Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal

Mengatasi Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal : Panduan Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idMengatasi Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal : Panduan Lengkap. Dalam artikel ini, kami akan membahas kerusakan yang terjadi pada TV Cina yang menunjukkan garis vertikal pada layar. Meskipun ada banyak jenis kerusakan TV yang pernah dibahas, seperti kerusakan bergaris horizontal, artikel ini akan berfokus pada pengalaman dalam mengatasi kerusakan TV yang hanya menampilkan garis vertikal.

Biasanya, ciri-ciri TV Cina yang mengalami kerusakan seperti ini adalah hanya menampilkan garis vertikal tanpa suara. TV Cina tidak dilengkapi dengan sistem proteksi sehingga meskipun sirkuit horizontalnya rusak, TV masih dapat dinyalakan. Namun, hanya akan menampilkan gambar garis vertikal terang.

Bagi mereka yang berpengalaman menangani kerusakan seperti ini, mungkin akan lebih mudah memperbaikinya. Namun, bagi mereka yang belum pernah menangani kerusakan dengan gejala garis vertikal ini, mungkin akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa penyebab yang dapat menyebabkan gejala Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal.

Apa Penyebab Kerusakan TV China Gambar Bergaris?

Menonton acara di televisi menjadi lebih nyaman jika gambar dan audio yang ditampilkan berkualitas. Namun, penggunaan TV yang terlalu lama atau faktor lain dapat menyebabkan kerusakan pada TV.

Kerusakan pada TV China dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah gambar bergaris horizontal atau vertikal pada TV China. Tampilan layar TV juga bisa berupa garis-garis tanpa pola.

Ada beberapa penyebab mengapa layar TV menampilkan garis-garis. Berikut adalah beberapa alasan atau penyebab yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar TV:

Baca juga:  Bagusan TV Sharp atau Polytron : Simak Perbandingannya

1. Kerusakan TV China Gambar Bergaris Akibat Tegangan 180 Volt.

Tegangan 180 Volt pada TV memiliki peran penting sebagai penguat video. Jika tegangan 180 Volt pada TV bermasalah, maka TV dapat mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa tanda bahwa TV mengalami kerusakan pada tegangan 180 Volt:

  • Kontras pada layar TV akan berkurang
  • Warna pada layar bercampur
  • Gambar kurang jelas atau blur
  • Selain itu, kerusakan pada tegangan 180 Volt juga bisa menjadi alasan layar TV China bergaris-garis.

2. Flyback Bermasalah

Tegangan 180 Volt pada TV juga dapat mengalami kerusakan akibat flyback. Ciri-ciri TV yang mengalami flyback adalah layar TV akan menjadi blank atau gelap. Hal ini terjadi karena berkurangnya tegangan output video.

3. Kelebihan Tegangan Screen

Tegangan screen yang terlalu tinggi dapat membuat layar terlihat terlalu terang dan muncul garis-garis, sehingga menjadi tidak nyaman untuk dilihat.

4. Kerusakan IC Croma atau Gambar

Jika layar TV mengalami garis-garis atau garis-garis acak pada bagian atas, bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan pada IC croma/gambar. IC croma yang mengalami kerusakan parah tidak dapat menyalurkan sinyal ke penguat warna merah, biru, dan hijau. Akibatnya, layar TV akan menampilkan garis-garis dan layar berwarna putih polos.

5. Korosi atau Timbul Jamur di Soket CRT

Soket CTR merupakan bagian penting di dalam televisi yang berfungsi sebagai konektor tegangan. Namun, soket CTR juga bisa mengalami kerusakan seperti berkarat akibat korosi atau ditumbuhi jamur.

Jika soket CTR mengalami kerusakan, maka layar TV akan menjadi blank atau gelap dan muncul garis-garis. Kerusakan pada bagian ini juga bisa menjadi penyebab TV tidak menampilkan gambar dan suara.

6. Kabel Penghubung PCB Rusak

Kerusakan pada kabel penghubung PCB di dalam televisi dapat menjadi penyebab munculnya garis-garis pada layar televisi.

7. Kerusakan TV China Gambar Bergaris karena Penyebab Lainnya

Selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan TV China mengalami kerusakan berupa munculnya garis-garis pada layar. Berikut adalah beberapa penyebab lainnya:

  • IC vertikal kendur
  • Elco horizontal kendur
  • Putusnya kawat yoke
  • Terdapat masalah pada Elco dekat IC vertikal
  • Terdapat kabel televisi yang putus
Baca juga:  Cara Klaim Garansi TV Polytron Secara Lengkap

Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal?

Jika TV China menampilkan gambar bergaris di tengah atau garis-garis acak, sebaiknya segera diperbaiki agar Anda dapat menonton televisi dengan nyaman. Pastikan untuk mengetahui penyebab kerusakan tersebut agar dapat mengetahui penanganan yang tepat.

Bagaimana cara menghilangkan garis-garis pada layar TV LCD atau jenis TV lainnya? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki TV yang mengalami kerusakan tersebut:

1. Lakukan Pemeriksaan dan Perbaikan Tegangan TV

Cara pertama untuk mengatasi kerusakan munculnya garis-garis pada TV China adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tegangan yang mengalir. Anda harus memeriksa tegangan 180 Volt, tegangan screen, tegangan output IC power Tcon, dan lain sebagainya.

Jika terdapat tegangan yang terlalu tinggi, maka dapat dilakukan perbaikan dengan menurunkan tegangan tersebut. Sedangkan jika terdapat tegangan yang terlalu rendah, maka perbaikannya adalah dengan menambah besarnya tegangan yang mengalir.

2. Mengganti Panel atau Bagian yang Rusak

Cara kedua untuk menghilangkan garis-garis pada layar TV adalah dengan mengganti panel atau bagian rangkaian elektronik televisi yang mengalami kerusakan. Jika flyback atau IC croma sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki, Anda harus mengganti bagian tersebut dengan yang baru.

Soket CTR yang berkarat atau ditumbuhi jamur juga sebaiknya segera diganti agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Anda juga dapat mengganti kabel penghubung PCB yang rusak atau putus untuk menghilangkan garis-garis pada layar TV.

Jika terdapat kerusakan pada komponen Elco yang berdekatan dengan IC Vertikal, Anda juga harus menggantinya dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya, Anda dapat memeriksa menggunakan Avometer terlebih dahulu.

Jika Elco tersebut memang sudah rusak dan harus diganti, pastikan untuk melakukan penggantian dengan hati-hati. Jangan sampai penggantian Elco dekat IC vertikal mempengaruhi Elco lainnya yang ada di sebelahnya.

3. Solder Ulang pada Komponen Televisi yang Kendur

Komponen-komponen rangkaian elektronik pada televisi dapat menjadi kendur. Hal ini biasanya disebabkan oleh pemasangan atau solder awal yang kurang kuat atau TV yang terlalu panas sehingga menyebabkan solderan menjadi kendur.

TV dapat menampilkan layar dengan gambar garis-garis karena adanya komponen televisi yang kendur seperti IC vertikal, Elco horizontal, dan bagian lainnya.

Baca juga:  Cara Menyalakan TV Samsung : Tanpa Remote & Dengan Remot

Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Kalian tidak perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Cara mengatasi TV China gambar bergaris akibat masalah ini adalah dengan melakukan solder ulang pada komponen-komponen yang kendur. Perhatikan dengan baik dan lakukan solder ulang dengan teliti agar masalah dapat teratasi dengan baik.

4. Menyambungkan Kabel yang Putus

Kawat yoke yang putus dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada layar TV yang sangat mengganggu ketika sedang menonton televisi. Garis-garis yang muncul dapat berbentuk trapesium atau berbentuk acak.

Cara mengatasi kawat yoke yang putus cukup mudah. Anda hanya perlu menyambungkan kembali kawat yoke yang putus. Setelah itu, coba nyalakan kembali televisi untuk memeriksa tampilan layarnya.

FAQ:

Q: Apakah kerusakan tv cina gambar garis vertikal dapat diperbaiki sendiri?

A: Ya, beberapa solusi di atas dapat dilakukan sendiri jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup. Namun, jika Anda tidak yakin, disarankan untuk membawa tv cina Anda ke teknisi profesional.

Q: Apakah saya perlu membawa tv cina saya ke teknisi jika mengalami kerusakan tv cina gambar garis vertikal?

A: Tergantung pada tingkat kerusakan tv cina

Penutup

Kerusakan TV Cina gambar garis vertikal dapat menjadi masalah yang mengganggu saat menonton televisi. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti tegangan yang berlebihan, kerusakan pada IC croma/gambar, soket CTR yang berkarat, atau kawat yoke yang putus.

Namun, dengan melakukan pemeriksaan yang cermat dan mengetahui penyebab kerusakan, Anda dapat memperbaiki TV China yang mengalami gambar bergaris dengan mudah. Beberapa cara perbaikan yang dapat dilakukan antara lain dengan mengganti bagian yang rusak, melakukan solder ulang pada komponen yang kendur, atau menyambung kembali kawat yoke yang putus.

Dengan melakukan perbaikan yang tepat, Anda dapat menikmati menonton televisi dengan gambar yang jernih dan bebas dari garis-garis yang mengganggu. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kerusakan Tv Cina Gambar Garis Vertikal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *