Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan

Mengatasi Masalah Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan

Posted on

Bengkeltv.idMengatasi Masalah Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan. Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna parabola K Vision adalah hilangnya sinyal saat cuaca buruk, seperti hujan atau awan tebal. Namun, masalah ini tidak hanya terjadi pada K Vision, tetapi juga pada provider lain yang menggunakan parabola mini seperti Ninmedia atau Transvision.

Masalah ini disebabkan oleh karakteristik gelombang satelit ku band yang digunakan oleh parabola mini, termasuk K Vision. Frekuensi ku band memiliki daya pancar yang cukup besar, sehingga mudah diterima oleh antena parabola mini. Namun, frekuensi ini tidak tahan terhadap gangguan cuaca buruk seperti hujan atau awan mendung yang tebal.

Sinyal ku band akan diserap oleh tetesan air hujan di udara atau awan mendung yang hitam, sehingga sinyal satelit tidak dapat diterima oleh antena parabola mini, menyebabkan penangkapan sinyal terganggu dan hilang. Hal ini terlihat dari gambar siaran yang hilang dan indikator sinyal K Vision yang menunjukkan 0% atau hilang.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini agar Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan. Salah satu solusinya adalah dengan menginstal pelindung hujan pada antena parabola mini. Pelindung ini akan membantu melindungi antena parabola mini dari tetesan air hujan atau awan mendung yang tebal. Selain itu, Kalian juga dapat mengatur ulang posisi antena parabola mini untuk menghindari hujan atau awan mendung yang tebal.

Meskipun masalah hilangnya sinyal saat cuaca buruk tidak bisa dihindari sepenuhnya, pengguna K Vision dan provider lain dengan parabola mini dapat mengambil langkah-langkah ini untuk mengurangi masalah dan tetap menikmati siaran mereka bahkan di tengah cuaca buruk.

Baca juga:  MNC Vision Vs K Vision Manakah Yang Harus Dipilih? Simak Perbandingannya

Mengenai K-Vision

Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan

K-Vision adalah layanan televisi berlangganan berbasis satelit yang dioperasikan oleh PT K-Vision Indonesia. Layanan ini menawarkan berbagai saluran televisi dari dalam dan luar negeri dengan beragam kategori, seperti olahraga, film, hiburan, berita, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi pelanggan K-Vision, Kalian perlu membeli receiver K-Vision dan melakukan pendaftaran melalui agen atau website resmi K-Vision. Setelah itu, Kalian dapat memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Kalian.

Penyebab Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal K Vision

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab decoder K-Vision Ku Band sering hilang sinyal, di antaranya:

  1. Kabel antena decoder yang kendur atau lepas.
    Ini adalah masalah yang paling sering terjadi dan dapat menyebabkan decoder tidak dapat menerima sinyal.
  2. Konektor kabel yang berkarat.
    Konektor kabel dapat mengalami karat akibat sering terkena hujan dan udara lembab.
  3. Kabel putus.
    Meskipun kabel koaksial cukup kuat, namun terkadang bisa rusak juga.
  4. LNB kurang peka.
    Kepekaan LNB dapat menurun seiring berjalannya waktu atau terdapat serangga atau air yang masuk.
  5. Parabola bergeser.
    Jika posisi parabola salah, sinyal dari satelit tidak dapat dikumpulkan dengan baik sehingga kualitas dan kuantitas sinyal menjadi 0%.
  6. Pengaturan antena yang salah.
    Pengaturan antena yang salah seperti salah memilih posisi LNB di switch/diseqc atau memilih satelit yang salah juga dapat menyebabkan decoder tidak dapat menerima sinyal.
  7. Decoder rusak.
    Jika komponen dalam decoder rusak, maka decoder tidak dapat menangkap sinyal dari antena parabola dan harus diganti dengan yang baru.

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan?

Untuk mengatasi Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan, dapat dilakukan dengan cara memperkuat sinyal K-Vision. Berikut beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat sinyal K-Vision Ku Band:

Baca juga:  Daftar Channel K Vision Secara Lengkap

Persiapkan Peralatan

Sebelum memulai prosesnya, pastikan peralatan sudah siap. Peralatan yang dibutuhkan antara lain:

  • Dish parabola dengan diameter 185 cm atau lebih
  • LNB Ku Band jenis Prime Fokus
  • Receiver K-Vision Cartenz
  • Tracking Parabola

Langkah-Langkah

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan sinyal terkuat agar tidak sering hilang saat hujan:

  • Pasang parabola pada posisi yang tidak memiliki penghalang apapun di sekitarnya. Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus 0 derajat.
  • Pasang LNB Prime Fokus pada tiang anak dalam parabola dan arahkan posisi konektor LNB ke arah selatan tenggara.
  • Hubungkan kabel konektor LNB ke Receiver, lalu nyalakan receiver.
  • Tekan tombol Menu pada receiver, lalu arahkan ke kolom instalasi.
  • Arahkan dish parabola ke arah satelit Measat 3A, lalu kencangkan baut penyangga (jangan terlalu kencang karena untuk proses tracking).
  • Turunkan dish dari posisi satelit Telkom 4 di 118 derajat bujur timur secara perlahan sambil perhatikan layar televisi. Jika bar sinyal sudah pada posisi satelit Measat 3A, geser ke kiri dan kanan sampai muncul sinyal siaran.
  • Jika sinyal siaran sudah pada posisi maksimal dan terkuat, kencangkan baut penyangga sampai benar-benar aman dan tidak mudah berubah jika terkena angin.
  • Dengan melakukan langkah-langkah di atas, sinyal K-Vision pada parabola akan lebih kuat dan tidak mudah hilang saat hujan.

Mengapa Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan?

Sinyal TV satelit atau parabola menggunakan frekuensi EM dalam jangkauan gelombang mikro, dengan panjang gelombang sekitar 1 mm – 1 m dan frekuensi radio 0,3 – 300 GHz. Gelombang mikro ini sangat mudah diserap oleh air, sehingga saat terjadi hujan kekuatan sinyal yang dipancarkan oleh satelit akan menurun.

Semakin tinggi curah hujan yang terjadi, semakin besar kemungkinan kekuatan sinyal akan menurun bahkan bisa hilang. Kekuatan sinyal mulai mengalami penurunan saat awan hitam atau cuaca mendung muncul, karena awan mendung tersebut berisi uap air yang padat. Jadi, meskipun hujan telah berhenti, sinyal masih belum bisa kembali normal jika kondisi cuaca masih mendung.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Upgrade Firmware K Vision

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengatasi Sinyal K-Vision Hilang Saat Hujan. Dengan mengetahui penyebab hilangnya sinyal K-Vision dan cara mengatasinya, diharapkan dapat membantu Kalian mengatasi masalah yang sering terjadi saat hujan. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan membantu Kalian untuk tetap menikmati tayangan televisi favorit dengan lancar tanpa terganggu oleh masalah sinyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *