunium meskipun harganya lebih murah karena kurang awet.

Membandingkan secara langsung dapat memastikan beberapa hal di atas dengan mudah, namun jika membeli secara online bisa menjadi sulit, kecuali jika spesifikasi tersebut sudah dicantumkan dengan jelas.

Baca juga:  Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci : Panduan Lengkap

Harga Dinamo Pengering Mesin Cuci

Harga dinamo mesin pengering dapat bervariasi tergantung jenis mesin cuci yang digunakan. Sebelum membeli dinamo, pastikan terlebih dahulu bahwa dinamo mesin cuci benar-benar rusak.

Pastikan juga bahwa yang rusak adalah dinamo pengering atau dinamo wash pada mesin cuci Kalian. Harga dinamo pengering cenderung lebih murah daripada dinamo wash.

Type Mesin CuciHarga
Dinamo pengering Mesin Cuci 60 WattRp. 165.000
Dinamo Mesin Cuci SamsungRp. 300.000
Dinamo spin Mesin Cuci SamsungRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci 135 WattRp. 210.000
Dinamo MEsin Cuci Sanken XD 135Rp. 180.000
Dinamo Motor Spin Mesin Cuci SankenRp. 208.000
Dinamo Mesin Cuci XD 135 Shaft 12mmRp. 284.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci M_921 (SharpRp. 270.000
Dinamo Spin Mesin Cuci SharpRp. 150.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp Rp. 175.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp/ Panasonic/ PolytronRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci Full AutoRp. 275.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci PanasonicRp. 120.000
Dinamo Mesin Cuci LG as 12 mmRp. 1175.000

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai dinamo mesin cuci lemah. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah pada dinamo mesin cuci lemah dan memperpanjang usia mesin cuci kalian.

Jangan lupa untuk selalu merawat mesin cuci secara rutin agar mesin selalu dalam kondisi yang baik. Terima kasih telah membaca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *