Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 dan Penjelasanya

Posted on

Bengkeltv.idSkema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 dan Penjelasanya. Memahami perangkat audio menjadi semakin penting seiring dengan berkembangnya teknologi yang kian canggih. Terutama bagi para audiophile dan mereka yang berkecimpung di bidang audio, mengetahui komponen dan cara kerja perangkat audio sangatlah penting.

Salah satu produk audio yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah speaker aktif. Kali ini, kita akan fokus membahas tentang “Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78”. Polytron sebagai salah satu merek elektronik ternama di Indonesia, memiliki beragam jenis produk audio, salah satunya adalah speaker aktif seri PAS 78.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam mengenai skema rangkaian dari Speaker Aktif Polytron PAS 78, berikut komponen-komponennya dan cara kerjanya. Baik bagi Kalian yang ingin belajar, maupun yang sedang mencari informasi spesifik mengenai produk ini, mari kita mulai eksplorasi kita!

Ini Dia Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78!

Speaker aktif Polytron PAS 78 dilengkapi dengan Woofer XBR (Extended Bass Radiator) yang mampu menghasilkan suara bass yang lebih mendalam dan kualitas suara yang jernih. Tidak hanya itu, speaker ini juga menawarkan fitur radio FM serta dilengkapi dengan dua buah input untuk mikrofon.

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78

Ada gambar yang menunjukkan skema atau diagram rangkaian dari speaker aktif Polytron PAS 78, yang menggambarkan bagaimana beragam komponen di dalamnya saling terhubung untuk membentuk sebuah sistem dan memastikan speaker berfungsi dengan baik.

Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78

Bagi mereka yang berkeinginan untuk melakukan perbaikan pada speaker aktif ini, penting untuk memahami mekanisme kerja dari setiap seri speaker yang memiliki perbedaan. Berikut ini adalah contoh dari beberapa mekanisme kerja pada speaker aktif yang beragam:

1. Mesin Speaker Aktif Polytron Pas 78

Speaker Aktif Polytron Pas 56 adalah salah satu produk yang paling laku di pasaran, berkat keunggulannya dalam fitur XBR atau Extended Bass Radiator Woofer yang mampu menghasilkan kualitas suara bass yang sangat menawan. Woofer ini memastikan suara yang jernih dapat terdengar dengan lebih tajam.

Baca juga:  Skema Kompresor Kulkas Inverter dan Tegangannya : Pemahaman Mendalamnya

Sama seperti produk audio lainnya, speaker PAS 56 juga dilengkapi dengan fitur radio FM dan dua input mikrofon yang cocok untuk karaoke. Speaker aktif ini juga tersedia di banyak toko online. Jika speaker aktif ini mengalami kerusakan, disarankan untuk segera mengganti komponen yang rusak agar tidak perlu menunggu lama di tempat servis.

2. IC Pwm Speaker Aktif Polytron

Sebagian besar speaker aktif Polytron, khususnya tipe Polytron Pas 78, menggunakan power supply yang dioperasikan oleh IC PWM OB 2269 dan mosfet 7N65C atau K7A65D. Jika regulator atau mosfet pada Polytron mengalami kerusakan, teknisi biasanya akan mencari sumber masalah dengan memeriksa PIN IC PWM OB 2269. IC ini bertanggung jawab dalam menghasilkan sumber daya SMPS pada speaker aktif Polytron dan berperan sebagai osilator serta generator frekuensi sinyal PWM.

IC PWM pada speaker aktif ini memiliki beberapa pin, seperti GROUND, Input tegangan saat mulai, penentu frekuensi PWM, dan feedback input pin. RI dan RT berperan sebagai sensor suhu jika ada perubahan tegangan pada pin. Selain itu, IC ini juga berfungsi untuk melindungi output PWM agar tetap aman meskipun tegangan mengalami penurunan hingga 1,05V DC.

3. Modul Speaker Aktif Polytron Pas 79

Kerusakan pada modul speaker aktif ini biasanya ditKaliani dengan suara yang tidak jelas atau pecah, dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan speaker mati total. Umumnya, masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada TIP41C atau TIP42C yang harus diganti. Namun, teknisi juga akan memeriksa komponen di sekitarnya. Seringkali, resistor seperti R646 atau R647, serta R648 atau R649 terputus dan perlu penggantian.

Apa Saja Daftar Komponen Speaker Aktif Polytron Pas 28?

Setelah memahami Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78, tak kalah pentingnya adalah mengetahui komponen-komponen apa saja yang terdapat dalam speaker aktif Polytron Pas 28 yang membuatnya memiliki kualitas suara yang sangat baik dan disukai oleh banyak orang. Dengan mengetahui komponen-komponennya, kita juga bisa memahami apa yang membedakan tipe speaker ini dari yang lainnya.

Baca juga:  Skema Spul Kipas Angin Beserta Cara Menyambungnya dengan Mudah

Berikut ini adalah daftar komponen yang terdapat dalam speaker aktif Polytron Pas 28:

1. Pre-Amp

Pra-penguat berperan dalam memilih sumber audio dari beragam jenis perangkat, seperti mikrofon, DVD, atau perangkat lain yang terhubung ke speaker aktif. Sinyal dari perangkat-perangkat ini akan diambil dan selanjutnya diarahkan ke pengatur nada (tone control).

2. Tone Control

Pengatur nada mempunyai tugas untuk mengatur karakteristik frekuensi dari sinyal audio pada speaker aktif. Tujuannya adalah untuk memproduksi suara dengan variasi nada, seperti bass dan treble, baik dalam tingkatan tinggi maupun rendah.

3. Power Amplifier

Penguat daya dalam speaker aktif bertanggung jawab untuk memperkuat sinyal suara yang sudah diatur oleh pengatur nada. Suara yang dihasilkan akan diperkuat dalam satuan Watt atau RMS.

4. Loudspeaker

Driver pada pengeras suara dalam speaker aktif bertugas mengkonversi getaran listrik menjadi getaran suara. Ada berbagai jenis driver pengeras suara di dalamnya, seperti woofer untuk frekuensi rendah, midrange untuk frekuensi menengah, dan tweeter untuk frekuensi tinggi. Setiap jenis driver ini memiliki rentang frekuensi yang berbeda.

5. Catu Daya

Sumber daya atau power supply dalam speaker aktif berfungsi untuk memberikan tenaga kepada komponen-komponen lain di dalam speaker dan mengalirkan arus listrik yang diperlukan.

Dengan mengetahui komponen-komponen ini, kita dapat lebih memahami bagaimana speaker aktif Polytron Pas 28 bekerja dan menghasilkan kualitas suara yang baik.

Apa saja rekomendasi Polytron Bluetooth speaker?

Sudah Mengenal Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78? Kini, Mari Lihat Beberapa Rekomendasi Speaker Bluetooth dari Polytron

1. Polytron Muze PMS R1

Tersedia dalam berbagai warna, speaker Bluetooth Polytron ini memiliki ukuran yang kompak. Dimensinya hanya 111 mm x 67,5 mm x 65,7 mm dengan berat 450 gram, sehingga sangat praktis untuk dipindahkan.

Bagi penggemar streaming musik, speaker ini menawarkan kemudahan dengan fitur Spotify Connect. Kalian dapat memilih dan memutar lagu langsung dari aplikasi Spotify. Selain itu, perangkat ini juga dapat dioperasikan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

2. Polytron PAS PRO12F2

Dilengkapi dengan woofer berukuran 12 inci, PAS PRO12F2 menghasilkan suara yang mantap dan nendang. Speaker ini sangat cocok untuk acara di rumah, pesta, atau karaoke bersama keluarga.

Baca juga:  Pengertian Input dan Output : Memahami Dasar Sistem Komputer

Speaker Bluetooth Polytron ini juga dilengkapi dengan roda dan gagang trolley yang memudahkan dalam pemindahan. Selain itu, seri PRO12F2 juga memiliki stand yang bisa diatur ketinggiannya untuk mencapai jangkauan suara yang lebih luas.

3. Polytron PAS PRO12F2

Seri PMA 9507 dilengkapi dengan fungsi preset equalizer. Equalizer ini menawarkan berbagai mode musik, seperti rock, pop, jazz, atau custom yang dapat dikontrol langsung melalui aplikasi.

Speaker ini sangat cocok untuk Kalian yang menyukai suara bass yang mantap. Baik untuk mendengarkan musik, menonton film, atau keperluan audio lainnya, speaker ini dapat memenuhi kebutuhan Kalian.

4. Polytron PAS 8SCA22

Polytron PAS 8SCA22 adalah speaker aktif yang dilengkapi dengan spesifikasi lengkap untuk mendukung berbagai aktivitas, seperti sistem speaker 3-Way, double woofer 8 inci, kontrol panel atas, koneksi Bluetooth, serta USB, SD Card/MMC, Aux, dan Line Input. Seri ini juga memiliki 2 input mikrofon dengan kontrol echo dan remote control.

Sebagai tambahan, terdapat juga fitur unik berupa Animated Light. Ketika diaktifkan, lampu akan menyala dengan pilihan 8 mode animasi cahaya dinamis yang dapat mengikuti irama musik.

Dengan beragam pilihan speaker Bluetooth dari Polytron, Kalian bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan selera Kalian.

Penutup

Sebagai penutup, penting untuk menyadari bahwa memahami Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 dapat sangat bermanfaat, terutama bagi Kalian yang ingin mengoptimalkan penggunaan atau melakukan perbaikan pada speaker tersebut.

Dengan mengetahui komponen-komponen yang terlibat dalam skema rangkaian, Kalian akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana speaker ini bekerja dan bagaimana cara merawatnya dengan baik. Selain itu, berbekal pengetahuan ini, Kalian bisa membuat keputusan yang lebih tepat jika suatu saat memerlukan upgrade atau penggantian komponen.

Terakhir, Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78 menjadi contoh bagus dari bagaimana inovasi dan teknologi modern dapat dikombinasikan untuk menghasilkan kualitas suara yang luar biasa. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Skema Rangkaian Speaker Aktif Polytron PAS 78, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *