Harga Borongan Pasang Partisi Triplek

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter Terlengkap

Posted on

Bengkeltv.idHarga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter Terlengkap. Dalam merancang ruang, partisi memiliki peran yang sangat penting dalam membagi ruangan secara fungsional dan estetis. Dengan memasang partisi, Kalian bisa menciptakan area yang berbeda-beda dalam satu ruangan, memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu bahan yang sering dipilih untuk membuat partisi adalah triplek. Triplek terkenal karena kekuatannya dan kemudahan dalam proses pemasangannya.

Namun, sebelum Kalian memutuskan untuk memasang partisi triplek, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah harga borongan untuk pemasangan. Memahami estimasi harga borongan ini sangat penting agar Kalian bisa membuat anggaran yang tepat sebelum memulai proyek pemasangan partisi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang estimasi harga borongan pasang partisi triplek. Selain itu, kita juga akan membahas faktor-faktor apa saja yang memengaruhi harga borongan tersebut. Dengan demikian, Kalian akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berapa biaya yang perlu disiapkan untuk memasang partisi triplek di ruangan Kalian.

Triplek Adalah?

Triplek merupakan salah satu bahan pabrikan yang cukup populer dan sering digunakan dalam berbagai proyek konstruksi dan pembuatan furnitur. Bahan ini terdiri dari lapisan-lapisan kayu yang dikenal sebagai kayu lapis atau veneer kayu yang disatukan secara bersama-sama melalui proses penyatuan. Proses pembuatannya melibatkan merekatkan veneer kayu dengan metode tertentu untuk menciptakan sebuah lembaran triplek yang kokoh dan dapat diKalianlkan.

Keunggulan utama dari triplek adalah fleksibilitasnya yang tinggi, sehingga dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan proyek tertentu. Selain itu, triplek juga merupakan pilihan yang ekonomis karena harga yang terjangkau dibandingkan dengan bahan-bahan lain seperti kayu solid. Kemampuannya untuk didaur ulang juga membuatnya ramah lingkungan, sehingga semakin banyak digunakan dalam proyek-proyek yang memperhatikan aspek keberlanjutan.

Struktur triplek dibentuk dengan cara menyusun lapisan-lapisan kayu secara berurutan, dengan penyesuaian sudut urat (grain) untuk menciptakan kekuatan yang optimal. Biasanya, lapisan-lapisan ini ditumpuk dalam jumlah ganjil untuk mencegah pembelokan (warping) dan menjaga keseimbangan konstruksi. Penting untuk diingat bahwa penggunaan lapisan dalam jumlah genap dapat mengakibatkan ketidakstabilan dan distorsi pada triplek.

Baca juga:  Cara Menambal Asbes Bocor di Rumah dengan Tepat

Triplek tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 0,8 mm hingga 25 mm, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik proyek konstruksi atau pembuatan furnitur. Selain itu, tersedia juga berbagai tingkat kualitas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran proyek. Dengan beragamnya pilihan ini, triplek menjadi salah satu bahan yang sangat fleksibel dan serbaguna untuk berbagai jenis aplikasi.

Harga Borongan Pasang Partisi Triplek Per Meter

Perlu diingat bahwa umumnya, saat memasang triplek sebagai partisi ruangan di rumah, kita menggunakan rangka kayu. Karena itu, jelas bahwa biaya keseluruhan untuk memasang partisi triplek cenderung lebih terjangkau daripada menggunakan partisi gypsum.

Alasan utamanya adalah bahwa pemasangan partisi gypsum memerlukan rangka hollow sebagai strukturnya. Sebaliknya, memasang partisi triplek dengan rangka kayu cenderung lebih hemat.

Selain itu, harga keseluruhan untuk memasang partisi triplek bisa berbeda-beda di berbagai wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, pada umumnya, para pekerja biasanya menetapkan tarif yang serupa untuk jasa pemasangan partisi triplek.

Untuk memahami lebih lanjut, mari kita lihat detailnya, termasuk biaya keseluruhan per meter persegi untuk memasang partisi triplek dengan rangka kayu, baik satu sisi maupun dua sisi, dalam informasi berikut.

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi Triplek

Telah diuraikan secara lengkap mengenai perkiraan biaya pemasangan partisi triplek per meter persegi, baik untuk pemasangan dengan satu sisi atau dua sisi rangka kayu. Namun, tak kalah pentingnya adalah memahami metode perhitungan biaya pemasangan partisi triplek saat menggunakan jasa pekerja borongan.

Proses perhitungannya sebenarnya mirip dengan saat menghitung biaya pemasangan plafon triplek. Kalian harus mulai dengan mengidentifikasi total luas atau volume pekerjaan yang dibutuhkan, kemudian mengalikannya dengan harga borongan per meter persegi yang telah disepakati. Untuk memperjelas, berikut rincian perhitungannya:

SPESIFIKASIHARGA
Partisi triplek 1 sisi rangka kayuRp 80.000 – Rp 120.000
Partisi triplek 2 sisi rangka kayuRp 130.000 – Rp 170.000

Dengan memahami cara melakukan perhitungan ini, kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai biaya yang dibutuhkan untuk memasang partisi triplek oleh pekerja borongan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Volume Partisi

Langkah pertama yang harus diambil adalah mengidentifikasi luas atau volume area kerja yang akan dipasangi partisi triplek. Sebagai contoh, jika Kalian merencanakan untuk memasang triplek dengan rangka kayu di dinding yang memiliki panjang 7 meter dan tinggi 3 meter, perhitungannya dapat dilakukan sebagai berikut:

Baca juga:  Jenis Genteng Baja Ringan : Pembahasan Lengkap

Diketahui:

  • Panjang partisi: 7 meter
  • Tinggi partisi: 3 meter

Perhitungan:

  • Volume partisi: Panjang x Tinggi
  • Volume partisi: 7 meter x 3 meter = 21 meter persegi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kalian dapat menentukan volume atau luas pekerjaan yang diperlukan untuk pemasangan partisi triplek dengan akurat.

Biaya Pasang Partisi Triplek

Langkah selanjutnya adalah mengestimasi biaya pemasangan partisi triplek dengan rangka kayu dua sisi di dinding seluas 21 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan. Perhitungannya sederhana, yaitu dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan per meter persegi.

  • Rumus biaya pemasangan partisi: Volume x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan partisi: 21 meter persegi x Rp 130.000 = Rp 2.730.000.

Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasangan partisi triplek dua sisi dengan rangka kayu menggunakan pekerja borongan memerlukan biaya sekitar Rp 2.730.000. Perlu dicatat bahwa biaya ini sudah mencakup upah pekerja dan pengeluaran untuk pembelian material seperti triplek, rangka kayu, dan paku.

Jenis dan Harga Triplek

Setiap jenis triplek memiliki karakteristiknya sendiri. Tidak semua jenis triplek cocok untuk pembuatan pembatas ruangan karena setiap jenis memiliki pola urat kayu dan ketebalan lapisan yang khas. Oleh karena itu, daya tahan, fungsi, dan kualitas triplek bisa berbeda-beda.

Secara umum, terdapat beberapa jenis triplek yang biasanya tersedia di pasaran, di antaranya adalah:

1. Triplek Teakwood atau Teakblock

Triplek Teakwood terbuat dari lembaran papan kayu jati yang disusun menjadi bahan baku utama. Jenis ini terkenal sebagai pilihan unggulan karena daya tahannya yang tinggi terhadap perubahan cuaca. Selain itu, triplek Teakwood juga memiliki kekuatan yang luar biasa dan menawarkan variasi motif yang cantik. Ini membuatnya ideal untuk pembatas ruangan yang bisa menciptakan suasana hangat dan menawan.

  • Harga: Dimulai dari Rp110.000.

2. Triplek Melamin

Triplek Melamin, yang sering disebut decorative plywood, biasanya digunakan untuk memberikan sentuhan dekoratif pada papan kayu. Permukaannya dilapisi dengan melamin dan poliester, memberikan tekstur halus dan licin. Karena karakteristik ini, triplek Melamin sering digunakan dalam pembuatan kitchen set dan elemen dekoratif lainnya.

  • Harga: Dimulai dari Rp235.000 (ketebalan 15 mm) dan Rp265.000 (ketebalan 18 mm).

3. Triplek Meranti (Blockboard)

Triplek Meranti, juga dikenal sebagai blockboard, memiliki tiga susunan kayu yang membentuk setiap lembarannya. Lapisan luar tampak lebih tipis daripada lapisan dalam, tetapi lapisan dalam terbuat dari kayu meranti yang padat dan kokoh. Dengan struktur ini, triplek Meranti cocok digunakan sebagai bahan utama pembuatan pembatas ruangan baik di rumah maupun kantor karena kekuatan dan ketahanannya.

Baca juga:  Apa Itu Kalsiboard? Jenis dan Kelebihanya

  • Harga: Dimulai dari Rp110.000.

4. Medium Density Fiberboard atau MDF

MDF adalah jenis triplek yang cocok sebagai penyekat ruangan. Terbuat dari campuran serat kayu lunak dan keras yang direkatkan dengan lem, MDF serbaguna. Selain sebagai pembatas ruangan, MDF juga bisa digunakan untuk membuat perabotan rumah seperti meja kecil. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk dibentuk dengan mudah dan tahan terhadap perubahan cuaca, menjadikannya bahan serbaguna untuk proyek interior.

5. Particle Block

Particle Block adalah jenis triplek yang bisa digunakan sebagai pembatas ruangan. Terbuat dari serpihan-serpihan kayu yang dicetak menjadi papan. Keunggulannya adalah harganya yang terjangkau, cocok untuk proyek dengan anggaran terbatas. Namun, tidak disarankan untuk digunakan sebagai material utama dalam konstruksi karena rentan terhadap kelembaban.

6. Multiplek

Multiplek adalah jenis triplek yang solid. Terdiri dari lapisan-lapisan kayu yang dipadatkan dengan mesin khusus, menghasilkan tekstur yang rapat dan solid. Ini membuatnya kuat dan tahan lama sebagai pembatas ruangan, serta tahan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban, cocok untuk berbagai kondisi ruangan.

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa memasang partisi triplek bukanlah hanya sekedar investasi untuk membagi ruangan, tetapi juga merupakan langkah penting dalam merancang ruang secara keseluruhan. Meskipun harga borongan untuk pemasangan partisi triplek dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, namun dengan pemahaman yang baik tentang estimasi harga dan faktor-faktor yang memengaruhinya, Kalian dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan anggaran dan kebutuhan ruangan Kalian.

Jika Kalian sedang mempertimbangkan untuk memasang partisi triplek, pastikan untuk melakukan penelitian yang matang, meminta beberapa penawaran dari penyedia jasa, dan mempertimbangkan dengan cermat semua faktor yang telah dibahas dalam artikel ini. Dengan demikian, Kalian dapat memastikan bahwa investasi Kalian dalam memasang partisi triplek akan memberikan nilai tambah yang optimal bagi ruangan Kalian. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Harga Borongan Pasang Partisi Triplek, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *