Masalah Umum Pada Pompa Air

Masalah Umum Pada Pompa Air & Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idMasalah Umum Pada Pompa Air : Cara Mengatasinya. Pompa air adalah salah satu perangkat yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Tanpa pompa air, kegiatan mencuci, mandi, bahkan kebutuhan air minum akan terganggu. Oleh karena itu, kerusakan pada pompa air bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu.

Masalah umum pada pompa air bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari faktor usia hingga kesalahan penggunaan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah pada pompa air. Simak artikel ini untuk mengetahui solusinya.

Pengertian Pompa Air

Pompa air adalah perangkat yang berfungsi untuk mengalirkan atau mengangkat air dari sumbernya ke tempat yang diinginkan. Pompa air biasanya digunakan untuk keperluan seperti mengisi bak air, menyiram taman, memenuhi kebutuhan air di rumah, dan keperluan industri. Ada beberapa jenis pompa air yang berbeda, seperti pompa air sumur dangkal, pompa air sumur dalam, pompa air tekanan tinggi, dan lain-lain.

Fungsi Pompa Air

Fungsi utama pompa air adalah untuk mengalirkan atau mengangkat air dari sumbernya ke tempat yang diinginkan. Tanpa pompa air, kegiatan yang membutuhkan air seperti mandi, mencuci, dan memenuhi kebutuhan air di rumah akan terganggu.

Selain itu, pompa air juga digunakan untuk keperluan industri seperti pengolahan air, sistem pendinginan, dan kebutuhan lainnya. Fungsi pompa air juga penting untuk menjaga ketersediaan air di wilayah yang sulit dijangkau oleh jaringan pipa air bersih.

Dengan menggunakan pompa air, air dapat diangkut dari sumur atau sumber air lainnya ke tempat yang membutuhkan. Selain itu, pompa air juga digunakan untuk menjaga kualitas air dengan mengalirkan air terus menerus sehingga tidak stagnan dan tercemar.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Pompa Air yang Konslet : Mudah & Simpel

Penyebab Masalah Umum Pada Pompa Air

Masalah Umum Pada Pompa Air

Berikut adalah beberapa penyebab masalah umum pada pompa air:

Air Tidak Mengalir Padahal Pompa Menyala

Tidak hanya terjadi pada orang yang baru memasang pompa, masalah ini juga sering terjadi pada pemilik pompa air yang sudah lama. Pompa air yang menyala dan berbunyi tetapi tidak mengeluarkan air biasanya disebabkan oleh:

  • Saat musim kemarau, salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketidakadaan sumber air. Baik itu sumur konvensional maupun sumur bor, keduanya dapat mengalami kekeringan sehingga ketika pompa dihidupkan, tidak ada air yang naik ke permukaan. Namun, kita dapat mengetahuinya dengan mendengarkan suara pada pompa air. Jika pompa air terdengar normal, tidak lambat, tidak berdengung, dan dinamonya berputar, maka hal tersebut menandakan bahwa tidak tersedia air yang akan disedot menggunakan water pump.
  • Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah sumur terlalu dalam. Setiap pompa air memiliki spesifikasi yang memungkinkannya untuk menyedot air pada kedalaman tertentu. Oleh karena itu, sebelum membeli pompa air, penting untuk mempertimbangkan kedalaman sumur dan memilih pompa air yang spesifikasinya sesuai untuk menyedot air pada kedalaman maksimal tersebut. Jika pompa air yang sedang digunakan saat ini tidak memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan, sebaiknya segera diganti dengan yang baru yang mampu menyedot air pada kedalaman yang lebih dalam.
  • Salah satu kemungkinan penyebab pompa air tidak mengeluarkan air adalah adanya kebocoran pada pipa penyedot di bagian bawah. Kebocoran ini biasanya terjadi pada sambungan pipa dan dapat menyebabkan air sulit untuk naik ke permukaan.
  • Masalah lain yang dapat menyebabkan pompa air tidak mengeluarkan air adalah kerusakan pada klep pompa air. Klep pompa berfungsi untuk menjaga agar air tidak kembali ke dalam sumur. Jika klep rusak, maka air akan kembali ke dalam sumur dan pipa akan menjadi kosong. Untuk dapat mengalirkan air kembali, biasanya perlu dilakukan proses “memancing” dengan cara menuangkan air ke dalam mesin pompa.
  • Penyebab lain yang mungkin membuat pompa air tidak mengeluarkan air adalah tersumbatnya pompa air atau pipa. Meskipun sumber air tersedia dan tidak ada kebocoran pada pipa, namun adanya sumbatan pada pipa dapat menghambat aliran air sehingga tidak mengalir dengan lancar.
Baca juga:  Apa Saja Fungsi Kapasitor Pompa Air Dan Cara Menggantinya

Suara Pompa Air Berdengung dan Tidak Ada Tekanan

Biasanya, pompa air yang berdengung dan tidak memberikan tekanan memiliki tiga kemungkinan penyebab, yaitu:

  • Dinamo yang tidak berputar. Penyebab utama dinamo pompa air yang tidak berputar adalah karena bearing atau cleker yang sudah kering.
  • Pompa yang kotor dan berkerak. Penumpukan kerak, residu, atau kotoran pada pompa dapat mengganggu dan melambatkan putaran motor, sehingga menyebabkan bunyi dengung pada mesin.
  • Tegangan listrik yang tidak stabil. Jika tegangan listrik di rumah Anda naik turun secara tidak stabil, hal ini dapat menyebabkan mesin pompa berdengung.
  • Kerusakan pada kapasitor. Kapasitor adalah kumparan yang membantu memutar motor pada pompa air. Jika kapasitor pada mesin pompa air mengalami kerusakan, maka dapat diganti dengan mudah dan dengan biaya yang terjangkau.

Pompa Otomatis Tidak Mati Saat Keran Ditutup

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pompa air terus hidup bahkan setelah semua keran air ditutup adalah sebagai berikut:

  • Adanya kebocoran pada pipa. Kebocoran pada pipa, baik yang kecil maupun yang besar, dapat membuat pompa air tidak mati atau terus hidup setelah semua keran ditutup. Jika setelah diperiksa tidak ada kebocoran pada pipa, maka sebaiknya cek klep.
  • Kerusakan pada tusen klep. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tusen klep pada mesin pompa air dapat mengalami kerusakan dan mengakibatkan tekanan air menurun.

Mesin Pompa Air Hidup/Mati Terus-Menerus

Pompa air yang terus hidup dan mati secara terus-menerus (ceklak-ceklek) dapat terjadi ketika kita tidak membuka keran atau sesaat setelah menutup keran. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Kebocoran pada pipa. Pengaturan tekanan air yang tinggi pada mesin pompa dapat membuat mesin mudah hidup bahkan jika ada kebocoran kecil pada pipa.
  • Tabung air pada mesin bocor atau penuh. Tabung pada mesin pompa air rentan terhadap kebocoran jika telah lama digunakan. Kebocoran kecil dapat memicu mesin hidup dan mati secara terus-menerus. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambal kebocoran pada tabung dan mengosongkan air yang ada di dalamnya.
Baca juga:  Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak : Pahami dengan Baik

Pompa Air Harus Dipancing Setiap Kali Dihidupkan

Jika setiap kali menghidupkan pompa air, air tidak mengalir dan terus-menerus perlu dipancing, masalah ini dapat diatasi dengan cara:

  • Memeriksa apakah terdapat kebocoran pada rangkaian pipa hisap. Kebocoran pada pipa hisap yang masuk ke dalam sumur dapat menyebabkan pipa tersebut kosong dan menyebabkan pompa air tidak dapat menyedot air.
  • Memeriksa apakah terdapat kerusakan pada klep. Klep pada mesin pompa air yang rusak akan menyebabkan pompa air tidak mampu menahan air pada pipa hisap, sehingga tidak dapat mengalirkan air dengan lancar.

Kesimpulan

Dalam penggunaan pompa air, seringkali kita mengalami masalah yang menghambat aliran air dan membuat pompa air tidak berfungsi dengan optimal. Beberapa masalah umum pada pompa air antara lain kebocoran pada pipa, sumur yang terlalu dalam, kerusakan pada tusen klep atau klep pompa, dan tersumbatnya pipa atau pompa air.

Selain itu, masalah seperti pompa air yang terus hidup mati (ceklak-ceklek) dan air yang tidak mengalir meskipun pompa telah dihidupkan, juga sering terjadi. Untuk mengatasi masalah-masalah ini, perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan secara teratur.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah pada pompa air, diharapkan kita dapat menggunakan pompa air dengan lebih optimal dan efisien. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Masalah Umum Pada Pompa Air, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *