Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Penyebab dan Solusi Kerusakan TV LED LG Layar Gelap

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab dan Solusi Kerusakan TV LED LG Layar Gelap. Pada era digital saat ini, televisi LED telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, memberikan berbagai macam informasi dan hiburan bagi keluarga. Diantara berbagai merek yang tersedia di pasaran, LG telah membangun reputasi yang kuat berkat produk-produk elektronik berkualitas yang mereka tawarkan, termasuk televisi LED mereka.

Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, televisi LED LG juga bisa mengalami berbagai masalah teknis. Salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh pengguna adalah Kerusakan TV LED LG Layar Gelap. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai masalah ini, penyebabnya, dan bagaimana cara memperbaikinya.

Apa itu TV LED

TV LED adalah salah satu teknologi terkini dalam industri televisi yang saat ini diproduksi oleh banyak produsen. Keunggulan TV LED termasuk penggunaan teknologi LED Backlight yang menghasilkan sedikit panas, hemat energi, dan memberikan tampilan yang lebih terang.

Selain itu, kualitas gambar TV LED juga lebih baik dibandingkan dengan LCD, bahkan dalam pilihan TV LED yang murah sekalipun, kualitasnya tetap unggul.

Namun, perawatan dan perbaikan jenis TV ini cukup mahal, dan komponennya juga lebih mahal dibandingkan dengan jenis TV lainnya, termasuk panelnya.

Meskipun demikian, ketersediaan TV LED murah telah mewarnai tayangan televisi dengan harga yang terjangkau, sehingga semua orang dapat menikmatinya.

Jika Anda tertarik mencari TV LED murah, berikut beberapa rekomendasi dengan harga di bawah Rp1 juta beserta spesifikasinya yang bisa dipertimbangkan.

Penyebab TV LED LG Layar Gelap

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lampu backlight yang rusak atau mati. Berikut ini beberapa penyebab layar TV LED menjadi gelap:

1. Lampu Backlight Rusak/Mati

Di belakang panel atau layar TV LED terdapat beberapa buah lampu LED yang berfungsi untuk memberikan cahaya pada panel sehingga gambar dapat terlihat.

Sebelum memeriksa lampu backlight, periksa terlebih dahulu tegangan DC yang digunakan untuk mensuplai panel LED. Tegangan DC yang biasanya digunakan untuk menyuplai panel LED adalah sekitar 135 volt.

Tegangan tersebut digunakan untuk mensuplai sekitar 45 lampu backlight yang terhubung dalam rangkaian seri. Jadi, jika salah satu lampu backlight mati atau putus, maka semua lampu akan mati.

Baca juga:  Cara Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris : Penyebab dan Solusi

2. Kerusakan Perangkat Lunak (Software)

Penyebab lain dari layar gelap pada TV LED dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak. Solusinya adalah dengan melakukan pembaruan firmware atau flashing pada TV menggunakan firmware yang sesuai dengan jenis dan tipe televisi Kalian.

3. Kerusakan IC pada Modul T Con

Jika salah satu IC pada modul T Con mengalami gangguan, hal ini juga dapat menyebabkan layar gelap. Kalian dapat memeriksa kondisi IC dengan menyentuhnya. Jika IC terasa panas atau bahkan sangat panas saat disentuh, itu menKaliankan adanya masalah pada IC tersebut. Solusinya adalah mengganti IC dengan yang baru dan sesuai dengan tipe yang sama.

Penting untuk diingat bahwa dalam melakukan perbaikan TV LED, jika Kalian tidak memiliki pengetahuan atau keahlian yang cukup, sebaiknya serahkan perbaikan pada teknisi yang berpengalaman atau pusat servis resmi. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki masalah tersebut dengan aman dan efektif.

Memperbaiki TV LED LG Layar Gelap

Kerusakan TV LED LG Layar Gelap mungkin disebabkan oleh masalah pada panel LED yang digunakan sebagai pencahayaan latar. Permasalahan semacam ini sering terjadi pada televisi LED karena pencahayaan latar (backlight) yang menggunakan lampu LED.

Berikut ini, teknisitv akan membahas cara memperbaiki TV LED LG yang layarnya gelap. Informasi ini dapat digunakan sebagai referensi bagi mereka yang mengalami masalah serupa, dengan mengikuti langkah-langkah untuk mengetahui penyebab kerusakan dan memperbaikinya. Hal ini akan membantu memastikan apakah kerusakan disebabkan oleh lampu backlight yang mati atau ada masalah lainnya. Berikut adalah cara memperbaiki TV LED LG yang layarnya gelap:

1. Cara Pertama Mengecek Lampu Backlight

Salah satu cara yang sederhana adalah menggunakan senter atau senter HP. Pastikan televisi dalam keadaan menyala, kemudian arahkan senter ke layar TV LED dan periksa apakah ada cahaya yang terlihat di depan layar.

Jika Kalian dapat melihat gambar siaran televisi, itu menKaliankan bahwa layar atau panel TV LED LG dalam kondisi normal dan masalahnya terletak pada lampu backlight yang mati. Solusinya adalah mengganti lampu backlight yang rusak.

2. Cara Kedua Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Metode kedua ini dilakukan setelah melakukan pemeriksaan pada lampu latar seperti yang telah dijelaskan pada metode pertama di atas, yang menunjukkan bahwa panel atau layar TV LED LG tidak mengalami masalah dan normal.

Langkah pertama adalah membuka televisi tersebut dan memeriksa tegangan lampu latar, khususnya pada bagian inverter. Biasanya, tegangan output inverter pada TV LED LG berkisar antara 55 volt DC hingga 95 volt DC, tergantung pada kebutuhan televisi.

Baca juga:  Cara Setting Timer TV Xiaomi Paling Mudah

Selanjutnya, pastikan untuk memeriksa apakah ada tegangan yang berdenyut saat televisi dalam kondisi menyala. Hal ini penting untuk memastikan apakah pasokan daya untuk lampu latar normal atau tidak. Jika terdapat tegangan, itu berarti pasokan daya masih normal. Hal ini juga berlaku untuk televisi merek lain dalam penanganan TV LED dengan layar gelap, di mana penerapan servis dan langkah-langkah pengukuran hampir serupa.

Kemudian, masuk ke tahap paling penting dalam proses ini, yaitu melepas casing atau bingkai depan panel LED. Kalian perlu berhati-hati ekstra karena jika panel LED rusak atau pecah, akan sulit mencari penggantinya dan harganya juga cukup mahal.

Setelah melepas casing, angkat panel LED dengan hati-hati dan letakkan di tempat yang aman. Selanjutnya, lepaskan serat optiknya, sehingga lampu latar akan terlihat. Kemudian, ukur lampu latar menggunakan alat pengukur lampu latar atau bisa juga diukur satu per satu hingga menemukan lampu latar yang putus atau mati. Setelah menemukannya, gantilah lampu latar yang putus dengan yang baru.

3. Cara Ketiga Mengatasi TV LED LG Layar Gelap

Sebelum memulai langkah-langkahnya, perlu dilakukan melepaskan kabel screen dan kapasitor screen pada soket CRT. Setelah itu, siapkan kabel dengan ujungnya dilengkapi dioda kecil untuk short. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Solder ujung kabel yang telah disiapkan sebelumnya dan hubungkan pada tegangan 180 volt, bisa melalui kaki flyback atau CRT.
  • Jangan solder ujung kabel yang memiliki dioda, karena akan bersentuhan dengan G2.
  • Nyalakan televisi sampai menuju ke mode start.
  • Ambil ujung kabel yang memiliki dioda dan shortkan pada pin G2 tanpa menyentuhnya. Kalian akan mendengar bunyi dari dalam tabung televisi.
  • Kemudian, matikan kembali televisi dan periksa apakah gambar sudah terlihat atau keluar. Jika gambar kembali normal, berarti tabung atau G2 dalam kondisi baik tanpa masalah. Namun, jika terjadi sebaliknya, yaitu tabung atau G2 mengalami masalah, maka gambar tidak akan keluar.

Harap dicatat bahwa melakukan perbaikan pada televisi memerlukan keahlian dan pengetahuan teknis yang tepat. Jika Kalian tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman yang cukup, disarankan untuk meminta bantuan dari ahli atau teknisi yang terlatih.

Kelebihan TV LED

0psi yang beragam terkadang membuat bingung calon pembeli terutama yang masih awam. Pengguna produk Analog tentu berharap untuk membeli TV LED sebagai pengganti paling ideal.

TV LED merupakan jenis televisi canggih dan modern yang memiliki banyak kelebihan yang perlu diketahui. Berikut beberapa kelebihan dari TV LED:

1. Fitur Kaya

TV LED menawarkan beragam fitur yang tidak dimiliki oleh tipe Tabung. Kamu dapat menonton saluran dari frekuensi UHF dan memutar file multimedia.

Selain itu, tersedia opsi yang fleksibel untuk sambungan terhadap smartphone atau komputer.

2. Desain Ringkas

Desain dari TV LED sendiri telah mengikuti perkembangan teknologi terkini. Komponen berukuran kecil sehingga membuat dimensi dari keseluruhan bodi menjadi sangat tipis.

Baca juga:  Cara Menghidupkan TV Samsung : Panduan Lengkap Untuk Pemula

Desain TV LED yang ringkas bersifat portabel yang mudah untuk dipindahkan ke mana pun sesuai selera. Selain itu, proses pemasangan produk terbilang mudah dan ramah untuk pemula.

3. Hemat Listrik

TV LED termasuk produk yang hemat listrik meskipun beroperasi secara rutin dalam waktu lama. Artinya, kamu tak perlu lagi khawatir terhadap biaya listrik meskipun sering menonton siaran favorit.

4. Sudah Digital

TV LED produksi terbaru sudah tertanam komponen penting berupa tuner DVB-T2 secara built-in. Artinya, kamu tidak perlu membeli set top box terpisah apabila ingin menonton channel digital.

Pengguna produk analog dapat melakukan migrasi menuju digital melalui TV LED untuk mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur tersebut.

Kekurangan TV LED

TV LED memang memiliki kelebihan yang menarik, namun tidak luput dari kekurangan yang perlu diketahui oleh calon konsumen. Berikut beberapa kekurangan TV LED yang harus diperhatikan:

1. Harga Mahal

TV LED merupakan perangkat modern dengan harga jual relatif mahal, tergantung pada spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebagai calon konsumen, pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli.

2. Perbaikan Mahal

Meskipun TV LED terbilang awet dan tahan lama, setiap alat elektronik pasti memiliki batas usia pakai untuk komponen yang tertanam.

Biaya perbaikan TV LED, terutama pada bagian panel, dapat mencapai harga yang hampir sama dengan membeli baru.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan produk tersebut dengan benar agar tetap awet dan menghemat biaya perbaikan di masa depan.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel dari bengkeltv.id mengupas mengenai Kerusakan TV LED LG Layar Gelap . Memahami berbagai kemungkinan penyebab dan solusi yang tersedia dapat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan ini. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin terhadap perangkat Anda agar memiliki umur yang lebih panjang.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa permasalahan teknis mungkin memerlukan penanganan oleh tenaga profesional. Jangan ragu untuk menghubungi pusat layanan LG terdekat jika Anda merasa perlu bantuan lebih lanjut. Jaga selalu kualitas tontonan Anda dan biarkan TV LED LG membawa Anda ke dalam dunia hiburan yang lebih cerah dan tajam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda dalam mengatasi masalah TV LED LG dengan layar yang gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *