Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak : Penyebab dan Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idKulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak : Penyebab dan Solusinya. Kulkas merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang penting dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kulkas membantu menjaga makanan dan minuman agar tetap segar dan terhindar dari kerusakan. Namun, ada kalanya kulkas kadang bunyi kadang tidak.

Hal ini bisa menjadi masalah yang mengganggu dan membuat Anda khawatir. Apa penyebab kulkas kadang bunyi kadang tidak dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Kulkas Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak?

Sebagian besar orang sering bertanya mengapa kulkas terkadang berbunyi dan terkadang tidak. Sebenarnya, hal ini sangat normal karena kulkas tidak beroperasi secara terus-menerus untuk menjaga dingin di dalamnya. Ketika suhu di dalam kulkas sudah mencapai tingkat yang dingin dan stabil, termostat akan memutuskan aliran listrik ke kompresor.

Kondisi ini menyebabkan kompresor berhenti berputar dan suara dengungan kulkas tidak terdengar. Siklus kerja kompresor kulkas biasanya berlangsung setiap 6 hingga 9 jam. Di sisi lain, peningkatan suhu di dalam kulkas membuat termostat mengalirkan listrik ke kompresor, sehingga kompresor dapat menarik dan mengalirkan gas freon ke dalam pipa pendingin.

Selain kompresor, putaran kipas evaporator juga bisa menjadi sumber suara pada kulkas. Ketika Kalian membuka pintu freezer pada kulkas dua pintu, evaporator akan berhenti berputar untuk menghemat penggunaan listrik. Selanjutnya, kipas evaporator akan kembali berputar dan menghasilkan suara saat Kalian menutup pintu freezer. Munculnya suara dengan intensitas dan jeda yang berbeda dari biasanya menunjukkan bahwa sistem operasi kulkas sedang mengalami masalah.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Menggunakan Kulkas Baru dengan Tepat

Penyebab Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

Jika kulkas Anda terkadang berbunyi atau tidak berbunyi dalam waktu yang lama, jangan langsung panik. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak:

1. Tegangan listrik tidak stabil

Salah satu penyebab kulkas berbunyi terus dengan ciri suara berdecit adalah ketidakstabilan tegangan listrik. Atasi tegangan listrik yang tidak stabil atau rendah dengan memasang stabilizer pada kulkas. Jangan biarkan masalah ini berlarut-larut karena bisa menyebabkan kerusakan serius pada kompresor kulkas.

2. Kompresor kulkas rusak

Kompresor merupakan elemen penting yang mendukung kinerja kulkas. Kerusakan kompresor tidak hanya menghasilkan bunyi berdengung yang mengganggu, tetapi juga membuat kulkas tidak dingin.

3. Komponen overload rusak

Kinerja kompresor kulkas sangat dipengaruhi oleh komponen pendeteksi suhu yang bernama overload. Jika suhu kompresor terlalu panas, overload akan memutus aliran listrik ke kompresor secara otomatis. Kerusakan overload sering menimbulkan gejala bunyi kompresor yang tersendat-sendat.

4. Kipas evaporator rusak

Kerusakan kipas evaporator bisa menyebabkan kulkas berbunyi terus. Kipas ini berfungsi untuk meniupkan udara dingin agar menyebar secara merata di dalam kulkas. Kipas evaporator yang lama digunakan rentan aus, sehingga menimbulkan bunyi berisik yang mengganggu.

5. Baut yang longgar

Bunyi kulkas juga bisa disebabkan oleh hal sepele seperti baut kompresor yang longgar. Masalah ini mudah diatasi tanpa memerlukan proses servis yang rumit.

6. Pipa yang terhimpit body kulkas

Posisi kulkas bisa mempengaruhi bunyi yang timbul. Biasanya, pipa yang terhimpit body kulkas akan membuat kulkas mengeluarkan bunyi berisik. Berikan jarak sekitar 15-20 cm antara kulkas dan dinding agar pipa kulkas tidak terhimpit dan udara panas yang dihasilkan mesin kulkas bisa terbuang dengan sempurna.

Cara Mengenal Suara Kulkas Berbunyi Normal

Memang ada berbagai jenis suara yang muncul pada kulkas, terutama jika ada perbedaan jenis pintu, seperti kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suara pada kulkas merupakan bagian dari proses normal karena menunjukkan kompresor sedang bekerja.

Baca juga:  Biaya Listrik Kulkas per Bulan Lengkap dengan Cara Hitungannya

Cobalah perhatikan apakah suara kulkas berupa dengungan yang stabil, bahkan diiringi suara seperti air mengalir. Ini menKaliankan bahwa kompresor sedang dalam mode standby, yang berarti suhu kulkas belum mencapai titik maksimal. Ketika sudah mencapai suhu yang diinginkan, kompresor akan mati selama beberapa menit, dan siklus ini terjadi antara 6 hingga 9 jam.

Untuk kulkas 2 pintu, jika suara yang dihasilkan mirip dengan suara air mengalir, maka itu menunjukkan proses defrost atau pencairan es di dalam freezer agar es yang menempel dapat luruh atau menghilang. Proses defrost ini normal dan bahkan perlu dilakukan agar suhu dalam freezer dan chiller tetap stabil. Jadi, jika Kalian mendengar suara defrost yang tidak terlalu bising dan terjadi dalam siklus waktu normal seperti yang disebutkan di atas, berarti kulkas Kalian masih dalam kondisi normal.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kulkas Berbunyi Terus atau Tidak Berbunyi?

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian perlu mengamati intensitas dan jeda bunyi kulkas terlebih dahulu agar bisa mengidentifikasi apakah suara tersebut normal atau tidak. Jika suara yang muncul tidak normal, segera hubungi teknisi profesional untuk memeriksa kondisi kulkas. Biasanya, teknisi akan memeriksa keseluruhan kulkas dan menyarankan penggantian komponen jika diperlukan. Langkah ini penting agar kerusakan kulkas tidak bertambah parah.

Jika kulkas lama Kalian mengalami kerusakan parah dan memerlukan biaya perbaikan yang besar, mungkin sudah saatnya untuk membeli kulkas baru. Salah satu rekomendasi kulkas berkualitas adalah Kulkas Multi Door AQR-IG525AM(GB) dari Aqua Japan. Kulkas ini dilengkapi berbagai fitur yang mendukung kebutuhan Kalian, seperti:

  • Glass Door: kaca berkualitas yang menambah keindahan ruangan dengan efek pantulan cahaya yang elegan.
  • HCS – Humidity & Dry Zone: mengontrol kelembapan laci kulkas hingga 90% untuk menjaga kesegaran sayuran dan buah, serta menghilangkan kelebihan uap air di Dry Zone agar kelembapan terkontrol 45% lebih baik.
  • T-Antibacterial: perlindungan dengan sertifikasi VDE yang efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman hingga 99%.
  • Deo Fresh: menyerap aroma tidak sedap dan menghambat pertumbuhan bakteri agar makanan tetap segar dan aman dikonsumsi.
  • Precise Multi Flow: mendeteksi dan mendistribusikan udara dingin dengan tepat ke setiap lapisan lemari es sekaligus menghemat konsumsi energi.
  • 900 Auto Suspension: pintu kulkas dapat dibuka hingga 900 tanpa perlu dipegang, memudahkan pengambilan makanan.
  • Digital Temperature Control: mengatur suhu melalui layar sentuh pada panel LED.
  • Big Capacity: kapasitas kulkas cukup untuk menyimpan persediaan makanan keluarga hingga satu minggu.
  • Adjustable Shelves: rak yang dapat disesuaikan untuk memuat barang berukuran besar.
  • Cold LED: penerangan dingin yang efektif menerangi setiap sudut kulkas.
  • Twist Ice Maker: mesin pembuat es batu yang tersedia sepanjang waktu.
  • Twin Inverter: kecepatan pendinginan lebih optimal dengan pemakaian listrik yang stabil dan hemat.
Baca juga:  Merk Kulkas untuk Listrik 450 Watt Yang Wajib Diketahui

Kulkas Multi Door AQR-IG525AM(GB) Aqua Japan tidak hanya berfungsi sebagai lemari pendingin, tetapi juga dapat mempercantik interior rumah Kalian. Dapatkan kulkas Aqua Japan ini dan rasakan manfaatnya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai penyebab mengapa kulkas kadang bunyi dan kadang tidak. Hal ini merupakan fenomena normal yang terjadi dalam siklus kerja kulkas. Namun, jika bunyi yang dihasilkan terdengar tidak normal, segera hubungi teknisi profesional untuk memeriksa dan memperbaiki kondisi kulkas Kalian.

Selain itu, jika Kalian merasa perlu untuk mengganti kulkas lama dengan yang baru, pertimbangkan untuk memilih Kulkas Multi Door AQR-IG525AM(GB) Aqua Japan yang dilengkapi berbagai fitur canggih dan berkualitas. Dengan pemahaman yang baik tentang suara kulkas yang normal dan perawatan yang tepat, Kalian akan menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik dan mendukung kebutuhan sehari-hari di rumah Kalian. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak ini bermanfaat untuk Kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *