Persamaan STR W6753

Persamaan STR W6753 Regulator Yang Lebih Bagus : Terbaru !!

Posted on

Bengkeltv.id Persamaan STR W6753 Regulator Yang Lebih Bagus : Terbaru !!. Regulator adalah suatu komponen elektronik yang berfungsi untuk mengatur tegangan listrik pada rangkaian elektronik. Peran regulator sangatlah penting untuk menjaga kestabilan dan keamanan perangkat elektronik.

Salah satu jenis regulator yang banyak digunakan adalah regulator STR W6753. Namun, jika Anda sedang mencari alternatif yang lebih unggul dari regulator STR W6753, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas regulator yang setara dengan STR W6753 namun memiliki kinerja yang lebih baik.

Apa Itu STR W6753 ?

IC topologi quasi-resonant STR W6753 didesain khusus untuk aplikasi SMPS. Kelebihan utamanya adalah karakteristik noise EMI yang lebih rendah dibandingkan dengan solusi PWM konvensional, terutama pada frekuensi di atas 2 MHz.

IC ini juga menyediakan mode soft-switching yang memanfaatkan karakteristik resonansi dari induktansi primer dan kapasitor resonansi, sehingga dapat menghidupkan MOSFET internal dekat dengan titik nol tegangan (VDS).

STR W6753 hadir dalam package TO-220 yang terdiri dari chip controller (MIC) dan MOSFET sehingga dapat memberikan daya output hingga 58 W dengan input universal atau 120 W dengan input 230 VAC.

Banyak TV tabung mengandalkan regulator IC STR W6753 karena memiliki fitur PIN OCP (Overcurrent Protection Device) yang dapat mendeteksi arus tinggi pada rangkaian primer trafo.

Persamaan STR W6753

STR W6753 adalah IC topologi quasi-resonant yang dirancang untuk SMPS. Komponen ini terdiri dari power FET, osilator PWM, dan beberapa sistem proteksi yang dikemas dalam satu pack pada TV.

STR W6753 sulit ditemukan di pasaran, sehingga Anda harus mencari persamaannya yang dapat digunakan sebagai pengganti. STR W6753 dapat ditemukan pada beberapa rangkaian elektronika pada mesin TV Tabung Sharp, Samsung, Sanyo, dan merek lainnya.

Baca juga:  Persamaan Transistor BD139 Lengkap dengan Datasheet

Salah satu persamaan STR W6753 yang paling cocok adalah STR W6754. Menurut informasi yang kami dapatkan, STR W6754 merupakan pengganti terbaik untuk STR W6753 sebagai persamaan IC STR untuk semua merek TV.

Karakteristik STR W6753

Jika IC yang menjadi persamaan STR tersebut tidak tersedia, maka Anda dapat mencari persamaannya melalui karakteristiknya. Anda dapat mencari regulator STR dengan karakteristik yang sama dengan STR W6753, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  • Tegangan kontrol supply (VCC) : 35V
  • Tegangan drain-source (VDSS) : 650V
  • Arus maksimal drain switching (IDM) : 11.2A
  • Single Pulse avalanche energy (EAS) : 145mJ
  • Daya disipasi (PD) : 0.5W

Anda dapat mencari persamaan STR TV yang memiliki karakteristik yang sama dengan STR yang dijelaskan di atas, yang merupakan karakteristik dari STR W6753.

Fungsi IC STR W6753

Perlu diketahui bahwa IC ini dilengkapi dengan PIN OCP yang berfungsi untuk mendeteksi kekuatan arus pada rangkaian transformator primer switching jika terjadi short pada rangkaian sekunder atau primer.

PIN tersebut terhubung ke PIN source atau ground dari internal power FET dengan dua resistor, salah satunya berfungsi sebagai sensor arus yang terhubung ke minus elko besar dengan nilai yang sangat rendah.

Harga Persamaan STR W6753

Mengganti STR asli dengan persamaan STR lain sering menjadi solusi yang diambil oleh teknisi TV jika STR asli tidak tersedia. Kadang-kadang, persamaan STR lebih mudah ditemukan di toko elektronik atau online.

Harga STR W6753 sekitar Rp. 30.000 di toko elektronik dan online. Sedangkan harga persamaan STR W6753 tidak jauh berbeda, yaitu sekitar Rp. 30.000 di toko elektronik dan online.

Namun, harga tersebut dapat berbeda di setiap toko elektronik, bisa lebih murah atau lebih mahal. Rata-rata, harganya sekitar Rp. 30.000, dan jika lebih mahal, mungkin hanya berbeda beberapa ribu rupiah saja.

Baca juga:  Apa Itu IGBT : Pengertian dan Cara Kerjanya.

Fungsi Transistor STR TV

IC Regulator STR umumnya digunakan pada TV tabung dari berbagai merek seperti Sharp, Samsung, Sanyo, dan lain-lain. Namun, IC Regulator STR W6753 cukup sulit ditemukan, baik di toko online maupun offline.

IC Regulator STR pada TV dilengkapi dengan PIN OCP yang berfungsi untuk mendeteksi kekuatan arus pada rangkaian transformator primer switching jika terjadi short pada rangkaian sekunder atau primer IC TV.

Jika diperhatikan lebih jelas, PIN tersebut terhubung ke PIN source atau ground dari internal power FET dengan dua resistor. Salah satunya berfungsi sebagai sensor arus yang terhubung ke minus elko besar dengan nilai yang sangat rendah.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa IC Regulator STR pada TV memiliki peranan yang cukup penting. Jika IC Regulator STR ini mengalami kerusakan, maka harus segera diganti. Jika tidak ada tipe yang sama, maka bisa diganti dengan persamaan STR lain.

Data Pinout STR W6753 Regulator TV Tabung

Berikut ini adalah pinout STR W6753 yang dapat membantu Anda mempelajari cara kerja IC regulator TV tabung ini:

Persamaan STR W6753

Beberapa Cara Mengecek Skema Regulator TV Sanyo Str W6753

Komponen utama pada regulator TV adalah IC regulator tegangan STR W6753. Untuk memeriksa kerusakan pada komponen ini, dapat menggunakan Avometer.

Beberapa masalah yang sering terjadi akibat kerusakan pada komponen ini adalah TV mati total atau konslet yang disertai dengan fuse sekering yang putus.

Jika terjadi kerusakan pada komponen STR, biasanya perlu dilakukan penggantian dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap semua komponen terlebih dahulu. Jika semua komponen dalam kondisi baik, maka tidak perlu mengganti STR.

Namun, jika ada komponen yang rusak, dapat diganti dengan STR baru seperti STRW6754 atau STRW6750F yang memiliki daya yang lebih besar.

Persamaan STR W6753

Untuk memeriksa kondisi STR menggunakan Avometer, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Baca juga:  Pahami, Penyebab Ampli Transistor Final Cepat Panas Disini

  • Untuk mengecek kondisi STR dengan menggunakan Avometer, pertama-tama atur Avometer pada skala 1x atau 10x, namun lebih disarankan untuk menggunakan skala 1k untuk menghasilkan hasil pengukuran yang lebih jelas.
  • Langkah selanjutnya adalah memulai pengukuran pada STR yang rusak dengan menempelkan probe berwarna hitam dari Avometer pada kaki nomor 5 dan probe merah pada kaki nomor 4. Jarum pada Avometer akan bergerak dan menunjukkan angka 2 Kohm.
  • Selanjutnya, tempelkan probe hitam pada kaki nomor 5 dan probe merah pada kaki nomor 3. Hasilnya, jarum pada Avometer akan bergerak dan menunjukkan angka 6 Kohm.
  • Lalu, tempelkan probe hitam pada kaki nomor 5 dan probe merah pada kaki nomor 2. Hasil dari jarum pada Avometer akan menunjukkan angka 2,7 Kohm.

Jika jarum pada Avometer bergerak ke arah resistensi atau terjadi kebocoran, itu menunjukkan bahwa STR mengalami kerusakan.

Solusinya adalah dengan mengganti dengan STR yang baru, karena berdasarkan hasil pengecekan, STR tersebut sudah mengalami kebocoran. Pada TV yang memiliki STR yang normal, jarum pada Avometer tidak akan bergerak ke arah manapun.

Penutup

Di artikel ini, telah dibahas tentang regulator IC STR W6753 yang digunakan pada TV tabung dan sulit ditemukan di pasaran. Beberapa persamaan regulator STR lain juga telah diperkenalkan sebagai pengganti.

Selain itu, telah dipelajari cara mengecek kondisi STR menggunakan Avometer dan mengganti dengan STR baru jika diperlukan.

Diharapkan dengan informasi ini, pembaca dapat menemukan solusi untuk masalah regulator pada TV tabung mereka. Jangan lupa untuk mencari kata kunci “Persamaan STR W6753” saat mencari solusi untuk masalah regulator TV tabung. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id tentang Persamaan STR W6753, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *