Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air

Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air : Solusinya

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air : Solusinya. Kerusakan atau masalah pada mesin jet pump bisa terjadi kapan saja dan sangat mungkin terjadi. Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna jet pump adalah ketika mesin menyala namun tidak mengeluarkan air.

Masalah ini dapat mengganggu kebutuhan pokok seperti mandi, mencuci, dan aktivitas MCK lainnya.

Kondisi di mana pompa air menyala tetapi tidak ada air yang keluar tidak bisa dianggap sepele karena dapat mengakibatkan ketidaknyamanan yang signifikan.

Jika terjadi kerusakan pada mesin jet pump, maka perbaikan harus dilakukan agar mesin dapat berfungsi dengan baik kembali.

Ketika mesin pompa air menyala tetapi tidak mengeluarkan air, pasti ada penyebab yang jelas. Kerusakan pada jet pump tidak muncul begitu saja tanpa adanya penyebab yang jelas.

Oleh karena itu, diperlukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan mesin jet pump tidak mengeluarkan air meskipun mesin dalam kondisi menyala. Jika Anda belum mengetahui penyebabnya, maka berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air

Masalah mesin jet pump yang menyala tetapi tidak dapat menyedot air ke atas sering terjadi ketika debit air dari dalam sumur berkurang, terutama pada musim kemarau.

Selain itu, kondisi di mana mesin jet pump menyala tetapi tidak ada air yang keluar juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen mesin jet pump tertentu.

Baca juga:  Penyebab Mesin Pompa Air Bunyi Terus dan Solusinya Lengkap

Penyebab kerusakan pompa air dapat berasal dari faktor manusia atau mesin jet pump itu sendiri. Oleh karena itu, perlu mengetahui Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air agar dapat melakukan perbaikan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin jet pump yang menyala tetapi tidak mengeluarkan air.

1. Ketersediaan Sumber Air Menurun

Apabila mesin jet pump menghasilkan suara yang tidak biasa atau lebih berisik dari biasanya, kemungkinan besar disebabkan oleh mesin tidak dapat menghisap air dari sumbernya. Hal ini biasanya terjadi ketika ketersediaan sumber air menurun.

Ketersediaan sumber air yang menurun dapat membuat pipa hisap tidak bisa menjangkau air, sehingga daya dorong pompa air melemah dan menyebabkan air tidak dapat dipompa keluar.

Untuk memastikan ketersediaan air mencukupi, bisa memasang stop kran pada saluran pipa keluar.

Dengan membuka stop kran mulai dari bukaan terkecil hingga terbuka secara penuh, dapat diketahui apakah ketersediaan air mencukupi atau tidak.

Jika pada bukaan kecil air keluar sedikit, lalu air tidak keluar sama sekali saat stop kran terbuka penuh, maka dapat dipastikan bahwa ujung pipa hisap tidak bisa menjangkau sumber air.

Kondisi seperti ini sering terjadi pada musim kemarau, ketika banyak sumber air mengalami kekeringan.

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan pengeboran lebih dalam atau menurunkan pompa air hingga pipa hisap bisa menjangkau sumber air.

2. Salah Pemasangan atau Pipa Hisap Bocor

Penyebab lain mesin jet pump yang tidak dapat mengeluarkan air adalah kesalahan dalam pemasangan pipa hisap.

Kesalahan seperti pipa hisap yang terlalu dalam ke dasar sumur dapat menimbulkan risiko tertimbun lumpur atau endapan sumur, sehingga foot valve tersumbat dan mengakibatkan jet pump tidak dapat mengeluarkan air meskipun mesin dalam kondisi menyala.

Selain itu, kebocoran atau sambungan pipa yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab daya hisap jet pump hilang meskipun mesin dalam kondisi normal.

Untuk mengatasinya, perlu melakukan perbaikan pada kebocoran atau kesalahan pemasangan pipa hisap yang terlalu dalam.

Baca juga:  Memahami Apa Itu Pompa Booster : Solusi Tangguh untuk Tekanan Air

3. Mata Jet Tersumbat

Kesalahan dalam pemasangan pipa yang terlalu dalam dapat menyebabkan jet pump menghisap lumpur dan kotoran, sehingga mata jet tersumbat dan jet pump tidak dapat mengeluarkan air.

Untuk mengatasi masalah ini, pipa harus diangkat ke atas dan mata jet harus disterilkan dengan membersihkan semua kotoran yang menyumbat pada komponen mata jet pump.

Dengan membersihkan mata jet yang tersumbat, jet pump akan dapat kembali berfungsi dengan normal dan mengeluarkan air.

4. Tusen Klep Rusak atau Bocor

Salah satu penyebab mesin jet pump yang menyala tetapi tidak mengeluarkan air adalah rusak atau bocornya tusen klep.

Fungsi tusen klep adalah untuk menjaga kestabilan air, sehingga air tetap berada di atas tusen klep dan tidak langsung turun ke dasar.

Tusen klep yang bocor dapat disebabkan oleh pegas yang aus atau terbalik saat dipasang. Ciri-ciri kerusakan tusen klep adalah ketika jet pump dipancing berkali-kali, tetapi tidak terisi penuh dengan air.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa apakah ada kesalahan pemasangan atau tusen klep yang rusak.

Jika terdapat indikasi kerusakan atau kesalahan, dapat diganti dengan tusen klep yang baru atau dipasang dengan posisi yang benar.

5. Gearbox Mesin Jet Pump Rusak

Penyebab lain dari mesin jet pump yang menyala tetapi tidak mengeluarkan air adalah kerusakan pada bagian gearbox. Komponen gearbox jet pump berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menghisap air dari dalam sumur.

Kerusakan pada gearbox dapat menyebabkan energi hisap dari pompa menurun, sehingga jet pump mengeluarkan air dengan debit yang kecil atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Untuk memeriksanya, perlu membongkar bagian kedua pipa hisap jet pump dan memeriksa apakah gearbox masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika terdapat kerusakan, gearbox dapat diganti dengan yang baru.

6. Pengaturan Stop Kran atau Ball Valve Tidak Sesuai

Stop kran umumnya terletak pada bagian pipa air keluar dan berfungsi untuk mengendalikan aliran air agar tetap normal.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Pompa Booster Secara Lengkap

Apabila stop kran dibuka terlalu lebar, hal ini dapat menyebabkan air tidak keluar dan ditandai dengan suara mesin yang semakin keras.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu menutup stop kran dengan rapat ketika mesin jet pump dalam kondisi hidup agar air dapat keluar dengan normal.

Berbeda dengan stop kran, ball valve memiliki cara kerja yang berbeda. Saat mesin jet pump dalam kondisi hidup, ball valve harus dalam kondisi terbuka dan dapat diatur dengan obeng min (-) untuk membuka ball valve.

7. Spesifikasi Jet Pump Tidak Sesuai Dengan Kedalam Sumur

Penyebab terakhir dari mesin jet pump yang menyala tetapi tidak mengeluarkan air adalah spesifikasi jet pump yang tidak sesuai dengan kedalaman sumur.

Spesifikasi mesin pompa air sangat mempengaruhi besar kecilnya air yang dapat keluar dari sumur.

Jika kedalaman sumur Anda 45 meter, namun pompa yang digunakan memiliki daya hisap hanya 30 meter, maka sangat tidak mungkin air dapat keluar dengan normal.

Oleh karena itu, perlu menyesuaikan spesifikasi pompa dengan kedalaman sumur Anda agar dapat mengeluarkan air dengan normal.

Kesimpulan

Secara kesimpulannya, meskipun mesin jet pump digunakan untuk memompa air, namun terkadang muncul masalah seperti mesin menyala tetapi tidak mengeluarkan air.

Dalam artikel ini, telah diuraikan beberapa penyebab umum seperti masalah pada impeller, penyumbatan pada pipa, keausan pada seal, dan keausan pada bearing.

Dengan mengetahui penyebabnya, kalian dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah dan memastikan mesin jet pump berfungsi dengan baik. Namun, jika masih merasa kesulitan, lebih baik memanggil teknisi untuk memeriksanya.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian yang mengalami masalah serupa. Itulah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air, terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *