Rangkaian Susunan Kabel Setrika Maspion

Skema Rangkaian Susunan Kabel Setrika Maspion

Posted on

Bengkeltv.idSkema Rangkaian Susunan Kabel Setrika Maspion. Setrika adalah alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, ada banyak merek setrika yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah setrika Maspion. Setrika Maspion dikenal sebagai setrika berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Namun, untuk dapat menggunakan setrika Maspion dengan aman dan efektif, diperlukan pemahaman tentang rangkaian susunan kabel setrika Maspion.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang rangkaian susunan kabel setrika Maspion, termasuk cara menggunakannya dengan aman dan benar.

Mengenai Setrika Maspion

Maspion telah dikenal di Indonesia 1962 sebagai merk produk elektronik rumah tangga berkualitas. Salah satu produk terpopuler dari Maspion ini adalah setrika untuk menggosok pakaian lebih rapi.
Setrika Maspion ini menggunakan solepate anti lengket yang sangat aman untuk pakaian dengan bahan apapun. Bahan setrika ini sendiri terbuat dari besi, bukan stainless steel. Keuntungan lainnya dari soleplate ini adalah mudah dibersihkan.

Setrika ini juga dilengkapi dengan lampu indikator. Lampu ini berfungsi memberi sinyal bahwa setrika telah menyala dan tingkat panasnya sudah sesuai untuk digunakan menggosok pakaian.

Apa itu Rangkaian Susunan Kabel Setrika Maspion?

Rangkaian susunan kabel setrika Maspion adalah kumpulan kabel yang terhubung ke setrika Maspion. Rangkaian kabel tersebut terdiri dari kabel listrik, kabel grounding, dan kabel pemanas.

Baca juga:  Ciri-Ciri Processor Rusak : Ketahui Secara Lengkap

Kabel listrik berfungsi sebagai penghubung antara setrika dan sumber listrik. Kabel grounding berfungsi sebagai penghubung setrika dengan tanah. Kabel pemanas berfungsi sebagai penghasil panas yang dibutuhkan untuk menggulungkan kain.

Fitur Setrika Maspion

Setrika Maspion memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam menggosok pakaian di rumah. Beberapa fitur tersebut antara lain:

  1. Soleplate anti lengket
    Soleplate pada setrika Maspion dilengkapi dengan bahan anti lengket yang aman digunakan pada semua jenis bahan pakaian. Bahan soleplate tersebut terbuat dari besi yang berkualitas, sehingga tahan lama dan mudah dibersihkan.
  2. Lampu indikator
    Setrika Maspion dilengkapi dengan lampu indikator yang memberikan sinyal saat setrika sudah siap digunakan. Lampu indikator ini juga menunjukkan tingkat panas yang sudah cukup untuk menggosok pakaian.
  3. Tombol kontrol suhu
    Setrika Maspion memiliki tombol kontrol suhu yang memungkinkan pengguna untuk mengatur suhu yang sesuai dengan jenis bahan pakaian yang akan digosok.
  4. Kabel yang panjang
    Setrika Maspion dilengkapi dengan kabel yang panjang, sehingga memudahkan pengguna dalam menggosok pakaian di berbagai posisi dan jarak dari stopkontak.
  5. Desain yang ergonomis
    Setrika Maspion didesain dengan bentuk yang ergonomis, sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama dan meminimalisir kelelahan tangan saat menggosok pakaian.

Dengan fitur-fitur tersebut, setrika Maspion menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan penggosokan pakaian di rumah.

Rangkaian Kabel Setrika Maspion

Rangkaian kabel pada Setrika Maspion merupakan salah satu komponen penting yang digunakan untuk mengalirkan listrik dari stopkontak ke elemen pemanas pada setrika.

Kabel tersebut terdiri dari tiga jenis kabel dengan warna yang berbeda-beda, yaitu kabel hijau untuk ground, kabel merah untuk fase, dan kabel hitam untuk netral.

Baca juga:  Persamaan IC NE5532 : Beserta Data Pin 

1. Bisakah Kabel Setrika Maspion yang Rusak Diganti?

Di rumah, banyak sekali alat elektronik yang kita gunakan, dan satu di antaranya adalah setrika. Namun, memang benar bahwa kabel pada setrika seringkali cepat rusak. Hal ini disebabkan karena pada saat penggunaan setrika, kabelnya sering melintir.

Kabel yang terkelupas bisa membahayakan jika sampai terlihat kawatnya. Jika kondisi kabel setrika sudah tidak bagus dan membahayakan, sebaiknya segera diperbaiki. Kalian tidak perlu membeli setrika baru dengan harga yang mahal, cukup beli kabelnya saja untuk mengganti setrika yang rusak.

Harga kabel setrika juga cukup terjangkau, yaitu sekitar 25 ribu rupiah. Dengan begitu, Kalian sudah bisa menggunakan setrika tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Cara Mengganti Kabel Setrika Maspion

Setrika merupakan alat elektronik yang sangat bermanfaat di rumah. Kegunaannya adalah untuk merapikan pakaian yang telah dicuci dan dijemur. Namun, seringkali terjadi masalah pada kabel setrika. Masalah yang seringkali terjadi adalah keritingnya kabel dan kabel bagian dalam yang terbuka.

Namun, Kalian tidak perlu khawatir karena kabel pada setrika bisa diganti. Harganya juga terjangkau dan bisa dipasang sendiri di rumah.

3. Peralatan yang Diperlukan untuk Mengganti Kabel Setrika

Kalian dapat membeli kabel setrika baru secara online atau offline. Harganya sekitar 20 ribu rupiah. Namun, ada beberapa alat lain yang diperlukan, seperti obeng, tang, dan lakban.

4. Langkah-langkah Mengganti Kabel Setrika Maspion yang Memiliki 3 Kabel

Jika Kalian ingin memperbaiki setrika Maspion, Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, buka baut pada bagian belakang setrika dengan obeng.

Kemudian, lepaskan penutup jika baut sudah lepas. Lalu, buka penyangga kabel setrika yang akan diganti. Ada dua baut di setrika, buka menggunakan obeng. Selanjutnya, buka sambungan kabel antara setrika dan kabel.

Baca juga:  Pengertian dan Fungsi Rotor Stator Penjelasan Lengkapnya

Di dalam setrika, ada tiga kabel dengan warna yang berbeda. Buka kabel yang berada di sebelah kanan terlebih dahulu, yaitu warna merah, hijau, dan kuning. Selanjutnya, di dalam setrika Maspion terdapat sambungan kabel warna kuning, buka menggunakan tang.

Jadi, Kalian bukan membuka sambungan yang ada di dalam. Pasang kabel sesuai dengan warna yang sudah disediakan, perhatikan juga jika di dalamnya ada konektor lampu setrika pasang kembali seperti semula dan selesai.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai Rangkaian Susunan Kabel Setrika Maspion dari bengkeltv.id. Dengan informasi yang telah disampaikan, diharapkan dapat membantu pembaca untuk memahami cara mengganti kabel pada setrika Maspion dan mengetahui fitur-fitur yang dimiliki oleh setrika Maspion.

Dalam penggunaan setrika, pastikan untuk selalu memperhatikan keselamatan dan memeriksa kondisi kabel dan stopkontak sebelum menggunakannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan kabel yang sesuai dan berkualitas baik agar tidak membahayakan saat digunakan.

Terima kasih sudah membaca, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *