Simbol Listrik

125+ Simbol Listrik Lengkap dengan Gambar

Posted on

Bengkeltv.id 125+ Simbol Listrik Lengkap dengan Gambar. Dalam era modern yang penuh dengan inovasi teknologi, pemahaman akan kelistrikan menjadi hal yang fundamental. Salah satu aspek penting dalam memahami dunia kelistrikan adalah mengetahui berbagai “Simbol Listrik”. Simbol-simbol ini berfungsi sebagai bahasa universal yang membantu para ahli dan penggemar elektronika untuk mengkomunikasikan ide dan desain secara efektif.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beragam simbol listrik, fungsi dari masing-masing simbol, serta bagaimana cara menggunakannya dalam skema elektronik. Mari kita mulai perjalanan kita dalam menguak misteri di balik simbol-simbol ini dan memahami bagaimana mereka membentuk fondasi dari dunia kelistrikan yang kita kenal saat ini.

Apa itu Simbol Listrik?

Simbol listrik, yang juga dikenal sebagai lambang, merupakan representasi visual dari suatu komponen listrik. Simbol-simbol ini dirancang khusus dengan tujuan untuk membedakan berbagai komponen listrik, sehingga memudahkan identifikasi masing-masing elemen berkat adanya simbol yang unik.

Bagi para ahli dalam bidang kelistrikan, memahami simbol-simbol ini bukanlah pilihan, melainkan keharusan. Ketika seseorang menguasai seluruh simbol kelistrikan yang ada, ini akan memberikan keuntungan besar dalam praktek di lapangan, seperti pada saat melaksanakan instalasi listrik.

Penggunaan simbol-simbol khusus ini, yang telah distKalianrisasi dan dimengerti oleh para profesional, memungkinkan rancangan instalasi listrik untuk dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, pemahaman yang baik mengenai simbol kelistrikan juga berperan penting dalam mengurangi risiko kesalahan atau masalah yang dapat muncul di masa mendatang.

Baca juga:  Cara Reset STB IndiHome : Panduan Pemula Lengkap

Simbol Listrik dan Fungsinya

Terdapat banyak simbol yang digunakan dalam dunia kelistrikan, dan semua simbol tersebut penting untuk diketahui oleh calon teknisi listrik. Di bawah ini akan dijelaskan simbol-simbol listrik dan elektronika beserta fungsinya.

1. Simbol Kuat Arus

Arus listrik merupakan aliran muatan listrik yang bergerak dari potensial yang tinggi ke potensial yang rendah. Terdapat dua jenis arus yang umum dikenal, yaitu arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC).

Berikut adalah simbol yang digunakan untuk menggambarkan kuat arus:

Simbol Listrik

 

Simbol Listrik

Simbol Listrik

Simbol Listrik

 

 

2. Simbol Diagram untuk Instalasi Gardu Induk

Selanjutnya, terdapat simbol kelistrikan untuk gardu induk, yang merupakan pusat instalasi dengan fungsi mengendalikan seluruh saluran transmisi.

Gardu induk tidak hanya bertugas mengubah tegangan dari tinggi ke rendah atau menengah, tetapi juga memiliki peran dalam pengendalian, pengukuran, pengawasan, dan penanganan instalasi listrik pusat.

Berikut adalah simbol listrik yang digunakan untuk mewakili gardu induk:

Simbol Listrik

Simbol Listrik

Simbol Listrik

Simbol Listrik

Simbol Listrik

3. Simbol Instalasi Listrik Bangunan

Bagi teknisi listrik yang ingin merancang instalasi listrik untuk rumah dan bangunan, penting untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang spesifik terhadap simbol-simbol kelistrikan. Selain itu, selain menguasai teknik pemasangan, mereka juga harus mampu menganalisis berbagai hal, seperti kebutuhan beban maksimal, penurunan tegangan, arus singkat, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa simbol yang sering digunakan dalam instalasi listrik bangunan:

Simbol Listrik

Simbol Listrik

4. Simbol Instalasi Listrik Rumah

Dibandingkan dengan simbol instalasi listrik bangunan yang kompleks, simbol instalasi listrik rumah lebih mudah dan sederhana. Rangkaian listrik rumah umumnya terbagi menjadi dua, yaitu instalasi pencahayaan dan instalasi daya listrik.

Jika Kalian ingin mengetahui simbol-simbol yang sering digunakan dalam perancangan jaringan listrik rumah, Kalian dapat melihat gambar di bawah ini:

Simbol Listrik

Simbol Listrik

Simbol Listrik Komponen Elektronika

Selain simbol-simbol instalasi listrik yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk memahami simbol-simbol kelistrikan yang mewakili komponen elektronika seperti resistor, transformator, dan lain sebagainya.

Komponen-komponen listrik ini digunakan untuk mendukung agar peralatan listrik dapat berfungsi sesuai kebutuhannya. Berikut ini dapat diperiksa simbol-simbol kelistrikan untuk berbagai komponen listrik:

Baca juga:  Pengertian Audio Jack : Fungsi dan Jenis-Jenisnya

1. Resistor

Resistor adalah salah satu komponen listrik yang memiliki beragam fungsi, baik sebagai penyearah, penguat arus, penerima sinyal, maupun pemutus dan penghubung arus listrik.

Berikut ini adalah simbolnya:

Simbol Listrik

2. Kapasitor

Kapasitor adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dalam jangka waktu tertentu. Simbolnya adalah:

Simbol Listrik

3. Induktor

Induktor, juga dikenal sebagai coil, memiliki berbagai fungsi dalam rangkaian elektronik, termasuk sebagai filter, pengatur frekuensi, dan penyambung arus listrik.

Berikut adalah simbol listrik untuk induktor:

Simbol Listrik

4. Dioda

Dioda merupakan komponen yang umum ditemukan dalam perangkat elektronik. Dioda berfungsi untuk mengalirkan atau menghambat arus listrik sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah simbol kelistrikan untuk dioda:

Simbol Listrik

5. Saklar

Relai adalah komponen listrik yang memiliki fungsi untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik dalam rangkaian elektronik. Berikut adalah simbol dan gambar relai yang dapat dilihat di bawah ini:

Simbol Listrik

6. Integrated Circuit (IC)

IC (Integrated Circuit) adalah komponen elektronika aktif yang terdiri dari berbagai komponen elektronika penyusun, seperti transistor, resistor, dioda, dan sebagainya.

Berikut adalah simbol untuk IC:

Simbol Listrik

7. Transformator

Transformator, sering juga disebut sebagai trafo, memiliki fungsi untuk menurunkan atau menaikkan tegangan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Berikut adalah simbol transformator:

Simbol Listrik

Simbol Listrik StKalianr Internasional

Penggunaan simbol dalam dunia kelistrikan dan industri memang sangat umum, karena membantu membedakan dengan mudah antara komponen listrik satu dengan yang lainnya.

Di wilayah Asia dan Eropa, penggunaan simbol merujuk atau mengikuti stKalianr IEC (International Electrotechnical Commission). Berikut ini adalah contoh simbol instalasi listrik stKalianr internasional:

1. Stop Kontak

Berikut adalah simbol yang digunakan untuk plug atau stop kontak:

Simbol Listrik

2. Button dan Switch

Juga sering disebut sebagai simbol darurat, berikut adalah simbol dan gambarnya:

Simbol Listrik

3. Tombol Push Button

Simbol dan gambar tombol tekan berdasarkan stKalianr internasional adalah sebagai berikut:

Simbol Listrik

4. Simbol Selector Switch

Adalah saklar pemilih, dengan simbol sebagai berikut:

Simbol Listrik

5. Magnetic Circuit Breaker

Komponen elektronik yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan arus listrik secara otomatis, dengan menggunakan prinsip elektromagnetik adalah:

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Merakit Power Sanken 400 Watt Stereo

Simbol Listrik

6. Simbol ELCB atau RCBO

Komponen yang berfungsi untuk memutuskan arus saat terjadi kebocoran pada ground adalah:

Simbol Listrik

7. Simbol Coil atau Kumparan

Adalah gulungan kawat yang sering ditemukan dalam peralatan elektronik seperti kontaktor, relay, dan timer. Simbolnya adalah:

Simbol Listrik

8. Kontaktor

Berikut ini adalah simbol listrik yang digunakan untuk menyatakan kontaktor:

Simbol Listrik

9. Simbol Kontak NC

Terdapat beberapa simbol untuk kontak NC (Normally Close), yang dapat dilihat pada gambar berikut:

Simbol Listrik

 

10. Kontak NO

Berikut adalah simbol untuk kontak NO (Normally Open):

Simbol Listrik

 

11. Detector, Sensor dan Limit Switch

Berikut ini adalah lambang-lambang yang digunakan untuk menyatakan detector, sensor, dan switch:

Simbol Listrik

 

12. Alat Ukur Kelistrikan

Adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan, arus, hambatan, dan berbagai parameter lainnya.

Simbol Listrik

 

13. Motor Listrik

Simbol yang digunakan untuk mewakili motor listrik berdasarkan stKalianr internasional adalah sebagai berikut:

Simbol Listrik

14. Signal, Horn dan Alarm

Simbol yang digunakan untuk menyatakan sinyal, sirene, dan alarm adalah sebagai berikut:

Simbol Listrik

15. Trafo

Simbol transformator berdasarkan stKalianr internasional adalah sebagai berikut:

Simbol Listrik

Kesimpulan

Sebagai simpulan, pemahaman terhadap simbol listrik sangatlah penting bagi siapa saja yang terlibat dalam bidang kelistrikan dan elektronika. Dengan mengenali berbagai simbol listrik, kita dapat membaca dan memahami skema serta diagram dengan lebih efektif.

Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan, tetapi juga berkontribusi dalam meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi akibat kesalahan interpretasi. Simbol listrik, yang mungkin tampak rumit pada awalnya, sebenarnya adalah bahasa universal yang memudahkan komunikasi dan pemahaman antar profesional di seluruh dunia.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus belajar dan mengasah keterampilan dalam memahami simbol listrik, sebagai langkah menuju dunia yang lebih maju dan aman dalam aspek kelistrikan. Semoga artikel dari bengkeltv.id ini memberikan Kalian wawasan yang berharga mengenai pentingnya simbol listrik dan motivasi untuk terus berkembang dalam bidang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *