Kulkas Samsung Inverter

Kode Error Kulkas Samsung Inverter Kedip & Artinya 

Posted on

Bengkeltv.id Kode Error Kulkas Samsung Inverter Kedip & Artinya. Kulkas Samsung adalah salah satu merek kulkas terkemuka di dunia. Namun, seperti halnya semua peralatan rumah tangga, kulkas Samsung juga dapat mengalami masalah teknis dari waktu ke waktu.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas Samsung adalah munculnya kode error. Kode error kulkas Samsung adalah indikator yang menunjukkan bahwa ada masalah dengan kulkas Kalian.

Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas beberapa kode error kulkas Samsung yang umum terjadi, penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya.

Kode Error Kulkas Samsung

Sama halnya dengan Kulkas LG Inverter, Kulkas Samsung yang telah mengadopsi teknologi serupa juga dapat menampilkan kode Error Kulkas Samsung pada panel layar LED sebagai indikasi kerusakan.

Setiap kode Error yang muncul memiliki artinya sendiri-sendiri, baik itu kerusakan ringan maupun serius pada komponen tertentu. Selain dari kode Error, kerusakan pada Kulkas Samsung juga dapat terdeteksi dari jumlah kedipan pada lampu indikator, yang bisa berkisar dari 1 kali hingga 13 kali.

Adapun setiap jumlah kedipan yang ditampilkan pada lampu indikator juga memiliki arti kerusakan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar lengkap kode Error Kulkas Samsung yang perlu diketahui:

  • AP : Adanya kesalahan pada jalur akses WiFi
  • 21E : Adanya kesalahan pada kipas pembeku
  • 22E : masalah pada kipas kulkas
  • 22C : masalah pada kipas kulkas
  • 41, 42 : Perintah untuk restart Family Hub lewat sakelar daya bagian dalam
  • 41C : Adanya kesalahan pada proses pembaruan perangkat lunak
  • 76C : Adanya air pada kompartemen isi otomatis
  • 85C : Tegangan lebih rendah daripada sumber daya
  • 88 : Jalur komunikasi bermasalah karena lonjakan daya
  • 83E : Terdeteksi anomali kelistrikan pada kompresor
  • 85E : Terjadi anomali kelistrikan kompresor
  • 86E : Terjadi tegangan berlebihan pada kompresor
  • PC ER : Kesalahan komunikasi antar komponen Kulkas
  • PC CH : Terjadi kesalahan komunikasi akibat lonjakan daya
  • 0FF : Kulkas sedang dalam mode pendinginan
  • 5E : Muncul kesalahan pada sensor pencarian kulkas
  • 8E : Masalah pada sensor Freezer
  • 14E : Terdeteksi masalah pada sensor Freezer
  • 33E : Terjadi masalah pada pemanas pipa es
  • 39E, 39C : Masalah pada fungsi Freezer
  • 40C : Adanya masalah pada kipas ruang es
  • 84C : Operasional kompresor terkunci
Baca juga:  Penyebab Body Kulkas Nyetrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kode Kedip Lemari Es Samsung

Setelah mengetahui daftar lengkap kode Error Kulkas Samsung Inverter, selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai arti dari kode kedip pada lampu indikator.

Indikasi ini sangat berguna untuk mendeteksi adanya kerusakan pada Kulkas Samsung yang belum dilengkapi dengan teknologi Digital Inverter. Berikut ini adalah daftar lengkap arti kode kedip pada Kulkas Samsung yang perlu diketahui:

Lampu LED Berkedip 1 Kali

Perhatikan lampu LED pada panel kulkas, apabila terjadi kedipan sebanyak 1 kali antara jeda, maka dapat dipastikan bahwa terdapat masalah pada konektor sensor pembuat es. Ada kemungkinan konektor sensor pembuat es terputus dan perlu diperbaiki atau bahkan diganti.

Lampu LED Berkedip 2 Kali

Apabila terdapat kedipan sebanyak 2 kali antara jeda pada lampu LED pada panel kulkas, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor kulkas yang terputus. Masalah ini terjadi pada thermistor defrost yang berada di dalam bagian freezer yang tidak terhubung dengan main PCB.

Sebagai akibatnya, sensor dapat membaca atau mendeteksi suhu yang tidak sesuai bahkan ekstrim, seperti suhu yang terlalu tinggi pada angka 65 derajat atau terlalu rendah pada -50 derajat, yang seharusnya tidak terjadi pada sebuah kulkas.

Lampu LED Berkedip 3 Kali

Seringkali, sensor defrost evaporator akan terputus saat lampu LED pada kulkas Samsung Inverter menyala. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya masalah pada sensor eksternal yang terputus, atau socket yang kurang kuat bahkan terlepas.

Lampu LED Berkedip 4 Kali

Apabila terjadi kedipan sebanyak 4 kali pada lampu LED kulkas Samsung, kemungkinan besar disebabkan oleh kipas kulkas yang tidak berputar.

Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pengecekan atau penggantian pada perangkat kipas dan penyambungnya.

Lampu LED Berkedip 5 Kali

Kode error kulkas Samsung Inverter dengan kedipan sebanyak 5 kali sangat sering terjadi, dan menKaliankan bahwa perangkat pada pembuat es tidak berjalan normal.

Hal ini bisa disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek, kerusakan pada thermistor, atau koneksi yang terputus. Dampaknya adalah pencairan es di evaporator menjadi terlalu lama, bahkan bisa mencapai lebih dari 2 jam.

Lampu LED Berkedip 6 Kali

Ketika lampu LED pada kulkas Samsung Inverter berkedip sebanyak 6 kali pada setiap intervalnya, kemungkinan besar disebabkan oleh sistem pemilihan suhu dingin yang mengalami kerusakan.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp : Pahami Sebelum Membeli

Akibatnya, suhu dingin yang dihasilkan tidak optimal karena sensor tidak mampu mendeteksi suhu dingin dengan benar. Masalah ini biasanya terjadi bersamaan pada bagian chiller dan freezer.

Lampu LED Berkedip 7 Kali

Jika terjadi kedipan sebanyak 7 kali pada lampu LED kulkas Samsung Inverter, artinya defrost pada kulkas tidak berfungsi dengan baik. Defrost sangat penting karena berperan untuk menghilangkan atau mencairkan bunga es yang sering muncul di dalam freezer.

Jika bunga es terlalu banyak, maka kadar dingin dalam freezer tidak akan bekerja secara optimal. Dampaknya, kualitas makanan akan cepat memburuk bahkan menjadi busuk.

Lampu LED Berkedip 8 Kali

Jika terjadi kedipan sebanyak 8 kali pada lampu LED pada panel kulkas Samsung Inverter, hal tersebut menunjukkan bahwa sensor udara terputus.

Akibatnya, sirkulasi udara dalam kulkas akan terganggu, dan kinerja pendinginan juga akan menurun.

Lampu LED Berkedip 9 Kali

Ketika lampu LED pada kulkas Samsung Inverter berkedip sebanyak 9 kali, hal tersebut menunjukkan adanya koneksi yang terputus pada sensor freezer.

Masalah ini bisa disebabkan karena rotary switch dengan PCB tidak terhubung dengan baik atau kerusakan pada thermostat.

Lampu LED Berkedip 10 Kali

Kode error kulkas Samsung Inverter dengan kedipan sebanyak 10 kali menunjukkan adanya masalah pada defrost evaporator freezer yang bermasalah atau bahkan terputus.

Lampu LED Berkedip 11 Kali

Jika sebelumnya terdapat masalah pada kipas kulkas atau chiller, dan terjadi kedipan sebanyak 11 kali pada lampu LED kulkas Samsung Inverter, hal tersebut menunjukkan bahwa masalahnya terletak pada kipas freezer.

Perlu diketahui bahwa motor kipas freezer diatur oleh main PCB. Jadi, apabila motor tidak berputar dengan baik atau mengalami kerusakan, lampu LED akan berkedip sebanyak 11 kali.

Lampu LED Berkedip 12 Kali

Tidak hanya terdapat pada chiller atau freezer, kipas juga terdapat pada kondensor. Masalah pada kipas kondensor dapat diketahui dengan adanya kedipan sebanyak 12 kali pada lampu LED kulkas Samsung Inverter pada setiap intervalnya.

Lampu LED Berkedip 13 Kali

Kedipan sebanyak 7 kali pada lampu LED kulkas Samsung Inverter menKaliankan adanya masalah pada defrost pada bagian chiller.

Sedangkan, apabila terjadi kedipan sebanyak 13 kali pada lampu LED, hal tersebut menunjukkan adanya masalah pada defrost pada freezer yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung Digital Inverter 2 Pintu dengan Mudah

Cara Reset Ulang Kulkas Samsung

Terdapat beberapa masalah pada kulkas Samsung Inverter yang dapat diatasi dengan cara me-reset perangkat. Namun, terdapat perbedaan cara me-reset pada kulkas Samsung Inverter yang memiliki 1 pintu dan 2 pintu.

Kulkas 1 Pintu

Untuk melakukan me-reset pada kulkas Samsung Inverter 1 pintu, pertama pastikan kulkas masih dalam keadaan menyala dan turunkan suhu kulkas hingga mencapai suhu minimum.

Kemudian, cabut kabel power dari stop kontak dan biarkan bunga es mencair sepenuhnya. Agar proses pencairan bunga es berjalan lebih cepat, bisa dibantu dengan meletakkan kipas angin di depan kulkas yang terbuka.

Selanjutnya, pastikan untuk mengosongkan kulkas dari semua makanan, minuman, atau barang lainnya. Setelah bunga es mencair, lap kulkas sampai bersih dan colokkan kembali kabel power ke stop kontak.

Atur suhu kulkas ke suhu medium dan biarkan kulkas menyala selama 1 jam agar semua sensor dapat menyesuaikan dengan baik. Setelah itu, barulah masukkan kembali semua makanan dan minuman ke dalam kulkas.

Kulkas 2 Pintu

Untuk me-reset kulkas Samsung Inverter 2 pintu yang memiliki banyak fitur canggih, dibutuhkan beberapa tahapan yang berbeda. Pertama, matikan fungsi child lock dengan menekan tombol bridge dan vacation secara bersamaan ketika kulkas masih menyala. Pastikan simbol kunci pada layar panel hilang dan fitur child lock sudah dimatikan.

Setelah itu, lakukan reset pada kulkas dengan menekan tombol bridge dan freeze secara bersamaan. Simbol indikator akan menyala kembali pada panel, menKaliankan bahwa proses reset pada kulkas Samsung berjalan dengan baik.

Penutup

Dalam penggunaan kulkas Samsung Inverter, mungkin saja kita akan mengalami masalah yang ditKaliani dengan kode error pada lampu LED di panel kulkas.

Namun, dengan mengetahui arti dari setiap kode error tersebut, kita dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kulkas yang bermasalah.

Tak hanya itu, cara me-reset kulkas Samsung Inverter juga dapat membantu mengatasi masalah pada perangkat.

Selalu perhatikan kondisi kulkas dan lakukan perawatan secara rutin untuk menjaga agar kulkas tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Semoga informasi mengenaiKode Error Kulkas Samsung Inverter dari bengkeltv.id ini dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah pada perangkat. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *