Persamaan STR W5453A

Persamaan STR W5453A : TV SHARP Yang Di Rekomendasikan

Posted on

Bengkeltv.idPersamaan STR W5453A : TV SHARP Yang Di Rekomendasikan. Persamaan STR W5453A adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh teknisi dan penggemar elektronik. STR W5453A merupakan komponen penting pada power supply yang digunakan pada berbagai jenis perangkat elektronik, seperti televisi, monitor komputer, dan peralatan audio.

Dalam memperbaiki perangkat elektronik yang menggunakan STR W5453A, diperlukan pemahaman tentang persamaan dan karakteristik dari komponen tersebut. Hal ini sangat penting untuk memastikan penggantian komponen yang tepat dan menghindari kerusakan yang lebih besar pada perangkat tersebut.

Untuk mengetahui persamaan STR W5453A, dapat dilakukan dengan cara memeriksa datasheet dari komponen tersebut. Dalam datasheet tersebut, terdapat informasi mengenai persamaan, karakteristik, dan parameter lainnya yang sangat berguna dalam memperbaiki perangkat elektronik.

Dalam praktiknya, seringkali terdapat beberapa jenis komponen elektronik yang memiliki persamaan dengan STR W5453A. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengamatan yang cermat dan memeriksa datasheet dengan teliti untuk memastikan bahwa komponen yang dipilih benar-benar cocok dan dapat digunakan sebagai pengganti STR W5453A.

Cara Kerja STR TV

Persamaan STR W5453A

Rangkaian power supply terdiri dari transistor penguat dan osilator yang biasanya terpisah. Namun, pada beberapa desain televisi, kedua komponen tersebut telah digabungkan menjadi sebuah IC yang dikenal sebagai STR, seperti pada gambar di bawah ini.

STR sendiri terdiri dari transistor penguat dan rangkaian osilator power supply yang berfungsi untuk mengatur tegangan pada transcooper. Tujuannya adalah untuk membuat tegangan output pada transcooper se-stabil mungkin, bahkan jika tegangan inputnya berasal dari sumber yang naik turun atau tidak stabil.

Kegunaan setiap PIN pada STR ialah sebagai berikut.

  1. Pada PIN 1 terdapat tegangan input yang berasal dari tegangan yang telah diteruskan oleh rangkaian penyearah, difilter oleh C507, dan kemudian dialirkan pada transcooper T501. Besar tegangan pada PIN 1 berkisar antara 200 hingga 350V dc, tergantung pada nilai tegangan yang terdapat pada C507.
  2. PIN 2 ialah ground (catu negatif) untuk STR.
  3. PIN 3 merupakan catu untuk osilator yang telah dipadu didalam STR. Tegangan PIN 3 berkisar antar 8 – 12,5 V dc.
  4. PIN 4 berfungsi sebagai catu untuk mengontrol STR N501. Tegangan pada PIN ini diatur oleh IC program pada pin power dan memiliki nilai sekitar 0 hingga 5 V dc. STR akan bekerja ketika tegangan pada PIN ini bernilai 0 V, sementara jika tegangan pada PIN 4 bernilai 5 V dc, maka STR tidak akan berfungsi. Artinya, jika STR berfungsi pada tegangan 0 V, maka pada saat tegangan 5 V dc, STR tidak akan berfungsi dan sebaliknya.
  5. PIN 5 diberi catu oleh transcooper setelah rangkaian power dalam kondisi hidup. Tegangannya mencapai 3 – 12 V dc.
Baca juga:  Cara Membuat Remote TV Universal : Mudah & Cepat

Saat STR bekerja, akan terjadi induksi diri pada transcooper yang akan menghasilkan tegangan pada output transcooper melalui proses induksi. Besar tegangan yang dihasilkan akan disesuaikan dengan kebutuhan blok rangkaian masing-masing.

Skema Regulator STR TV Sharp

Berikut ini adalah gambaran skema regulator TV Sharp yang menggunakan STR W5453A sebagai komponen utama pada blok power supply utama. Dengan gambaran ini, Anda dapat memahami bagaimana komponen ini bekerja dan terhubung dengan bagian-bagian lainnya pada TV Sharp.

Persamaan STR W5453A

Gambar di atas menunjukkan skema regulator TV Sharp yang Persamaan STR W5453A sebagai komponen utama pada blok power supply utama.

Pada skema regulator di atas, kapasitor elektronik (elco) berwarna oranye seringkali mengalami kerusakan. Biasanya, nilai kapasitasnya sudah menurun sehingga mengakibatkan tegangan output trafo switching menjadi drop. Namun, dengan mengganti elco yang rusak dengan yang baru, maka kerusakan dan penurunan tegangan dapat diatasi.

Persamaan STR W5453A

Ketersediaan STR W5453A di pasaran bisa sangat sulit atau kadang-kadang mudah ditemukan. Namun, jika kalian kesulitan menemukannya di toko elektronik online maupun offline, solusinya adalah mencari persamaan model.

Dengan adanya persamaan model, kalian dapat lebih mudah memperbaiki perangkat elektronik yang menggunakan komponen tersebut. Namun, jika persamaan model yang dicari juga sulit ditemukan, membeli STR W5453A secara online mungkin menjadi pilihan, meskipun harganya cenderung lebih mahal karena biaya ongkir yang dikenakan.

Setiap model dan type STR TV Sharp memiliki persamaan masing-masing, meskipun beberapa STR mungkin memiliki persamaan yang sama dengan type lain. Pastinya, persamaan untuk STR W5453 berbeda dengan Persamaan STR W5453A.

Sebagian besar teknisi service TV akan mencari persamaan STR dengan data PIN kaki yang sama dengan STR W5453A. Persamaan untuk STR W5453A seharusnya memiliki data PIN yang sama dengan model STR TV Sharp jenis tabung yang digunakan.

Baca juga:  Cara Share TV Kabel dengan Mudah

Bagi kalian yang belum mengetahui persamaan STR W5453A, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya, karena kami akan membagikannya. Lalu, apa persamaan data PIN untuk model STR W5453A pada TV Sharp Tabung?

Terdapat satu model persamaan untuk STR TV Sharp yang cocok sebagai penggantinya. Kami telah mencobanya dan terbukti memiliki kualitas dan fungsi yang sangat cocok dan kompatibel, sehingga kalian tidak perlu khawatir akan adanya risiko lainnya.

Persamaan terbaik untuk STR W5453A adalah STR W6553 dan STR W6554. Kedua model tersebut merupakan persamaan yang paling cocok untuk menggantikan fungsi STR W5453A yang mengalami kerusakan, bocor, atau cepat panas.

Namun, jika kedua model tersebut sulit ditemukan atau tidak tersedia di toko, kalian dapat mencari persamaan model lain untuk STR TV Sharp tabung dengan mencocokan data-data PIN STR W5453A yang tertera di bawah ini.

  • 1 = DRAIN
  • 2= NC
  • 3= ground
  • 4=vcc=33volt
  • 5=OLP/as
  • 6=FB
  • 7=OCP

Harga Persamaan STR W5453A

STR W5453A memang sulit ditemukan baik di toko elektronik offline maupun online. Banyak orang yang penasaran tentang harga STR di toko elektronik online atau offline saat membutuhkannya atau mencari persamaan model lain.

Sebenarnya, harga STR hampir sama di toko online maupun offline, dan perbedaannya hanya sedikit. Namun, tidak akan ada perbedaan harga yang terlalu jauh antara satu toko dengan toko elektronik lainnya.

Meskipun begitu, jika kalian membeli STR secara online, kalian harus siap membayar hingga dua kali lipat dari harga STR karena ada biaya ongkos kirim yang harus ditanggung. Lalu, berapa harga untuk STR W5453A dan persamaan model STR tersebut?

Harga untuk STR W5453A dan persamaan STR yaitu STR W6553 dan STR W6554 berkisar sekitar Rp. 15.000,- baik di toko elektronik offline maupun online. Namun, jika kalian membeli secara online, kalian akan dikenakan biaya ongkos kirim sebesar minimal Rp. 7.000,- hingga Rp. 50.000,- tergantung dari toko online yang kalian gunakan.

Baca juga:  Kode Remot TV Votre dan Cara Settingnya (All Type).

Gejala Kerusakan STR W5453A

Kerusakan pada televisi umumnya akan menimbulkan ciri-ciri atau gejala tertentu. Gejala-gejala umum akibat kerusakan pada STR TV dapat menyebabkan televisi mati total, tegangan naik turun, dan masih banyak lagi.

Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui gejala ketika STR W5453A pada TV Sharp tabung mengalami kerusakan agar tidak salah melakukan pemeriksaan fisik ketika TV tidak normal.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui gejala kerusakan pada STR W5453A. Beberapa gejala yang sering terjadi apabila STR W5453A pada perangkat televisi tabung merek Sharp mengalami kerusakan antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak keluar tegangan pada output sekunder travo switching.
  2. Terkadang tegangan naik turun, timbul tenggelam.
  3. Tegangan berdenyit tidak stabil.
  4. TV kadang normal kadang tidak atau kadang hidup kadang mati.
  5. TV Sharp tabung mati total.
  6. Tegangan output dari trafo kurang maupun berlebihan.

Penutup

Demikianlah informasi lengkap dari bengkeltv.id tentang persamaan STR W5453A lengkap dengan skema dan cara kerjanya. Kami yakin bahwa ulasan pada artikel di atas dapat memberikan solusi bagi kalian .

Dengan informasi ini, kalian dapat lebih mudah mencari solusi jika mengalami kerusakan pada STR TV Sharp dan mengetahui bagaimana cara kerja dari komponen ini.

Kami harap artikel ini dapat membantu kalian dalam memperbaiki TV Sharp yang mengalami kerusakan pada bagian blok power supply utama. Terima kasih telah membaca informasi ini, semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *