Penyebab Body Kulkas Nyetrum

Penyebab Body Kulkas Nyetrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Body Kulkas Nyetrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?. Kulkas adalah perangkat rumah tangga yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan modern. Kulkas bertanggung jawab untuk menjaga makanan dan minuman kita tetap segar dan tahan lama. Namun, beberapa orang mungkin pernah mengalami sensasi nyetrum ketika menyentuh body kulkas.

Kondisi ini bisa sangat mengganggu dan bahkan dapat membahayakan keselamatan Kalian. Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum dari penyebab body kulkas nyetrum dan cara mengatasinya.

Penyebab Body Kulkas Nyetrum Saat Disentuh

Penyebab Body Kulkas Nyetrum, umumnya, kulkas yang sudah cukup tua seringkali mengalami masalah nyetrum saat disentuh. Namun, terkadang masalah ini juga dapat terjadi pada kulkas yang masih baru. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu diketahui sebagai penyebab masalah tersebut.

1. Kompresor short body

Fungsi utama kompresor pada kulkas adalah sebagai bagian dari sistem pendingin. Jika terjadi short body pada kompresor, artinya isolasi gulungan di dalamnya mulai mengelupas dan menempel pada bagian body kompresor. Akibatnya, terjadi arus listrik yang mengalir pada body kulkas dan menyebabkan sensasi kesetrum saat disentuh.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp : Dengan Mudah 

2. Korsleting pada heater

Heater pada kulkas terdiri dari lilitan kawat tahan panas yang terbungkus dalam tabung kaca. Tabung kaca ini berfungsi untuk mengisolasi arus listrik sehingga tidak menyebabkan sensasi kesetrum pada bagian kulkas lainnya. Jika penyebab kulkas nyetrum adalah heater yang mengalami korsleting, bagian kaca tabung biasanya akan pecah. Akibatnya, lilitan heater pemanas dapat menyentuh evaporator atau body kulkas.

3. Kabel colokan terkelupas

Penyebab lain dari sensasi kesetrum pada body kulkas adalah kabel instalasi yang mengelupas atau sambungan kabel yang tidak terisolasi dengan baik. Hal ini dapat membuat kabel menempel pada body kulkas dan mengalirkan arus listrik ke permukaan luar.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, disarankan untuk secara berkala memeriksa kondisi kabel colokan kulkas. Terkadang, kabel yang mengelupas dapat disebabkan oleh gigitan tikus atau kecoa.

4. Kabel grounding putus

Grounding adalah sebuah mekanisme dalam instalasi listrik rumah yang menggunakan jalur kabel tersendiri yang terhubung ke titik pertanahan atau bumi. Fungsi dari grounding adalah untuk mencegah terjadinya sengatan listrik ketika kita menyentuh peralatan elektronik.

Untuk memeriksa apakah kabel grounding berfungsi dengan baik, Anda dapat melihat ke bagian belakang kulkas, terutama di area kompresor. Kabel grounding biasanya berwarna kuning dan terhubung dengan body kulkas.

Cara Mengatasi Body Kulkas yang Nyetrum

Jika Kalian merasakan kesetrum saat menyentuh kulkas, bukan berarti kulkas sudah rusak dan perlu diganti. Cobalah mengatasi penyebab kulkas kesetrum dengan beberapa tips berikut ini.

1. Perbaiki kompresor

Apabila kompresor mengalami short body, saatnya menggantinya dengan yang baru.

2. Pasang grounding

Pasanglah kabel grounding yang dihubungkan langsung ke tanah untuk melindungi Kalian dari risiko terkena sengatan listrik.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas Dua Pintu : Panduan Untuk Pemula

3. Ganti kabel

Jika kabel hanya terkelupas sedikit, Kalian dapat memperbaikinya dengan mengisolasi bagian yang terkelupas. Tetapi, jika kabel menuju steker atau pemanas tampak usang atau terkelupas parah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Ubah posisi steker

Untuk mengatasi masalah kulkas kesetrum, Kalian dapat mencoba membalikkan posisi steker listrik. Misalnya, jika kepala steker menghadap ke atas saat dicolokkan, putar posisinya menjadi menghadap ke bawah. Langkah ini akan membalikkan arus listrik, sehingga Kalian tidak akan tersengat listrik saat menyentuh kulkas.

Cara Mengatasi Kulkas yang Boros Listrik

Kulkas yang kesetrum juga akan boros listrik. Jika setelah diperbaiki tagihan listrik tetap tinggi, maka lakukan tips berikut ini!

1. Hindari Buka Tutup Pintu Kulkas Terlalu Sering

Kebiasaan ini sangat berpotensi meningkatkan tagihan listrik. Pintu kulkas yang tertutup rapat akan cepat mencapai suhu dingin. Jika sering membuka dan menutup kulkas, maka energi yang digunakan kulkas akan lebih besar.

Udara hangat dari luar ikut menurunkan suhu di dalam kulkas. Proses menurunkan suhu panas inilah yang memerlukan energi lebih. Hal ini juga berlaku saat Kalian memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.

2. Berikan Jarak yang Tepat

Penempatan kulkas sangat penting untuk mengurangi pemakaian listrik yang boros. Berikan jarak minimal 15 cm antara kulkas dan dinding. Kalian juga bisa memberi jarak minimal 30 cm antara kulkas dan objek di sekitarnya.

Tujuannya adalah agar kulkas tidak cepat panas. Beban kerja kulkas akan lebih ringan dan mengurangi pemakaian listrik.

3. Isi Kulkas dengan Tepat

Ketika kulkas dalam kondisi kosong atau setengah isi, akan memerlukan energi lebih besar. Kulkas perlu sirkulasi udara agar bekerja dengan normal. Isilah kulkas dan susun bahan makanan atau minuman sesuai tempatnya.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp 1 Pintu Paling Mudah

4. Atur Suhu Kulkas

Pengaturan suhu kulkas yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan boros listrik. Jika mengatur suhu pada titik terendah, akan menambah beban kerja kulkas.

Kini Kalian sudah tahu apa saja yang menyebabkan kulkas boros listrik. Jika takut memperbaikinya sendiri, panggil teknisi agar ditangani dengan aman.

Baca Juga :

Penutup

Dari pembahasan di atas, kita dapat memahami beberapa penyebab umum mengapa body kulkas bisa nyetrum, seperti masalah pada kompresor, grounding, kabel, dan posisi steker. Mengatasi masalah ini penting untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan Kalian saat menggunakan kulkas.

Selain itu, dengan mengikuti tips yang telah disampaikan, Kalian juga dapat mengurangi pemakaian listrik yang boros akibat kulkas yang nyetrum. Jangan ragu untuk memanggil teknisi jika Kalian merasa kesulitan memperbaiki masalah ini sendiri. Ingat, keselamatan Kalian dan keluarga harus selalu menjadi prioritas utama. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Penyebab Body Kulkas Nyetrum ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *