Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237 Yang Perlu Kalian Ketahui !!

Posted on

Bengkeltv.idKelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237 Yang Perlu Kalian Ketahui !!. Ketika dikombinasikan dengan mesin pencetak, kinerja komputer menjadi lebih optimal dan mendukung kegiatan pendidikan serta pekerjaan sehari-hari.

Saat ini, berkat kemajuan teknologi, harga printer semakin terjangkau. Terdapat beberapa rangkaian produk printer dengan harga di bawah satu juta rupiah yang layak dipertimbangkan.

Salah satu produk printer terkenal dengan harga ekonomis dan fitur berkualitas adalah Canon MP237. Printer ini telah menjadi pilihan favorit banyak orang sejak beberapa tahun silam.

Kami telah menyajikan informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan printer Canon MP237 agar calon pembeli dapat menemukan perangkat yang berkualitas dan tahan lama.

Review Printer Canon PIXMA MP237

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237

 

Canon baru saja meluncurkan produk terbarunya, Pixma MP237, yang merupakan pengganti dari seri sebelumnya, Pixma MP287. Printer ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pencetakan low-end dan hadir dalam ukuran yang sangat kompak dengan warna hitam mengkilap.

Walaupun kecepatan cetak hitam putihnya hanya 7 ppm dan cetak berwarna 4,8 ppm, spesifikasi dan harga terbaru printer Canon MP237 terlihat cukup sesuai untuk kebutuhan pengguna. Kemampuan fotokopinya terbatas pada 20 lembar, namun dengan harga terjangkau di bawah 1 juta rupiah, performanya cukup memadai untuk pengguna dengan kebutuhan sederhana.

Seperti printer Canon lainnya, Pixma MP237 menggunakan teknologi FINE pada kepala cetaknya dan kartrid hibrid dengan dua jenis tinta yang menghasilkan cetakan lebih detail dan tahan lama. Printer ini juga dapat menghasilkan cetakan foto yang cukup baik.

Namun, Pixma MP237 tidak dilengkapi dengan fitur konektivitas, tetapi pengguna masih dapat memanfaatkan port USB 2.0 untuk transfer data. Selain itu, printer ini juga dilengkapi dengan aplikasi My Image Garden yang dapat membantu meningkatkan kreativitas pengguna.

Untuk keperluan pemindaian, printer Canon MP237 menggunakan jenis scanner flatbed dengan metode pemindaian CIS (Contact Image Sensor), resolusi optik 600 x 1200 dpi, dan resolusi yang dapat dipilih 25-19200 dpi. Sedangkan untuk keperluan fotokopi, printer ini mendukung kertas berukuran A4/LTR/4×6″ dengan tipe plain paper dan dapat melakukan fotokopi hingga maksimal 20 halaman.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Merah Menyala : Tips Lengkap

Panel operasi Pixma MP237 kompatibel dengan Windows 7, Windows 8, Windows XP, dan Windows Vista serta menggunakan konektivitas USB 2.0 Hi-Speed. Printer Canon MP237 juga didukung oleh sistem operasi Microsoft XP SP2, SP3, Mac OS 10.4.11-10.6, dan Vista SP2, SP3, 7.

Spesifikasi Canon PIXMA MP237

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari printer Canon PIXMA MP237:

Tipe PrinterMultifungsi (All-in-one)
Resolusi Max 4800 x 1200 dpi
Print Head/ InkType: FINE Cartridge
Total Number of Nozzles: 1472
Ink Droplet Size (min): 2pl
Ink Cartridge: PG-810, CL-811 (PG-810XL, CL-811XL Optional)
Kecepatan CetakDoc. Colour: ESAT: Approx. 4.8 ipm
Doc. Black/ White: ESAT: Approx. 7.0 ipm
Photo (4 x 6″) Borderless: Approx. 43 secs
Printable WidthUp to 203.2mm atau 8-inch
Borderless: Up to 216 mm (8.5-inch)
Printable AreaBordered Printing – Bottom margin: 5mm, Top margin: 3mm, Left/ Right margin: each 3.4mm (LTR/ LGL: Right: 6.3 mm, Left: 6.4 mm)
Recommended Printing AreaBottom margin: 32.5 mm
Top margin: 31.2 mm
Paper WeightRear Tray: Plain Paper: 64 – 105g/m2
Canon specialty paper max paper weight: Approx. 300g/m2  (Photo Paper Pro Platinum PT-101)
Print Head AlignmentManual
Ukuran KertasLTR, LGL, A4, A5, B5,  4 x 6″, 5 x 7″, 8 x 10″, Envelopes (DL, COM10)
Ink End SensorDot Count
Scan
Tipe ScannerFlatbed
Metode ScanContact Image Sensor (CIS)
Resolusi Optik600 x 1200dpi
Selectable Resolution25 – 19200 dpi
Scanning Bit Depth (Input/ Output)Grayscale: 16 bits/ 8 bits
Colour: 48 bits/ 24 bits (RGB each 16 bits / 8 bits)
Kecepatan ScanningReflectives: A4 Colour / 300dpi: Approx. 14secs
Ukuran Dokumen MaxFlatbed: A4/ LTR (216 x 297mm)
Copy
Media KompatibelSize: A4 / LTR / 4 x 6″
Type: Plain Paper
Kecepatan CopyDocument Colour: FCOT: Plain Paper: Approx. 37secs
Document Colour: Continuous Copy: Approx.1.8ipm
Multiple CopyBlack or Colour: Max. 20 pages
Operation PanelWindows 8/ windows 10/ windows 7/  windows XP
InterfaceUSB 2.0 Hi-Speed
Sistem OperasiMicrosoft XP SP2,SP3, Vista SP2,SP3, 7
Mac OS 10.4.11 – 10.6
Dimensi (W x D x H)Approx. 444 x 329 x 153mm
BeratApprox. 5.3 kg

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon MP237

Bagi Kalian yang tertarik untuk membeli printer Canon seri MP237, kami akan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Printer Canon MP237. Mari kita simak bersama-sama!

Kelebihan Printer Canon MP237

Canon memang terkenal sejak dulu sebagai perusahaan yang menghasilkan produk mesin cetak dokumen. Beberapa varian printer mereka berhasil menguasai pasar di dalam negeri.

Baca juga:  Cara Instal Printer Canon MG2570s : Panduan Mudah Untuk Pemula

Berikut ini beberapa kelebihan printer Canon MP237 yang perlu Anda ketahui:

1. Harga Terjangkau

Printer ekonomis dengan harga kurang dari 1 juta rupiah masih banyak dicari oleh masyarakat. Produk terjangkau ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha kecil dan pelajar.

Printer Canon MP237 merupakan salah satu model yang layak Anda pertimbangkan. Perangkat ini cukup handal dalam mendukung berbagai aktivitas cetak dokumen berwarna.

2. Fitur Lengkap

Walaupun termasuk murah, Canon MP237 dilengkapi dengan beberapa fitur dasar yang lengkap. Produk ini bisa mencetak foto tanpa bingkai (borderless), memindai dokumen, dan melakukan fotokopi berwarna.

Selain itu, koneksi menggunakan USB berkecepatan tinggi dengan driver yang mudah terdeteksi oleh komputer. Kecepatan proses pencetakan dokumen berwarna dan monokrom terbilang cukup cepat.

3. Operasional Hemat

Canon MP237 memerlukan daya listrik sekitar 10 watt saat beroperasi dan 0,6 watt dalam mode siaga. Artinya, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya tagihan listrik bulanan meskipun unit digunakan secara rutin.

Selain itu, Canon MP237 mampu melakukan fotokopi dokumen hingga 20 halaman sekaligus. Beban operasional yang hemat dan fitur melimpah semakin memperkuat eksistensi produk ini.

4. Printer Tahan Lama

Daya tahan menjadi aspek utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli printer. Pastikan perangkat tidak mudah rusak, terutama jika baru beroperasi beberapa kali untuk tugas ringan.

Canon MP237 adalah printer dengan daya tahan tinggi walaupun digunakan secara rutin. Namun, hal ini tergantung pada kebiasaan pemilik dalam menggunakan unit sesuai ketentuan pabrikan.

Kekurangan Printer Canon MP237

Tentu saja, sehebat apapun perangkat elektronik pasti ada kekurangan yang mungkin dirasakan oleh sebagian orang. Printer Canon juga tak luput dari kondisi ini dan perlu Kalian pertimbangkan dengan cermat.

Berikut beberapa kekurangan printer Canon MP237 yang perlu Kalian perhatikan:

1. Masih Menggunakan Kartrid

Printer Canon MP237 termasuk seri produk lama yang masih mengadopsi teknologi kartrid. Sehingga kapasitas tinta sangat terbatas dan cepat habis setelah mencetak beberapa dokumen saja.

Namun, Kalian bisa mengatasi kekurangan ini dengan memodifikasi sistem saluran tinta. Banyak orang melakukan infus eksternal untuk mendukung proses cetak dokumen dalam jumlah banyak.

2. Kartrid Mudah Rusak

Secara umum, printer Canon MP237 memang cukup tahan lama dan bisa beroperasi selama beberapa tahun. Namun, komponen kartrid sangat rentan mengalami kerusakan setelah penggunaan yang rutin.

Selain itu, harga pembelian kartrid baru cukup mahal, di atas 200.000 rupiah untuk kartrid hitam dan berwarna. Aspek ini menjadi kelemahan tersendiri yang membuat orang berpikir dua kali sebelum membeli Canon MP237.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Kualitas Print Paling Mudah & Praktis

Cara Merawat Printer Canon MP237

Berikut ini beberapa tips untuk merawat Printer Canon MP237 Kalian:

1. Membersihkan Printer secara Rutin

Bersihkan printer secara rutin, terutama bagian dalam seperti roller dan karet pemegang kertas. Gunakan kain kering dan lembut atau kuas untuk membersihkan bagian-bagian tersebut. Pastikan juga untuk membersihkan debu dan kotoran di luar printer agar tidak masuk ke dalam mesin.

2. Mengganti Kartrid Printer

Ganti kartrid printer secara teratur agar hasil cetakan selalu berkualitas. Pastikan untuk memilih kartrid yang sesuai dengan merek dan model printer Kalian.

3. Menjaga Kondisi Kartrid

Jaga kondisi kartrid dengan menyimpannya dalam kotak atau tempat yang bersih dan kering. Jangan menyentuh bagian elektronik pada kartrid dan hindari menarik pita plastik yang melindungi bagian ujung kartrid dengan terlalu cepat atau terlalu keras.

4. Menggunakan Kertas yang Tepat

Pastikan menggunakan kertas yang tepat untuk printer Canon MP237 Kalian. Gunakan kertas yang berkualitas baik dan sesuai dengan ukuran dan jenis kertas yang didukung oleh printer Kalian.

5. Menghindari Membiarkan Printer Tidak Digunakan Terlalu Lama

Jangan biarkan printer tidak digunakan terlalu lama, karena hal ini dapat menyebabkan kotoran menumpuk pada bagian dalam printer. Gunakan printer secara teratur atau lakukan pencetakan uji setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kondisi printer.

Dengan merawat printer Canon MP237 secara rutin dan dengan baik, printer Kalian dapat bertahan lebih lama dan memberikan hasil cetakan yang berkualitas.

Baca Juga :

Kesimpulan

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai kelebihan dan kekurangan printer Canon MP237 yang perlu Kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. Setiap produk tentu memiliki sisi positif dan negatif yang perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kalian.

Canon MP237 menawarkan fitur lengkap, harga terjangkau, dan daya tahan yang cukup baik. Namun, perlu diingat bahwa printer ini masih menggunakan kartrid yang kapasitas tintanya terbatas dan rentan rusak. Kalian mungkin perlu mempertimbangkan modifikasi sistem saluran tinta jika ingin mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Penting untuk menimbang baik-baik kelebihan dan kekurangan printer Canon MP237 ini sebelum membeli, agar Kalian mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi Kalian. Selamat memilih dan semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *