Kode Remot AC Sanken

Daftar Kode Remot AC Sanken Terlengkap !!

Posted on

Bengkeltv.id Daftar Kode Remot AC Sanken Terlengkap !!. Perubahan iklim yang semakin panas di Indonesia meningkatkan ketergantungan pada Air Conditioner (AC). Seperti tidak betah berada di luar ruangan, terutama di daerah perkotaan yang tingkat polusinya cukup memprihatinkan.

Tingginya kebutuhan akan perangkat elektronik, termasuk mesin pendingin udara, berdampak pada kenaikan konsumsi listrik. Jika AC dinyalakan sepanjang hari, maka pengeluaran daya listrik akan meningkat.

Untuk mengatasi hal ini, AC Sanken memproduksi mesin pendingin udara dengan daya rendah. Namun, penting juga untuk memperhatikan ukuran PK dan spesifikasi perangkat yang ditawarkan.

AC Sanken memiliki harga yang terjangkau, hemat listrik, mampu mengalirkan udara dingin dengan cepat, dan tidak berisik. Produk asli buatan Indonesia ini cukup populer di kalangan masyarakat, terutama kelas menengah.

Mengenai Remot AC Sanken

Perangkat yang sangat penting untuk mengoperasikan dan mengatur Air Conditioner (AC) adalah remot AC Sanken. Tanpa remot kontrol, mesin pendingin udara yang terpasang di dinding ruangan tidak akan berguna.

Dengan menggunakan alat pengendali jarak jauh ini, kamu bisa mengoperasikan AC Sanken dengan mudah hanya dalam genggaman tangan. Dari menghidupkan AC, mengatur suhu, mengatur kecepatan kipas, hingga melakukan berbagai fungsi lainnya.

Namun, seringkali remote yang selalu digunakan sehari-hari rusak atau bahkan hilang. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir, cukup ganti dengan remote baru yang asli Sanken atau versi universal.

Sekarang, mencari barang yang dibutuhkan tidaklah sulit, karena toko elektronik sudah tersebar di mana-mana. Selain itu, online shop memudahkan semua orang untuk berbelanja secara mudah dan praktis dari rumah.

Jangan biarkan remot AC Sanken yang rusak mengganggu kenyamanan hidupmu. Segera ganti dengan yang baru sehingga kamu tidak perlu repot berhari-hari tanpa alat pengendali ini. Tidak ada yang ingin memanjat hanya untuk menyalakan sebuah mesin pendingin udara.

Baca juga:  Penyebab AC Tidak Keluar Air dan Solusinya

Apa itu Kode Remot AC Sanken?

Kode remot AC Sanken adalah sekumpulan kode yang digunakan untuk mengontrol AC Sanken melalui remot kontrol. Kode-kode ini berbeda tergantung pada jenis AC Sanken yang digunakan dan dapat ditemukan dalam petunjuk penggunaan atau panduan penggunaan yang disediakan oleh pabrikannya.

Kode remot memungkinkan pengguna untuk menghidupkan dan mematikan AC, mengatur suhu, dan melakukan fungsi lain yang terkait dengan penggunaan AC.

Kode Remot AC Sanken

Remot AC universal dirancang oleh produsen elektronik untuk mendukung semua merek mesin pendingin udara. Remot ini memiliki sensor inframerah yang dapat disesuaikan dengan cara sinkronisasi.

Harga remot AC universal jauh lebih murah daripada versi asli Sanken, dan mudah ditemukan. Keunggulan dari tipe universal ini adalah dukungan yang baik untuk hampir semua merek.

Namun, konsumen perlu mengetahui kode remot AC Sanken sebelum membeli perangkat pengendali jarak jauh model universal. Remot tidak dapat berfungsi tanpa proses pairing dan pemrograman oleh pengguna.

Berikut adalah daftar kode remot AC Sanken:

DukunganKode AC Sanken
Remot Universal047, 056, 108, 212, 275

Sebagian besar remot AC universal menggunakan metode tiga nomor kode unik, namun ada juga yang menggunakan teknik empat angka seperti merek Joker. Penginputan kode harus dilakukan secara berurutan dan kode pada tabel di atas dapat dicoba untuk proses pairing.
Setting Kode Remot AC Sanken

Kode AC digunakan untuk menyesuaikan pola frekuensi inframerah antara remot dan Air Conditioner (AC) dengan nomor unik tertentu. Setelah berhasil disinkronisasi, kedua perangkat dapat berkomunikasi dengan lancar.

Setting Kode Remot AC Sanken

Setelah berhasil disinkronisasi, remot dapat memberikan perintah kepada AC tanpa kendala. Sehingga, remot universal dapat bekerja seperti versi asli Sanken.

Berikut adalah cara setting kode remot AC Sanken:

  • Pastikan AC Sanken terpasang dengan baik di tembok.
  • Nyalakan AC secara manual dengan menekan tombol “power”.
  • Isi remot universal dengan baterai yang masih berfungsi.
  • Arahkan remot ke AC Sanken.
  • Tekan tombol “power” sampai display layar remot menunjukkan indikator temperatur.
  • Tekan dan tahan tombol “set” selama sekitar tiga detik sampai angka “000” berkedip di layar remot.
  • Atur kode remot AC Sanken sesuai keinginan dengan menekan tombol “temperatur up (+)” atau “temperatur down (-)”, misalnya “047”.
  • Jika kode “047” cocok, maka AC Sanken akan berbunyi “bip”.
  • Tekan tombol “OK” untuk mengunci kode.
  • Proses sinkronisasi berhasil.
Baca juga:  Cara Mematikan Timer AC Daikin Dengan Mudah & Cepat

Beberapa model AC Sanken mungkin memiliki kode yang berbeda, sehingga langkah-langkah di atas perlu diulang jika nomor yang diinput tidak berfungsi. Jika semua kode pada tabel di atas tidak berfungsi, kamu bisa mencari nomor unik secara mandiri dengan fitur yang disediakan oleh remot universal.

Cara Mencari Kode Remot Secara Mandiri

Jika semua kode pada tabel di atas tidak berhasil, kamu dapat mencari kode yang unik secara mandiri. Remot universal biasanya memiliki fitur tersebut sebagai cadangan.

Berikut adalah cara mencari kode remot AC Sanken:

  • Hidupkan juga remot universal lalu arahkan ke perangkat Air Conditioner.
  • Tekan plus tahan tombol ‘set‘ sekitar 3 detik hingga indikator angka ‘000‘ berkedip di layar.
  • Tekan tombol ‘temperatur (+)‘ satu kali saja maka proses pencarian kode berjalan.
  • Tunggu hingga AC Sanken berbunyi ‘bip‘ lalu tekan tombol ‘OK‘ untuk mengunci.
  • Proses pencarian kode AC selesai.

Remot AC universal memberikan metode terakhir ketika semua cara yang dilakukan gagal yaitu pemindaian otomatis. Dimana, auto Scanning akan bekerja tanpa sebuah kode khusus.

Kode Scan Remot AC Secara Otomatis

Remot AC universal memiliki metode terakhir yaitu pemindaian otomatis jika semua cara sebelumnya tidak berhasil. Auto scanning dapat bekerja tanpa menggunakan kode khusus.

Berikut adalah cara melakukan scan otomatis tanpa kode remot AC Sanken:

  • Nyalakan mesin pendingin udara Sanken secara manual dengan menekan tombol “power” dan hidupkan remot universal.
  • Arahkan remot ke AC Sanken dan tahan tombol “set” selama sekitar 6 detik sampai indikator input kode berubah menjadi “(+1)”.
  • Tunggu beberapa saat karena proses pemindaian cepat sedang berlangsung.
  • Ketika AC Sanken memberikan respon berupa suara “bip”, segera tekan tombol “OK” untuk mengunci kode.
    Proses auto scan selesai.
Baca juga:  Cara Mengatasi AC Panasonic Mati Sendiri paling Mudah & Tepat

Setelah berhasil memasangkan remot universal ke AC Sanken, sebaiknya tes seluruh tombol yang ada. Ada kemungkinan ada tombol yang tidak berfungsi dengan baik.

Reset Factory Remot

Remot AC universal juga dapat dikembalikan ke pengaturan pabrik dengan cara reset, dimana teknik ini akan menghapus semua fungsi yang telah diset sebelumnya.

Berikut adalah cara reset factory remot AC universal:

  1. Tidak perlu menyalakan AC Sanken.
  2. Hidupkan remot universal dengan menekan tombol “power”.
  3. Tekan dan tahan tombol “set+wind” secara bersamaan selama 3 detik.
  4. Remot akan kembali ke pengaturan pabrik.

Kamu bisa mengenali tombol “wind” yang menunjukkan simbol kipas angin pada remot. Dengan cara ini, kemungkinan proses sinkronisasi antara remot dan AC Sanken gagal sangat kecil.

Baca Juga :

Penutup

Secara keseluruhan, kode remot AC Sanken sangatlah penting untuk memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengendalikan mesin pendingin udara. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mencari kode yang tepat, cobalah beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, seperti mencari pada tabel kode atau melakukan auto scanning.

Namun, jika semua cara tidak berhasil, kamu bisa mencari kode unik secara mandiri atau menghubungi layanan pelanggan Sanken untuk bantuan lebih lanjut. Ingat, pastikan remot AC Sanken yang kamu gunakan selalu dalam keadaan baik dan berfungsi dengan baik.

Jangan lupa, cara reset factory juga bisa dilakukan jika kamu ingin mengembalikan pengaturan remot ke pengaturan pabrik. Dengan memahami kode remot AC Sanken, kamu bisa mengendalikan AC Sanken dengan lebih mudah dan nyaman. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Setting Remote Receiver Tanaka, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *