TV Sharp Gagal Start

TV Sharp Gagal Start : Penyebab & Cara Memperbaiki 

Posted on

Bengkeltv.idTV Sharp Gagal Start : Penyebab & Cara Memperbaiki. TV Sharp adalah salah satu merek televisi yang populer di Indonesia dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, TV Sharp juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna adalah gagal start atau tidak bisa dinyalakan, yang tentunya sangat mengganggu karena membuat pengguna tidak bisa menikmati program TV yang diinginkan.

Meskipun masalah gagal start pada TV Sharp sering terjadi, tidak semua orang tahu cara mengatasinya. Bagi para teknisi dan tukang servis, penyebab dan cara mengatasinya mungkin sudah jelas, namun bagi orang awam, masalah ini bisa menjadi serius dan memerlukan penanganan khusus.

Namun, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab TV Sharp gagal start dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengatasi masalah ini tanpa perlu memanggil teknisi atau membawa TV Sharp ke tukang servis.

TV Sharp Gagal Start

Gagal start pada TV terjadi ketika TV yang hendak dinyalakan tidak menyala. Hal ini bisa dikenali dengan lampu indikator di unit TV yang menyala warna merah dan terkadang nyala, redup, dan mati. Masalah ini umumnya terjadi pada semua jenis TV Sharp seperti Alexander, Aquos, Wonder, dan Qbeat, sehingga mudah dikenali oleh para pengguna TV Sharp.

Baca juga:  Solusi Mudah : Cara Memperbaiki TV Sharp yang Tidak Ada Gambarnya

Alat Dibutuhkan Dalam Perbaikan

Untuk memudahkan pengecekan dan perbaikan TV Sharp yang gagal start, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa alat yang harus disiapkan:

  • Multitester (analog/digital)
  • Solder
  • Tinol
  • Solder Sucker Desoldering (Pompa Penghapusan Vakum Solder Desolder)
  • Tang atau capit (jika diperlukan)
  • Obeng
  • dan lainnya

Penyebab TV Sharp Gagal Start

Sebelum membahas cara mengatasi atau memperbaiki TV yang gagal start, penting untuk mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa penyebab umum TV gagal start, yang umumnya disebabkan oleh kerusakan pada beberapa komponen, seperti:

1. IC Croma Rusak

TV Sharp Gagal Start

Salah satu penyebab utama TV gagal start adalah kerusakan pada IC Croma. Jika IC Croma rusak, maka TV Sharp Anda tidak akan bisa dinyalakan.

Anda bisa mengenali tanda-tandanya dengan meraba unit TV yang akan terasa agak panas ketika sedang dalam kondisi menyala atau tersambung listrik. Jika terasa panas, maka kemungkinan besar IC Croma harus diganti.

2. Dioda 605 Rusak

TV Sharp Gagal Start

Selain IC, kerusakan pada komponen lain juga bisa menjadi penyebab TV gagal start. Salah satu komponen yang sering bermasalah adalah Dioda 605 (D605). Untuk memastikan apakah komponen ini bermasalah atau tidak, sebaiknya lakukan pengecekan dengan menggunakan multi tester.

Banyak teknisi TV yang menemukan masalah pada komponen ini sebagai penyebab TV gagal start. Namun, sayangnya para pengguna TV seringkali tidak menyadari atau bahkan tidak mengetahui masalah ini sama sekali.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna TV Sharp untuk memahami penyebab umum TV Sharp gagal start dan melakukan pengecekan rutin pada komponen TV untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik.

3. Elco Dekat IC Vertikal Mati

TV Sharp Gagal Start

Elco adalah salah satu komponen penting dalam TV. Jika elco mengalami masalah, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk TV gagal start.

Baca juga:  Kode Remot TV Sharp : Cara Mudah Mengatur TV Sharp Kalian

Kerusakan fisik pada elco, seperti menggelembung, retak, atau pecah, bisa mudah dikenali. Namun, ada juga elco yang rusak namun tidak menunjukkan kerusakan fisik. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan dengan menggunakan multi tester untuk memastikan kondisi elco.

Cara Memperbaiki TV Sharp Gagal Start

Setelah mengetahui penyebab TV Sharp gagal start, sebenarnya cara memperbaikinya cukup mudah. Namun, banyak orang tidak mengetahuinya dan lebih memilih untuk memanggil tukang servis atau teknisi TV.

Sebenarnya, memperbaiki TV yang gagal start sendiri adalah hal yang patut untuk dicoba karena selain bisa menambah wawasan dan pengalaman, juga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk memanggil tukang servis. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki TV gagal start:

1. Ganti IC Croma

TV Sharp Gagal Start

Penyebab TV Sharp gagal start disebabkan oleh kerusakan pada IC Croma, menggantinya bisa menjadi solusi yang tepat. Namun, pastikan Anda telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada IC tersebut sebelum menggantinya.

Perlu diketahui bahwa komponen IC Croma pada setiap tipe TV Sharp bisa berbeda-beda, bahkan beberapa tipe tidak memberikan IC gantiannya. Dalam hal ini, teknisi profesional biasanya menggunakan IC persamaan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Ganti Short Dioda 605

TV Sharp Gagal Start

Sama seperti cara memperbaiki komponen IC, jika dioda pada TV Sharp sudah dicek dan menyatakan tidak layak pakai, maka solusinya adalah dengan menggantinya dengan dioda baru.

Anda bisa membeli dioda ini di toko elektronik terdekat. Jika perlu, Anda dapat membawa dioda yang rusak sebagai contoh untuk memastikan jenis dan tipe yang sesuai saat membeli dioda yang baru. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengganti dioda yang rusak dan memperbaiki TV Sharp yang gagal start.

Baca juga:  Cara Menyambungkan HP ke TV Sharp Paling Mudah & Tepat

3. Ganti Elco

TV Sharp Gagal Start

Elco sering menjadi masalah pada kerusakan TV, termasuk pada TV Sharp gagal start. Jika masalah ini disebabkan oleh elco yang rusak, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggantinya dengan elco yang baru.

Seperti halnya cara memperbaiki di atas, semua masalah yang terjadi pada TV disebabkan oleh kerusakan pada komponen. Oleh karena itu, mengganti komponen yang rusak merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kegagalan start pada TV Sharp adalah masalah yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti memeriksa kabel dan melepasnya untuk beberapa saat sebelum menghubungkannya kembali, Anda bisa mencoba mengatasi masalah sementara.

Jika masalah masih berlanjut, jangan mencoba membuka casing TV Sharp sendiri, karena hal ini bisa berbahaya dan merusak lebih banyak komponen di dalamnya. Sebaiknya bawa TV Sharp ke tukang servis terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Di samping itu, pastikan bahwa Anda membeli TV Sharp dari toko atau penjual yang terpercaya dan menyediakan garansi resmi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan layanan purna jual yang baik dan memperoleh kepastian bahwa produk yang Anda beli berkualitas.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda bisa memperpanjang umur TV Sharp Anda dan memastikan bahwa Anda dapat menikmati acara favorit Anda tanpa masalah teknis yang tidak diinginkan. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV Sharp Gagal Start, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *