Kode Ukuran AC Split Tipe Standard

Kode Ukuran AC Split Tipe Standard : Yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Bengkeltv.idKode Ukuran AC Split Tipe Standard : Yang Perlu Kalian Ketahui. Saat membeli AC split, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti merek, kapasitas, dan tentu saja, ukuran. Ukuran yang salah bisa membuat AC tidak efektif dan membuat tagihan listrik kalian melonjak.

Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran yang tepat untuk ruangan kalian. Di sini, kita akan membahas Kode Ukuran AC Split Tipe Standard dan bagaimana cara menentukan ukuran AC yang tepat untuk rumah Kalian.

Apa itu Kode Ukuran AC Split Tipe Standard?

Kode Ukuran AC Split Tipe Stkalianrd adalah kode numerik yang digunakan untuk menunjukkan ukuran AC split. Kode ini terdiri dari tiga angka yang masing-masing merepresentasikan kapasitas pendinginan dalam satuan BTU per jam (British Thermal Unit per jam).

BTU per jam adalah satuan yang digunakan untuk mengukur jumlah panas yang dikeluarkan atau dihilangkan dalam waktu satu jam.

Sistem pendingin udara model split

Seperti namanya, AC split adalah unit AC yang memiliki sistem pendingin dan pembuangan panas terpisah, sehingga dapat bekerja dengan lebih efektif. Selain itu, satu unit outdoor dapat dipasangkan dengan dua atau lebih unit indoor.

Oleh karena itu, umumnya sistem pendingin udara model split terdiri dari:

Kipas dan evaporator terpasang di dalam ruangan.

Unit kompresor ditempatkan di luar ruangan, baik dengan cara digantung di dinding maupun diletakkan di atas permukaan lantai (tanah).

Apa keuntungan menggunakan AC model split?

AC model split memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan model AC lainnya. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Desain AC split sederhana. Alasan utama mengapa AC split banyak dipilih adalah karena proses instalasinya mudah dan desain penyejuk ruangannya sederhana, sehingga menjadi pilihan yang paling efisien untuk rumah dengan banyak kamar atau ruang outdoor yang sempit.
  • Proses pemasangannya cepat dan pengoperasiannya sangat mudah dilakukan.
  • AC split dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan yang membutuhkan saja. Dengan begitu, daripada menggunakan energi secara keseluruhan, AC split dapat membantu kita menghemat lebih banyak energi.
  • Menghemat biaya saat pemasangan. Proses instalasi yang sederhana membuat biaya untuk memasang AC model split menjadi lebih ringan. Selain itu, modifikasi yang perlu dilakukan pada bangunan rumah juga semakin minim.
  • Lebih tenang. Dibandingkan dengan memasang dua unit indoor dan dua unit outdoor yang pasti akan meningkatkan suara bising, penggunaan satu unit outdoor yang dapat dipasangkan dengan dua atau lebih unit indoor akan membuat rumah terasa lebih tenang, bukan?
  • Biaya perawatan rendah karena hanya perlu membersihkan satu unit outdoor, meskipun kita memiliki dua atau lebih unit indoor.
  • Lebih hemat energi. Mengoperasikan dua unit AC yang terpisah sekaligus tentu membutuhkan daya yang besar. Sebaliknya, dengan menggunakan satu unit outdoor untuk mengoperasikan dua hingga tiga AC di dalam rumah, maka akan jauh lebih hemat energi.
Baca juga:  AC Hidup Sebentar Lalu Mati? : Penyebab & Solusinya

Kode ukuran AC Split tipe standard

Hampir semua produsen AC memproduksi model split. Selain AC dengan teknologi inverter, model split juga tersedia dalam versi stkalianr. Berbagai pilihan AC tersebut memiliki kapasitas pendingin yang bervariasi, mulai dari 0.5 PK (1/2 PK) hingga 2PK atau lebih.

kalian dapat mengetahui ukuran AC atau kapasitas sistem pendingin udaranya hanya dengan melihat kode yang tertera pada produk. Berikut beberapa contoh kode ukuran AC tipe standard dari berbagai merk yang dapat dilihat di bawah ini.

Kode ukuran AC standard Samsung

Untuk AC stkalianr Samsung, ukuran air conditioner dapat diidentifikasi melalui angka yang tertera pada tipe AC. Sebagai contoh, pada tipe “AR05KRFLAWKN Stkalianrd with Fast Cooling”, angka “05” menunjukkan ukuran AC stkalianr = 0.5 PK atau 1/2 PK, yang setara dengan 5000 Btu/jam. AC tersebut cocok digunakan atau diinstal di ruangan dengan ukuran maksimal 3 x 3 meter.

Jika kalian menemukan tipe AC Samsung dengan kode “AR09KRFLAWKN”, itu menkaliankan bahwa unit tersebut berkapasitas 1 PK atau setara dengan 9000 Btu/jam. Ukuran AC tersebut direkomendasikan untuk kamar dengan luas 3 x 5 meter atau 4 x 4 meter.

Kode AC standard Sharp

AC Sharp juga menggunakan kode pada tipe AC untuk mengidentifikasi kapasitasnya, tidak jauh berbeda dengan yang digunakan oleh Samsung.

Sebagai contoh, untuk AC Sharp dengan kapasitas 1/2 PK, dapat dikenali dengan mencari AC yang memiliki angka “5” pada nomor serinya, seperti contoh tipe AH-A5SAY atau AH-A5VEY. Sementara untuk kapasitas yang lebih besar, seperti 3/4 PK atau 0.75 PK, Sharp biasanya menggunakan angka “7” pada kode tipe AC, seperti tipe AH-A7UCY, AH-A7VEY, atau AH-A7SAY.

Sedangkan untuk kapasitas 1 PK, ditkaliani dengan angka 9 pada kode tipe AC, seperti tipe AH-A9SAY atau AH-A9VEY.

Baca juga:  √ Penyebab AC Bocor Netes air dan Cara Mengatasinya Paling Mudah

Jika kalian mencari kapasitas pendingin yang lebih besar, seperti 1,5 PK atau 2 PK, kalian bisa mencari tipe AC Sharp AH-A12SAY (1,5 PK) atau AH-A18UCY (2 PK). Sementara untuk AC dengan kapasitas 2,5 PK, dapat dikenali dari kode tipe AC yang terdapat angka “24”, seperti contoh tipe AH-A24UCY.

Kode ukuran AC Split Daikin

Berbeda dengan dua merk AC sebelumnya, Daikin cenderung menggunakan angka yang lebih besar untuk mengidentifikasi setiap ukuran AC yang mereka produksi.

  1. AC Daikin dengan kapasitas 0.5 PK (5000 Btu) dapat dikenali dari model/tipe yang mencantumkan angka 15, seperti tipe STV15BXV atau RV15BXV14.
  2. Kapasitas 0.75 PK (7000 Btu) dapat diketahui dari model yang melibatkan angka 20, seperti tipe FTV20BXV14.
  3. AC Daikin 1 PK ditkaliani dengan angka 25 pada pilihan model yang tersedia. Contohnya adalah STV25BXV atau RV25BXV14.
  4. Ukuran AC split stkalianrd Daikin dengan kapasitas 1.5 PK (12000 Btu) diidentifikasi melalui angka 35, seperti tipe STV35BXV.
  5. AC Daikin 2 PK ditkaliani dengan angka 50, seperti tipe FTV50BXV14.
  6. Sedangkan untuk AC 2.5 PK akan ditkaliani dengan angka 60, seperti tipe RV60BXV14.

Kode ukuran AC Split stkalianrd merk Gree

Gree juga menawarkan AC Split dengan beberapa pilihan, salah satunya adalah tipe Combo Split (Air Conditioner System) yang menyediakan dua opsi unit internal, yaitu 1/2 PK + 1/2 PK atau 1/2 PK + 3/4 PK.

Kedua pilihan tersebut menggunakan unit outdoor dengan kode yang sama, yaitu GWCD-10CS/0. Sedangkan untuk unit internal dengan kapasitas pendingin 1/2 PK (5000 Btu/jam), akan menggunakan kode 05, seperti tipe GWC-05CS/I, sementara untuk AC stkalianr dengan kapasitas 3/4 PK (7000 Btu/jam) akan dikenali dengan angka 07, seperti tipe GWC-07CS/I.

Baca juga:  Cara Pasang AC Sendiri dengan Mudah

Kode ukuran AC Split stkalianrd merek LG

Merek AC LG juga menggunakan kode-kode angka untuk mengenali kapasitas pendingin pada produk mereka. Untuk AC dengan kapasitas 0,5 PK (2.000 – 6.500 Btu/jam), umumnya ditkaliani dengan angka 06 pada nama model, seperti contoh E06SV4. Sementara itu, AC 1 PK ditkaliani dengan angka 10 pada nama model, misalnya P10RV3 (9.000 Btu/jam).

Sedangkan merek AC lainnya seperti AUX atau Changhong, juga menggunakan kode serupa pada nama/model untuk mengidentifikasi ukuran atau kapasitas pendingin AC.

Kesimpulan

Ketika memilih AC Split Tipe Stkalianrd, penting untuk mengenali kode ukuran dan kapasitas pendingin agar dapat memenuhi kebutuhan pendinginan ruangan dengan tepat dan efisien. Setiap merek AC biasanya memiliki kode yang berbeda untuk mengidentifikasi kapasitasnya.

Namun, dengan pengetahuan ini, kita dapat memilih AC dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, AC Split Tipe Stkalianrd memiliki banyak keuntungan, seperti biaya pemasangan yang lebih hemat, hemat energi, desain sederhana, serta pengoperasian dan perawatan yang mudah.

Dengan semua keuntungan ini, AC Split Tipe Stkalianrd dapat menjadi pilihan yang tepat untuk rumah atau kantor kalian. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kode Ukuran AC Split Tipe Standard, semoga informasi yang disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *