Kode Error Mesin Cuci LG

Arti Kode Error Mesin Cuci LG dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.id Arti Kode Error Mesin Cuci LG dan Cara Mengatasinya. Mesin cuci adalah alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, kadang-kadang mesin cuci bisa mengalami masalah dan menampilkan kode error yang membingungkan.

Jika Anda memiliki mesin cuci LG dan melihat kode error, Anda mungkin bertanya-tanya apa arti dari kode tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya. Artikel ini akan membahas arti kode error mesin cuci LG dan memberikan solusi untuk memperbaikinya.

Kode Error Mesin Cuci LG

Tapi apabila Kalian masih merasa kebingungan dengan Kode Error Mesin Cuci LG, jangan khawatir karena kami akan memberikan penjelasan yang lengkap untuk Anda semua. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi setiap kode error pada mesin cuci LG.

1. Cara Mengatasi Kode Error AE atau AOE

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna mesin cuci LG adalah error AE atau AOE. Biasanya, error ini disebabkan oleh kerusakan pada kopling (clutch) yang tidak berfungsi dengan baik atau putus.

Kerusakan pada kopling ini mengakibatkan mesin cuci LG tidak dapat memutar tabung saat mencuci atau mengeringkan pakaian, sehingga mesin cuci tidak bisa berputar (spin) seperti biasanya.

Kode AE atau AOE juga bisa muncul jika ada masalah dengan sumber daya listrik. Jika penyebabnya adalah masalah dengan sumber daya listrik, sebaiknya hubungi tukang service mesin cuci terdekat atau call center LG.

2. Cara Mengatasi Error LE, LE1, E6 (Lock Error)

Kode error ini menunjukkan adanya kerusakan pada pelindung sirkuit motor yang terlalu panas atau tidak berfungsi dengan baik. Jika motor terlalu panas akibat penggunaan yang terus-menerus, sebaiknya beri jeda hingga motor dingin sebelum mengoperasikan mesin cuci kembali.

Motor pada mesin cuci LG juga bisa macet karena benda asing yang tersangkut atau terjebak di antara pulsator atau tabung mesin cuci. Berikut adalah cara mengatasi masalah kode error LE, LE1, E6 (lock error):

Baca juga:  Cara Reset Mesin Cuci LG Paling Mudah

  • Silahkan matikan mesin cuci LG Anda.
  • Cabut juga kabel dari stop kontak.
  • Lalu, keluarkan semua cucian.
  • Singkirkan semua benda asing yang mengganjal di motor mesin cuci LG.
  • Kemudian, hidupkan kembali mesin cuci LG.
  • Apabila kesulitan menemukan penyebab motor macet, maka tekan tombol Power untuk mematikan mesin cuci.
  • Lalu, tekan kembali untuk menghidupkan mesin cuci.
  • Setelah itu tekan tombol Spin untuk menjalankan proses pengeringan.

Daftar Lengkap Kode Error Mesin Cuci LG dan Cara Mengatasinya

Beberapa Kode Error Mesin Cuci LG sering kali menjadi pertanyaan dari para pengguna. Kode-kode tersebut meliputi LE, PE, UE, IE, OE, dan FE. Apa arti dari kode-kode tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini.

1.  Kode error AE atau AOE muncul karena clutch pada mesin cuci LG tidak berfungsi dengan baik. Clutch atau kopling berfungsi untuk memutar tabung atau drum mesin cuci sehingga bisa berputar saat mencuci atau mengeringkan pakaian.

  • Jika mesin cuci tidak bisa berputar (spin), hal ini bisa disebabkan oleh kotoran atau sumbatan pada mesin cuci. Selain itu, kode error ini juga bisa muncul karena kerusakan pada sumber listrik.
  • Jika penyebabnya adalah kerusakan pada sumber listrik, disarankan untuk menghubungi tukang servis mesin cuci terdekat atau menghubungi call center LG.

2. Kode error LE, LE1, E6 (Lock Error) menunjukkan bahwa pelindung sirkuit motor terlalu panas atau rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik. Jika motor terlalu panas akibat penggunaan yang terus-menerus, sebaiknya beri jeda hingga motor dingin sebelum mengoperasikan mesin cuci kembali.
Motor pada mesin cuci LG juga bisa macet karena benda asing, seperti koin, yang tersangkut atau terjebak di antara pulsator atau tabung mesin cuci. Berikut adalah cara mengatasi kode error Lock Error pada mesin cuci LG:

  • matikan mesin cuci
  • cabut kabel dari stop kontak
  • keluarkan semua cucian
  • kemudian singkirkan benda asing yang menyebabkan macet
  • hidupkan kembali mesin cuci.
  • Jika sulit untuk menemukan penyebabnya, Anda bisa menekan tombol Power untuk mematikan mesin cuci.
  • Kemudian tekan kembali untuk menghidupkannya.
  • Setelah itu tekan tombol Spin untuk menjalankan proses pengeringan.
Baca juga:  Penyebab Mesin Cuci LG 1 Tabung Tidak Bisa Spin beserta Solusi Perbaikanya

3.  Kode error PE (Pressure/Switch Error) pada mesin cuci LG menunjukkan adanya masalah pada sensor tekanan (pressure sensor) yang terdapat pada setiap mesin cuci otomatis LG. Jika sensor ini tidak berfungsi dengan baik, maka akan muncul kode error PE pada mesin cuci LG.

4. Kode error UE (Unbalance Error) pada mesin cuci LG menunjukkan bahwa mesin cuci tidak seimbang atau miring. Hal ini dapat disebabkan oleh permukaan lantai yang tidak rata atau beban cucian yang tidak seimbang. Selain itu, kode error UE juga bisa muncul jika cucian terlalu banyak atau melebihi kapasitas mesin cuci.

5. Kode error IE (Inlet Error) pada mesin cuci LG disebabkan oleh keran air yang tidak dibuka atau aliran air yang terlalu kecil sehingga tekanan air tidak mencukupi.

6. FE (Flooding Error). Terjadi masalah pada water inlet atau supply air yang terlalu banyak.

7. Kode error DE atau DE1 (Door Error) pada mesin cuci LG disebabkan oleh pintu mesin cuci yang belum ditutup atau tidak tertutup rapat, atau sistem penguncian pintu yang tidak berfungsi dengan baik. Jika penyebabnya adalah pintu yang tidak bisa terkunci, Anda dapat mencoba mengatasi masalah tersebut dengan melakukan reset pada mesin cuci LG.

8. Kode error DE (Drain Error) pada mesin cuci LG muncul ketika filter pembuangan tersumbat.

9. Kode error CL (Child Lock Error) pada mesin cuci LG terjadi ketika fitur pengunci anak (child lock) aktif. Untuk mematikan fitur ini, tahan tombol child lock hingga fitur tersebut dimatikan.

10. Kode error OE (Drain Error) pada mesin cuci LG biasanya muncul karena air tidak bisa mengalir melalui selang pembuangan yang mungkin disebabkan oleh selang yang tertekuk atau tersumbat.

11. Kode error T CL (Tube Clean Cycle Error) pada mesin cuci LG disebabkan oleh tabung yang kotor. Untuk mengatasinya, jalankan siklus pembersihan tabung pada mesin cuci.

12. Kode error PF (Power Failure) pada mesin cuci LG terjadi ketika daya listrik terlalu rendah atau tidak stabil. Untuk mengatasinya, gunakan stabilizer untuk membantu menstabilkan tegangan listrik.

Baca juga:  Cara Kerja Mesin Cuci : Panduan Lengkap untuk Pemula

13. Kode error CE (Current Error) pada mesin cuci LG disebabkan oleh beban yang terlalu berat pada motor, sehingga menyebabkan tabung tidak dapat berputar pada kecepatan 20 RPM selama 3 hingga 6 menit.

14. Kode error TE, TE1, TE2, TE3, TE4 (Heating Error) pada mesin cuci LG menunjukkan adanya masalah pada thermistor atau sensor suhu air. Jika Kalian mengalami kode error ini, sebaiknya menghubungi teknisi mesin cuci atau call center LG.

15. Kode error DHE, EHE, ELE (Heater Error) pada mesin cuci LG menunjukkan adanya masalah pada elemen pemanas.

16. Kode error D3 atau E6 pada mesin cuci LG biasanya muncul akibat kerusakan atau tidak berfungsinya clutch.

17. DR (Drain) pada mesin cuci LG bukanlah kode error, melainkan sebuah petunjuk bahwa mesin cuci akan memulai proses pembuangan air secara otomatis.

18. Kode error E1 pada mesin cuci LG mungkin disebabkan oleh kebocoran pada unit atau terlalu banyaknya busa deterjen. Selain itu, kode error E1 juga bisa disebabkan oleh penggunaan tipe deterjen yang tidak sesuai (cair atau bubuk).

Kesimpulan

Mengetahui arti Kode Error Mesin Cuci LG sangatlah penting untuk mempermudah pengguna dalam menangani masalah yang terjadi pada mesin cuci. Setiap kode error pada mesin cuci LG memiliki arti dan penyebab yang berbeda, seperti AE atau AOE, LE, PE, UE, IE, OE, FE, DE, CL, PF, CE, TE, DHE, EHE, ELE, D3, E6, DR, dan E1.

Dengan memahami arti dari setiap kode error tersebut, pengguna bisa dengan mudah menyelesaikan masalah yang terjadi pada mesin cuci LG dan menghindari kerusakan yang lebih serius pada mesin cuci. Demikianlah informasi dari bengkeltv.id mengenai Kode Error Mesin Cuci LG, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *