Pengertian Dioda Schottky

Pengertian Dioda Schottky : Semua yang Perlu Kalian Ketahui

Posted on

Bengkeltv.idPengertian Dioda Schottky : Semua yang Perlu Kalian Ketahui. “Dioda Schottky, nama yang mungkin asing di telinga kita, namun perannya dalam dunia elektronika sangat signifikan. Dioda ini tak dapat diabaikan, terlebih dalam rangkaian-rangkaian yang membutuhkan efisiensi dan kecepatan tinggi.

Banyak orang mungkin bertanya, apa itu Dioda Schottky? Artikel ini akan membantu Kalian memahami pengertian Dioda Schottky, fungsi, serta keunggulannya dalam aplikasi elektronika.”

Pengertian Dioda Schottky

“Dioda Schottky menonjol dengan penurunan tegangan yang lebih minimal jika dibandingkan dengan dioda biasa.

Perbedaan fundamental antara dioda Schottky dan dioda konvensional terletak pada bahan semikonduktor yang dipakai dalam penyambungan dioda.

Dioda Schottky memanfaatkan logam sebagai pengganti semikonduktor tipe P, sedangkan dioda biasa memakai persambungan semikonduktor.

Salah satu fitur utama dioda Schottky adalah kecepatan switching yang tinggi dan penurunan tegangan arus maju yang rendah.

Seperti yang kita ketahui, di dalam dioda PN-junction, tipe-p dan tipe-n disatukan untuk menciptakan PN-junction.

Namun, di dalam dioda Schottky, logam seperti platinum atau aluminium diaplikasikan sebagai pengganti semikonduktor tipe P.”

Simbol Dioda Schottky

Pengertian Dioda Schottky
“Dalam ilustrasi di atas, simbol dioda Schottky ditampilkan, yang dibentuk berdasarkan simbol dioda biasa.

Untuk membedakan simbol dioda Schottky dari jenis dioda lainnya, perlu ditambahkan dua garis tambahan pada palang simbol tersebut.

Sama seperti dioda persimpangan PN biasa, dioda Schottky juga memiliki terminal anoda dan katoda.

Ketika terminal anoda dihubungkan ke sumber tegangan positif dan terminal katoda dihubungkan ke sumber tegangan negatif, dioda Schottky berubah menjadi forward-biased.

Baca juga:  Pengertian Dioda Bridge : Simbol dan Cara Kerja Secara Lengkap.

Namun, apabila terminal anoda dihubungkan ke sumber tegangan negatif dan terminal katoda dihubungkan ke sumber tegangan positif, dioda Schottky berubah menjadi reverse-biased.”

Prinsip Kerja Dioda Schottky

Pengertian Dioda Schottky

“Setelah memahami pengertian Dioda Schottky, mari kita lanjutkan pada apa yang terjadi ketika dioda Schottky berada dalam keadaan tanpa tegangan atau biasa disebut tanpa bias (unbiased). Pada kondisi ini, energi elektron di sisi semikonduktor tipe-n sangat rendah dibandingkan dengan energi di sisi logam.

Akibatnya, elektron tidak mampu melintasi penghalang di persimpangan, yang dikenal sebagai penghalang Schottky.

Namun, jika dioda Schottky diberi tegangan bias maju (forward bias), elektron di sisi semikonduktor tipe-n akan mendapatkan energi yang cukup untuk melintasi penghalang persimpangan dan bergerak ke wilayah logam.

Elektron ini memasuki wilayah logam dengan energi yang sangat tinggi, sehingga disebut elektron pembawa panas (hot carrier). Dengan alasan inilah, dioda Schottky juga dikenal sebagai dioda pembawa panas (Hot Carrier Diode).

Arus listrik akan melalui dioda Schottky dalam mode bias maju jika diberikan tegangan maju yang cukup.

Arus ini menghasilkan penurunan tegangan yang kecil saat melewati terminal dioda Schottky, yang biasa dikenal dengan istilah drop voltage.

Penurunan tegangan pada dioda Schottky lebih rendah dibandingkan dengan dioda silikon (dioda normal), yaitu sekitar 0,2V hingga 0,3V dibandingkan dengan 0,6V hingga 0,7V pada dioda silikon. Oleh karenanya, dioda Schottky mengonsumsi lebih sedikit tegangan dibandingkan dengan dioda normal.

Dioda Schottky memiliki karakteristik kunci yaitu kemampuan untuk dinyalakan (switch ON) dan dimatikan (switch OFF) dengan lebih cepat dan tidak menimbulkan noise yang berlebihan.

Keunggulan ini menjadikan dioda Schottky sangat sesuai untuk aplikasi dalam rangkaian yang memerlukan proses switching ON/OFF berkecepatan tinggi.

Baca juga:  Memahami Lebih Dalam : Pengertian dan Fungsi Dioda 1N4148

Jika dibandingkan dengan dioda biasa yang menggunakan persimpangan PN, dioda Schottky menjadi alternatif yang lebih baik untuk aplikasi switching ON/OFF berkecepatan tinggi.”

Karakteristik Dioda Schottky

Pengertian Dioda Schottky

Berikut adalah beberapa karakteristik atau sifat dioda Schottky yang perlu diketahui:

  • Dioda Schottky memunculkan arus saturasi balik pada tegangan yang signifikan lebih rendah dibandingkan dengan dioda silikon.
  • Arus mulai bergerak melalui dioda Schottky ketika tegangan bias maju mencapai lebih dari 0,2 atau 0,3 volt.
  • Diagram karakteristik VI dioda Schottky menggambarkan garis vertikal untuk arus yang bergerak melalui dioda dan garis horizontal untuk tegangan yang diberikan pada dioda.
  • Penurunan tegangan maju pada dioda Schottky berada dalam rentang 0,2 hingga 0,3 volt, sedangkan pada dioda biasa yang terhubung dengan PN, penurunan tegangan maju berada dalam rentang 0,6 hingga 0,7 volt.
  • Karakteristik VI dioda Schottky hampir mirip dengan dioda PN-junction, tetapi penurunan tegangan pada dioda Schottky jauh lebih kecil daripada dioda PN-junction.

Kegunaan Dioda Schottky

Sudah paham Pengertian Dioda Schottky? Selanjutnya, dioda Schottky memiliki beragam aplikasi, diantaranya:

  • Memiliki peran kunci dalam sirkuit Gaas.
  • Berperan sebagai penyearah dalam aplikasi sirkuit daya tinggi.
  • Diterapkan dalam berbagai aplikasi seperti daya, RF, deteksi sinyal, dan sirkuit logika.
  • Digunakan dalam beberapa aplikasi penjepit tegangan dan pencegahan saturasi transistor sebab kepadatan arus yang tinggi pada dioda Schottky.
  • Dipergunakan dalam sistem PV (photovoltaic) independen untuk menghentikan pengisian baterai dari panel surya pada malam hari dan pada sistem koneksi jaringan.

Aplikasi Dioda Schottky

Setelah memahami Pengertian Dioda Schottky, mari kita lanjutkan pada aplikasinya. Dioda Schottky sangat berguna dalam rangkaian yang membutuhkan proses switching berkecepatan tinggi.

Selain itu, dioda Schottky juga dipakai untuk mencegah saturasi transistor dan penjepitan tegangan, sebab arus listrik di dalam dioda Schottky sangat padat.

Baca juga:  Tabel Datasheet Dioda Semua Tipe Terlengkap

Hal tersebut menjadikan tegangan maju pada dioda Schottky menjadi rendah, dan sebagian besar tegangan terbuang dalam bentuk panas yang lebih sedikit.

Sehingga, dioda Schottky menjadi sangat efisien untuk aplikasi yang sangat sensitif.

Dalam sistem panel surya independen, dioda Schottky digunakan untuk menghentikan penggunaan baterai pada malam hari.

Pada sistem yang terkoneksi ke jaringan, dioda Schottky juga dimanfaatkan untuk tujuan yang sama.

Selain itu, dioda Schottky yang memiliki banyak string digunakan untuk mencegah aliran baterai pada panel surya saat terhubung dalam koneksi paralel.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, memahami Pengertian Dioda Schottky dan karakteristiknya sangat penting, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia elektronika. Dioda ini menawarkan keunggulan dalam kecepatan switching, efisiensi energi, dan penurunan tegangan maju yang rendah, membuatnya menjadi pilihan yang ideal dalam berbagai aplikasi teknis.

Dengan fitur-fitur tersebut, tidak heran jika dioda Schottky menjadi komponen yang tidak bisa diabaikan dalam berbagai skema perangkat elektronik, mulai dari sirkuit daya tinggi hingga sistem panel surya.

Dengan pengetahuan ini, diharapkan Kalian dapat memanfaatkan dioda Schottky dengan lebih efisien dan efektif dalam berbagai aplikasi elektronik. Jadi, teruslah belajar dan eksplor tentang berbagai komponen elektronik lainnya untuk memperdalam pengetahuan Kalian dalam bidang ini. Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Pengertian Dioda Schottky. Semoga bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *