Siaran ANTV Hilang

Penyebab Siaran ANTV Hilang : Panduan Lengkap Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab Siaran ANTV Hilang : Panduan Lengkap Mengatasinya. Peralihan dari TV Analog ke TV Digital mengakibatkan beberapa saluran TV hilang karena perubahan frekuensi dan satelit. Pengguna baru TV Digital sering mengalami kehilangan banyak saluran TV.

Jika Kalian menggunakan Set Top Box untuk menangkap siaran digital di TV di rumah, Kalian perlu melakukan pengaturan pada Set Top Box tersebut agar dapat menemukan saluran siaran digital. Dengan melakukan pengaturan ini, setiap saluran akan tersedia di televisi Kalian.

Mencari saluran siaran digital sebenarnya cukup mudah, Kalian hanya perlu mengatur frekuensi TV digital untuk menemukan saluran yang Kalian inginkan, termasuk untuk mencari Siaran ANTV Hilang. Bagaimana caranya?

Cara mencari siaran ANTV di TV Digital sebenarnya tidak sulit, karena Kalian hanya perlu menyesuaikan frekuensi siaran tersebut. Namun, jika Kalian masih bingung, berikut ini adalah ulasan yang dapat Kalian ikuti.

Mengenai Televisi ANTV

Siaran ANTV Hilang

PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) merupakan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia yang menyuguhkan program-program hiburan menarik dan berbobot yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat Indonesia.

ANTV memulai siaran pertamanya pada 25 Januari 1993, awalnya hanya sebagai stasiun televisi lokal yang mencakup wilayah Lampung dan sekitarnya. Hanya lima hari kemudian, ANTV mendapat izin untuk menjangkau seluruh Indonesia dan memindahkan studionya ke Jakarta dengan izin dari pemerintah.

Pada 1 Maret 1993, ANTV memproduksi program sendiri untuk pertama kalinya, berupa liputan berita langsung mengenai Sidang Umum DPR/MPR. Saat itu, ANTV sukses melakukan siaran langsung penting di negara ini. Hingga kini, tanggal 1 Maret masih dirayakan sebagai hari jadi ANTV yang kini telah berumur 19 tahun.

Pada 30 April 2006, Rupert Murdoch News Corporation melalui STAR TV dan Fox International Channels mengakuisisi 20% saham ANTV (sebelumnya TV7).

Logo pertama ANTV adalah serangkaian garis pelangi yang membentuk kata “AN” dengan “TEVE” di atas garis hijau dan ungu. Logo ini digunakan sejak tahun 1982 hingga 1996. Kemudian pada 13 Maret 2003, stasiun ini merubah logonya dengan menambahkan logo kotak TV STAR. Selanjutnya, pada 20 September 2009, ANTV kembali merubah logonya yang masih digunakan hingga saat ini.

Baca juga:  Daftar dan Panduan Cara Scann Frekuensi TV Digital Makassar

Logo baru ANTV menampilkan sinar merah tebal yang melambangkan kekuatan dan kepercayaan diri ANTV dalam meraih masa depan yang cerah. Dengan logo ini, ANTV berbangga sebagai stasiun televisi yang mewakili Indonesia.

Ini sesuai dengan visi ANTV untuk menjadi saluran televisi keluarga terbaik bagi seluruh keluarga Indonesia. Warna putih pada logo melambangkan tekad ANTV menjalankan bisnis ini berdasarkan azas hukum yang berlaku dengan berpegang teguh pada nilai-nilai kejujuran, ketulusan, dan integritas bangsa, sementara warna kuning melambangkan kemakmuran yang diharapkan ANTV dapat berikan kepada semua pemangku kepentingan.

Penyebab Siaran ANTV Hilang

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan siaran ANTV hilang, biasanya ini terjadi karena lokasi geografis yang tidak mendukung penangkapan sinyal set top box dengan optimal. Hal ini berarti antena tidak mampu menangkap sinyal digital secara efektif. Kualitas dari antena set top box sangat mempengaruhi jumlah saluran TV yang bisa ditangkap.

Namun, jika pengguna mengalami kehilangan siaran ANTV pada set top box mereka, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Berikut beberapa faktor dan alasan yang bisa menyebabkan hilangnya siaran ANTV pada set top box.

1. Perawatan Siaran ANTV

Faktor pertama yang bisa menyebabkan hilangnya siaran ANTV adalah perawatan atau maintenance siaran ANTV secara umum. Hal ini mengakibatkan pengguna set top box tidak dapat menikmati siaran ANTV dengan maksimal.

Perawatan siaran ANTV biasanya diumumkan sehari sebelumnya untuk menghindari kejutan bagi penonton jika siaran ANTV tiba-tiba hilang. Jika ada jadwal tayangan ANTV, biasanya akan dijadwalkan ulang setelah perawatan selesai.

2. Posisi Antena yang Salah

Jika tidak ada perawatan pada siaran ANTV, kemungkinan besar penyebab hilangnya siaran adalah posisi antena yang kurang tepat. Hal ini bisa mengakibatkan antena tidak dapat menangkap sinyal digital dengan baik. Selain itu, kualitas dan tipe antena juga sangat berpengaruh terhadap jumlah saluran TV yang bisa ditangkap.

Pengguna layanan siaran ANTV yang menggunakan set top box disarankan untuk memasang antena outdoor dan menempatkannya di posisi yang cukup tinggi. Antena outdoor biasanya lebih efisien dalam menangkap sinyal frekuensi dibandingkan antena indoor.

Cara Mengatasi Siaran ANTV Hilang

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Siaran ANTV Hilang:

Baca juga:  Frekuensi TV Digital Medan : Menikmati Siaran TV yang Jernih & Berkualitas

1. Putar Ulang Posisi Antena Parabola atau UHF

Saat cuaca buruk seperti hujan deras disertai angin kencang, sinyal televisi bisa terganggu dan posisi antena bisa bergeser. Jika ini terjadi, Anda bisa mencoba menyesuaikan kembali posisi antena dengan melakukan tracking ulang frekuensi, dengan memutar antena ke posisi awal. Namun, sebelum melakukannya, pastikan Anda mengetahui frekuensi terbaru ANTV atau channel lain seperti frekuensi RTV atau frekuensi SCTV.

2. Ganti atau Perbaiki Perangkat yang Rusak

Kehilangan sinyal ANTV juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian antena, seperti kabel yang robek atau LNB yang rusak. Sebaiknya, lakukan pengecekan perangkat sebelum menentukan ada kerusakan pada bagian tertentu dari antena.

3. Lakukan Scan Ulang Perangkat

Perangkat STB DVB-T2 dan Receiver parabola memiliki fitur Blind scan yang berfungsi untuk mencari sinyal televisi. Kadang-kadang, frekuensi stasiun televisi bisa berubah karena gangguan sinyal, oleh karena itu, melakukan scan ulang dapat menjadi solusi untuk memperbaiki masalah ini.

Cara Mencari Siaran ANTV di TV Digital

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian ikuti untuk mencari siaran ANTV melalui pengaturan digital:

  • Tekan tombol “Menu” pada TV digital Kalian.
  • Pilih “Buat Saluran” dan tekan tombol OK untuk mengonfirmasi.
  • Pilih satelit “Palapa C2” atau satelit yang Kalian gunakan.
  • Klik “Frekuensi TP” dan masukkan angka 03825.
  • Pindah ke “Simbol Nilai” dan masukkan angka 03199.
  • Pilih “Polaritas” dan pilih opsi H.
  • Terakhir, pilih “Cari” > “Semua” atau “Bebas” > Klik OK.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Kalian akan dapat menemukan siaran ANTV melalui TV digital Kalian.

Cara Mencari Siaran ANTV Hilang di Set Top Box

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab siaran ANTV hilang di set top box, mungkin Kalian masih belum berhasil menemukannya kembali.

Namun, saat melakukan langkah-langkah di bawah ini, penting untuk diingat agar tidak terburu-buru dan tetap berhati-hati karena ada risiko tertentu yang mungkin muncul, seperti memindai ulang siaran, memperbarui perangkat lunak set top box, dan mereset ulang set top box.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencari kembali Siaran ANTV Hilang di set top box:

1. Memindai Ulang Siaran ANTV

Langkah pertama dalam memulihkan Siaran ANTV Hilang adalah dengan melakukan pemindaian ulang pada set top box Kalian. Harap diingat bahwa setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pemindaian ulang siaran ANTV.
Namun, jangan khawatir karena umumnya pemindaian ulang siaran ANTV dapat dilakukan melalui menu Pengaturan, terutama pada opsi Program. Berikut ini adalah contoh langkah-langkah yang dapat Kalian ikuti:

Baca juga:  Panduan Cara Mencari Channel Trans 7 Yang Hilang Secara Lengkap

  • Hubungkan set top box ke TV.
  • Sambungkan antena ke set top box.
  • Nyalakan set top box dan TV.
  • Tekan tombol “Menu” pada remote set top box, lalu pilih opsi Pencarian.
  • Selanjutnya, pilih Pencarian Otomatis dan tekan tombol OK pada remote set top box.
  • Tunggu hingga proses pemindaian ulang siaran ANTV pada TV digital selesai.

2. Gunakan Antena Outdoor

Karena penggunaan antena indoor pada siaran TV digital seringkali menyebabkan siaran ANTV hilang, disarankan untuk menggunakan antena outdoor. Meskipun antena indoor lebih praktis, jangkauan sinyalnya cenderung kurang optimal karena banyaknya penghalang dalam ruangan.

Dengan menggunakan antena outdoor, Kalian akan mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih baik dan lebih luas. Perlu diingat bahwa jika mendapatkan sinyal sebesar 50-90 persen, maka kualitas gambar akan menjadi yang terbaik.

3. Reset Set Top Box

Jika langkah-langkah sebelumnya belum berhasil mengembalikan siaran ANTV, langkah terakhir yang dapat Kalian coba adalah melakukan reset ulang pada set top box. Dengan mereset set top box, siaran TV akan dipindai ulang.

Harap diingat bahwa proses reset ulang set top box dapat bervariasi tergantung pada model dan merek yang Kalian gunakan. Pastikan untuk merujuk pada petunjuk pengguna atau manual perangkat Kalian untuk mengetahui cara melakukan reset ulang dengan benar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, semoga Kalian berhasil menemukan kembali Siaran ANTV Hilang pada set top box Kalian.

Kesimpulan

Dalam rangkuman artikel ini, kita telah membahas berbagai penyebab siaran ANTV yang hilang, mulai dari permasalahan teknis, gangguan cuaca, hingga perubahan frekuensi. Penting bagi kita untuk memahami bahwa gangguan siaran ini tidak selamanya diakibatkan oleh kesalahan pihak stasiun televisi, namun bisa juga disebabkan oleh faktor eksternal yang tak terduga.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tetap bersabar dan mencari informasi resmi dari pihak ANTV atau penyedia layanan televisi untuk mengetahui perbaikan dan langkah selanjutnya. Selalu perbarui perangkat penerima siaran dan pastikan instalasi antena dalam kondisi optimal untuk menghindari gangguan yang tidak diinginkan.

Dengan demikian, kita dapat terus menikmati tayangan ANTV yang berkualitas dan menghibur. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Setting Remote Receiver Tanaka, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *