TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara : Penyebab & Mengatasinya

Posted on

Bengekltv.id TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara : Penyebab & Cara Mengatasinya. TV Sharp Aquos merupakan produk TV LED dari SHARP yang memiliki kelebihan fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan TV LED sejenis.

Namun demikian, seperti halnya televisi lainnya, TV Sharp Aquos tidak terbebas dari kemungkinan mengalami permasalahan atau kerusakan.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah suara TV Sharp Aquos yang kecil atau bahkan hilang. Namun, proses perbaikan TV Sharp Aquos yang mengalami masalah suara sebenarnya mudah dipelajari oleh siapapun yang mengenal komponen dasar perangkat elektronik tersebut.

Penyebab TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Ada beberapa faktor TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara saat dinyalakan. Beberapa faktor tersebut antara lain rusaknya speaker TV, kerusakan IC audio, jalur tegangan audio yang terputus, dan fitur mute yang aktif.

1. Rusaknya Speaker TV

Dalam beberapa kasus, suara TV tidak keluar karena ada kerusakan pada speaker TV. Hal ini bisa disebabkan oleh putusnya kabel konektor atau kabel lilitan di dalam speaker.

2. Kerusakan IC Audio

Penyebab lain yang dapat membuat suara TV Sharp Aquos tidak keluar saat dinyalakan adalah kerusakan pada IC audio, di mana IC tersebut retak atau kaki-kakinya tidak merekat dengan sempurna. Akibatnya, TV Sharp Aquos tidak mengeluarkan suara.

Baca juga:  Cara Setting TV Sharp Aquos dengan Mudah

3. Jalur Tegangan Audio Putus

Jika TV Sharp Aquos mengalami masalah pada volume atau suara, kemungkinan penyebabnya adalah jalur tegangan audio yang terputus. Sayangnya, pemilik TV seringkali tidak menyadari bahwa masalah ini dapat menyebabkan suara TV tidak keluar.

4. Fitur Mute Aktif

Fitur mute aktif dapat menjadi penyebab utama TV Sharp Aquos tidak mengeluarkan suara, namun sayangnya masalah ini seringkali tidak disadari oleh para pemilik TV. Biasanya, tombol mute tertekan secara tidak sengaja oleh pengguna saat mengoperasikan TV.

Cara Mengatasi TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Setelah mengetahui TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara, langkah selanjutnya adalah mengatasinya agar suara dapat kembali terdengar. Namun, cara mengatasi masalah ini tergantung pada faktor penyebabnya.

1. Pastikan Fitur Mute Tidak Aktif

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Cara pertama untuk mengatasi TV Sharp Aquos yang tidak mengeluarkan suara adalah dengan memastikan fitur mute tidak aktif.

Caranya adalah dengan menemukan tombol “Mute” pada remote TV yang biasanya berada di pojok bawah dengan gambar speaker dan tKalian silang. Untuk mengaktifkan kembali suara TV Sharp Aquos, cukup tekan tombol “Mute” sekali.

2. Cek Kondisi Speaker

Cara kedua untuk mengatasi masalah suara TV Sharp Aquos adalah dengan memeriksa kondisi speaker. Caranya adalah dengan mengubah gelombang elektronik menjadi getaran yang menghasilkan suara pada TV.

Selain itu, pemilik TV Sharp Aquos juga perlu melakukan pengukuran pada setiap speaker menggunakan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih baik atau justru mengalami kerusakan.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Pengecekan tegangan jalur audio juga diperlukan saat mengatasi TV yang tidak mengeluarkan suara. Untuk melakukan pengecekan, silakan periksa bagian amplifier dengan cara menyalakan TV dan menyentuh input kaki IC Power Amplifier.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Sharp Aquos

Jika tidak ada respons saat disentuh, maka speaker mengalami kerusakan. Namun jika speaker normal, maka akan terdengar suara dengung kecil saat disentuh. Namun perlu diperhatikan posisi blok audio, karena jika disentuh pada posisi yang salah dapat berbahaya.

4. Solder Ulang Kaki IC Audio.

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Jika penyebab masalah suara TV Sharp Aquos adalah kerusakan pada IC audio, terutama pada kaki-kaki IC yang disebabkan oleh timah solder yang retak atau lemah, maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menyolder kembali pada kaki-kaki IC tersebut.

Sebelum menyolder, pastikan untuk menghilangkan timah solder yang retak atau lemah tersebut. Hal ini bertujuan agar timah solder baru dapat menempel dengan sempurna pada permukaan kaki IC.

5. Reset Pengaturan Suara

Langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah suara pada TV Sharp Aquos adalah dengan melakukan reset pengaturan suara ke pengaturan pabrik. Umumnya, opsi ini dapat ditemukan pada menu “Suara” dan dapat diakses menggunakan remote.

Lakukan reset dan tunggu beberapa saat. Setelah selesai, pastikan untuk menyesuaikan kembali pengaturan suara seperti equalizer, keseimbangan suara, auto volume, audio delay, dan sound feedback sesuai dengan kebutuhan Kalian.

6. Cabut Jek TV & Pasangkan Kembali

TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara

Selain beberapa langkah mengatasi yang telah dijelaskan sebelumnya, Kalian juga dapat mencoba menghidupkan ulang TV dengan mencabut jek TV dan memasangkannya kembali.

Langkah ini terkadang berhasil dilakukan pada beberapa jenis TV, terutama pada TV LED atau yang dilengkapi dengan sistem reboot. Sebelum memasang kembali jek tersebut, pastikan untuk membiarkan TV dalam keadaan tidak menyala selama beberapa menit atau bahkan jam.

Hal ini bertujuan untuk mendinginkan mesin dan komponen yang bekerja sehingga tidak terlalu panas setelah digunakan atau dinyalakan kembali.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Setting Suara TV Sharp Aquos

Tips Rawat Speaker TV

Meskipun kemungkinan kerusakan pada speaker TV cukup kecil terjadi, namun tetap disarankan untuk melakukan perawatan dan menjaga kondisi speaker agar tetap awet dan jernih suaranya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

  • Bersihkan lubang speaker secara teratur dengan menggunakan kain lap basah atau kering untuk menghindari kotoran yang menumpuk.
  • Hindari menggunakan volume terlalu keras (full) untuk mengurangi tekanan pada speaker.
  • Hindari agar air tidak masuk ke dalam lubang speaker untuk menghindari kerusakan akibat kelembapan.
  • Jangan meletakkan magnet terlalu dekat dengan speaker karena dapat mempengaruhi kualitas suara.
  • Hindari membuka TV terlalu sering, terutama pada bagian speaker, untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengatasi masalah TV Sharp Aquos yang tidak mengeluarkan suara, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan speaker TV, IC audio, jalur tegangan audio yang terputus, atau fitur mute yang aktif.

Walaupun beberapa cara tersebut tergolong mudah, jika Kalian merasa kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya segera hubungi ahli perbaikan TV untuk menangani masalah tersebut. Dengan merawat dan menjaga TV Sharp Aquos dengan baik, suara speaker akan tetap awet dan jernih dalam jangka waktu yang lebih lama.

Semoga ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV Sharp Aquos Tidak Ada Suara dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah pada TV Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *