TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

Penyebab TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip & Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip & Cara Mengatasinya. Mengalami masalah dengan TV LED Sony Bravia yang lampunya berkedip? Anda tidak sendirian. Banyak pengguna telah melaporkan masalah serupa dan mencari solusi yang efektif.

Di dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi fenomena yang mungkin tampak membingungkan ini, berbagi pengetahuan tentang TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip, serta memberikan saran dan langkah-langkah praktis yang bisa anda ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengenai TV LED Sony Bravia

TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

TV LED Sony Bravia adalah produk yang diproduksi oleh Sony. Berbeda dengan TV lainnya, BRAVIA menyatukan tampilan dan suara dengan sempurna. Selain tampilannya yang memukau, TV ini juga menyediakan suara yang kuat dan jernih, serta kontrol yang praktis. Desainnya juga sangat menarik.

Selain itu, TV Sony Bravia juga memiliki fitur hemat energi yang membantu mengurangi konsumsi listrik yang tinggi jika digunakan secara terus-menerus. Beberapa keunggulan lainnya meliputi desain minimalis, fitur peningkat resolusi, dan kualitas audio yang tinggi. Selain itu, Sony Bravia juga dilengkapi dengan berbagai port seperti USB, HDMI, AUX, dan line in/out.

Namun, seperti produk lainnya, TV LED Sony Bravia juga memiliki beberapa kekurangan. Harganya yang cukup mahal saat pembelian dan juga harga suku cadang yang tinggi jika dibandingkan dengan merek TV LED lainnya.

Daftar Kode Kedip TV LED Sony Bravia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lampu atau layar yang berkedip pada TV Sony Bravia adalah kode atau yang dikenal sebagai proteksi. Hal ini menunjukkan adanya masalah atau kerusakan pada salah satu komponen.

Jumlah kedipan lampu bervariasi, mulai dari 5 kedipan, 6 kedipan, hingga maksimal biasanya 14 kali kedipan. Setiap jumlah kedipan lampu indikator merah menunjukkan bagian atau komponen yang mengalami masalah yang berbeda-beda.

Baca juga:  Cara Setting TV Samsung dengan Mudah & Praktis

1. TV LED Sony Bravia Berkedip 2 Kali

Jika lampu berkedip 2 kali, itu menandakan adanya masalah pada bagian Power Supply. Pemeriksaan dapat dilakukan pada papan sirkuit power supply untuk menemukan komponen yang bermasalah. Fokus utama pemeriksaan adalah pada bagian ini.

2. TV LED Sony Bravia Berkedip 3 Kali

Kedipan sebanyak 3 kali menunjukkan kerusakan pada bagian Power Supply atau papan regulator. Pemeriksaan dapat dilakukan pada bagian tersebut.

3. TV LED Sony Bravia Berkedip 5 Kali

Kedipan 5 kali menunjukkan masalah atau kerusakan pada panel LCD. Penyebabnya biasanya tegangan LCD yang menuju T-con hilang atau ada yang short saat masuk ke T-con. Pengecekan dapat dilakukan pada jalur panel LED.

4. TV LED Sony Bravia Berkedip 6 Kali

Kedipan 6 kali menunjukkan masalah pada lampu latar belakang (backlight). Biasanya, beberapa lampu mati. Pengecekan dapat dilakukan dengan menguji satu per satu lampu menggunakan multitester. Jika backlight atau papan inverter normal, periksa juga power supply dan mainboard.

5. TV LED Sony Bravia Berkedip 7 Kali

Kedipan 7 kali biasanya menunjukkan masalah pada papan utama (main board). Fokus pemeriksaan dapat ditujukan pada masalah ini. Mungkin papan atau main board TV terlalu panas, yang disebut juga overheat, yang menyebabkan lampu terus berkedip merah.

6. TV LED Sony Bravia Berkedip 8 Kali

Jika lampu berkedip 8 kali, masalah biasanya terletak pada papan board, terutama pada bagian seperti port USB atau HDMI. Pemeriksaan dapat difokuskan pada bagian ini.

7. TV LED Sony Bravia Berkedip 11 Kali

Kedipan sebanyak 11 kali biasanya menunjukkan masalah pada papan board atau main board, di mana ada IC yang rusak. Solusinya adalah mengganti IC yang rusak dengan yang baru.

8. TV LED Sony Bravia Berkedip 12 Kali

Kedipan 12 kali menunjukkan masalah pada panel LCD, terutama pada bagian T-con yang rusak.

9. TV LED Sony Bravia Berkedip 13 Kali

Kedipan 13 kali menandakan adanya masalah atau kerusakan pada panel LCD inverter board.

10. TV LED Sony Bravia Berkedip 14 Kali

TV LED Sony Bravia yang berkedip sebanyak 14 kali menunjukkan adanya kerusakan atau masalah pada bagian HFR atau panel LCD, serta mungkin juga pada bagian T-con.

Arti Jumlah Kedipan

Penting untuk dicatat bahwa kita dapat menghitung jumlah kedipan ketika lampu indikator berwarna merah, bukan hijau. Berikut adalah daftar kode kedip beserta komponen atau bagian yang mengalami masalah yang ditunjukkan oleh kode kedip tersebut.

Jumlah KedipArti/Keterangan
Kedip dua (2) kaliPower Supplay
Kedip tiga (3) kaliPower Supplay atau Papan Regulator
Kedip lima (5) kaliJalur Panel LCD atau LED
Kedip enam (6) kaliBacklight atau Inverter board
Kedip tujuh (7) kaliMain Board
Kedip delapan (8) kaliMain Board atau Papan Board
Kedip sebelas (11) kaliMain Board
Kedip dua belas (12) kaliPanel LCD atau T-Con
Kedip tiga belas (13) kaliPanel LCD Inverter Boards dan Balancer Boards
Kedip empat belas (14) kaliPanel LCD atau T-con
Baca juga:  Cara Mencari Channel TV Sharp Secara Otomatis & Cepat

Panduan Cara Mengatasi TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip

Sebenarnya, lampu berkedip pada TV LED Sony Bravia merupakan kode atau petunjuk yang membantu kita menganalisis letak kerusakan atau bagian yang perlu diperbaiki. Dengan kontrol LED tersebut, proses perbaikan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan reset pada TV LED Sony yang gagal menyala. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mereset TV LED Sony yang mengalami masalah tidak dapat menyala:

  • Pertama, cabut kabel listrik dari stopkontak sehingga tegangan benar-benar hilang.
  • Kemudian, menggunakan remote TV, masuk ke menu pengaturan pabrik (factory reset).
  • Selanjutnya, tekan tombol “up” pada remote.
  • Tekan tombol daya (power) secara bersamaan dengan tombol “up”.
  • Jika langkah-langkah tersebut tidak berhasil mengatasi masalah atau TV masih gagal menyala, kemungkinan masih ada beberapa kerusakan yang terjadi. Dalam hal ini, disarankan untuk membawa TV ke ahli servis TV.

Dengan demikian, melakukan reset seperti yang dijelaskan di atas dapat menjadi solusi awal untuk mengatasi masalah pada TV LED Sony yang tidak dapat menyala.

Keunggulan TV LED Sony Bravia

TV Sony Bravia memiliki beberapa keunggulan yang membedakannya dari merek TV lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh TV Sony Bravia:

1. Desain Minimalis

TV LED Sony Bravia menawarkan desain yang minimalis dan elegan dengan rangka yang sangat tipis. Desain ini memberikan tampilan yang lebih fokus pada konten yang ditampilkan. TV ini dapat ditempatkan dengan mudah di meja atau dipasang di dinding.

2. Fitur Clear Resolution Enhancer

TV Sony dilengkapi dengan resolusi Full HD dan fitur Clear Resolution Enhancer yang menghasilkan gambar yang jernih dan memukau. Fitur ini mampu meningkatkan detail dan tekstur gambar, bahkan pada area yang datar. TV Sony juga menawarkan tampilan gambar yang lebih jernih dan kontras, sehingga menghasilkan warna yang lebih hidup pada layar.

3. Kualitas Audio yang Unggul

TV Sony dilengkapi dengan speaker tersembunyi dan teknologi Audio Clear Phase. Teknologi ini menghasilkan suara yang berkualitas, seakan-akan berasal dari speaker stereo berkualitas tinggi.

TV Sony Bravia juga dilengkapi dengan speaker 10 watt dan subwoofer terintegrasi yang menghasilkan suara bass yang kuat, cocok untuk bermain game atau menonton film dengan efek khusus. Dengan kualitas suara yang jernih dan tajam, TV Sony memberikan pengalaman menonton yang memuaskan.

Baca juga:  Kenapa TV Digital Tidak Ada Suara ? : Penyebab & Cara Mengatasinya

4. Port Lengkap

TV LED Sony Bravia dilengkapi dengan berbagai port yang memudahkan pengguna dalam menghubungkan perangkat lain ke TV. Terdapat dua port HDMI, satu port USB, port AUX, dan line in/out yang tersedia pada TV ini.

Semua port tersebut ditempatkan dengan baik dan mudah dijangkau, memudahkan pengguna dalam menghubungkan perangkat eksternal ke TV Sony ini. Dengan port-port yang lengkap, TV Sony Bravia dapat digunakan sebagai layar untuk bermain game PS3 atau PS4, menonton video, atau mendengarkan musik dari flashdisk.

5. Hemat Energi

Salah satu keunggulan TV Sony Bravia adalah konsumsi daya listrik yang rendah. TV ini lebih hemat daya dibandingkan dengan TV tabung atau TV LCD. Sony juga telah menghadirkan sistem hemat energi yang mampu mengurangi penggunaan daya listrik hingga 20-30% dibandingkan dengan TV LCD. Keunggulan ini menjadikan TV Sony Bravia pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin menghemat energi listrik.

Dengan keunggulan-keunggulan di atas, TV Sony Bravia memberikan pengalaman menonton yang memukau dengan desain yang elegan, gambar yang jernih, suara yang berkualitas, konektivitas yang mudah, serta efisiensi energi yang baik.

Baca Juga :

Kesimpulan

Secara keseluruhan, TV LED Sony Bravia dengan lampu berkedip menunjukkan kualitas dan inovasi teknologi terbaik dari Sony. Mungkin ada beberapa masalah teknis yang mungkin terjadi, seperti lampu berkedip, tetapi hal itu biasanya dapat diselesaikan dengan mudah. Yang paling penting, Sony selalu berkomitmen untuk menyediakan dukungan layanan pelanggan terbaik dan menyeluruh.

Kendala teknis seperti lampu berkedip seharusnya tidak mengaburkan fakta bahwa TV LED Sony Bravia adalah produk kelas dunia yang menawarkan pengalaman visual yang luar biasa. Dengan kualitas gambar yang luar biasa, suara yang jernih, dan fitur-fitur pintar, Sony Bravia LED TV layak mendapatkan tempat di ruang tamu Kalian.

Dengan memilih Sony Bravia, Kalian tidak hanya membeli televisi, tetapi juga menjadi bagian dari tradisi inovasi dan keunggulan yang telah dipupuk oleh Sony selama bertahun-tahun. Lampu berkedip mungkin hanya sedikit hambatan, tapi itu tidak sebanding dengan pengalaman yang akan Kalian dapatkan dari TV LED Sony Bravia. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai TV LED Sony Bravia Lampu Berkedip ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *