Kode Error Mesin Cuci Polytron

Kode Error Mesin Cuci Polytron Penyebab & Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idKode Error Mesin Cuci Polytron Penyebab & Cara Mengatasinya.  Polytron, salah satu merek ternama, menawarkan berbagai produk mesin cuci berkualitas, baik yang berjenis 1 tabung maupun 2 tabung. Mesin cuci Polytron memiliki banyak keunggulan yang membedakannya dari produk sejenis lainnya.

Meskipun harganya terjangkau di pasaran Indonesia, kualitas mesin cuci Polytron tetap terjaga dengan baik. Tak heran jika mesin cuci Polytron banyak diminati dan menjadi pilihan terbaik masyarakat Indonesia.

Namun, meskipun memiliki kualitas yang tinggi, mesin cuci merek Polytron tetap bisa mengalami kendala kerusakan. Beruntung, mesin cuci Polytron dilengkapi dengan teknologi self-diagnosis yang bisa membantu pengguna untuk mengenali masalah yang terjadi. Jika terjadi kesalahan, fitur self-diagnosis akan menampilkan kode sebagai indikasi adanya kesalahan.

Sayangnya, banyak pengguna yang belum memahami arti dari kode error tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui Kode Error Mesin Cuci Polytron.

Kode Error Mesin Cuci Polytron

Meskipun mesin cuci Polytron sangat canggih, tetap memiliki batas usia pemakaian. Seiring waktu, mesin cuci dapat mengalami penurunan kinerja atau kerusakan pada komponen yang dapat menyebabkan error.

Pengguna mesin cuci Polytron Zeromatic sering mengalami error yang ditunjukkan dengan munculnya kode tertentu. Error bisa terjadi karena faktor usia pemakaian atau kesalahan pengguna dalam mengoperasikannya.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna mesin cuci Polytron untuk mengetahui cara penggunaan yang benar agar tidak terjadi error. Meskipun munculnya kode error dapat membantu pengguna untuk mengenali penyebab kesalahan, sebagian besar pengguna masih belum memahami arti dan cara mengatasi kode error mesin cuci Polytron.

Jika kalian belum mengetahui arti, penyebab, dan cara mengatasi kode error mesin cuci Polytron, kami akan memberikan informasi terkait hal tersebut.

Baca juga:  Kode Error Kulkas LG : Terbaru dan Terlengkap 

1. DOOR (Pintu)

Jika pintu mesin cuci tidak tertutup dengan sempurna, maka kode error DOOR akan muncul. Biasanya, hal ini disebabkan oleh benda yang menghalangi pintu. Ada juga kemungkinan bahwa pengguna lupa menutup pintu saat memulai proses pencucian atau memeras.

Untuk mengatasi kode error DOOR, pertama-tama pengguna harus memastikan tidak ada benda yang menghalangi pintu. Kemudian, tutup pintu mesin cuci Polytron dengan rapat dan tekan tombol Start/Reload.

2. Flnl (Finish)

Kode error Flnl atau F1n1 menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pada software mesin cuci. Error ini juga bisa terjadi karena ada kerusakan pada sensor air.

Untuk mengatasi kode error Flnl pada mesin cuci Polytron, Kalian bisa mencoba mereset sistem mesin cuci. Namun, jika masalah masih berlanjut, sebaiknya hubungi teknisi layanan service mesin cuci untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. EFIL (Fill)

Kode kesalahan EFIL seringkali terjadi karena keran air yang tidak dibuka sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh selang air yang tersumbat, sehingga aliran air yang masuk ke mesin cuci terhambat.

Jika level air dalam mesin cuci tidak tercapai dalam waktu maksimal 6 jam, maka kode error EFIL akan muncul. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa membuka keran air selebar mungkin atau membersihkan selang air yang tersumbat.

4. BLNC (Balance)

Untuk memastikan tabung mesin cuci Polytron tetap seimbang, mesin cuci harus diletakkan pada permukaan yang datar. Jika mesin cuci diletakkan pada permukaan miring, maka tabung mesin cuci akan mengalami kemiringan yang dapat menyebabkan kode error BLNC muncul.

Selain itu, kode error BLNC juga dapat terjadi jika cucian dalam tabung tidak tersebar secara merata, sehingga menyebabkan tabung menjadi berat di satu sisi. Untuk mengatasi kode error BLNC, pastikan mesin cuci diletakkan pada permukaan yang rata.

Jika kode error BLNC muncul selama proses pencucian, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

  • Silahkan tekan tombol Start atau Pause.
  • Lalu, matikan daya dan cabut kabel dari stop kontak.
  • Setelah itu, atur cucian agar menyebar rata sehingga tabung lebih seimbang.
  • Pasang kembali kabel ke stop kontak dan hidupkan mesin cuci Polytron. Lalu tekan tombol Start.
Baca juga:  Rangkaian Skema Modul Power Supply Mesin Cuci Polytron Terlengkap

5. EDRN (Drain)

Kode error EDRN pada mesin cuci terjadi ketika saluran pembuangan mesin cuci mengalami masalah, yang mengakibatkan air tidak dapat keluar dengan lancar. Hal ini mungkin disebabkan oleh tersumbatnya saluran pembuangan atau adanya gangguan lain pada saluran tersebut, yang menyebabkan kode error EDRN muncul.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan instalasi mesin cuci sesuai dengan buku petunjuk, serta periksa saluran pembuangan secara seksama. Pastikan selang pembuangan tidak tersumbat atau terlipat yang dapat mengganggu aliran air dari mesin cuci.

6. E1 (Water Inlet)

Kode error E1 pada mesin cuci Polytron muncul karena adanya masalah pada selang air, seperti tersumbat atau karena keran belum dibuka. Selain itu, masalah pada katup juga dapat menyebabkan kode error E1 muncul.

7. E2 (Water Level)

Kode error E2 pada mesin cuci biasanya terjadi karena terdapat indikasi kerusakan pada sensor ketinggian air.

8. E3 (Top Cover)

Kode error E3 pada mesin cuci terjadi ketika pintu mesin cuci tidak tertutup dengan sempurna, mungkin karena pengguna lupa menutupnya atau terganjal oleh sesuatu.

9. E4 (Balance)

Jika muncul kode error E4 pada mesin cuci Polytron, kemungkinan tabung mesin cuci tidak seimbang atau cucian dalam tabung tidak tersebar merata.

10. E5 (Drain)

Kode error E5 pada mesin cuci menunjukkan adanya penyumbatan pada saluran pembuangan air yang mungkin disebabkan oleh selang yang tertekuk atau tersumbat.

11. E6 (Water Level Sensor)

Kode error E6 pada mesin cuci Polytron menunjukkan bahwa level air dalam mesin cuci terlalu tinggi, kemungkinan karena adanya error atau kerusakan pada sensor pengatur level air.

Cara Reset Mesin Cuci Polytron Untuk Mengatasi Error

Beberapa masalah pada mesin cuci Polytron dapat diatasi dengan melakukan reset. Berikut adalah cara melakukan reset pada mesin cuci Polytron.

  • Pertama-tama, silahkan tekan tombol “Start/Pause + On/Off” secara bersama-sama hingga muncul kode “–” pada display.
  • Jika kode “–” muncul, maka silahkan lepaskan semua tombol.
  • Kemudian, tekan semua tombol mesin cuci satu persatu di mulai dari tombol paling kiri dan diakhiri dengan menekan tombol “On/Off” pada mesin cuci Polytron.
  • Jika sudah, silahkan cabut kabel dari stop kontak dan tunggu beberapa saat lalu pasang kembali kabel ke stop kontak.
  • Selanjutnya, tinggal tekan tombol “Power” untuk menghidupkan mesin cuci seperti biasa.
Baca juga:  Arti Wool Pada Mesin Cuci Yang Perlu Kalian Ketahui

Biaya Service Mesin Cuci Polytron Error

Terkadang, ketika mesin cuci Polytron mengalami error, diperlukan bantuan teknisi layanan service mesin cuci. Jika Anda membutuhkan jasa service mesin cuci, berikut adalah perkiraan biaya service mesin cuci Polytron yang perlu diperhatikan.

Biaya Service Mesin Cuci Polytron
Jasa ServiceHarga
Kunjungan dan Pengecekan Mesin CuciRp. 95.000
Service Minor (Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu dan Lainnya)Rp. 160.000
Sevice Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus)Rp. 250.000
Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi)Rp. 350.000
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Penutup

Pada kesimpulannya, meskipun Kode Error Mesin Cuci Polytron dapat menjadi masalah yang menjengkelkan, namun dengan solusi yang tepat, kalian dapat dengan mudah memperbaiki mesin cuci kalian dan menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk perbaikan.

Selalu ingat untuk membaca manual pengguna dengan cermat dan mengikuti instruksi dengan benar. Jika masalah terlalu kompleks atau sulit diatasi, segera hubungi teknisi ahli untuk mendapatkan bantuan profesional.

Dengan menjaga perawatan rutin dan memperbaiki masalah dengan tepat, kalian dapat memastikan mesin cuci Polytron kalian berfungsi dengan baik untuk waktu yang lama. Semoga panduan ini membantu kalian dalam memperbaiki Kode Error Mesin Cuci Polytron dan membuat pengalaman mencuci pakaian menjadi lebih mudah dan lancar.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Error Mesin Cuci Polytron, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *