Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau. TV LED adalah jenis televisi yang sering digunakan karena memiliki berbagai keunggulan, seperti dilengkapi dengan fitur tambahan untuk menonton film dari HDD atau flashdisk. Salah satu merek TV yang banyak digunakan adalah Sharp. Namun, apakah Kalian pernah mengalami Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau?

Tidak dapat menyala bisa disebabkan oleh berbagai faktor, oleh karena itu, Kalian perlu melakukan pengecekan satu per satu untuk mengetahui masalah utamanya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah di TV LED Sharp Kalian.

Cara  Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Aquos dan Varian Lainnya

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kerusakan pada TV LED Sharp Aquos dan varian lainnya:

1. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau

Seringkali terjadi masalah pada TV LED Sharp, seperti indikator menyala hijau namun tidak ada suara atau gambar, TV tidak dapat dimatikan, atau tombol dan remote control tidak berfungsi.

Salah satu faktor penyebabnya adalah kesalahan IC flash data. Untuk mengatasinya, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan flashdisk kosong dan colokkan ke televisi.
  • Tekan dan tahan tombol power beberapa saat sebelum mencolokkan TV ke sumber listrik.
  • Tunggu hingga proses upgrade selesai, ditKaliani dengan lampu indikator yang terus menerus berkedip. Pastikan untuk tidak mematikan TV saat proses upgrade sedang berjalan.
  • Ketika layar menyala, artinya proses upgrade berhasil.
  • Matikan televisi dan lepas flashdisk.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian dapat memperbaiki kesalahan IC flash data pada TV LED Sharp. Namun, jika masalah masih terjadi setelah melakukan upgrade, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya.

2. Mengatasi TV LED Sharp Tidak Bisa Dimatikan

Salah satu masalah yang sering terjadi pada TV LED Sharp adalah televisi tidak dapat dimatikan dan kembali menyala sendiri setelah beberapa detik dengan layar yang tidak dapat menangkap siaran.

Baca juga:  Cara Reset TV Sharp dengan Mudah dan Cepat

Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan reset memori melalui menu servis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Lepaskan kabel colokan televisi dari sumber listrik.
  • Tekan tombol joystick untuk melakukan input dan tombol power secara bersamaan, lalu tahan selama beberapa saat.
  • Sambil menahan kedua tombol tersebut, colokkan kabel daya ke sumber listrik hingga indikator berkedip.
  • Setelah indikator berkedip, lepaskan kedua tombol.
  • Tekan tombol joystick ke arah atas, bawah, atas, lalu tekan untuk melakukan input hingga TV menyala.
  • Pada menu servis, ubah pengaturan eprom clear menjadi on, reset diubah menjadi 0, dan factory unit diubah menjadi Asia.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, memori pada TV LED Sharp akan di-reset dan masalah tidak dapat dimatikan serta layar yang tidak dapat menangkap siaran dapat diatasi. Namun, jika masalah masih terjadi setelah melakukan reset, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya.

3. Mengatasi Kerusakan TV LED Sharp Aquos 24

Model Aquos 24 inci sering mengalami beberapa masalah, seperti perangkat mati total atau lampu indikator yang berkedip-kedip merah tanpa henti dan tidak dapat menyala.

Jika perangkat mati total, ada beberapa faktor penyebab seperti kerusakan pada PSU atau tegangan out. Jika televisi mengalami tegangan out karena tersambar petir, maka dapat dilakukan penggantian motherboard.

Namun, jika lampu indikator merah berkedip-kedip tanpa henti, mungkin disebabkan oleh IC Eprom yang mengalami error. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan dan tahan tombol joystick dan tombol power.
  • Pasang steker listrik.
  • Setelah LED merah menyala sebanyak satu kali, lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Arahkan tombol joystick ke kiri, kanan, bawah, lalu atas.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dapat memperbaiki masalah pada IC Eprom pada model Aquos 24 inci. Namun, jika masalah masih terjadi setelah melakukan reset, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya.

4. Mengatasi TV LED Sharp Aquos 32 Protek

Protek atau lampu berkedip adalah masalah umum yang sering terjadi pada TV LED Sharp, terutama pada model Aquos 32 inci. Protek dapat disebabkan oleh kerusakan pada power supply seperti TR, dioda, dan IC.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dapat diakses mode servis. Namun, sebelum itu pastikan bahwa bagian power supply tidak bermasalah dan semua tegangan dapat keluar tanpa masalah. Jika tidak ada masalah pada power supply, lampu backlight akan menyala. Setelah itu, masuk ke menu servis dengan cara berikut:

  • Cabut kabel dari colokan listrik.
  • Tekan tombol panel input dan volume down, lalu colokkan kabel ke listrik.
  • LED akan menyala hijau.
  • Jika muncul huruf “K”, tekan tombol chdown dan volume down.
  • Pilih halaman 9 atau 10 yang bertuliskan ERR Reset, ubah menjadi mode on.
Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki TV Sharp LED Tidak Bisa Menangkap Siaran

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dapat mengatasi masalah protek atau lampu berkedip pada TV LED Sharp model Aquos 32 inci. Namun, jika masalah masih terjadi setelah melakukan reset, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya.

5. Mengatasi TV Tidak Bisa Dimatikan dengan Remote

Permasalahan yang sering terjadi pada remote TV LED Sharp adalah kerusakan pada remote itu sendiri. Jika remote mengalami kerusakan, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki remote yang error:

  • Ganti baterai dengan yang baru.
  • Bersihkan besi penghantar pada baterai.
  • Reset pengaturan remote.
  • Bersihkan tombol remote.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, dapat memperbaiki masalah pada remote TV LED Sharp yang error. Namun, jika masalah masih terjadi setelah melakukan perbaikan, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya.

Kelebihan TV LED Sharp Aquos

TV LED Sharp Aquos memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:

1. Desain futuristik

TV LED Sharp Aquos memiliki desain modern dan futuristik. Layar TV LED Sharp Aquos terlihat lebih lebar karena ukuran bezel dan frame yang tipis. Kaki penyangganya melengkung dan terletak di sisi kanan-kiri, memberikan kesan kokoh dan tahan guncangan.

Selain itu, body TV LED Sharp Aquos yang ramping memudahkan penempatan dan tidak memakan banyak tempat.

2. Fitur Eco Mode

Salah satu kelebihan TV LED Sharp Aquos adalah adanya fitur Eco Mode. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi daya TV, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang meningkat akibat sering menonton televisi.

Teknologi Eco Mode pada TV LED Sharp Aquos mampu menghemat hingga setengah dari konsumsi daya model standar, yaitu sekitar 18W. Selain itu, TV LED Sharp Aquos hanya membutuhkan daya yang sedikit, sehingga dapat mengurangi pengeluaran listrik. Meskipun menggunakan daya yang rendah, TV ini tetap memberikan tayangan yang jernih dan nyaman untuk dilihat.

3. Dukungan LED Backlight

TV LED Sharp Aquos dilengkapi dengan teknologi LED Backlight yang dapat meningkatkan pengalaman menonton dengan memberikan pencahayaan layar yang halus dan nyaman untuk mata. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menikmati menonton TV tanpa merasa tidak nyaman pada mata.

Selain itu, TV LED Sharp Aquos memiliki resolusi layar HD sebesar 1366 x 768 piksel, yang membuat tampilan gambar yang ditampilkan menjadi sangat jernih dan menarik.

4. Ada port USB dan HDMI

Salah satu kelebihan dari TV LED Sharp Aquos adalah adanya colokan USB dan HDMI. Dengan colokan ini, pengguna tidak hanya dapat menonton TV, tetapi juga dapat menikmati tayangan dari flash disk atau hard disk eksternal.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV LG Dengan Cepat dan Mudah

Selain itu, tersedia juga slot HDMI yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan TV dengan perangkat komputer, laptop, atau gadget yang sudah mendukung fitur HDMI out.

5. Ada antena booster

TV LED Sharp Aquos memiliki keunggulan yang istimewa dengan adanya fitur Antenna Booster. Fitur ini dapat memperkuat sinyal yang diterima oleh antena, sehingga pengguna tidak perlu membeli antena tambahan.

Kejernihan dan ketajaman gambar juga dapat terpengaruh oleh teknologi ini, sehingga pengguna dapat menikmati tayangan yang berkualitas tanpa gangguan seperti bintik-bintik atau gambar berbayang.

6. 10W Sound Reflecting Design

TV LED Sharp Aquos memiliki fitur 10W sound reflecting di dalamnya yang dapat menghasilkan suara yang lebih jernih. Fitur refleksi suara ini berfungsi untuk meredam suara yang dihasilkan sehingga pengguna dapat menikmati suara yang jernih tanpa terdengar pecah meskipun pada volume tinggi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menikmati suara yang sempurna dan memukau.

Kelemahan TV LED Sharp Aquos

Beberapa kelemahan TV LED Sharp Aquos antara lain:

1. Biaya perbaikan mahal

Pada umumnya, kebanyakan TV LED memiliki kelemahan dalam hal biaya perbaikan yang cenderung lebih mahal dibandingkan TV tabung. Hal ini disebabkan oleh harga komponen seperti panel, modul power supply, dan perangkat sistem yang masih relatif mahal.

Karena menggunakan teknologi yang lebih canggih dan bahan yang lebih baik, biaya perawatan dan perbaikan untuk TV jenis ini cukup tinggi. Bahkan, biaya perbaikan untuk TV LED hampir sama dengan harga pembelian TV baru.

2. Port USB tidak bisa membuka flashdisk atau harddisk pada beberapa seri

Port USB yang terdapat pada Sharp Aquos LC-32LE180i hanya digunakan untuk keperluan service. Oleh karena itu, TV ini tidak dapat memutar video, musik, atau foto melalui flashdisk atau harddisk eksternal, karena slot USB tersebut tidak mendukung fitur multimedia

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kerusakan TV LED Sharp Lampu Hanya Hijau. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah pada TV LED Sharp dan varian lainnya.

Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan, dan jika masih terdapat masalah yang tidak dapat diatasi, sebaiknya hubungi teknisi ahli untuk memeriksanya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *