TV Tidak Merespon Remot

Kenapa TV Tidak Merespon Remot? : Penyebab & Cara Mengatas

Posted on

Bengkeltv.idKenapa TV Tidak Merespon Remot? : Penyebab & Cara Mengatasi. Televisi menjadi perangkat elektronik yang sangat umum digunakan di rumah. Akan tetapi, kadang-kadang televisi Kalian mungkin tidak merespon ketika menggunakan remote. Situasi ini pastinya bisa menimbulkan rasa frustrasi karena kita tidak dapat mengubah saluran atau mengatur volume televisi.

Apabila televisi Kalian menghadapi permasalahan ini, jangan cemas karena dalam artikel ini kami akan menyampaikan beberapa saran untuk mengatasi masalah TV Tidak Merespon Remot.

Pengertian Remote TV

TV Tidak Merespon Remot

Remote TV merupakan alat yang sangat penting dalam aktivitas menonton televisi kita. Coba bayangkan, jika menonton acara kesukaan tanpa remote, kita harus berulang kali beranjak dari kursi untuk mengganti saluran atau stasiun TV melalui tombol manual pada televisi.

Bagi mereka yang menggunakan TV lama atau pernah menonton TV sebelum teknologi remote TV ditemukan, tentu pernah merasakan menonton TV sambil bersandar dan memakai kaki sebagai “pengganti remote” mereka :D, karena malas untuk beranjak dari tempat duduk demi mengganti saluran yang diinginkan.

Cara kerja remote TV atau remote untuk alat elektronik lainnya adalah dengan mengirim dan menerima sinyal. Remote akan mengirim sinyal inframerah yang dipancarkan, dan sensor remote pada TV akan merespon perintah yang dikirim oleh remote melalui sinyal inframerah tersebut.

Baca juga:  Cara Mencari Siaran Mentari TV Hilang Dengan Mudah

Selanjutnya, TV akan menangkap sinyal elektronik yang diterima dari remote dan mengirimkannya ke IC program pada televisi. Cara kerja ini tidak hanya berlaku untuk TV, tetapi juga digunakan pada perangkat elektronik lain yang memakai remote seperti AC, kipas angin, mobil remote control, dan banyak lagi perangkat elektronik lainnya.

Penyebab TV Tidak Merespon Remot

Membahas tentang penyebab masalah ini, akan ada dua aspek utama yang muncul, baik dari unit TV itu sendiri maupun remote TV. Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai permasalahan yang membuat TV tidak merespon, berikut beberapa faktornya:

1. Kerusakan Remote TV

  • Baterai habis (Low) = Baterai habis menjadi masalah umum yang sering tidak disadari oleh para pemilik TV.
  • Penghubung baterai kotor = Selain baterai habis, kotoran (karat) pada penghubung baterai juga bisa menyebabkan TV tidak merespon remote.
  • Sensor remote rusak = Televisi tidak merespon remote juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada sensor remote, sehingga remote tidak dapat mengirim sinyal ke televisi.
  • Remote TV terkunci = Penyebab lainnya adalah remote TV yang terkunci, sehingga tidak berfungsi sama sekali.
  • Kesalahan memasukkan kode remote = Bagi Anda yang menggantikan remote asli dengan remote universal karena rusak, bisa jadi saat memasukkan kode remote terjadi kesalahan yang membuat remote tidak berfungsi.

2. Kerusakan Unit TV

  • Masalah Sensor TV = Televisi tidak merespon remote karena adanya kerusakan pada sensor penerima yang terletak di unit TV. Penyebab ini jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin terjadi kapan saja.
  • Kerusakan IC = Ketidakmampuan merespon juga bisa disebabkan oleh masalah atau kerusakan pada IC tertentu di unit TV. Biasanya, IC ini terletak tidak jauh dari sensor TV dan masih memiliki fungsi yang serupa atau terkait.
  • Penghalang Sensor TV = Perintah dari remote akan diteruskan ke unit TV melalui sensor pada kedua perangkat. Pastikan tidak ada penghalang agar kedua perangkat dapat meneruskan perintah dengan sempurna.
Baca juga:  √ Pengertian Rangkaian RLC: Fungsi, Jenis dan Karakteristiknya Lengkap

Cara Mengatasi TV Tidak Merespon Remot

Jika sudah mengetahui penyebab yang membuat TV tidak merespon remote, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara mengatasinya. Cara mengatasi TV yang tidak merespon remote harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya:

1. Ganti Baterai Baru

Jika masalah televisi tidak merespon remote disebabkan oleh baterai pada remote yang habis/low, solusinya adalah mengganti baterai dengan yang baru. Gantilah baterai dengan ukuran yang sama.

2. Bersihkan Penghubung Baterai

Untuk mengatasi ketidakmampuan merespon remote akibat penghubung baterai remote kotor atau terhalang, bersihkanlah penghubung tersebut. Tujuannya agar arus baterai dapat mengalir normal.

3. Ganti Sensor Remote yang Rusak

Jika sensor remote rusak dan tidak merespon, gantilah dengan sensor yang serupa. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa sensor pada remote memang rusak dan perlu diganti.

4. Buka Kunci atau Password TV

Untuk mengatasi TV yang tidak merespon remote karena terkunci, Anda hanya perlu membuka passwordnya. Bagi pengguna TV Sharp, cara membuka TV terkunci telah dibahas sebelumnya.

5. Masukkan Kode Remote Ulang

Jika tidak merespon disebabkan oleh kesalahan memasukkan kode remote saat mengganti remote baru, atasi dengan memasukkan kode remote TV ulang. Jika Anda belum tahu, berikut ini adalah kode remote TV lengkap.

6. Ganti Sensor di Unit TV

Jika tidak merespon disebabkan oleh sensor di unit TV yang terlepas, cukup ganti solder ulang untuk mengatasinya. Namun, jika sensornya rusak, gantilah dengan sensor yang serupa.

7. Ganti IC

Kerusakan pada IC program bisa menjadi penyebab respons TV yang kurang maksimal. Oleh karena itu, jika ingin mengembalikan kinerja sensor seperti semula, lakukan penggantian IC yang sama dan pasang kembali.

Baca juga:  √ Cara Bermain PS3 Pakai TV Tabung Paling Tepat

8. Pastikan Tidak Ada Penghalang

Terakhir, jika masalah disebabkan oleh adanya penghalang antara sensor remote dan TV, pastikan tidak ada penghalang agar perintah dari remote dapat tersampaikan dengan baik.

Catatan: Untuk mendapatkan komponen pengganti, Kalian dapat mencarinya di toko elektronik terdekat. Namun, jika Kalian kurang yakin untuk mengatasi masalah tersebut sendiri karena kurang paham, sebaiknya hubungi jasa teknisi servis yang berpengalaman.

Kesimpulan

Permasalahan TV yang tidak merespon remot memang cukup mengganggu dan bisa menjadi sumber frustrasi. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, cara mengatasi masalah ini semakin bervariasi dan mudah diterapkan. Jadi, jangan khawatir, dengan sedikit usaha dan pengecekan, Kalian dapat menemukan solusi yang tepat dan kembali menikmati pengalaman menonton TV yang menyenangkan.

Dengan memastikan baterai remot dalam kondisi baik, memeriksa sensor pada TV dan remot, serta melakukan reset pada perangkat jika perlu, Kalian akan lebih mudah mengatasi permasalahan TV yang tidak merespon remot. Selain itu, mencari bantuan dari pusat layanan resmi juga merupakan pilihan yang tepat jika Kalian merasa kesulitan dalam mengatasi masalah ini.

Semoga artikel dari bengkeltv.id membantu Kalian mengatasi permasalahan TV Tidak Merespon Remot dan memberikan wawasan tentang cara mengatasi masalah serupa di masa mendatang. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *