Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos

Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idSolusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos Secara Lengkap. Pada era teknologi yang semakin maju ini, televisi telah berkembang pesat menjadi salah satu kebutuhan pokok di rumah tangga. Khususnya, TV LCD Sharp Aquos yang dikenal sebagai salah satu produk televisi berkualitas tinggi. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa perangkat elektronik sekalipun berkualitas tinggi, rentan mengalami kerusakan.

Bagaimana jika suatu hari Kalian menyalakan TV Sharp Aquos Kalian dan ternyata mengalami masalah? Tidak perlu panik, karena dalam artikel ini kita akan membahas berbagai solusi kerusakan TV LCD Sharp Aquos. Mulai dari mengidentifikasi masalah yang umum terjadi, hingga langkah-langkah yang bisa diambil untuk memperbaikinya. Jadi, tetaplah bersama kami untuk menemukan informasi berharga yang akan membantu Kalian mengatasi berbagai kerusakan pada TV LCD Sharp Aquos kesayangan Kalian.

TV Sharp

Sebagai salah satu merek yang berada di puncak, TV Sharp terkenal akan kualitas gambar yang tajam dan enak dipKalianng.

Dengan begitu, tentu akan menjadikan pengalaman Kalian lebih santai ketika menyaksikan beragam acara menarik di televisi. Khususnya untuk seri TV Sharp Aquos, yang hadir dengan resolusi 1366 x 768, memberikan visual yang tajam dan sangat memanjakan mata Kalian.

Kalian memiliki kebebasan untuk memilih dari beragam seri TV Sharp yang sesuai dengan kebutuhan Kalian. Mulai dari model stKalianr hingga premium dengan berbagai pilihan ukuran layar, TV Sharp benar-benar mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Tentu saja, dengan spesifikasi yang dapat diKalianlkan dan harga yang proporsional dengan kualitasnya. Variasi fitur juga tentunya berpengaruh terhadap harga dan pilihan seri.

TV Sharp, sebagai merek yang sudah mapan, unggul dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah layar yang memiliki tampilan jernih, yang akan membuat Kalian semakin menikmati waktu di rumah sambil menonton acara televisi favorit.

Salah satu fitur menarik adalah adanya tuner digital internal dalam komponen TV Sharp, sehingga Kalian tidak perlu repot membeli set-top box tambahan untuk meningkatkan kualitas gambar televisi Kalian.

Tidak hanya itu, produk TV Sharp selalu menawarkan kualitas yang unggul, sehingga Kalian tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya yang telah diakui secara luas.

Baca juga:  Cara Setting TV Samsung dengan Mudah & Praktis

Yang lebih mengesankan lagi adalah periode garansi yang cukup panjang dan mudah diakses. Garansi yang ditawarkan umumnya mencapai 5 tahun sejak pembelian. Sungguh sebuah penawaran yang menarik, bukan?

Kelebihan TV Sharp

Sharp adalah perusahaan elektronik ternama yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Pada tahun 1970, Sharp Corporation menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan di Indonesia bernama PT Yasonta, yang telah berdiri sejak tahun 1969.

Kini, PT Yasonta telah bertransformasi dan secara resmi beroperasi dengan nama PT Sharp Electronics Indonesia (SEID). Salah satu produk unggulan Sharp yang banyak dicari adalah televisi.

Sebelum kita menyelami lebih jauh mengenai daftar kerusakan TV Sharp, ada baiknya kita mengerti bahwa TV Sharp sangat diminati bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh TV Sharp:

  • Layar yang lebih jernih
    TV Sharp hadir dengan teknologi yang mampu meminimalisir gangguan pada sinyal TV, sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih. Selain itu, konsumen juga dapat memilih berbagai resolusi layar berkualitas, mulai dari HD Ready hingga 8K.
  • Dukungan siaran TV digital
    Mayoritas TV Sharp terbaru dilengkapi dengan fitur DVB-T2 yang sudah terintegrasi, yang memungkinkan penerimaan sinyal TV digital. Sehingga, Kalian tidak perlu repot membeli set-top box secara terpisah untuk menikmati siaran TV digital.
  • Garansi yang panjang
    Sebagian besar produk TV Sharp menawarkan masa garansi yang cukup panjang, hingga 5 tahun. Durasi garansi ini mengindikasikan bahwa produk TV Sharp memiliki daya tahan yang mengesankan dan bisa diKalianlkan untuk penggunaan jangka panjang.
  • Teknologi Jepang yang canggih
    Saat ini, Kalian dapat memilih TV Sharp dengan beragam spesifikasi sesuai kebutuhan. Tersedia pilihan mulai dari TV stKalianr hingga smart TV dengan fitur Google Assistant, yang bisa Kalian peroleh baik di toko fisik maupun toko daring.

Cara Mengatasi TV LCD Sharp Aquos Gagal Start

Sebagai langkah ampuh dalam mengatasi permasalahan pada perangkat elektronik, mengganti komponen yang menjadi sumber kerusakan bisa dijadikan alternatif. Apabila TV LCD mengalami masalah gagal start, beberapa komponen yang mungkin perlu diganti adalah sebagai berikut:

1. Ganti IC Croma

Apabila setelah melakukan inspeksi pada komponen, diketahui bahwa IC Croma mengalami kerusakan, maka langkah yang tepat adalah menggantinya. Akan tetapi, sebelum itu, pastikan dulu bahwa IC tersebut memang sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke TV LED LG

Penting untuk dicatat bahwa setiap model IC Sharp memiliki variasi yang berbeda-beda. Bahkan, ada beberapa tipe IC yang tidak memiliki pengganti yang identik. Dalam kondisi seperti ini, biasanya teknisi akan menyarankan solusi alternatif yaitu mengganti IC yang rusak dengan komponen IC yang memiliki spesifikasi setara.

2. Ganti Short Dioda 605

Ketika Short Dioda 605 pada TV mengalami kerusakan, langkah terbaik untuk menangani masalah ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Kalian bisa mencari dioda pengganti di toko elektronik terdekat. Untuk memudahkan proses pembelian, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu dioda yang rusak dan bawa sebagai contoh ke toko elektronik.

3. Ganti Elco

Elco atau kapasitor elektrolit sering menjadi salah satu penyebab TV tidak bisa menyala. Jika elco pada TV mengalami kerusakan, cara paling efektif untuk menanganinya adalah dengan menggantinya. Sebagai tips, bawalah elco yang rusak ke toko elektronik sebagai referensi agar memudahkan dalam membeli komponen pengganti yang sesuai.

Cara Memperbaiki TV LED Sharp Aquos Bergaris

Memperbaiki TV LED Sharp Aquos yang bergaris bisa menjadi tugas yang kompleks tergantung pada sumber masalahnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian coba untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Mengganti IC COF

Jika TV Sharp menunjukkan tampilan yang bergaris, ada kemungkinan besar ini disebabkan oleh kerusakan pada IC COF. Ini adalah sesuatu yang umum terjadi, karena IC ini terkenal cukup sensitif. Getaran posisi atau kelebihan panas dapat mengganggu kinerja IC COF dan menyebabkan garis-garis muncul pada layar TV. Oleh karena itu, sebelum bergegas untuk mengganti LCD, disarankan untuk memeriksa kondisi IC COF terlebih dahulu.

Untuk menangani masalah ini, Kalian dapat membuka casing TV dan mencoba memperbaiki IC dengan cara memanaskannya menggunakan solder. Namun, sangat penting untuk melakukan ini dengan hati-hati karena IC COF sangatlah rapuh. Jika IC COF ternyata sudah mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru.

2. Memodifikasi Tegangan Row

Berikut adalah langkah-langkah modifikasi yang dapat Kalian lakukan:

  • Bongkar TV untuk memastikan jalur FPC tidak terbakar.
  • Cek tegangan IC Power Tcon dan pastikan tidak ada tegangan yang kurang.
  • Putuskan jalur PIN OUT 21 yang mengarah ke panel.
  • Ukur tegangan tanpa beban. Normalnya berada di antara 21 hingga 24 volt.
  • Ada dua penyebab kerusakan. Jika IC rusak, maka harus segera diganti. Namun jika panel masih bisa digunakan, lakukan jumper antara tegangan IC power out dengan jalur panel yang putus.
  • Jika masih gagal dan terbakar, artinya kerusakan panel sangat parah sehingga harus diganti. Namun, jika tidak ada yang terbakar dan suhu Tcon normal, garis pada layar dapat dihilangkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.
Baca juga:  Cara Memperbaiki TV Warna Merah Hilang Dengan Mudah

Mengatasi TV LED Sharp Tidak Bisa Dimatikan

Salah satu masalah yang mungkin dihadapi oleh pemilik TV LED Sharp adalah ketika TV tidak dapat dimatikan dan, setelah akhirnya berhasil dimatikan, beberapa detik kemudian menyala kembali secara otomatis. Selain itu, layar juga tidak dapat menangkap siaran.

Untuk menyelesaikan masalah ini, Kalian dapat mencoba melakukan reset memori melalui menu servis. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Lepaskan kabel colokan televisi dari sumber listrik.
  • Tekan tombol joystick untuk melakukan input dan tombol power secara bersamaan, tahan beberapa saat.
  • Sambil menahan kedua tombol, colokkan kabel daya ke sumber listrik hingga indikator berkedip.
  • Setelah indikator berkedip, lepaskan kedua tombol.
  • Tekan tombol joystick ke arah atas, bawah, atas, lalu tekan untuk meng-input hingga TV menyala.
  • Pada menu servis, atur setting eprom clear on, reset diubah menjadi 0, factory unit diubah menjadi Asia.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, kerusakan pada TV LCD Sharp Aquos dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah internal hingga pengaruh lingkungan eksternal. Penting bagi kita sebagai konsumen untuk selalu teliti dan proaktif dalam melakukan perawatan TV agar umur pemakaian dapat lebih lama.

Solusi kerusakan TV LCD Sharp Aquos yang telah disebutkan di atas, seperti memeriksa kabel, mengatur ulang pengaturan, dan konsultasi dengan pusat servis resmi, dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul. Selain itu, memahami cara kerja dan spesifikasi dari TV juga merupakan langkah penting untuk mencegah kerusakan.

Ingatlah bahwa tindakan pencegahan seringkali lebih efektif daripada mengobati. Dengan pendekatan yang tepat dan perawatan yang cermat, TV LCD Sharp Aquos Kalian dapat terus menyajikan hiburan berkualitas untuk jangka waktu yang lama. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Solusi Kerusakan TV LCD Sharp Aquos ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *