Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Skema Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Posted on

Bengkeltv.idSkema Rangkaian Lampu TL 36 Watt. Rangkaian Lampu TL 36 Watt merupakan salah satu jenis lampu yang banyak digunakan dalam berbagai jenis aplikasi pencahayaan. Lampu ini terkenal dengan keunggulannya dalam memberikan cahaya yang terang, tahan lama, serta hemat energi. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menggunakan Rangkaian Lampu TL 36 Watt sebagai alternatif penerangan di rumah, kantor, dan bahkan di area industri.

Namun, sebelum memasang lampu TL 36 Watt, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan instalasi yang aman dan tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah penting dalam memasang Rangkaian Lampu TL 36 Watt beserta informasi penting lainnya yang berkaitan dengan lampu ini.

Sebelum membahas cara merakitnya, perlu kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu lampu TL, cara kerjanya, serta kelebihannya.

Apa itu Rangkaian Lampu TL 36 Watt?

Sebelum membahas tentang cara memasang Rangkaian Lampu TL 36 Watt, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu lampu TL 36 Watt. Lampu TL 36 Watt merupakan jenis lampu neon yang menggunakan teknologi fluorescent.

Lampu ini biasanya digunakan untuk pencahayaan dalam ruangan seperti kantor, rumah, maupun industri karena memberikan cahaya yang terang, tahan lama, dan hemat energi.

Pengertian TL

Lampu TL, atau yang singkatan dari Tube Luminescent, adalah jenis lampu penerangan yang berbentuk tabung dan juga dikenal sebagai pencahayaan pendar. Lampu ini menggunakan energi dari lapisan fluorescent sebagai pemancar cahaya dan gas neon saat terdapat arus listrik.

Baca juga:  Perbandingan Watt Lampu LED dengan Lampu Biasa Secara Lengkap

Cara kerja lampu TL ini didasarkan pada penggunaan gas di dalam tabungnya. Ketika elektroda menerima tegangan tinggi, gas di dalam tabung akan terionisasi dan menyebabkan elektron di dalam gas tersebut bergerak dan menghasilkan lapisan fluorescent di bagian dalam tabung. Cahaya yang dihasilkan oleh lapisan fluorescent ini kemudian terlihat oleh mata manusia sebagai pencahayaan.

Karakteristik TL

Lampu TL memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari jenis lampu lain, yaitu mampu menghasilkan cahaya output per watt daya yang lebih besar dibandingkan dengan lampu biasa atau incandescent lamp.

Berdasarkan penelitian, lampu TL dengan daya 32 watt dapat menghasilkan cahaya sebesar 1700 lumens, sedangkan lampu pijar dengan daya 75 watt hanya menghasilkan 120 lumens.

Dengan perbandingan efisiensi yang signifikan, yaitu 53:16, dapat disimpulkan bahwa lampu TL lebih efisien dalam menghasilkan intensitas cahaya dibandingkan dengan lampu biasa. Efisiensi sendiri dihitung dengan membagi intensitas cahaya yang dihasilkan dengan daya listrik yang digunakan.

Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Berikut gambar rangkaian tube lamp dengan daya 36 watt.

Rangkaian Lampu TL 36 Watt.

Berikut adalah langkah-langkah merakit rangkaian lampu TL 36 watt:

  • Sambungkan kabel AC pada bagian kanan lampu TL dan kabel travo pada bagian kiri lampu TL.
  • Kabel biru dihubungkan pada bagian starter.
  • Kabel hijau dihubungkan pada bagian kanan rangkaian.
  • Kabel merah dihubungkan pada jalur travo.

Rangkaian Lampu TL 2 Lampu 2 Ballast

Berikutnya, terdapat rangkaian 2 tabung lampu dan 2 ballast. Ballast berfungsi sebagai sumber tegangan untuk menyalakan lampu TL dari tegangan AC 220 volt. Mohon perhatikan gambar berikut!

Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Berikut ini adalah cara merakit dengan menggunakan dua ballast:

  • Pasang sumber tegangan dari dua kabel dan hubungkan ke kedua ballast. Pastikan untuk mengetatkan baut dengan kuat agar tidak longgar.
  • Sambungkan kabel di sisi kiri ke ballast di sisi kanan dan pastikan untuk mengetatkan baut dengan hati-hati agar tidak pecah.
  • Sambungkan kabel dari fitting di sisi kiri ke ballast di sisi kanan, dan lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya. Pastikan baut telah dikencangkan dengan kuat.
  • Pasang kabel fitting di sisi kiri ke starter bagian kanan, dan lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya.
  • Gunakan kap pemantul cahaya dan pasang TL di sisi kiri dan kanan.
Baca juga:  Skema Rangkaian Lampu LED Berjalan 12 Volt : UPDATE Terbaru dan Pengertiannya

Kelebihan Menggunakan TL

Ada beberapa keuntungan menggunakan lampu tabung jika dibandingkan dengan jenis penerangan lainnya, di antaranya:

1. Distribusi Cahaya Lebih Baik

Kebanyakan jenis pencahayaan ini dapat menyebarkan cahaya lebih merata dibandingkan jenis lampu pijar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kualitas pencahayaan di suatu ruangan yang menggunakan jenis lampu ini semakin baik.

2. Umur Operasional Panjang

Bukan hanya itu, diklaim bahwa lampu tabung juga memiliki umur pemakaian yang lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Bahkan, lampu tabung dapat digunakan selama 6.000 hingga 15.000 jam.

3. Emisi Panas Lebih Sedikit

Dalam hal jumlah energi, lampu tabung dapat mengubah 22% energi menjadi cahaya, berbeda dengan lampu pijar yang hanya menggunakan 5% energi untuk diubah menjadi cahaya dan sisanya diubah menjadi panas.

Cara Memilih Lampu TL LED yang Tepat

Sebelum membeli lampu TL LED, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, di antaranya adalah:

1. Jenis Lampu

Pastikan memilih jenis lampu TL LED yang sesuai dengan aplikasi yang diinginkan. Terdapat beberapa jenis lampu TL LED yang tersedia di pasaran, antara lain lampu TL LED dengan kaca transparan, lampu TL LED dengan kaca opal, dan lampu TL LED dengan kaca frosted.

2. Warna Cahaya

Pastikan untuk memilih warna cahaya yang sesuai dengan kebutuhan. Lampu TL LED tersedia dalam berbagai warna, termasuk di antaranya warna putih, kuning, hijau, biru, dan merah. Warna putih sendiri memiliki beberapa pilihan, seperti putih hangat, putih netral, dan putih dingin.

3. Lumen dan Watt

Lumen adalah satuan untuk mengukur jumlah cahaya yang dipancarkan oleh lampu, sedangkan watt digunakan untuk mengukur konsumsi daya listrik. Untuk memilih lampu TL LED yang tepat, pastikan memilih yang memiliki jumlah lumen yang cukup dan konsumsi watt yang rendah agar lebih hemat energi.

Baca juga:  Membuat Rangkaian Lampu Led Untuk Penerangan Rumah Secara Lengkap

4. CRI

CRI atau Color Rendering Index adalah ukuran kemampuan lampu untuk menampilkan warna dengan akurat. Lampu TL LED dengan CRI yang tinggi akan menampilkan warna dengan lebih jelas dan akurat. Pastikan memilih lampu TL LED dengan CRI yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Kalian.

5. Harga

Harga lampu TL LED dapat bervariasi tergantung pada kualitas, merek, dan spesifikasi lampu. Pastikan memilih lampu TL LED yang memiliki kualitas baik dan harga yang terjangkau.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Rangkaian Lampu TL 36 Watt. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda dalam memilih dan menggunakan lampu TL LED dengan tepat sesuai kebutuhan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis lampu, warna cahaya, jumlah lumen, CRI, dan harga, Anda dapat memilih lampu TL LED yang berkualitas baik dan hemat energi. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *